Belajar Hangul Korea untuk Pemula yang Mudah dan Menyenangkan

 

Siapa nih yang lagi rajin belajar Bahasa Korea? Mungkin Anda yang sedang membaca ini salah satunya. Belajar Bahasa Korea artinya kita juga belajar Hangul Korea untuk pemula. Jadi bisa kita mulai dari dasar-dasar yang perlu dipelajari terlebih dahulu.

 


Apakah Belajar Bahasa Korea itu Susah?

Seperti halnya ketika mempelajari bahasa lain, di dalam Bahasa Korea pun kita akan mengenal abjad dan huruf-huruf dasar dahulu sebelum belajar ke tahap selanjutnya.

Tidak susah ketika Anda tahu harus belajar darimana dulu. Tentunya juga dibarengi dengan niat dalam hati untuk belajar. Meski mempelajari bahasa yang tulisannya tidak sama dengan bahasa ibu kita memang tidak mudah, seperti bahasa Jepang yang menggunakan hiragana.

Ketika Anda membayangkan belajar Bahasa Korea susah, maka susah itulah yang akan dapatkan dan bisa jadi berakhir pada kata menyerah.

Namun jika Anda memberikan sugesti positif pada diri sendiri bahwa belajar Bahasa Korea itu mudah, maka kemudahan dalam mempelajarilah yang akan Anda dapatkan.

Dalam hal belajar apapun Anda harus memberikan pesan positif di otak Anda agar semuanya terasa lebih mudah.

Selain itu, saat ini banyak media dan sarana yang bisa Anda akses untuk menambah ilmu. Anda bisa belajar dari browsing di internet atau buku. Namun pastikan bahwa sumbernya bisa dipercaya ya. Berikut ini adalah dasar belajar hangul Korea untuk pemula yang bisa mulai Anda pelajari.

 

Belajar Hangul Korea untuk Pemula Lengkap

Sebelum melanjutkan pembelajaran kita, sebaiknya kita mengenal apa sih Hangul? Hangeul (한글) adalah penyebutan nama alfabet Korea yang berjumlah 40 karakter. Sedangkan untuk nama standar bahasanya adalah hangukeo (한국어) yang artinya Bahasa Korea.

Sebelum ada Hangeul, masyarakat Korea menulis menggunakan huruf-huruf Tiongkok klasik. Sayangnya, dulu masyarakat Korea yang berasal dari kelas sosial yang rendah kurang memahami huruf-huruf Tiongkok karena adanya perbedaan bahasa Korea dengan bahasa Mandarin.

Supaya seluruh lapisan masyarakat bisa menulis dan membaca, maka dari itu lah huruf Hangeul dibuat. Huruf ini dibuat oleh Raja Sejong di tahun 1446. Hangeul pertama kali dipublikasikan lewat Hunminjeongeum atau dokumen yang berisi abjad Korea untuk edukasi masyarakat.

Meskipun Hangeul sudah ada dari tahun 1446, istilah Hangeul pertama kali dicetuskan oleh Ju Sigyeong di tahun 1912. Hangeul sendiri memiliki arti “great script”. Sebelumnya, huruf alfabet Korea disebut dengan Eonmun.

Perjalanan Hangeul ternyata nggak gampang. Setelah dibuat, Hangeul juga pernah menuai protes. Walaupun Hangeul lebih muda ditulis, masyarakat Korea kelas atas dahulu masih banyak yang menggunakan Hanja. Bahkan, di tahun 1504, Raja Yeonsangun melarang masyarakat menggunakan Hangeul.

Hangeul kembali digunakan dalam menulis dokumen resmi di tahun 1894. Tahun 1895, sekolah dasar Korea juga ikut kembali menggunakan Hangeul. Lalu, ketika Korea merdeka dari penjajahan Jepang di tahun 1946, barulah Hangeul kembali digunakan dalam skala luas di masyarakat.

 

  • Belajar Huruf Vokal

Dalam Bahasa Korea, huruf vocal dibagi menjadi dua, yaitu vocal dasar dan vocal rangkap.

1.       Vokal Dasar

Huruf vokal dasar ada 10 karakter, antara lain:

(a)

(ya)

(eo)

(yeo)

(o)

(yo)

(u)

(yu)

(eu)

(i)

2.       Vokal Rangkap

Huruf vokal rangkap ada 11 karakter, antara lain:

(ae)

(yae)

(e)

(ye)

(wa)

(wae)

(oe)

(wo)

(we)

(wi)

(eui)

 

  • Belajar Huruf Konsonan

Dalam Bahasa Korea huruf konsonan juga dibagi menjadi tiga, yaitu konsonan dasar, konsonan kembar/rangkap, dan konsonan akhir.

1.       Konsonan Dasar

Huruf konsonan dasar ada 14 karakter, antara lain:

(g/k)

(n)

(d)

(r/l)

(m)

(b/p)

(s)

(jh)

(ch)

(kh)

(th)

(ph)

(h)

(-)

2.       Konsonan Rangkap/Kembar

Huruf konsonan rangkap ada 5 karakter, antara lain:

(kk)

(tt)

(pp)

(ss)

(jj)

3.       Konsonan Akhir

Konsonan akhir dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan huruf mati, yaitu huruf yang muncul setelah huruf vokal dan dibaca mati. Misalnya, bak (k di sini adalah konsonan akhir), kan (n di sini adalah konsonan akhir), dsb.

Dalam bahasa Korea, yang dapat menjadi konsonan akhir antara lain:

, , (k)

(n)

, , , , , , (t)

(l)

(m)

, (p)

(ng)

 

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Berikut ini adalah beberapa aplikasi belajar Bahasa Korea yang mudah dan menyenangkan supaya Anda tetap semangat belajar Hangul Korea untuk pemula hingga mahir. 

  • Drops

Drops adalah salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Korea yang cukup populer. Aplikasi ini memprioritaskan pembelajaran kosakata dan frasa bahasa Korea. Aplikasi ini juga mencangkup permainan dan kuis yang dapat melatih bahasa kamu agar menyenangkan.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan melalui Play Store dan App Store secara gratis. Sayangnya terdapat keterbatasan pemakaian. Jika kamu ingin belajar lebih intens, kamu berlangganan dan mendapatkan fitur-fitur yang tidak terbatas dengan biaya mulai USD7.49 (Rp100 ribuan) per bulan.

  • LingoDeer

Lingodeer merupakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Korea terbaik saat ini. Aplikasi LingoDeer hampir sama seperti aplikasi pada umumnya. Selain itu aplikasi ini juga mendukung layanan offline dimana kamu bisa belajar walaupun sedang tidak tersambung dengan internet.

LingoDeer juga memberikan pembelajaran berbasis audio, yang mana kamu bisa belajar sambil mendengarkan. Terdapat 2.000 kata dan frasa untuk dipelajari di LingoDeer dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi LingoDeer ini secara gratis di Play Store dan App Store dengan beberapa konten yang terbatas. Namun, jika kamu ingin mendapatkan semua fitur dan konten yang tidak terbatas kamu bisa berlangganan dengan membayar biaya langganan mulai USD11,99 (Rp170 ribuan) per bulan.

  • Naver Papago

Naver Papago sebenarnya adalah aplikasi terjemahan layaknya Google Translate. Bedanya adalah Naver merupakan salah satu mesin pencarian seperti Google Search yang berasal dari Korea. Jadi untuk menerjemahkan ke bahasa Korea menggunakan Naver Papago akan lebih detail dan akurat dibandingkan Google Translate.

Naver Papago bisa menerjemahkan lewat gambar, suara, tulisan di situs internet, dan juga tulisan tangan. Aplikasi ini akan sangat cocok untuk kamu yang sedang berlibur ke Korea sambil belajar bahasa Korea dan bisa juga sambil menerjemahkan bahasa dari Korea.

Aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan melalui Play Store dan juga App Store secara gratis.

  • Simply Learn Korea

Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Simply Learn Korea dibuat lebih sederhana. Seperti aplikasi pada umumnya, Simply Learn Korea juga menyediakan 900 frasa dan kata untuk dipelajari. Aplikasi ini juga menyediakan kuis dan latihan agar kamu tidak lupa dengan apa yang baru saja dipelajari.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Android secara gratis dengan beberapa fitur yang terbatas. Tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur yang lengkap dan tergolong lebih murah dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya yaitu sebesar USD6.99 (Rp98 ribuan).

  • KORLINK Talk to Me in Korean (TTMIK)

KORLINK merupakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Korea yang bagus apalagi untuk pemula dan mereka yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Korea. Pembelajaran yang disediakan oleh KORLINK cukup lengkap meliputi membangun pengetahuan kamu tentang kosa kata, frasa, dan aturan tata bahasa.

Materi yang tersedia dikategorikan mulai dari pemula, menengah, sampai pada tingkat yang mahir ada di aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa mengajarkan kamu alfabet Korea atau Hangeul dan juga melatih kamu menggunakan keyboard untuk mengetik menggunakan alfabet Korea.

 

Belajar hangul Korea untuk pemula akan lebih mudah jika dimulai dari dasar. Anda juga bisa mempelajari kosakata Bahasa Korea di sini. Dengan kesabaran dan keuletan maka kemampuan berbahasa Anda pun akan semakin meningkat sehingga siap berkomunikasi dengan orang – orang Korea kapan pun dan dimana pun.

 

Sumber referensi :

https://blog.cakap.com/belajar-hangeul/

https://www.idntimes.com/life/education/indy-mabarroh/huruf-korea-dasar-c1c2/5

https://www.tek.id/tek/5-aplikasi-belajar-bahasa-korea-yang-mudah-dan-menyenangkan-b1ZY19j2X

 

Posting Komentar untuk "Belajar Hangul Korea untuk Pemula yang Mudah dan Menyenangkan"