9 Drama dan Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta Terbaik Sepanjang Masa

 

Cinta pertama nampaknya menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi setiap orang, apalagi jika hal itu dirasakan saat duduk di bangku sekolah. Menikmati drama dan film Korea tentang sekolah dan cinta bisa membawa memory untuk bernostalgia di jaman dulu.

Tidak hanya untuk yang sedang bernostalgia, tetapi juga untuk kamu yang saat ini masih sekolah dan sedang merasakan indahnya jatuh cinta. Pastinya cinta saat masa sekolah akan terasa berbeda dengan cinta saat kamu sudah dewasa. Namun kenangan manis dan pahitnya akan selalu melekat.

Berikut ini adalah list drama dan film Korea tentang sekolah dan cinta yang bisa kamu masukkan dalam jadwal weekendmu.


Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta Bikin Baper

 


  • On Your Wedding Day (2018)

Film yang diperankan oleh Kim Young Kwang sebagai Hwang Woo Yeon dan Park Bo Young sebagai Hwan Seung Hee ini bercerita tentang cinta pertama saat SMA yang tak bisa dilupakan. Hal ini bikin Woo Yeon gagal move on hingga dia kuliah.

Woo Yeon yang dulunya siswa bandel dan suka malas-malasan bisa berubah karena jatuh cinta dengan Seung Hee. Sejak SMA dia konsisten pedekate ke Seung Hee hingga akhirnya Seung Hee pun mulai nyaman dengan Woo Yeon. Namun tiba-tiba Seung Hee harus pindah sekolah karena masalah keluarga, di sini Woo Yeon mulai kehilangan semangatnya lagi.

Kenangan akan Seung Hee lah yang membuat Woo Yeon mulai rajin belajar untuk masuk perguruan tinggi yang sama dengan Seung Hee agar bisa bertemu lagi. Namun sayangnya pas masuk kuliah Seung Hee ternyata udah punya pacar. Bagaimana relate nggak sama kisah cintamu? Penasaran kan? Silahkan tonton saja ya!


  • Hot Young Blood (2014)

Hot Young Blood ini mengisahkan persaingan asmara yang dialami oleh 4 remaja SMA. Masih diperankan oleh Park Bo Young, Kim Young Kwang, Lee Jong Suk, dan Lee Se Young.

Film ini mengambil setting waktu tahun 1980 di daerah Hongseong, Provinsi Chungcheong, Korea Selatan. Young Sook (Park Bo Young) adalah siswa tangguh dan galak yang dikenal sebagai pemimpin geng wanita paling ditakuti di SMA Hongseong. Namun diam-diam dia menyimpan rasa suka pada Joon Gil (Lee Jong Suk). Joon Gil takut pada Young Sook karena ada rumor bahwa dia adalah pacar ketua geng laki-laki yaitu Gwang Sik (Kim Young Kwang).

Datang lah siswa baru di sekolah mereka, yaitu Soo He (Lee Se Young). Kemudian mulailah konflik dan persaingan dari ketiga remaja ini. Bagaimana cerita selengkapnya? Tonton segera untuk bernostalgia masa SMA.


  • Architecture 101 (2012)

Film yang dibintangi oleh Bae Suzy ini menceritakan tentang pertemuan cinta lama. Pastinya ada adegan dimana kenangan masa-masa jatuh cinta saat di sekolah dulu akan diputar kembali untuk mengingatkan memory mereka.

Meski tergolong film lama tetapi ceritanya masih relate dengan kondisi sekarang yang kebanyakan setelah dewasa bertemu kembali dengan cinta lamanya. Kalau masih sama-sama single sih nggak masalah ya!

Buat kamu yang ingin bernostalgia bertemu dengan cinta pertama yang dulu hilang bisa nonton film ini. Meski sudah 15 tahun tidak bertemu, tetapi rasanya akan tetap sama.


  • Tune In For Love (2019)

Film ini diperankan oleh Kim Go Eun dan Jung Hae In yang cerita cintanya siap-siap bakal bikin baper. Kisah romansa dua manusia sebatang kara yang berjuang di tengah kehidupan penuh godaan, kesulitan ekonomi, trauma psikis, dan stigma.

Diadaptasi dari film Hollywood berjudul Crazy/Beautiful yang dibintangi Kristen Dunst dan Jay Hernandez tahun 2001 ini memang gak seektstrem film aslinya ya. Seperti kebanyakan film dan drama Korea yang tidak tuntas artinya sengaja membuat penontonnya berspekulasi. Hal ini tipikal alur cerita film Korea yang tak pernah sederhana dan selalu ada sub-plot penuh nilai juga norma kehidupan yang dibiarkan untuk ditafsir penonton.

Sutradara Jung Ji-woo dan penulis naskah Lee Jin-hyuk terbilang sanggup bekerja sama dengan baik, serta mampu menampilkan hal detail pada semua aspek cerita dengan cermat namun mudah dimengerti. Film Tune in for Love mengajarkan bahwa jodoh memang tak akan ke mana. Akan selalu ada cara untuk menemukan cinta, apa pun cobaannya.


  • Hello Schoolgirl (2008)

Film ini mengisahkan cerita cinta perbedaan usia. Kim Yeon Woo (Yoo Ji Tae) pindah ke Apartemen baru, karena keramahan dan sikapnya yang baik hati orang disekitaran tempat tersebut langsung mengenalnya. Saat itu Yeon Woo bertemu dengan Han Soo Young (Lee Yeon Hee) penghuni lantai bawah. Karena bertetangga beberapa kali mereka sering bertemu.

Soo Young yang merupakan siswi SMA sempat meminjam dasi kerja Yeon Woo, sejak saat itu hubungan mereka sebagai tetangga semakin akrab. Meskipun usia mereka terpaut jauh yaitu Yeon Woo 30 tahun dan Soo Young 18 tahun namun mereka merasa saling cocok.

Ada yang baru suka dengan yang usianya berbeda jauh? Coba tonton film ini ya!


  • My Sassy Girl (2001)

Film My Sassy Girl yang disutradarai Kwak Jae Young pada tahun 2001 yang konon berdasarkan kisah nyata yang ditulis berserial dalam internet oleh Kim Ho Sik, itu mengisahkan tentang seorang mahasiswa bernama Kyun Woo (Cha Tae Hyun) bertemu dengan seorang gadis cantik (Jun Ji Hyun) yang mabuk di dalam perjalanan kereta api bawah tanah (subway) pada suatu malam larut.

Film ini di kemas dengan bagian2 yang sedih dan membakar emosi penonton jadi biar engak kelihatan malu ketika nangis film ini cocok di tonton sendiri saja.

Karena keberhasilan film ini jadinya dibuatlah My Sassy Girl tahun 2008 dan yang terbaru tahun 2021 tetapi mengambil latar era Joseon.

 

Drama Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta Terbaik

  • At Eighteen

Drama yang ditayangkan perdana tahun 2019 ini menurutku paling terkenang karena settingnya yang benar-benar mengambil masa-masa sekolah SMA. Dan ceritanya yang cukup mellow tapi tidak membosankan. Karena saya tipe yang suka bosan kalau lihat drama terlalu banyak dialognya.

Alkisah, Choi Joon-Woo (diperankan Ong Seong-Wu), dipindah paksa dari SMA nya karena kasus pencurian dan kekerasan. Ia menutupi kejadian sebenarnya untuk melindungi sahabatnya. Lalu Soo-Bin (diperankan Kim Hyang-Gi), adalah salah satu siswa terbaik di SMA tempat Joon-Woo pindah namun di balik itu ternyata ibunya mengontrol kehidupannya. Terakhir, ada Ma Whi-Young (diperankan Shin Seung-Ho), siswa nomor satu yang menderita gangguan kecemasan. Hidupnya dipenuhi ketakutan menjadi tidak sempurna akibat perangai ayahnya.

Menariknya lagi karena soundtrack yang dinyanyikan oleh Ong Seong Wu yang bikin baper. Terlihat dari aktingnya dia cukup pemalu, tetapi ternyata suaranya bagus juga.


  • More Than Friends

Kalau drama ini menceritakan kisah persahabatan selama 10 tahun yang berujung cinta. Pernah ngalamin nggak suka sama seseorang saat sekolah? Ditambah rasa itu nggak pernah hilang hingga dewasa karena belum sempat mengungkapkan.

Drama ini memperkenalkan sosok Kyung Woo-yeon (Shin Ye-eun), seorang siswa SMA yang lugu dan periang. Dengan impian, ambisi, dan hati yang siap untuk mencintai, dia jatuh cinta pada Lee Soo (Ong Seong-woo), sahabatnya sendiri. Ia tidak tahu, bahwa pada saat itu, Soo juga menyukainya. Sayangnya, karena kesalahpahaman sederhana, Soo tidak bisa mengakui perasaannya.

Review Drama More Than Friends selengkapnya di sini.


  • Dream High

Rilis pada 2011, Dream High menceritakan tentang enam siswa yang bersekolah di Kirin Art High School. Mereka harus bekerja keras untuk mencapai impian menjadi bintang di industri musik Korea.

Memiliki latar belakang serta kemampuan yang berbeda, membuat keenamnya harus berusaha mengembangkan bakat masing-masing. Termasuk mengatasi kelebihan serta kekurangan yang mereka miliki, agar bisa memulai debut di dunia musik.

 Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta untuk Nostalgia

Nah, itulah deretan daftar drama dan film Korea tentang sekolah dan cinta yang bisa kamu masukkan list nonton minggu ini. Masa SMA adalah masa yang tak terlupakan, sebenarnya nggak cuma kenangan manis, tetapi juga pahit pun ada karena kita yang baru saja mengenal dunia.

Posting Komentar untuk "9 Drama dan Film Korea Tentang Sekolah dan Cinta Terbaik Sepanjang Masa"