15 Film Korea Tentang Kerajaan Joseon Terbaik Sepanjang Masa

Para penggemar film klasik jangan sampai melewatkan film – film Korea tentang Kerajaan Joseon yang juga tak kalah menarik. Selain alur cerita yang bertema kerajaan, biasanya film-film ini disukai karena suasana dan budaya, terutama kostum yang dikenakan oleh para pemainnya. Menurut saya budaya Korea dengan baju tradisionalnya atau hanbok yang sangat unik menambah keseruan cerita.

Mungkin kamu mengira selama ini bahwa film – film Korea tentang Kerajaan Joseon biasanya mengisahkan peperangan. Namun tidak semuanya kok, ada juga yang menceritakan komedi romantic atau keluarga.

Berikut ini simak beberapa rekomendasi film Korea tentang Kerajaan Joseon yang bisa kamu nikmati diakhir pekan ini :

 

Film Korea Tentang Kerajaan Joseon Mengisahkan Peperangan dan Kepemimpinan

The Great Battle (2018)


Film Korea tentang Kerajaan Joseon ini dirilis pada tahun 2018 lalu. 'The Great Battle' merupakan film sejarah yang dikemas dengan genre action apik dan menegangkan. Bercerita mengenai peperangan antara pasukan Goguryeo dengan 500 ribu pasukan Tang dari kekaisaran Cina yang ingin menguasai wilayah Korea pada tahun 645 Masehi untuk mempertahankan benteng Ansi.

Pasukan Goguryeo dipimpin oleh Jenderal Yang Man Chun yang membawa 5.000 pasukan untuk melawan pasukan Dinasti Tang dari Cina. Yang Man Chun dibantu oleh Samul yang sebenarnya memiliki niat jahat dan ingin membunuhnya.

'The Great Battle' terpilih sebagai film Korea kedua yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2018. Selain ceritanya yang seru, film ini juga mencuri perhatian karena menghadirkan sederet bintang populer sebagai pemerannya, seperti Jo In Sung, Nam Joo Hyuk, dan juga Seolhyun AOA.

Pengambilan film kerajaan Korea ini juga menggambarkan pertempuran yang sesungguhnya di medan perang. Nah, penasaran kan akhir cerita film ini seperti apa? Yuk tonton.

 

Kundo : Age of The Rampant (2014)

Seperti kebanyakan drama sageuk, Kundo mengangkat tema korupsi dan keserakahan. Alih-alih terlalu memikirkan konten seriusnya, film ini mengemasnya dalam humor riuh dan aksi seni bela diri epik yang akan membuat Anda ketagihan menontonnya.

Di akhir Dinasti Joseon, ketika kelahiran seseorang menentukan nasibnya dalam hidup, Dolchi terlahir sebagai tukang daging rendahan dan Jo Yoon adalah anak haram dari ayah bangsawan. Dolchi bergabung dengan sekelompok bandit yang mencuri dari orang kaya untuk diberikan kepada rakyat jelata yang kelaparan dan miskin.

 

Rampant (2018)


Film ini berkisah soal Lee Chung (Hyun Bin), seorang pangeran yang diserahkan kepada Kekaisaran Qing sebagai sandera politik. Ia dikenal sebagai salah satu putra dari Raja Lee Cho yang unggul dalam bela diri.

Setelah bertahun-tahun hidup di pengasingan, ia akhirnya pulang ke kerajaan Joseon karena dipanggil kakaknya, putra mahkota muda Yi (Kim Tae Woo). Namun saat itu negaranya tengah diserang oleh para monster mengerikan yang mereka sebut sebagai 'iblis malam'.

Buat yang suka dengan film laga dengan tema zombi, kamu bisa mencoba menonton 'Rampant'.

 

Blades of Blood (2010)


Berlatar belakang kerajaan Joseon kala dijajah Jepang, film Blades of Blood menjadi salah satu film Korea tentang Kerajaan Joseon terlaris. Film ini menceritakan seorang perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.

Lee Mong-hwak (Cha Seung-Won) yang yakin bisa menyelamatkan Korea dari invasi Jepang. Untuk itu ia harus membunuh sang raja dan mengklaim Korea sebagai negeri yang ia pimpin. Lee Mong-hwak tak mungkin melakukannya sendiri. Ia perlu bantuan dan siapa lagi yang bisa membantu Lee Mong-hwak kalau bukan Hwang Jeong-hak (Hwang Jung-Min), sahabat baik Lee Mong-hwak.

Film ini diangkat dari sebuah graphic novel berjudul LIKE THE MOON ESCAPING FROM THE CLOUDS. Walaupun sekilas seperti kisah yang berdasar pada fakta sejarah namun sebenarnya film ini murni fiksi yang mengambil sejarah sebagai latar belakangnya.


Mosquerade (2012)


Film Korea tentang Kerajaan Joseon lainnya adalah Masquerade. Film ini menceritakan tentang seorang raja yang tengah mencari penggantinya untuk menghindari ancaman pembunuhan.

Lee Byung Hun membintangi peran ganda Raja Gwanghae Joseon dan badut bernama Ha Sun. Timbul perasaan paranoid bahwa ada rencana untuk meracuninya, Gwanghae memerintahkan anggota dewannya untuk menemukan seorang doppelganger untuk menggantikannya di atas takhta. Namun, HaSun yang mirip ternyata menjadi raja yang lebih baik daripada raja itu sendiri.

Namun, sang pengganti justru memiliki kepemimpinan yang lebih baik dibanding dirinya. Bagaimana akhir kisah film ini?

 

Memories of The Sword (2015)

Memories of the Sword menceritakan pertarungan antar tiga ksatria dari guru yang sama. Film ini dirilis pada tahun 2015 dan tentu akan mengguncang emosi para penontonnya. Penasaran bukan?

Sebuah kisah takdir, pengkhianatan, dan tragedi dengan sentuhan seni bela diri, Memories of the Sword akan memberi penonton drama yang sempurna. Di Dinasti Goryeo, tiga prajurit bangkit melawan raja mereka yang tidak kompeten. Seol Rang melarikan diri bersama bayi perempuan bernama Seol Hee (Kim Go Eun). Seol Rang melatih anaknya ilmu pedang sehingga dia bisa membalas dendam pada raja.

 

 

Film Korea Tentang Kerajaan Joseon Mengisahkan Putra Mahkota

The Throne (2015)

Dibintangi oleh Song Kang Ho dan Yoo Ah In, film The Throne menceritakan peristiwa sejarah yang sebenarnya. Di Dinasti Joseon, Putra Mahkota Sado (Yoo Ah In) dituduh merencanakan pengkhianatan terhadap ayahnya, Raja Yeongjo (Song Kang Ho). Sebagai hukumannya, raja memerintahkan putranya untuk dipenjara di peti beras kayu dan dibiarkan mati perlahan.

'The Throne' merupakan salah satu film kerajaan terbaik dari sineas Korea Selatan. Film ini berhasil meraih pendapatan sebesar 48.7 miliar Won (sebesar Rp 617 miliar) dari penjualan 6,23 juta tiket bioskop.

Dengan mengusung konsep masa pemerintahan Raja Yeong Jo dari Dinasti Joseon, film ini bercerita tentang kehidupan Putra Mahkota Sado. Dikisahkan Yeong Jo berambisi jadi raja yang sempurna karena latar belakangnya dan memiliki harapan tinggi pada Sado.

Namun Sado ternyata lebih menyukai seni bela diri dan lukisan daripada berfokus pada studinya sehingga ia dianggap tak layak untuk memerintah. Akibatnya, di usia 27 tahun Sado dijatuhi hukuman mati oleh ayahnya sendiri dengan dipenjara di sebuah lumbung beras selama delapan hari sampai ia tercekik dan mati kelaparan.

 

Warriors of The Dawn (2017)

Aksi Yeo Jin Goo sebagai pangeran Gwanghae di film ini sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Yeo Jin Goo yang masih berusia muda sudah harus mengemban tahta sebagai raja.

Jabatan tersebut terpaksa ia emban karena raja sebelumnya tengah mencari pertolongan tanpa memberikan pernyataan. Sedangkan di satu sisi, ada banyak orang yang menginginkan raja baru untuk mati.

 

Film Korea Tentang Kerajaan Joseon Mengisahkan Kehidupan

The King’s Letters (2019)


Dibintangi oleh Song Kang Ho sebagai Raja Sejong the Great yang terkenal. Saat dia bekerja tanpa lelah untuk membuat alfabet Korea yakni hangul, Raja Sejong mendobrak karakter China yang sulit digunakan pada saat itu. Raja Sejong bertekad untuk merancang naskah yang sempurna dan mudah dibaca dimana memungkinkan rakyatnya bisa mengakses literasi dengan lebih baik.

Raja membawa biksu Buddha Shin Mi (Park Hae Il) untuk membantu proyeknya. Namun, keduanya harus mengatasi perbedaan mereka sendiri ditengah ketegangan ideologi yang berlawanan antara agama Buddha dan Konfusianisme. Drama ini memberikan beberapa informasi tentang desain alfabet Korea serta putaran kisah terkenal.

 

The Pirates (2014)


The Pirates menawarkan kisah menyenangkan yang tidak sedikit berkat karakternya yang mudah diingat. Jang Sa Jung seseorang yang canggung, unik, menawan, dan chemistry dengan ratu bajak Laut Yeo Wool adalah poin petualangan film ini.

Bosan dengan film kerajaan korea yang membahas peperangan? Coba tonton Pirates. Film ini juga memiliki genre komedi sehingga bisa membuat kamu tertawa lepas saat menontonnya.

Pirates menceritakan sekelompok bajak laut yang mencoba untuk merebut posisi penting menggunakan stempel kerajaan. Namun, stempel tersebut telah ditelan seekor ikan paus. Pihak kerajaan kemudian mengadakan seyembara bagi yang mendapatkan kembali stempel itu akan diberi hadiah besar.

Meski masih mengusung genre laga, film yang dibintangi oleh Son Ye Jin dan Kim Nam Gil ini cukup menyegarkan karena diselipkan banyak adegan komedi penuh humor.

Banyak yang tertarik untuk mengikuti seyembara ini, termasuk Jang Sa Jung pemimpin penjahat dari gunung dan Yeo Wol, seorang kapten bajak laut wanita. Keduanya kemudian terlibat petualangan tak terduga.

 

Forbidden Dream (2019)


Film yang berkisah antara persahabatan Raja Sejong (Han Suk Kyu) dan toko sejarah lainnya seperti Jang Yeong Sil. Lahir di kelas sosial yang rendah, Jang menjadi salah satu ilmuwan terkemuka di Joseon setelah raja mengenali pikirannya yang brilian dan membawanya ke istana. Forbidden Dream menelusuri persahabatan mendalam yang terbentuk antara dua pria hebat saat mereka mengejar penyelidikan penemuan ilmiah untuk mengangkat Kerajaan Joseon. Namun, hal-hal berubah menjadi tragis ketika Sejong dipaksa untuk memilih antara kesetiaannya kepada temannya atau rakyatnya.

 

The Princess and The Matchmaker (2018)


Tak melulu soal peperangan, banyak juga film kerajaan dari Korea Selatan yang romantis dan bikin baper. Salah satunya adalah 'The Princess and The Matchmaker' yang dibintangi oleh Shim Eun Kyung, Lee Seung Gi, dan Kim Sang Kyung.

Bercerita mengenai Putri Song Hwa yang dianggap sebagai pembawa sial dan harus dinikahkan untuk memperbaiki nasib buruk dan mengatasi bencana kelaparan berkepanjangan. Istana kemudian mengatur pernikahan Song Hwa dengan salah satu kandidat yang dipilih berdasarkan ramalan bintang.

Namun Song Hwa menolak pernikahan tersebut karena tak ingin jodohnya dipilih hanya berdasarkan pembacaan keberuntungan. Ia kemudian kabur dari istana dan menyamar menjadi pelayan untuk menyelidiki para kandidat calon suaminya sembari menemukan pria yang dicintainya.

Dipimpin oleh Lee Seung Gi yang selalu menawan dalam peran sebagai pembaca ahli keharmonisan pernikahan. Film ini penuh dengan kejutan, tawa, dan akhir yang sempurna.

 

Seondal : The Man Who Sells The River (2016)


Film kerajaan Korea terbaik jatuh pada film Seondal. Film ini menceritakan seorang penipu ulung yang diperankan oleh Yoo Seung-Ho menipu orang paling kuat.

Dalam aksi penipuan kali ini, Yoo Seung-Ho bekerja sama dengan penipu lainnya. Namun, apakah aksi mereka berakhir sukses atau justru ketahuan?

 

Untold Scandal (2003)


Film yang diangkat dari novel berjudul Les Liaisons Dangereuses. Film ini menceritakan seorang playboy yang suka bermain dengan wanita cantik.

Berkat akting para pemainnya yang apik, film ini juga menerima banyak penghargaan, seperti Shanghai International Film Festival 2004 dan Golden Goblet Award.


The Royal Tailor (2014)


Film yang menceritakan tentang pertarungan dua penjahit ini dibintangi oleh Park Shin Hye, Han Suk Kyu, Go Soo, dan Yoo Yeon Seok. Mengambil latar era Joseon film ini lebih banyak mengangkat kisah kehidupan di dalam Kerajaan Joseon antara penjahit istana dan penjahit yang bertalenta yang baru saja diangkat oleh Ratu. Bagaimana persaingan mereka di dalam istana? Ikuti kisahnya!


Bagaimana sudah punya daftar film Korea tentang Kerajaan Joseon yang bisa kamu nikmati diakhir pekan ini kan? Pastinya film-film tersebut tidak membosankan dan tetap seru karena ada action dan komedi juga. Satu hal yang selalu menurut saya penting dari sebuah film adalah ketika para penonton bisa mengambil hikmah untuk kehidupannya.

Posting Komentar untuk "15 Film Korea Tentang Kerajaan Joseon Terbaik Sepanjang Masa"