9 Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Hingga Kuliah

 

Beasiswa itu tidak hanya untuk orang-orang yang kurang mampu, meski fokus dari penyedia beasiswa sebagian besar adalah membantu masyarakat yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan Pendidikan yang lebih layak. Namun beasiswa tidak hanya buat yang ingin kuliah. Saat ini banyak penyedia beasiswa bagi lulusan SMP yang akan melanjutkan Pendidikan ke jenjang SMA.

Mungkin tidak banyak penyedia beasiswa SMA yang tersedia di Indonesia. Namun jika Anda bisa mencari tahu lebih teliti lagi, ada beberapa Lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang menyediakan beasiswa untuk SMA.

Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa SMA tersebut akan kita bahas di sini. Bagi Anda yang sedang mencari informasi beasiswa bisa membaca artikel-artikel sebelumnya mengenai beasiswa dalam dan luar negeri.

 


Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Agar Bisa Sekolah Gratis

  • Persiapkan Diri

Yang pertama perlu dilakukan adalah persiapan diri. Persiapan diri ini tidak hanya setelah lulus SMP ya. Jika Anda sebagai orang tua bisa mulai mengarahkan anak-anak dan membantu mencari informasi mengenai bagaimana langkah selanjutnya untuk masuk SMA. Hal ini bisa dilakukan sejak anak duduk di bangku SD. Tentunya anak-anak membutuhkan Anda atau pendamping orang dewasa untuk mencari informasi tersebut dan yang terpenting adalah memberi pemahaman kepada anak mengenai Pendidikan hingga setinggi mungkin.

Mengapa perlu menyiapkan anak untuk sekolah sedini mungkin? Karena ketika sejak kecil anak diberikan pengenalan dan pemahaman mengenai Pendidikan, maka anak pun lebih mudah mengikuti apa yang harus dilakukan dengan cara dia belajar.

Pentingnya Pendidikan atau sekolah memang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Hal ini bisa membantu anak dalam mempersiapkan diri, apakah ingin masuk sekolah umum negeri, pesantren, atau sekolah swasta.

Dengan mempersiapkan diri, maka secara tidak langsung kita juga mengajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab pada kehidupannya kelak.

  • Rajin Cari Informasi Mengenai Beasiswa

Informasi mengenai beasiswa saat ini sangat mudah didapatkan melalui browsing internet. Tidak seperti jaman dulu, tahun 2000-an awal saya baru masuk SMP, dan menurut saya cukup sulit mendapatkan informasi ada sekolah apa saja sih. Setahu saya hanya ada sekolah negeri dan swasta.

Namun kini berbeda, banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan anak. Mengapa perlu menyesuaikan dengan apa yang menjadi keinginan anak? Karena seorang anak perlu mengembangkan dirinya dengan apa yang dia sukai dan bakat yang dimiliki jika sudah diketahui, misalnya bakat dalam bidang seni atau olahraga.

  • Cari Tahu Penyedia Beasiswa

Penyedia beasiswa yang ada saat ini adalah dari pemerintah dan Lembaga swasta.

ü  Dari Pemerintah

Beasiswa yang disediakan pemerintah biasanya ditargetkan untuk anak-anak yang juga ingin masuk sekolah negeri. 

ü  Dari Lembaga Swasta/Perusahaan/Institusi

Beasiswa yang disediakan dari Lembaga swasta biasanya sifatnya lebih keagamaan, seperti sekolah Kristen, sekolah Islam atau pesantren.

  • Mengetahui Syarat Pendaftaran Beasiswa

Jika sudah mengetahui apa saja penyedia beasiswa yang berpeluang memberikanmu beasiswa, saatnya melihat apa saja syarat pendaftaran beasiswa dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa SMA tersebut.

Setiap penyedia beasiswa bisa saja berbeda dalam hal syarat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar. Jadi sebaiknya kita ketahui dulu apa saja syaratnya untuk menyiapkan diri lebih maksimal.

  • Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui syarat pendaftaran beasiswa, maka kita lihat apa saja dokumen yang dibutuhkan. Biasanya membutuhkan syarat seperti surat-surat yang harus disiapkan jauh-jauh hari, misalnya surat keterangan penghasilan orang tua, dll.

Dokumen yang dibutuhkan ini pun tidak sama setiap penyedia beasiswa, meski sebagian besar memiliki syarat yang sama. Namun ada baiknya Anda lihat dulu mengenai dokumen-dokumen yang mungkin Anda perlu siapkan.

  • Persiapan Tes

ü  Membuat Resume dan Essay

Resume dan essay biasanya diperlukan sebagai dokumen pendaftaran. Resume berisi data diri calon penerima beasiswa sedangkan essay adalah tulisan bertema tertentu yang menggambarkan visi misi calon penerima beasiswa.

ü  Tes Wawancara

Persiapan tes selain tahap administrative berupa pengumpulan dokumen adalah tes interview atau wawancara. Anda bisa mempersiapkan diri melatih wawancara agar saat tes sudah siap, karena sudah mempersiapkan sebelumnya.

  • Menentukan Target Sekolah yang Dituju

Sekolah yang dituju ini bisa berupa sekolah negeri atau swasta. Tentunya tujuan sekolah juga harus disesuaikan dengan penyedia beasiswa. Karena penyedia beasiswa biasanya sudah bekerjasama dengan sekolah tertentu.

  • Tidak Mudah Menyerah

Penolakan adalah hal biasa, maka jangan mudah menyerah jika Anda tidak lolos dalam tahap tes beasiswa. Sebagai pejuang beasiswa malahan penolakan adalah lumrah. Itulah perlunya kita menyiapkan diri secara fisik dan juga mental. Salah satunya untuk menghadapi jika kemungkinan ditolak.

  • Mengajukan Diri Sebagai Anak Asuh

Jika dengan mencari peluang dari penyedia beasiswa belum juga berhasil, Anda juga bisa mencoba mengajukan diri sebagai anak asuh. Yayasan atau Lembaga-lembaga sosial yang concern pada bidang Pendidikan biasanya memberikan bantuan dengan cara mempertemukan anak asuh dan orang tua asuh. Seperti Hoshizora Foundation yang memberikan Pendidikan dari tingkat SD hingga mahasiswa dengan program kakak asuh dan adik asuh. Selain beasiswa, Anda juga bisa mendapatkan Pendidikan informal, seperti pengembangan diri, dan edukasi minat bakat anak.

 

Cerita Inspiratif Xaviera Putri Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa SMA

Sumber Gambar : www.youtube.com


Xaviera Putri adalah seorang Youtuber asal Indonesia yang saat ini sedang menempuh Pendidikan di perguruan tinggi KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) dimana merupakan salah satu kampus terbaik di Korea Selatan.

Pertama kali tinggal di Korea Selatan adalah saat dia berusia 15 tahun karena menjadi pelajar internasional tingkat SMA dan berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea saat itu secara penuh. Kini dia telah 5 tahun tinggal di Korea dan kuliahnya pun mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan.

Dia cukup aktif membagikan pengalamannya bagaimana cara mendapatkan beasiswa sejak SMA dulu hingga bisa kuliah di Korea Selatan melalui kanal youtubenya. Xaviera pun pernah menjelaskan bahwa di Korea Selatan ada berbagai tipe SMA, yaitu seni, sains, dan SMA biasa.

Selama 3 tahun pertama dia duduk di bangku SMA umum atau biasa, dan satu tahun setelah lulus mendapatkan Pendidikan selama satu tahun mengenai materi pelajaran kuliah. Jadi sebelum benar-benar menjadi mahasiswa, calon mahasiswa diberi pengenalan dulu mengenai materi perkuliahan.

Hidup di negara orang dan jauh dari keluarga membuat Xaviera tumbuh menjadi seorang anak yang mandiri. Sejak dulu dia memang memiliki cita-cita untuk bisa menuntut ilmu di luar negeri.

Tingginya biaya hidup dan biaya Pendidikan tidak lantas menjadi penghalang bagi siapa saja yang berniat melanjutkan Pendidikan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Pasti selalu ada jalan ketika Anda memiliki niat dan tekad yang baik. Seperti yang terjadi pada Xaviera Putri bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berkorban dan terus berdoa.

 

Program Pertukaran Pelajar Menjadi Salah Satu Cara Mendapatkan Beasiswa SMA

Berdasarkan pengalaman Xaviera Putri di atas, maka bisa disimpulkan bahwa ada banyak cara mendapatkan beasiswa, salah satunya juga dengan menjadi pelajar internasional melalui program pertukaran pelajar.

Jika Anda tinggal di kota besar, maka biasanya sekolah memiliki informasi bahwa ada program-program Kerjasama seperti pertukaran pelajar, dll. Namun bagi Anda yang sekolah di daerah terpencil sepertinya akses informasi memang cukup terbatas sehingga Anda pun harus lebih aktif dalam mencarinya.

Namun jangan cepat putus asa arena setiap apa yang Anda usahakan pasti akan menuai hasilnya, asalkan diupayakan juga dengan baik.

 

Semoga informasi seputar cara mendapatkan beasiswa SMA di atas beserta cerita inspiratif dari konten creator Indonesia, Xaviera Putri, bisa membantumu mendapatkan semangat yang positif untuk terus mengejar cita-cita.

 

Posting Komentar untuk "9 Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Hingga Kuliah"