Widget Atas Posting

7 Beasiswa Full S1 Dalam Negeri 2022

 

Bagi pejuang beasiswa informasi penyedia beasiswa full S1 dalam negeri pastinya sangat dibutuhkan. Karena tidak banyak penyedia beasiswa yang memberikan fasilitas pembiayaan secara penuh.

Apalagi jika Anda memilih jurusan-jurusan tertentu yang membutuhkan masa studi lebih lama dan biayanya juga cukup mahal, seperti Jurusan Kedokteran dan Arsitektur.

Berikut ini saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya dimana saya cantumkan juga website resmi pendaftaran beasiswa S1 dalam negeri yang dibutuhkan.

 


Daftar Beasiswa Full S1 Dalam Negeri

  • Beasiswa KIP-Kuliah

Program beasiswa Kartu Indonesia Pintar atau yang disingkat KIP Kuliah (sebelumnya Bidikmisi) merupakan salah satu beasiswa S1 bagi calon mahasiswa yang rutin ditawarkan oleh pemerintah.

Target penerima beasiswa ini adalah para lulusan SMA dari keluarga kurang mampu yang berminat melanjutkan studi S1 dan memiliki prestasi. Setiap tahun jumlah penerima beasiswa KIP Kuliah ini cukup besar. Sekitar 400 ribu mahasiswa pada 2020 dan kemungkinan bertambah.

Jika Anda memenuhi kriteria dan berniat meraih beasiswa S1 ini di 2021 – 2022, ada baiknya Anda sudah mempertimbangkannya dari sekarang dengan mencari informasi dan mempersiapkannya secara maksimal.

Apa saja yang disediakan oleh beasiswa KIP Kuliah? Biaya yang ditanggung KIP-K meliputi biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. KIP-Kuliah biasanya ditawarkan pada Bulan Februari atau ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa terus pantau di website resminya https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

 

  • Beasiswa Amgen Scholars

Beasiswa Amgen Scholars merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa S1. Beasiswa ini bisa untuk mahasiswa yang kuliah di luar negeri dan dalam negeri. Bersiaplah Anda mulai dari sekarang karena beasiswa ini akan dibuka lagi untuk tahun 2022 mendatang.

Beasiswa Amgen Scholars rutin dibuka setiap tahun, dan kandidat Indonesia salah satu yang berpeluang memperoleh beasiswa ini. Penerima beasiswa ini berkesempatan untuk mengikuti pelatihan riset singkat yang berlangsung di sejumlah negara Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Cina di universitas-universitas top Asia.

Beasiswa full S1 dalam negeri yang ditawarkan oleh Amgen Scholars ini meliputi biaya untuk kebutuhan hidup, biaya perjalanan, hingga tempat tinggal.

Informasi selengkapnya bisa Anda cek di website ini https://amgenscholars.com/asia-program/.

 

  • Beasiswa Tanoto Foundation

Peluang beasiswa S1 dalam negeri full lainnya berasal dari Tanoto Foundation. Program beasiswa ini cukup rutin ditawarkan.

Pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pengumuman beasiswa biasanya pada awal Bulan November.

Pada tahun 2022 mendatang Tanoto Foundation kembali membuka peluang beasiswa melalui Program Beasiswa Kepemimpinan TELADAN 2022. Beasiswa ini ditujukan bagi Anda yang baru menempuh semester pertama studi S1 di sejumlah perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Beasiswa diberikan bagi mahasiswa berprestasi serta memiliki potensi kepemimpinan yang cakap, unggul dan bertanggungjawab.

Tanoto Foundation memberikan beasiswa secara penuh, meliputi biaya kuliah penuh sejak perjanjian ditandatangani sampai dengan semester VIII (delapan). Uang kuliah akan ditransfer ke rekening Perguruan Tinggi. Selain itu diberikan tunjangan hidup bulanan yang dibayarkan langsung ke rekening penerima beasiswa.

Keuntungan lainnya, penerima beasiswa akan mengikuti program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur dalam kurikulum program TELADAN, serta memperoleh dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN. Tidak itu saja, setelah lulus, perain beasiswa Tanoto akan bergabung bersama dengan jaringan alumni program TELADAN yang tersebar di berbagai daerah dan di belahan dunia lainnya.

 

Mitra Perguruan Tinggi Program TELADAN:

1. Universitas Indonesia, Depok

1. Institut Pertanian Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

3. Universitas Andalas

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Indonesia

8. Universitas Riau

9. Universitas Sumatera Utara

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di sini https://www.tanotofoundation.org.           

 

  • Beasiswa S1 Sea

Beasiswa Sea merupakan beasiswa S1 dalam negeri yang ditawarkan bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah diterima di universitas. Selain itu, mahasiswa yang sudah berada di semester terakhir kuliah pun berkesempatan mendapatkan beasiswa ini.

Beasiswa Sarjana Sea merupakan wujud komitmen yang diberikan oleh Sea sebagai sebuah konglomerat digital. Sea memiliki tiga unit bisnis inti, yaitu Garena (hiburan digital), Shopee (e-commerce), dan SeaMoney.

Beasiswa Sea ditawarkan rutin setiap tahunnya. Bagi yang baru memulai kuliah di tahun pertama, selain penerima beasiswa mendapatkan biaya pendidikan mulai dari semester 1 hingga 8 (4 tahun), manfaat lain yang diperoleh adalah diberikan biaya hidup bulanan, kesempatan magang di bisnis-bisnis Sea (Garena, Shopee, Airpay), juga tersedia program pengembangan hingga diberikan laptop.

Nah, sebelum mendaftar pastikan terlebih dahulu Anda merupakan mahasiswa dari universitas mitra Sea, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Bina Nusantara, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Del.

Informasi pendaftarannya bisa Anda cek di sini https://idscholarships.seagroup.com/.

 

  • Beasiswa S1 Etos ID

Beastudi Etos ID ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat dan akan masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM jalur reguler. Peluang ini juga tepat untuk Anda yang mengincar beasiswa full S1 dalam negeri tahun 2022 – 2023.

Selain menyediakan bantuan biaya pendidikan selama delapan semester (4 tahun), beasiswa yang dikelola Dompet Dhuafa ini juga memberikan uang saku, asrama mahasiswa selama tiga tahun, pembinaan selama empat tahun (program persiapan pasca kampus di tahun ke empat), serta bantuan biaya penelitian skripsi. Fasilitas yang didapat juga mencakup support prestasi dalam dan luar negeri, serta pembuatan paspor. Biasanya pendaftaran mulai buka Bulan Januari. Jadi siap-siap aja ya!

Apa saja fasilitas yang disediakan Beasiswa Etos ID? Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh support aktivitas bulanan (uang saku) selama 6 semester, bantuan biaya pendidikan (UKT) selama 6 semester, pembinaan berasrama (1 tahun), peningkatan kemampuan bahasa asing (Arab dan B. Inggris), pendampingan mentor (akademik dan organisasi), pembekalan fisik (bela diri), training pengembangan diri, dan juga persiapan karir.

Informasi selengkapnya untuk pendaftaran bisa Anda kunjungi laman ini www.etos-id.net.

 

  • Beasiswa S1 Mahaghora

Beasiswa Mahaghora adalah salah satu beasiswa S1 yang cukup rutin ditawarkan tiap tahun. Beasiswa menyasar bagi siswa lulusan SMA/SMK dan sederajat maupun siswa SMA/sederajat yang berada di kelas 12 yang kurang mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang S1 atau DIV.

Beasiswa Mahaghora menanggung biaya kuliah mulai dari semester 1 s/d maksimal semester 8 serta biaya pendaftaran kuliah. Bila Anda merupakan keluarga kurang mampu dan berniat melanjutkan studi, beasiswa Mahaghora bisa dipertimbangkan.

Beasiswa Mahaghora sendiri ditawarkan oleh PT Mahaghora, sebuah Holding Company yang bergerak di bidang agrobisnis, industri makanan, distribusi, dan food & beverage service.

Informasi resminya bisa Anda lihat di sini https://pendaftaran.beasiswamahaghora.com/. Anda perlu membuat akun dulu agar bisa login untuk melanjutkan pendaftaran secara online di link tersebut.

 

  • Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa unggulan yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa yang baru diterima kuliah, tapi juga yang sudah aktif menjalani perkuliahan.

Beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, atau biaya buku. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi termasuk salah satu beasiswa pemerintah yang ditawarkan rutin bagi masyarakat umum.

Salah satu pertimbangan utama dari beasiswa ini adalah capaian prestasi akademik dan prestasi lainnya yang telah diperoleh selama ini. Beasiswa yang ditawarkan ditujukan untuk program gelar S1, S2, dan S3. Bila Anda saat ini telah diterima di perguruan tinggi dalam negeri dengan akreditasi perguruan tinggi minimal B, Anda bisa mencoba mendaftar untuk mendapatkannya.

Begitupun dengan Anda yang sudah berstatus mahasiswa aktif dan maksimal semester 2, Anda juga bisa mendaftar. Jadi, pelamar bisa berasal dari mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going).

Anda bisa melakukan pendaftaran di laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

 

Itulah beberapa rekomendasi beasiswa full S1 dalam negeri terbaru yang bisa saya berikan. Ikuti terus artikel-artikel seputar Pendidikan, beasiswa, dan mental health di website ini untuk mendapatkan informasi terbaru.

Semoga bermanfaat!

 

Posting Komentar untuk "7 Beasiswa Full S1 Dalam Negeri 2022"