Review Drama Korea Hometown Cha Cha Cha

 


Belum bisa move on meski sudah hampir seminggu sejak episode terakhir tayangan drama Korea Hometown Cha Cha Cha. Terlepas dari skandal salah satu pemainnya yang kini baru sering dibahas, Hometown Cha Cha Cha menurut saya patut meraih rating tinggi. Review drama Korea Hometown Cha Cha Cha kali ini saya tidak akan menceritakan bagaimana jalan ceritanya, karena sudah banyak synopsis yang menceritakannya, tetapi saya lebih tertarik dengan lesson learned apa yang bisa kita ambil.

Saya nggak menduga sebelumnya bahwa drakor Hometown Cha Cha Cha ini banyak berkaitan dengan psikologi. Karena saya kira hanya akan berupa drama romantic komedi seperti biasa. Namun bagi saya sendiri drakor ini sudah menarik sejak tahu siapa saja cast pemainnya. Dimana ada Shin Min Ah, disitulah drama atau filmnya pasti bagus. Karena menurut saya dia cukup mahir dalam berakting, apalagi kalau yang bucin-bucin. :D

 

Hometown Cha Cha Cha Cast

Sehubungan dengan setting yang diambil adalah suatu tempat atau wilayah yang dikenal di sana Gongjin. Tempat yang dekat dengan pesisir dimana warganya bisa dipastikan sebagian besar bermata pencaharian dari bahari. Nah, cukup mengejutkan awalnya karena termasuk drama dengan melibatkan cukup banyak cast pemain. Nggak heran sih karena fokus pada cerita warga Gongjin. Mungkin kalau Hong Du Sik nggak pindah dari Seoul kembali ke Gongjin nggak ada cerita tentang warganya kali ya.

Cast lead aktris tentu saja Shin Min Ah sebagai Yoon Hye Ji, seorang dokter gigi yang akhirnya terpaksa mendirikan klinik gigi di Gongjin. Sebenarnya dia cukup Seoul minded karena gaya hidupnya yang cukup mewah. Karakter Yoon Hye Ji di sini sebagai dokter gigi yang berasal dari ibukota awalnya terlihat suka merendahkan orang lain, apalagi warga desa Gongjin. Menurutku Min Ah sendiri berhasil memerankannya karena dia berhasil memadukan rasa antara jutek, judes, tapi sebenarnya baik dan berkepribadian hangat. Ada sebab dimana dia punya watak yang jutek berkaitan dengan perjuangannya di masa lalu untuk bisa jadi dokter gigi tidak lah mudah. Dia bukan lah berasal dari keluarga kaya. Ada trauma juga karena ayahnya yang menikah lagi setelah ibunya meninggal. Dia belum bisa menerima kehadiran ibu tiri karena seolah ayahnya mengabaikan dirinya.

Aktor utama diperankan oleh Kim Seon Ho sebagai Hong Du Sik, kepala di Gongjin yang memiliki banyak lisensi pekerjaan. Awalnya penonton dibuat bingung tentang sebenarnya apa sih pekerjaan Kepala Hong ini, kok banyak banget yang dikerjain, dan dia serba bisa pula. Pertemuan pertama dengan Dokter Yoon saat di pantai dan akhirnya Dokter Yoon pun membutuhkan bantuan Kepala Hong untuk bisa punya rumah dan klinik di Gongjin. Kepala Hong ini punya trauma masa lalu kenapa dia memilih meninggalkan Seoul dan kembali hidup di Gongjin.

Mengenai bagaimana relasi yang dijalin Kepala Hong dan Dokter Yoon secara visual memang cukup menarik. Apalagi melihat wajah duo dimple ini cukup bisa mengatasi mood weekend jadi lebih terhibur. Shin Min Ah memang paling jago untuk jadi pasangan, dengan siapa saja lawan mainnya akan terlihat seperti juga terjadi dalam kehidupan nyata. Jadinya penonton ikutan bucin deh lihat mereka berdua ini. Sebenarnya kalau acting Kepala Hong sendiri sebagai pacar termasuk biasa, tapi Min Ah cukup agresif sehingga semakin menarik saja lihatnya. Keduanya akhirnya saling mendampingi mengatasi trauma masa lalu. Secara tidak sadar pun, sikap Dokter Yoon tidak sejutek biasanya, termasuk dengan ibu tirinya. Itu karena dia sudah mendapatkan cukup cinta dari Kepala Hong. Sebaliknya, Dokter Yoon mendampingi Kepala Hong mengatasi trauma kejadian masa lalunya.

Cast second lead yaitu Ji Seong Hyeon yang diperankan oleh Lee Sang Yi. Ceritanya dia juga dari lama udah suka sama Dokter Yoon, karena dia adalah kakak tingkat waktu kuliah dulu. Namun dulu Dokter Yoon juga udah punya pacar. Jadi cinta Sutradara Ji ini nggak pernah mendarat di waktu yang tepat untuk Dokter Yoon. Giliran jadi sutradara dan syuting di Gongjin, eh Dokter Yoon udah sama Kepala Hong.

Itulah tiga cast utama dari drama Korea Hometown Cha Cha Cha. Banyak cast pendukung lainnya yang juga punya cerita menarik, tapi saya akan ambil beberapa saja yang punya lesson learned.

Dokter Yoon juga punya sahabat, yaitu Pyo Mi Seon yang diperankan oleh Gong Min Jung. Mi Seon juga awalnya bekerja jadi asisten dokter gigi di sebuah klinik di Seoul. Namun mengetahui sahabatnya itu buka klinik di Gongjin, dan dia tahu banget bahwa Dokter Yoon ini nggak punya sohib lain selain dia, akhirnya ikutan pindah ke Gongjin dan jadi asisten Dokter Yoon. Persahabatan yang cukup langka menurut saya, karena biasanya kalau sahabatnya pergi ya udah sedih-sedih di awal aja trus besok udah punya sahabat lain. Tapi di drama ini nggak, Dokter Yoon termasuk beruntung punya teman dekat seperti Mi Seon. Hingga Mi Seon pun punya pacar di Gongjin dan berencana membentuk rumah tangga juga di sana. Cukup bikin iri sih ini bisa sohiban kayak gitu. Menurutku juga nggak masalah cuma punya temen deket satu, tapi saling setia dan dukung. Itu sudah cukup untuk menghadapi dunia ini.

Gongjin punya cerita dari setiap warganya. Ada tiga nenek, yaitu nenek Gam Ri, Mat Yi, dan Sook Ja. Nenek Gam Ri inilah yang sangat dekat dengan Kepala Hong. Dia sudah anggap seperti anak dan cucunya sendiri. Ketiga nenek ini hidup sendiri meski memiliki anak. Namun anak-anak mereka sibuk bekerja di Seoul.

Ada percakapan antara Dokter Yoon, Kepala Hong, dan nenek Gam Ri tentang hubungan orang tua dan anak. Bahwa orang tua hanya cukup menjaga kesehatan mereka untuk bisa membuat anaknya bahagia. Tujuannya agar selalu sehat dan juga panjang umur. Namun diakhir surat yang ditulis oleh nenek Gam Ri untuk Du Sik dia mengatakan bahwa orang tua pun merasa sakit jika anaknya sakit.

Anak nenek Gam Ri bahkan tidak sedekat itu dibanding Du Sik. Karena dia lebih prioritas kebutuhan keluarga kecilnya di Seoul. Namun nenek Gam Ri juga bukan tipe orang tua yang mudah mengeluh pada anaknya dan minta uang. Dia terlalu banyak memikirkan bagaimana jika anaknya sedang butuh ini dan itu. Beruntung nenek Gam Ri punya Du Sik dan warga Gongjin yang selalu memperhatikannya.

Dokter Yoon dan nenek Gam Ri

Selain bercerita tentang ketiga nenek di Gongjin, ada juga pemilik restoran yang menjabat sebagai kepala wilayah Gongjin, yaitu Yeo Hwa Jeong. Dia adalah kepala wilayah yang tegas dan cukup sensi, tetapi sebenarnya hatinya lembut. Dia bercerai dari suaminya yang menjabat sebagai lurah Gongjin, yaitu Chang Yeong Guk. Mereka sebelum cerai sudah punya anak laki-laki yang masih usia sekolah, yaitu I Jun. I Jun ini tipe anak yang cepat dewasa dan mengerti kondisi orang tuanya. Sebenarnya dia sedih melihat orang tuanya bercerai tetapi dia tidak bisa mengungkapkannya. Dia jarang tersenyum karena itu, selain moment-moment yang bisa menghadirkan kedua orang tuanya.

Warga Gongjin selanjutnya adalah pemilik kafe kopi, Oh Chun Jae, seorang legenda music yang sudah tidak laku. Dia memiliki anak namanya Ju Ri yang ngefans dengan K Idol. Dan akhirnya nyambung banget kalau ngobrol dengan Dokter Yoon karena idolanya sama.

Ada juga warga yang punya toko kelontong, namanya Bora Supermarket. Bora adalah anak perempuan pasangan Yun Gyeong dan Geum Cheol. Bora teman sekolah dan teman bermain I Jun.

Nah, ada juga warga yang perannya suka ngomporin dan bergosip, yaitu Jo Nam Suk. Dimana – mana pasti pada sebel kan kalau ada warganya yang punya karakter seperti Nam Suk ini. Kalau ada berita cepat sekali nyebarnya karena dia, dan tanpa konfirmasi. Beberapa kali Dokter Yoon dan Kepala Hong pun kena getahnya jadi pergosipan yang dilakukannya. Namun ternyata ada cerita dibalik kenapa warga Gongjin bisa menerima karakternya yang seperti itu. Jadi ceritanya masa lalu Nam Suk ini cukup menyedihkan, dia kehilangan anak perempuannya yang sakit cukup parah. Hingga satu tahun Nam Suk kehilangan semangat dan terlihat selalu murung. Namun perlahan kondisinya membaik dan jadilah Nam Suk yang cerewet. Dan warga Gongjin sangat senang dengan perubahannya, asal dia tidak sedih dan murung maka biarkan saja.

Menurut saya itulah beberapa cast yang punya kesan tersendiri dari menyaksikan drama Korea Hometown Cha Cha Cha ini. Jadi apa sih lesson learnednya?

Seburuk apapun masa lalumu, bagaimana kamu dinilai orang lain sebagai orang yang jahat, tetap percaya pada dirimu bahwa kamu adalah orang yang baik. Mereka hanya belum tahu cerita yang sebenarnya dan kamu tak perlu bersusah payah menjelaskan kepada mereka. Terima saja dulu dan pada akhirnya kebenaran akan datang sendiri. Seperti yang dialami Hong Du Sik. Beruntung dia punya nenek Gam Ri dan Hye Jin yang mau mendukungnya hingga akhir dan tetap percaya. Karena tidak semua akan menyukainya, tapi akan ada seseorang yang pasti bisa mengerti, dialah kiriman dari Tuhan.

Karakter nenek Gam Ri patut menjadi teladan bagi para orang tua untuk kurangi mengeluh dan menikmati hidup yang ada. Dia terlihat bahagia dengan yang ada di sekitarnya, bukan terus-menerus meratapi anaknya yang tak kunjung mengunjunginya. Dia tetap bijaksana sebagai orang tua, apapun keadaannya.

Lesson learned selanjutnya adalah warga Gongjin yang suka bergosip, Nam Suk. Entah kenapa menurut saya kondisi sosial yang mampu mengerti satu sama lain saat ini sudah jarang sekali. Meski dia kurang baik karakternya tetapi tidak dijauhi lho. Kalau sekarang kan kebanyakan jadi omongan banyak orang, bahkan keluarganya sendiri ikutan membenci. Padahal justru harusnya jadi orang yang paling dekat dan tahu kondisi sebenarnya.

Karakter Sutradara Ji juga menurut saya sangat baik. Meski dia berulang kali gagal mendapatkan Dokter Yoon, tetapi dia tetap bisa menerimanya. Malah lebih akrab dengan Kepala Hong. Dia lebih memilih menyadari cinta yang ada di dekatnya, sebelum itu terlambat.

 

Hometown cha cha cha Berapa Episode ?


Seperti drama lainnya, Hometown Cha Cha Cha punya tayangan hingga 16 episode dan ada cerita disetiap episodenya yang selalu ditunggu. Sebenarnya bercerita tentang kehidupan sehari-hari tetapi lebih relate aja menurut saya jadi lebih berkesan.

Drama ini termasuk tontonan yang ringan dan menarik. Tak heran sejak pertama kali ditayangkan episode pertama pada 28 Agustus 2021, drama ini langsung mendapatkan tempat di hati para penonton. Terlihat dari ratingnya yang semakin naik di setiap episodenya. Hingga terakhir tayang episode 16 pada 17 Oktober 2021 lalu ratingnya mencapai 12,665% secara dunia.

Buat yang merindukan drakor dengan cerita ringan tapi tetap berkesan, nggak ada salahnya memilih drama Korea Hometown Cha Cha Cha ini. Selain dimainkan oleh duo dimple, yaitu Shin Min Ah dan Kim Seon Ho, kamu juga akan menikmati jalan ceritanya, kadang dibuat sedih, kadang dibuat tertawa, dan kadang dibuat gemas dengan pasangan lesung pipi Hye Ji dan Du Sik.

Semoga review drama Korea Hometown Cha Cha Cha ini bisa menjadi sarana untuk berbagi hikmah dari sebuah tontonan yang tentunya ambil yang mendidik dan berguna ya. Jangan lewatkan untuk masukkan drama ini jadi drama Korea yang menarik sepanjang masa.

Posting Komentar untuk "Review Drama Korea Hometown Cha Cha Cha"