10 Beasiswa S1 Luar Negeri yang Mudah Didapat

 


Bingung mau ngapain setelah lulus SMA? Pilihan antara bekerja atau melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi masih menjadi problematika saat ini. Tentu saja untuk melanjutkan studi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit apalagi jika ingin kuliah ke luar negeri. Namun jangan khawatir kini banyak tersedia beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat.

Nggak percaya?

Saya akan sedikit berbagi cerita saat menjadi pejuang beasiswa pascasarjana. Justru menurut cerita dari teman-teman saya yang berhasil kuliah ke luar negeri mendapatkan beasiswa untuk kuliah di dalam negeri lebih sulit dibandingkan mencari beasiswa ke luar negeri.

Pastinya kamu sudah melewati tantangan untuk bisa berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS itu sudah aman. Jadi bisa disimpulkan bahwa kemampuan akademik tidak berpengaruh ketika kamu mendaftarkan dirimu untuk kuliah di luar negeri. Asalkan bisa bahasa Inggris kamu bisa mengalahkan teman-temanmu yang tadinya ber-IPK 4.

Nah, gimana nih masih mau lanjut untuk menjadi pejuang beasiswa untuk studi ke luar negeri?

Berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat. Sebelumnya kenapa kamu ingin kuliah ke luar negeri??

 

Alasan Mengapa Beasiswa S1 Luar Negeri yang Mudah Didapat Dibanding Dalam Negeri

·         Mahasiswa Internasional Menaikkan Peringkat Universitas yang dituju

Adanya mahasiswa asing di suatu universitas akan meningkatkan peringkat kampus tersebut karena artinya sudah mulai dikenal oleh dunia. Jadi menerima mahasiswa asing itu lebih mudah karena memberi keuntungan pada kampus tersebut.

·         Biaya kuliah mahasiswa asing lebih mahal

Ternyata biaya kuliah saat kita memilih kampus di luar negeri itu bisa dua kali lipat biaya kuliah mahasiswa setempat lho. Oleh karena itu, kampus-kampus di luar negeri sangat welcome ketika ada pendaftar calon mahasiswa asing.

·         Meningkatkan devisa negara

Devisa negara salah satunya diterima dari warga negara asing yang mendiami suatu negara tertentu. Kalau kita memilih studi ke luar negeri otomatis kita menjadi salah satu WNA bagi mereka, sehingga itu sangat menguntungkan negara yang dituju.

·         Investasi ilmu untuk memajukan Pendidikan bangsa

Dengan melanjutkan studi ke luar negeri kita menjadi salah satu asset negara apabila kita menjadi salah satu penerima beasiswa. Penyedia beasiswa tidak segan-segan untuk mengeluarkan biaya tinggi untuk Pendidikan, karena hasilnya pun nanti akan kembali pada negara ketika para lulusan tersebut bekerja di Indonesia.

·         Mengenalkan negara asal kepada dunia

Ketika kita diterima belajar di suatu universitas, misalnya di University of Sheffield, kita akan bertemu dengan para pengajar dan bergaul dengan mahasiswa lain dari seluruh dunia. Kita akan mengenalkan siapa diri kita dan asalnya dari mana sehingga mereka pun akan tahu tentang Indonesia melalui kita. Apalagi jika kita berprestasi di kampus tersebut, pastinya akan semakin dikenal.

 

 

Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri yang Mudah Didapat dari Indonesia

  • Beasiswa BII-Maybank

Kamu ingin melanjutkan kuliahmu? Nilai akhir kamu memusakan? Kamu bisa mengajukan beasiswa ke BII-Maybank Scholarship. BII-Maybank Scholarship merupakan suatu bentuk tawaran beasiswa yang diberikan oleh Bank Internasional Indonesia (BII) yang bekerjasama dengan pemegang saham mayoritas, yaitu Malayan Banking Bhd (Maybank). Beasiswa BII-Maybank Scholarship ini menawarkan beasiswa untuk program S1 di dalam maupun luar negeri seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Pendaftaran beasiswa luar negeri akan berakhir setiap 23 November, dan untuk beasiswa di dalam negeri pendaftarannya dibuka dari tanggal 1 Februari hingga 10 Juli setiap tahunnya. Beasiswa ini akan memberikan bantuan secara penuh dengan rincian yang kau dapatkan berupa: biaya pendaftaran kuliah dan biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup seperti akomodasi, makan/minum, dan transportasi), tunjangan buku serta internet dan asuransi kesehatan.

Untuk dapat mengajukan beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat ini, kamu harus memenuhi kriteria seperti berikut:

1. Warga Negara Indonesia

2. Duduk di kelas 3 SMA pada tahun yang sama saat pendaftaran atau lulusan TA sebelumnya

3. Memiliki nilai minimum rata-rata 8

4. Menunjukkan kapasitas kepemimpinan ditunjukkan sedikitnya melalui 2 (dua) kegiatan ekstra kurikuler

5. Memiliki motivasi yang tinggi untuk maju dan aspirasi kuat untuk menghadapi tantangan dan memimpin di karir pilihannya maupun sosial setelah lulus

6. Calon berasal dari keluarga pra-sejahtera

7. Tidak menerima beasiswa yang sama dari organisasi lain

8. Memiliki surat bukti penerimaan dari universitas pilihan yang direkomendasikan BII-Maybank

9. Menunjukkan komitmen dan minat terhadap pengembangan masyarakat, sosial dan negara ditunjukkan dengan pengalaman/aktif dalam organisasi sosial dan kesiswaan.

Kamu juga dapat memilih studimu di universitas yang sudah direkomendasikan seperti:

1. Universitas Indonesia, Jakarta

2. Institut Pertanian Bogor

3. Institut Teknologi Bandung

4. Universitas Padjadjaran, Bandung

5. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

6. Institut Sepuluh Nopember, Surabaya

7. Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur

8. Universiti Sains Malaysia, Kuala Lumpur

9. Universiti Malaya, Kuala Lumpur

10. Nanyang Technological University, Singapura

11. National University of Singapore

Bidang studi yang dapat kamu pilih berupa:

1. Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Keuangan, Pemasaran, Akunting, dan Perbankan

2. Administrasi

3. Hukum

4. Komputer dan Teknologi Informasi (IT)

5. Sosial, Politik dan Bahasa

6. Komunikasi

7. Psikologi

8. Matematika, Statistik, Aktuaria

9. Komputer

10. Teknik

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran, kamu bisa mengunduhnya di BII-Maybank Scholarship, lalu kirimkan bersama fotokopi identitas siswa pelamar (KTP dan kartu pelajar) dan surat rekomendasi dari sekolah seperti keterangan kelakuan baik, prestasi, dan status ekonomi siswa.

 

  • Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian Keuangan RI untuk berkuliah di berbagai negara. Beasiswa LPDP mencakup beasiswa kuliah di berbagai perguruan tinggi terbaik dunia lho, seperti California Institute of Technology (Caltech), Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Princeton University, Stanford University, dan universitas terbaik lainnya.

Beasiswa LPDP menawarkan beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat dengan fully funded di tahun 2021, disamping program beasiswa S2 luar negeri dan S3 yang sudah lebih dahulu berjalan. Beasiswa LPDP saat ini juga membuka beasiswa untuk siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan peneliti.

 

 


Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri yang Mudah Didapat dari Luar Negeri

  • Beasiswa ASEAN dari Pemerintah China

Indonesia adalah salah satu dari negara ASEAN. Pemerintah Guangxi, China, mnawarkan baeasiswa secara khusus kepada mahasiswa ASEAN termasuk Indonesia. Program ini sangatlah menggiurkan. Tidak hanya menyediakan beasiswa untuk program S1 dan S2, beasiswa ini juga dibuka beasiswa untuk program S3 dengan tanggungan biaya kuliah penuh.

Skema beasiswa ini ditawarkan melalui Guangxi Government Scholarship for ASEAN Students. Beasiswa ini sudah ada sejak tahun 2010 dan telah mendanai studi maupun riset mahasiswa-mahasiswa dari ASEAN. Rincian beasiswa yang dapat kamu diperoleh adalah biaya pendaftaran ke universitas, biaya kuliah, buku dan materi perkuliahan, akomodasi, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta biaya hidup bulanan.

Pengajuan aplikasi ini ditutup paling lambat 30 Juni setiap tahunnya.

Sangat menggiurkan, bukan? Nah, berikut adalah beberapa persyaratan yang diajukan oleh sponsor:

1. Bagi pelamar bachelor’s degree (S1), telah lulus SMA/sederajat serta memiliki catatan prestasi memuaskan serta berusia di bawah 25 tahun.

2. Bagi pelamar master’s degree (S2), telah lulus sarjana dan memiliki prestasi akademik yang memuaskan serta berusia di bawah 25 tahun.

3. Bagi pelamar PhD degree (S3), memiliki gelar master serta mempunya prestasi akademik memuaskan.

4. Para calon pelamar juga harus mahir dalam berbahasa China yang nantinya diperlukan untuk mengambil kelas.

Bahasa Cina sangatlah penting dalam pengajuan beasiswa ini. Namun, bagi kamu yang belum lancar berbahasa Cina, kamu akan diberi kesempatan untuk belajar di program bahasa Cina selama 1 tahun.

Dokumen yang diperlukan antara lain:

1. Formulir aplikasi beasiswa bisa diisi dalam bahasa Cina atau Inggris

2. Ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir

3. Rencana studi/penelitian dalam bahasa Cina atau Inggris

4. Khusus bagi pelamar master dan PhD, harus melampirkan surat rekomendasi dari 2 orang profesor atau profesor asosiasi dalam bahasa Cina atau Inggris

5. Formulir pemeriksaan fisik bagi warga asing

Selain melengkapi syarat tersebut, kamupun harus mendafatarkan diri untuk melanjurtkan studi di mana. Studi yang kamu pilih bisa diambil di salah satu universitas atau perguruan tinggi yang ada di Guangxi, dan berikut adalah pilihan kampusnya:

1. Guangxi University

2. Guangxi Medical university

3. Guangxi Teachers University

4.Guangxi University for nationality

5. Guangxi Arts Institute

6. Guangxi University of Traditional Chinese Medicine

7. Guangxi University of Finance and Economics

8. Guangxi University of Technology

9. Guangxi Normal University

10.Guilin University of Electronic Science & Technology

11. Guilin University of Technology

12. Guilin Medical University

13. Yulin Teachers University

14.Youjiang Medical University for Nationality

15. Wu Zhou University

16. Hezhou University

17. Qinzhou University

18.Guangxi Teachers University for Nationality

19. Guilin University of of Aerospace Technology

Untuk lebih mengetahui informasi pendaftarannya, kamu bisa membuka situs universitas. Kamu bisa melihat di bagian urusan yang membidangi beasiswa/mahasiswa luar negeri. Contohnya, kamu ingin mendaftar di Guangxi Medical university, informasinya bisa kamu peroleh secara online di website Guangxi Medical university. Setelah mengatahui info pendaftarannya, para pelamar harus membuat permohonan tertulis langsung ke universitas yang kamu inginkan dan menyerahkan dokumen yang diperlukan.

 

  • Beasiswa Lotus Project

Kuliah di Eropa bukan lagi hanya sekedar angan. Dengan mengajukan beasiswa ke Beasiswa Lotus, kamupun akan bisa meraih mimpimu. Beasiswa Lotus yang melalui programnya berupa Lotus Project akan memberikan kamu kesempatan untuk dapat belajar di Eropa dengan beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat untuk 6 negara di Asia, seperti: Indonesia, China, Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Beasiswa Lotus merupakan bagian dari konsorsium Beasiswa Erasmus Mundus yang ditawarkan bagi mahasiswa di luar Eropa. Setiap tahunnya, Lotus Project memberikan sekitar 154 kursi beasiswa dengan berbagai level studi seperti sarjana, master, doktor, postdoktoral (peneliti) dan staf akademik.

Biaya penerima beasiswa Lotus akan ditanggung, dan kamu akan mendapatkan tunjangan bulanan, uang saku, tiket perjalanan, asuransi, dan dana partisipasi.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka secara online setiap tanggal 26 September – 31 Desember. Jadi, bagi kamu yang berminat, segera daftar sebelum terlambat!

Beasiswa Lotus sudah menetapkan beberapa kriteria seperti:

1. Calon penerima merupakan salah satu dari warga negara Kamboja, Cina, Indonesia, Myanmar, Thailand atau Vietnam.

2. Tidak menetap atau melakukan kegiatan utama seperti kuliah dan bekerja selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di salah satu negara anggota Uni Eropa.

3. Menyelesaikan setidaknya 1 tahun studi di perguruan tinggi lokal untuk mahasiswa sarjana.

Dokumen yang diperlukan:

1. Fotokopi paspor atau bukti identitas resmi lainnya

2. Pasfoto

3. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (yang diakui secara internasional)

4. Sertifikat kemampuan bahasa lainnya jika berlaku

5. Scan transkrip akademik termasuk IPK.

6. Sertifikat gelar (ijazah)

7. Rencana studi (download)

8. Sekurangnya satu surat rekomendasi

9. Rencana riset (postdoktoral) atau rencana kegiatan (staf) – (download)

10. Motivasi

Dalam beasiswa ini, ada 2 jenis pengajuan aplikasi.

Pertama, aplikasi yang ditujukan bagi mahasiswa/peneliti/staf yang berasal dari universitas/institusi yang sudah bekerja sama dengan Lotus.

Kedua, aplikasi bagi mereka yang bukan berasal dari  universitas/institusi yang belum bekerja sama dengan Lotus atau sudah bekerja.

Cara pengajuan aplikasi beasiswa Lotus berada di laman website Lotus Project dan universitas partner project. Formulir aplikasi bisa kamu dapatkan dengan 2 cara.

Pertama adalah dengan cara offline. Kamu bisa mengunduh formulir dengan format word (docx), kemudian diisi secara offline. Setelah semuanya diisi, secara otomatis akan tersedia tombol untuk pengiriman aplikasi. Pada tahap ini kamu memerlukan sambungan internet karena pengiriman dilkaukan secara online. Selain formulir, kamu juga harus mengapload berkas yang dibutuhkan dengan template yang sudah dibutuhkan.

Cara kedua adalah kamu bisa mengajukan aplikasi sepenuhnya online. Hanya dengan mendaftar, mengisi kolom yang disediakan, termasuk mengapload berkas yang dibutuhkan.

 

  • Fulbright Indonesia

Beasiswa Fulbright menjadi salah satu beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat dengan reputasi global asalkan memenuhi syarat bisa berbahasa Inggris. Beasiswa Pemerintah Amerika Serikat ini ditawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa dialokasikan setiap tahunnya. Selain ditujukan bagi pelajar mancanegara, Fulbright juga disiapkan bagi warga AS. Setidaknya 294 ribu tercatat sebagai alumni penerima Fulbright.

Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Beasiswa Fulbright ditawarkan dalam berbagai jenis, di antaranya Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain.

Kelebihan beasiswa Fulbright, penerima beasiswa diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di AS. Peluang ini sangat terbuka bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Selain menanggung biaya kuliah, Fubright juga menyiapkan tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.


  • Beasiswa Jardine Scholarship Award

Beasiswa ini tersedia bagi yang ingin melanjutkan kuliah di Cambridge University dan Oxford University. Beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat dari Jardine Foundation ini mencakup biaya hidup, kuliah, dan tiket pulang pergi. Info pendaftaran dan deadline bisa klik di https://www.jardines.com.


  • Beasiswa Kotzen

Program beasiswa ini cocok buat kamu yang ingin studi di Amerika. Nilai beasiswa yang disediakan Simmons University ini mencapai Rp 42 juta untuk biaya kuliah penuh, asrama, tunjangan tahunan. Info lengkap soal pendaftaran dan deadlinenya bisa klik di https://www.simmons.edu.


  • Beasiswa International Undergraduate

Melbourne University menyediakan beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat ini dalam bentuk potongan biaya kuliah. Besar potongan disesuaikan dengan hasil seleksi pendaftaran, yang bisa mencapai 50-100 persen. Buat kamu yang berminat bisa segera klik link https://scholarships.unimelb.edu.au.


  • Beasiswa International Student Grant

Program beasiswa ini ditawarkan Victoria University of Wellington berupa uang kuliah sebesar NZ$10.000 atau sekitar Rp 100 juta. Beasiswa tersedia di jurusan Bachelor of Science with Honours in Psychology dan Bachelor of Education. Informasi lengkap soal deadline dan pendaftaran bisa klik di https://www.wgtn.ac.nz.


  • Beasiswa Ton Duc Thang University

Ton Duc Thang University (TDTU) menyediakan biaya kuliah dan kursus, bagi peserta yang memilih kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Vietnam. Info lebih lanjut soal beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat dari universitas terkenal ini bisa klik di https://cis.tdtu.edu.vn.

 

Itulah 10 beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat asalkan kamu mau terus berusaha untuk meraihnya. Kegagalan adalah hal yang wajar dan tidak seharusnya membuat langkahmu terhenti. Jangan lupa sertai dengan doa agar keberkahan selalu ada pada hidupmu.

 

Referensi :

https://www.detik.com/edu/beasiswa/d-5702789/daftar-beasiswa-luar-negeri-untuk-kuliah-s1-dari-asia-hingga-amerika

http://www.berkuliah.com/2014/10/4-beasiswa-mudah-yang-bisa-didapatkan.html

 

Posting Komentar untuk "10 Beasiswa S1 Luar Negeri yang Mudah Didapat"