Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

 


Bisa kuliah ke Korea Selatan merupakan hal yang menyenangkan dan pastinya akan menjadi pengalaman berharga. Selain itu, bisa merasakan Pendidikan di luar negeri. Tapi bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan?

Beasiswa adalah salah satu jalan agar bisa melanjutkan studi hingga ke luar negeri tanpa perlu memikirkan mahalnya biaya kuliah. Tinggal kamu lebih berminat untuk kuliah kemana? Eropa? Asia?

Banyaknya peminat beasiswa kuliah di Eropa memang semakin meningkat. Namun fenomena peminat untuk kuliah di Asia, seperti Jepang, China, dan Korea Selatan tidak sebanyak peminat beasiswa Eropa. Minat itu pun didukung karena kini ketiga negara tersebut telah sangat maju, baik dari segi kehidupan maupun teknologi.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan Dengan Mudah

  • Mendaftar melalui seleksi Kedubes Korea Selatan

Melalui cara ini, kamu bisa memilih maksimal 3 Universitas yang diinginkan, dan Kedubes sendiri yang akan mengirimkan aplikasi pendaftaran kamu ke masing-masing universitasnya. Jika kamu lolos maka tahap seleksi berikutnya adalah wawancara dan tes kesehatan yang langsung dilakukan di kantor Kedubes Korea Selatan.

  • Melalui program KGSP (Korean Government Scholarship Program)

Jika ingin kuliah gratis dengan cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, kamu bisa mengikuti program beasiswa ini. Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa lansung mengunjungi website resminya http://www.niied.go.kr . Tidak hanya ke Korea, KGSP juga memberikan bantuan dana beasiswa ke negara Jepang.

  • Mendaftar melalui program beasiswa dari universitasnya langsung

Universitas-universitas di Korea masing-masing memiliki program beasiswa yang memang dikhuskan untuk para calon mahasiswa asing. Seperti Beasiswa Ewha Womans University (http://www.ewha.ac.kr) dan Beasiswa KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) (http://www.kaist.edu). Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea ini biasanya lebih cepat diproses daripada program beasiswa dari pemerintah.

  • Mengikuti volunteering program

Kamu tidak bisa langsung kuliah ke Korea sih melalui program ini, karena ini adalah program untuk relawan di bidang pendidikan. Tapi, sertifikat yang kamu dapatkan dari program ini akan sangat berguna untuk memudahkan kamu mendapatkan beasiswa kuliah bahkan bekerja ke Korea selatan.

AIESEC (Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales) adalah salah satu organisasi relawan terkenal di Indonesia, ini dia website resmi untuk informasi lengkapnya http://aiesec.or.id/.

  • Mendaftar langsung melalui website resmi universitas

Jika kamu ingin cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea yang lebih cepat lagi, bisa langsung mendaftar ke Universitas Korea Selatan impian kamu. Tinggal kunjungi website resminya dan ikuti segala persyaratannya. Tenang saja kamu tidak langsung di wawancarai menggunakan bahasa Korea, tapi menggunakan bahasa Inggris.

  • Mulai belajar Bahasa Korea

Jika kamu memang sudah memantapkan hati untuk melanjutkan pendidikan ke Korea maka kamu juga harus sudah mempersiapkan diri dengan bahasanya. Dan jangan lupa untuk lebih mengasah bahasa inggris kamu juga. Karena untuk mahasiswa asing di Korea Selatan wajib menggunakan bahasa Inggris dan Korea sebagai bahasa pengantarnya.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea, Ini Daftar Beasiswa yang Perlu Kamu Tahu!

  • Beasiswa dari Pemerintah

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini disalurkan melalui kementerian keuangan dengan program LPDP. Kamu bisa kunjungi laman website resminya untuk mendapatkan informasi terupdate karena LPDP menetapkan aturan yang berbeda setiap tahunnya, yaitu di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.  

  • Beasiswa dari Pemerintah/Yayasan/Perusahaan/Institusi Korea

Pemerintah Korea Selatan juga menawarkan beasiswa untuk para pelajar internasional dari belahan negara, termasuk Indonesia. Program beasiswa tersebut yaitu Korean Government Scholarship Program (KGSP).

Calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KGSP diwajibkan untuk mengikuti kursus bahasa Korea selama satu tahun di kampus mereka. Namun, jika kamu sudah mencapai skor TOPIK level 5, maka tidak perlu lagi mengikuti kursus bahasa.

Fasilitas yang diberikan untuk penerima beasiswa KGSP:

ü  Tiket PP ke Korea

ü  Biaya Kuliah FULL

ü  Biaya akomodasi 200,000 Won

ü  Biaya hidup/bulan mahasiswa S1 800,000 Won, mahasiswa S2 900,000 Won

ü  Biaya pengobatan 20,000 Won/bulan

ü  Biaya kursus bahasa 800,000 Won per 4 bulan

ü  Penghargaan tambahan 100,000 Won untuk mahasiswa yang berprestasi bagus dalam bahasa Korea (meraih skor TOPIK level 5)

ü  Bantuan Riset 210,000 – 240,000 Won per semester

ü  Biaya perkuliahan/disertasi 500,000 – 800,000 Won.

Pengumuman pendaftaran beasiswa untuk jenjang S1 akan dibuka pada bulan September. Berikut persyaratan untuk mendaftar beasiswa KGSP:

ü  Bukan warga negara Korea

ü  Sehat fisik dan mental

ü  Usia tidak melebihi 25 tahun untuk beasiswa S1, dan tidak melebihi 40 tahun untuk beasiswa S2

ü  Telah menyelesaikan pendidikan menengah atas dengan baik (untuk pendaftar program S1)

ü  Memiliki gelar Bachelor/S1 atau Master/S2 (untuk pendaftar program S2)

ü  Tidak pernah mendaftar ke universitas di Korea sebelumnya

ü  Penerima KGSP sebelumnya dapat mendaftar kembali (hanya sebanyak 1 kali) jika telah mencapai skor TOPIK level 4, atau telah menerima surat rekomendasi dari Kedutaan Korea

ü  GPA 80% ke atas dari pendidikan sebelumnya.

  • Beasiswa dari Universitas di Korea Selatan

Sejumlah universitas ternama di Korea Selatan juga menyelenggarakan program beasiswa untuk mahasiswa internasional yang berada di bawah naungan Research Assistant Scholarship.

Calon mahasiswa dari berbagai negara yang ingin mendaftar program beasiswa tersebut nantinya akan mendapatkan potongan tuition fee sebesar 30% hingga 100%.

  • Beasiswa dari Sumber lainnya

ASEAN University Network (AUN) juga membuka sejumlah program beasiswa kuliah di Korea yaitu ASEAN Millennium Leaders College Student Exchange Programme. Peserta yang diterima akan menempuh pendidikan di Daejeon University.

Selain itu, AUN juga menyelenggarakan beasiswa untuk jenjang S2 di Chulalongkorn University and Seoul National University. Program beasiswa yaitu Master of Arts Programme in Korean Studies.

 

Cerita Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Berikut ini cerita inspiratif dari seseorang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea hingga berhasil dua kali. Pengalaman ini dishare oleh pemilik website www.steemit.com. Saya sengaja tidak mengedit atau mereview cerita tersebut agar menjadi cerita pengalaman yang murni untuk kamu yang sedang berminat dan berjuang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan. Simak ceritanya berikut ini :

Beasiswa itu ada banyak sumber, tapi aku cuma bisa bahas 3 sumber aja. Pertama bisa dari pemerintah negara asal Indonesia, seperti LPDP, atau Ristek. Kedua dari pemerintah Korea yaitu GKS atau KGSP (Korean Government Scholarship Program). Dan yang ketiga bisa di dapat dari Universitas yang dituju dengan menjadi research assistant. Nah kebetulan dua kali saya lulus, keduanya saya menggunakan beasiswa research assistant.

Kalau untuk LPDP, mungkin bisa dilihat langsung di website LPDP, karena mungkin saja steemians tertarik ke negara lain :D

Kalau untuk KGSP itu full support dari biaya pembuatan visa, tiket pesawat, dana kedatangan, uang kuliah(tuition fee), biaya hidup selama disana (living expanses), uang beli buku, experiment,dll.

Cara mendaftarnya juga ada 2 cara, yaitu mengirimkan berkas ke panitia KGSP dengan memilih 3 universitas yang ingin dituju di Korea atau mengirimkan berkas ke universitasnya langsung ke panitia KGSP yang berada di universitas tersebut.

Kalau yang ketiga, beasiswa research assistant. Ini beasiswa yang saya dan mostly teman-teman saya dari berbagai negara dapatkan.

Pertama kita harus meyakinkan diri dulu dengan jurusan yang kita pengen ambil. Setelah itu coba dan kumpulkan data-data Professor yang sesuai dengan minat kita. Caranya pertama bisa googling top university in Korea, nanti akan ketemu list top 100 universitas negeri dan swasta di Korea. Tinggal kunjungi websitenya. Cari link department yang dituju (misalkan : engineering), kemudian akan muncul jurusan-jurusan yang terdaftar di universitas tersebut. Kemudian cari website lab yang sesuai dengan minat kita. Catat email dan nomor telepon kantor professor tersebut.

Sebelumnya siapkan seluruh berkas-berkas kita ke format english seperti Ijazah, Transkrip, TOEIC/TOEFL/IELTS, Curriculum Vitae dan Study Plan. Untuk TOEFL harus IBT/PBT/CBT ya karena ITP tidak diterima. Untuk score tergantung dari persyaratan universitas masing-masing.

Nah berkas sudah beres, sekarang kita kirim email ke professor dengan subject "PROSPECTIVE STUDENT" (supaya dibaca sama si Prof). Prospective nya dijelaskan ya apakah Master atau PhD atau combined. Isi email sebagus-bagusnya, perkenalkan diri, ipk jangan lupa, kalau punya paper terbitan di S1 silahkan lampirkan, kemudian katakan kalau kita sudah membaca paper-paper professor tersebut dan kita tertarik untuk bergabung sebagai mahasiswa professor tersebut. Tapi harus jujur sudah membacanya ya.. karena semua itu akan dipertanggungjawabkan di lab nanti. Kalau belum, persiapkan diri untuk membaca dan memahaminya :) nah jangan lupa lampirkan berkas-berkas yang sudah dipersiapkan tadi.

Tunggu balasan professor maksimal 2 hari. Email kita itu pasti dibaca beliau kalau beliau tidak sibuk. Nah kalau lebih dari 2 hari beliau tidak menjawab email, telpon professor tersebut. Bilang gini, "Hello Professor, I am Fitria Wulandari, I'm interested to join with your lab as PhD student. I sent to your email all of my documents. So could you please check my email, Professor?" Atau cara kamu deh gimana penyampaiannya yang sopan. Nah kalau professornya memang lagi butuh student, dia bakalan bilang "ok, I will check" atau bisa juga "Oh I couldn't see your email. Could you send to me again?" Biasa kalau udah begitu berita bagus buat kamu. Karena kalau dia tertarik dengan cv dan email kamu, dia akan mengadakan interview by skype. Tinggal kamu persiapkan diri kamu aja untuk interview.

Itu kalau diterima, kalau dia tidak butuh student bagaimana? Yaudh cari lagi. Kan tadi udah buat list data-data professor. Banyak kesempatan kok. Hehehe

Setelah itu, jangan lupa untuk tanyakan ke professor tentang tuition fee dan sallary menjadi student di lab beliau. Udah kalau sudah gitu sudah aman, tinggal apply berkas ke universitasnya aja dan tunggu informasi-informasi selanjutnya dari email.

Aku recommend Korea banget ke teman-teman yang pengen kuliah keluar. Karena disana kita bisa aktif terbit paper, ikut conference, sama disiplin diri. Tapi ya memang harus benar-benar kuat mental sih. Karena yang kalian lihat di drama ngga sama dengan apa yang kalian lihat di lapangan hehehe

Yang pasti intinya kemanapun tujuan kuliah kamu, semoga dapat berguna tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang banyak :)

 

Bagaimana menurut kamu setelah baca cerita inspiratif di atas? Jadi tambah semangat buat daftar beasiswa ke Korea nih kayaknya. Yang penting selalu update informasi dari penyedia beasiswa tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea ya, dan jangan mudah putus asa.

 

Referensi :

https://steemit.com/beasiswa/@computergeek/bagaimana-sih-cara-mendapatkan-beasiswa-ke-korea

https://www.cermati.com/artikel/cara-sukses-bisa-kuliah-ke-korea-selatan

https://pintek.id/blog/beasiswa-kuliah-di-korea/

 

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan"