15 Jurusan Terbaik di UGM dan Banyak Peminatnya

 


Bisa kuliah di UGM merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. UGM merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, banyak peminat atau calon mahasiswa yang tertarik pada beberapa jurusan terbaik di UGM.

Saat ini tahun UGM menduduki peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia versi QS WUR (World University Rankings) tahun 2022 dan peringkat ke-254 di dunia.

Peringkat tersebut salah satunya juga didukung bertambahnya jurusan favorit yang ada di UGM sehingga banyak yang tertarik. Apa saja sih jurusan terbaik di UGM itu? Simak penjelasannya berikut ini !

 

Jurusan Terbaik di UGM di Bidang Medis



  • Kedokteran

Meski membutuhkan masa studi yang lebih lama untuk menjadi seorang dokter, tetapi jurusan ini tetap diminati banyak orang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 3,5 tahun untuk mencapai gelar Sarjana Kedokteran (S. Ked) dan melanjutkan koas selama 2 tahun untuk meraih gelar dr. (dokter). Kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi, dan Internship untuk mendapatkan STR.

Akreditasi dari S1 Kedokteran UGM sendiri telah mendapatkan peringkat akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Program studi S1 Kedokteran berada di bawah FKKMK UGM (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan).

  • Farmasi

Jurusan Farmasi menjadi favorit kedua di bidang medis setelah Jurusan Kedokteran. Lokasinya berada di sebelah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM. Bagi kamu yang menyukai pelajaran biologi dan kimia saat duduk di bangku SMA, maka bisa mencoba untuk mendaftar ke Jurusan Farmasi ini.

Di Jurusan Farmasi kamu akan belajar tentang obat-obatan untuk membantu penyembuhan pasien secara rinci. Setelah lulus dari program Sarjana, kamu akan memperoleh gelar S.Farm. Jika kamu ingin menjadi seorang apoteker, maka kamu bisa mengambil pendidikan profesi selama 1 tahun untuk meraih gelar Apt.

Tugas dari seorang lulusan farmasi antara lain memastikan kesesuaian obat-obatan yang diresepkan, memantau kesehatan dan kemajuan pasien untuk mendapatkan hasil pengobatan terbaik, memberikan pengetahuan tentang komposisi obat, menjaga kemurnian dan kekuatan obat-obatan, serta bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota tim medis lain dalam mengobati pasien.

  • Kedokteran Gigi

Berprofesi menjadi seorang dokter gigi juga masih menjadi favorit banyak orang. Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke S1 Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada untuk bisa jadi dokter gigi.

Program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

  • Gizi Kesehatan

Jurusan terbaik di bidang medis selanjutnya adalah Jurusan Gizi Kesehatan dimana banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Memang tidak dipungkiri bahwa profesi di bidang Kesehatan merupakan profesi yang sangat bermanfaat di masyarakat dan banyak dibutuhkan.

 

Jurusan Terbaik di UGM di Bidang SOSHUM



  • Hukum

Jurusan terbaik dan terfavorit di bidang Soshum salah satunya adalah Ilmu Hukum. Lokasi Fakultas Hukum sendiri ada di antara Fakultas Filsafat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sebelum meraih gelar S.Hum. selama 4 tahun, kamu akan dihadapkan kepada beberapa pilihan departemen untuk dikonsentrasikan. Terdapat 11 departemen yang dapat dipilih, yaitu: Hukum Adat, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Dagang, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Pajak, Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.

Sesudah lulus dari sarjana hukum maka kamu bisa bekerja menjadi pegacara, diplomat, notaris, politisi, pengusaha, dan masih banyak lagi. Akreditasi dari program studi S1 Hukum UGM sudah mendapatkan peringkat dengan nilai A.

  • Psikologi

Di jurusan Psikologi ini pada dasarnya kamu akan mempelajari tingkah laku manusia dan perilaku manusia secara ilmiah.

Masa studi yang akan kamu tempuh di jurusan ini untuk mencapai gelar sarjana yaitu selama 3,5 – 4 tahun, kemudian kamu akan mendapatkan gelar S.Psi. Sedangkan, untuk mendapatkan lisensi sebagai seorang psikolog, kamu perlu lanjut studi dengan mengambil jenjang Magister Psikologi Profesi.

Setelah lulus dari sarjana psikologi maka kamu bisa bekerja dalam berbagai macam bidang seperti konsultan psikologi, motivator, ahli riset, ahli psikometri, dan masih banyak lagi.

Akreditasi program studi S1 Psikologi UGM sudah mendapatkan peringkat dengan nilai A dari BAN PT.

  • Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional ini merupakan salah satu rumpun Soshum yang juga termasuk jurusan terbaik di UGM. Bisa dibilang jurusan yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) ini adalah favorit banyak orang, termasuk saya yang dulu tahun 2007 mengikuti Ujian Mandiri dan UMPTN.

Di jurusan Ilmu Hubungan Internasional ini, kamu bisa menyelesaikan studi dengan memilih 3 konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Studi Perdamaian dan Konflik, Politik dan Keamanan Global, dan Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional. Setelah lulus, kamu akan disematkan gelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.) dan sangat berpotensi kedepannya untuk menjadi seorang diplomat.

  • Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan peringkat kedua jurusan terbaik di UGM yang merupakan bagian dari FISIPOL. Tentunya setelah Jurusan Hubungan Internasional.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mempelajari perubahan media, komunikasi, dan teknologi. Kamu akan memilih 1 dari 4 peminatan, yaitu: Humas, Jurnalisme, Media Hiburan, dan Periklanan. Setelah lulus dari pendidikan selama 3,5 – 4 tahun, kamu akan disematkan gelar S.Ikom..

  • Akuntansi

Jurusan Akuntansi ini merupakan jurusan yang ada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang masuk dalam rumpun Soshum. Dalam jurusan yang satu ini, kamu akan lebih fokus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan audit, pelaporan keuangan, dan sistem kontrol manajemen.

Ketika kamu lulus maka bisa berpeluang kerja sebagai seorang akuntan, pegawai bank, konsultan pajak, lembaga keuangan, dan masih banyak lagi.

  • Manajemen

Jurusan lain yang terfavorit dan terbaik di Fakultas Ekonomika dan Bisnis yaitu Jurusan Manajemen. Di program studi manajemen ini, kamu akan belajar tentang pengelolaan dari suatu perusahaan atau organisasi, yang berfokus pada kegiatan pengelolaan, perencanaan, pengaturan untuk mencapai suatu tujuan. Tidak jarang lulusannya pun banyak yang menjadi wirausaha mandiri. Selain itu, kamu akan belajar tentang marketing, perekrutan sumber daya manusia, belajar bisnis dan keuangan, pengembangan strategi, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus dari S1 Manajemen peluang kerja pun sangat terbuka lebar, terutama pada sektor ekonomi dan keuangan seperti bagian marketing, bagian operasional logistik, product manager, dll.

  • Kehutanan

Jurusan Kehutanan ini juga menjadi jurusan favorit mulai dari jenjang Diplomanya yang kini berubah menjadi sekolah vokasi. Buat yang punya jiwa petualang maka bisa dicoba masuk ke jurusan ini karena banyak praktek yang akan berhubungan langsung dengan alam dan pastinya banyak hutan yang akan kamu jelajahi.

  • Pariwisata

Setiap tahun industri pariwisata menjadi semakin meningkat seiring kebutuhan akan liburan bagi masyarakat. Setelah kamu lulus dari Pariwisata UGM diharapkan bisa bekerja di berbagai bidang pariwisata baik pemerintah maupun swasta untuk meningkatan kemajuan Indonesia.

 

Jurusan Terbaik di UGM di Bidang Saintek



  • Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan terbaik dari rumpun Saintek. Bagi kamu yang berminat bekerja  di bidang pembangunan dan konstruksi maka bisa kuliah di S1 Teknik Sipil UGM Yogyakarta. Jurusan Teknik Sipil ini termasuk di dalam Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Ketika memilih jurusan ini, kamu harus fokus penjurusan, yaitu: lingkungan, hidrologi, struktur bangunan, geoteknik, dan transportasi.

Program studi ini telah ada sejak tahun 1946 sehingga menjadi salah satu prodi tertua dan saat ini dikelola oleh Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) UGM. Apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang bagaimana cara mendesain, membangun, renovasi tidak hanya bangunan dan suatu infrastruktur, tetapi mencakup semua aspek yang berkaitan dengan lingkungan untuk kehidupan manusia agar menjadi lebih baik.

Prodi S1 Teknik Sipil UGM telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) sejak tahun 2011 dan akreditasi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang berpusat di Amerika Serikat.

Saat lulus, kamu juga akan meraih gelar S.T.. Hal yang membedakannya dari jurusan Arsitektur adalah jurusan teknik sipil lebih fokus kepada kerangka bangunan dan perhitungannya, sedangkan jurusan Arsitektur lebih fokus kepada kegiatan menggambar dan mendesain bangunan.

  • Teknologi Informasi

Bagi kamu yang suka dengan dunia teknologi informasi dan komputer maka S1 Teknologi Informasi bisa menjadi jurusan pilihanmu. Teknologi Informasi ini dikenal juga dengan Information Engineering yang menjadi bagian dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM.

Di tempat ini bukan berarti kamu akan belajar mengenai teknologi secara terus-menerus karena di S1 Teknologi Informasi UGM kamu akan belajar tentang matematika dan logika sebagai fundamental.

Ada 3 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu: rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem komputer, dan rekayasa sistem informasi. Ketika lulus, kamu akan diberikan gelar S.T..

  • Arsitektur

Bagi kamu yang suka menggambar dan lebih suka berhitung maka bisa mencoba mengambil jurusan S1 Arsitektur UGM.

Arsitektur berada di Fakultas Teknik dan di bawah Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan.

Program studi S1 Arsitektur UGM sendiri sudah terakreditasi A dari BAN PT.

Itulah beberapa jurusan terbaik di UGM yang bisa menjadi referensi kamu untuk melanjutkan studi. Pada dasarnya semua jurusan di UGM sudah terakreditasi A yang artinya jurusan tersebut berkualitas tinggi untuk mencetak lulusan yang kompeten di bidangnya. Namun tidak dipungkiri beberapa jurusan masih sangat mendominasi dari sisi peminatnya.

Posting Komentar untuk "15 Jurusan Terbaik di UGM dan Banyak Peminatnya"