10 Daftar Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia

 


Kedokteran memang menjadi idola di setiap kampus, baik itu universitas dalam negeri maupun luar negeri. Menurut hasil rilis The University Rankings by Subject 2021 ada 10 Universitas kedokteran terbaik di dunia yang perlu kamu tahu jika kamu benar-benar ingin menjadi dokter.

Namun sebelumnya kita simak dulu apa saja syarat untuk bisa masuk Jurusan Kedokteran itu. Karena kan kita saat SMA dibagi dua fokus belajar, yaitu IPA dan IPS. Apakah pilihan minat studi pada waktu SMA itu berpengaruh pada pilihan jurusan nanti?

Persyaratan untuk masuk Jurusan Kedokteran itu berbeda di tiap negara. Di Amerika Serikat, gelar medis dianggap sebagai gelar masuk kedua, jadi tidak bisa setelah lulus SMA ambil Jurusan Kedokteran. Sebelumnya kamu perlu sekolah Sarjana dulu di bidang terkait kedokteran, seperti Biologi dan Kimia. Berbeda dengan di Inggris, kamu bisa langsung menempuh program sarjana Kedokteran setelah lulus SMA.

Setelah menyelesaikan program Sarjana di bidang Sains tersebut baru kamu bisa melanjutkan studi kedokteran yang perkiraan lulusnya 4 tahun.

Memang untuk bisa menjadi dokter dibutuhkan sekolah yang lebih lama. Setelah kuliah kedokteran itu pun kamu harus memilih mau menjadi dokter umum atau spesialis. Kalau ingin jadi dokter spesialis kamu pun perlu sekolah lagi di bidang spesialis yang kamu inginkan.

Apa Saja Syarat Masuk Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia?

Berikut ini adalah persyaratan umum untuk bisa sekolah kedokteran di Amerika Serikat :

ü  Ijazah sekolah tinggi

ü  Gelar sarjana di bidang Ilmu Pengetahuan (3-4 tahun)

ü  IPK Sarjana minimum 3.0

ü  Skor TOEFL yang bagus

ü  Surat rekomendasi

ü  Kegiatan ekstrakurikuler

ü  Hasil ujian MCAT minimum (ditetapkan oleh masing-masing universitas secara terpisah)

Beberapa sekolah Kedokteran di AS pun memiliki persyaratan tambahan, seperti :

ü  Menyelesaikan kursus pramedis Perguruan Tinggi Biologi dengan Laboratorium (1 tahun)

ü  Kursus pramedis Kimia Perguruan Tinggi Umum dengan laboratorium (1 tahun)

ü  Biologi, Kimia – minimal 24 jam semester di bidang Humaniora

ü  Matematika (Kalkulus dan/atau Statistik selama 1 tahun)

ü  Fisika Perguruan Tinggi Umum dengan laboratorium (1 tahun)

Beberapa persyaratan paling umum untuk masuk sekolah kedokteran di Inggris, yaitu :

  • Pada saat SMA mempelajari minimal dua mata pelajaran IPA. Biasanya Kimia dan Biologi atau Fisika/Matematika adalah wajib.
  • Memiliki skor IELTS rata-rata 6.0 atau 6.5, atau PTE Academic.
  • Skor tes UCAT. Setiap universitas memiliki batas minimum skor yang berbeda-beda. Beberapa universitas juga bisa menggunakan “system poin” untuk mengevaluasi lamaran dan menawarkan lebih banyak poin jika nilai UCAT tinggi.
  • International Baccalaureate dengan setidaknya 36 poin secara keseluruhan, termasuk tiga mata pelajaran tingkat yang lebih tinggi dan tiga mata pelajaran tingkat standar. Namun nilai ini tidak diwajibkan oleh semua universitas di Inggris.
  • Berhasil melewati tahap wawancara
  • Bukti pengalaman kerja atau sukarela terkait dengan kedokteran dan perawatan Kesehatan
  • Surat referensi dari guru/pengawas akademik

Beberapa kriteria syarat yang umum ditawarkan untuk gelar kedokteran di negara-negara lain, termasuk kawasan Eropa, adalah sebagai berikut :

  • Ijazah SMA
  • Nilai bagus dalam Mata Pelajaran Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika
  • Surat rekomendasi
  • Surat motivasi
  • Pengalaman kerja sukarela atau kerja yang berhubungan dengan perawatan Kesehatan
  • Hasil TOEFL dan IELTS minimum
  • Kandidat yang mengambil International Baccalaureate Diploma (IB) harus menawarkan tiga mata pelajaran termasuk Kimia dan Biologi di Tingkat Tinggi, ditambah tiga mata pelajaran di Tingkat Standar

 

Biaya Untuk Mendapatkan Gelar dalam Kedokteran

Biaya sekolah pada dasarnya bervariasi menurut tahun, sekolah, dan negara tujuan studi. Namun biaya sekolah kedokteran pun pada kenyataannya terus meningkat selama sepuluh tahun terakhir.

Menurut Shemmassian, biaya sekolah kedokteran tahun 2021-2022 berada dalam kisaran $10,200 - $91,557 untuk di luar negara bagian dan $10,200 - $73,659 untuk dalam negara bagian.

 

Daftar Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia

Times Higher Education merilis pemeringkatan terbaru 2021 untuk 856 universitas terbaik di dunia di bidang klinis, pra-klinis, dan Kesehatan.

  • Oxford University, Inggris

Pada tahun 2021 ini Oxford University masih memimpin sebagai salah satu universitas tertua di dunia. Hal ini didukung dengan sejarah besar World Medical Researches and Cure, dimana Oxford masih menjadi masa depan Inggris.

Awal perkuliahan di Oxford University, mahasiswa akan diajar secara teoritis terlebih dulu dengan sedikit kontak dengan pasien. Pada tahun selanjutnya, fase pembelajaran akan berpindah ke fase klinis dan menghabiskan lebih banyak waktu di Rumah Sakit John Radcliffe.

Biaya kuliah di Oxford University Jurusan Kedokteran berkisar antara US $32,800 - US $45,900 untuk program sarjana dan US $29,930 – US $35,700 untuk program magister dan doctor.

Untuk lebih lanjut informasinya bisa kamu lihat di https://www.asme.org.uk/.

  • Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University yang berdiri tahun 1782 ini memiliki tiga misi pada Fakultas Kedokteran, yaitu mendidik, meneliti, dan menyediakan perawatan klinis. Universitas ini menyediakan lapangan kerja di berbagai rumah sakit di Boston.

Sistem belajar di Harvard adalah berbasis masalah dalam kurikulum. Harvard hanya menerima 30 mahasiswa setiap tahunnya dengan biaya lebih dari US $59,317 per tahun.

  • Cambridge University, Inggris

Cambridge University menempati urutan ketiga universitas kedokteran terbaik di dunia. Lokasi fakultas kedokterannya sama dengan Rumah Sakit Addenbroke menjadikannya lebih strategis untuk belajar dan praktek.

Seleksi di Cambridge University ini cukup ketat. Universitas ini juga terkenal sebagai Lembaga perguruan tinggi dengan keberhasilan mencetak alumni yang berkarier sebagai dokter umum atau bekerja di NHS, Inggris Raya.

  • Imperial College London, Inggris

Berbeda dengan kampus lainnya di Inggris, semester pertama kuliah di Imperial College London kamu langsung diberi peluang untuk kontak langsung dengan semua pasien.

Namun syarat masuknya pun cukup ketat karena kamu harus memiliki kemampuan pengetahuan yang tinggi dalam bidang Kimia, Biologi, serta harus memenuhi nilai ujian BMAT. Selain itu, kamu juga harus melewati tahap wawancara untuk menjadi mahasiswa resmi di perguruan tinggi tersebut.

  • Stanford Univeristy, Amerika Serikat

Stanford University menyediakan tidak hanya program sarjana, tetapi juga program master dan PhD untuk semua bidang medis. Universitas ini cukup dikenal karena banyak riset yang dilakukan, seperti genetika, kanker, imunologi, dan ilmu saraf.

  • Toronto University, Kanada

Toronto University merupakan universitas yang menyediakan studi kedokteran nomor satu di Kanada. Kanada sendiri merupakan satu-satunya rumah dari Layanan Kesehatan Berkualitas. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian berkualitas yang dilakukan dan mereka berkompetisi secara global.

  • Yale Univeristy, Amerika Serikat

Yale Medical School merupakan pusat penelitian dan pengajaran biomedis yang terkenal di dunia.

  • John Hopkins University, Amerika Serikat

John Hopkins merupakan universitas kedokteran terbaik nomor 2 di Amerika Serikat setelah Harvard University.

  • University College London (UCL), Inggris

UCL di Inggris adalah salah satu Lembaga Penelitian Kesehatan terkemuka di dunia dengan banyak penemuan yang berasal dari arsip penelitian mereka yang cukup kaya. Sistem imun dan adrenalin merupakan dua contoh penemuan yang dihasilkan oleh universitas ini.

Letaknya di pusat Kota London membuatmu mudah untuk mendapatkan akses tempat magang atau kerja. Banyak tokoh Kesehatan yang merupakan alumni dari UCL, seperti Josephine Barnes (presiden perempuan pertama dari Asosiasi Kedokteran Inggris), Hugh Owen Thomas, dan Ben Goldrace.

  • Karolinska Institute, Swedia

Karolinska Institute yang berdiri tahun 1810 ini merupakan universitas kedokteran terbesar dan terbaik di Swedia yang letaknya di Solna. Setiap tahun Karolinska Institute mendapatkan penghargaan nobel di bidang kedokteran dan psikologi.

Propek Kerja Sekolah di Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia

Daftar universitas kedokteran terbaik di dunia di atas memang masih banyak ditempati oleh universitas di Eropa. Bagaimana untuk wilayah Asia, Australia, Afrika, dan Timur Tengah? Beberapa kampus ada yang menempati urutan 100 besar di dunia, seperti universitas di Cina, Jepang, dan Korea Selatan.

Prospek kerja Jurusan Kedokteran ini sangat menjanjikan. Selain dari profesi dokter sendiri yang banyak manfaatnya bagi masyarakat, seorang dokter pun memiliki jaringan yang luas. Apalagi jika kamu memilih untuk menempuh studi Kedokteran di luar negeri, maka kesempatan kariermu pun akan lebih luas.

Memilih perguruan tinggi yang terbaik itu penting karena kamu akan berkesempatan diajar oleh guru-guru yang sangat kompeten dan ahli di bidangnya. Pilihan yang terbaik akan mendapatkan hasil yang terbaik juga.

Hal itu juga berlaku bagi kamu yang saat ini sedang mencari informasi tentang universitas kedokteran terbaik di dunia karena itu akan menentukan masa depanmu kelak. Jangan lupa untuk selalu update informasi kampus terbaik pilihanmu.

Posting Komentar untuk "10 Daftar Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia"