Cara Mengecek Kesehatan Mental Secara Online

 


Apakah cek Kesehatan mental bisa dilakukan sendiri atau harus dengan bantuan dokter? Bagaimana cara mengecek Kesehatan mental secara mandiri?

Cek Kesehatan mental bisa dilakukan secara mandiri dahulu sebelum berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater. Hal ini biasanya karena kita sendiri pun masih ragu-ragu apa benar ada yang salah dengan diri kita. Apakah kondisi kita seburuk itu hingga harus pergi ke dokter?

Stigma dari masyarakat pun sampai saat ini masih menganggap awam jika seseorang sampai mengidap gangguan mental atau jiwa. Hal ini tentunya berpengaruh pada keputusan kita saat ingin melakukan cek Kesehatan mental. Bagian dari diri kita pun seolah menolak bahwa diri kita terganggu secara mental. Ya nggak?

Namun sebenarnya tes Kesehatan mental ini adalah hal yang perlu kita lakukan. Sama seperti kita melakukan check up terhadap fisik kita. Oleh karena itu, dunia medis yang berkaitan dengan Kesehatan mental saat ini pun semakin berkembang dalam sosialisasi pentingnya menjaga Kesehatan mental.

Saya pun awalnya sama dengan yang lain ketika menganggap gangguan Kesehatan mental adalah sakit yang cukup aneh, bagaimana bisa seseorang bisa mengidapnya? Itulah yang ada di pikiran saya beberapa tahun yang lalu. Namun seiring bertambahnya usia, saya merasakan kehidupan pun tidak semudah yang saya pikirkan untuk dijalani. Kehilangan, kegagalan, dan perasaan lain yang memicu kesedihan akhirnya menyadarkan saya bahwa gangguan mental atau depresi sangat mungkin dialami seseorang.

Berikut ini langsung saja kita bahas bagaimana sih cara cek Kesehatan mental itu? Bagi yang sudah pernah melalui tahapannya untuk konsultasi ke dokter mungkin sudah tidak asing lagi dengan prosesnya.

 

Tahapan Cara Mengecek Kesehatan Mental

Ada baiknya sebelum pergi ke dokter, Anda sebagai pasien atau keluarga pasien mencatat dahulu apa saja gejala yang dirasakan dan riwayat masalah yang dihadapi. Anda bisa mulai dari kapan mulai merasakan gejalanya, hal-hal apa saja yang bisa memicu atau memperberat gejala yang dirasakan, dan bagaimana emosi yang muncul saat gejala itu ada.

Secara umum ada dua tahapan tes kesehatan mental yang akan dilewati saat memeriksakan diri ke dokter ahli kejiwaan :

  1. Tes Wawancara

Pada tahap awal berupa wawancara ini biasanya dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan mental yang dialami, gangguan mental di keluarga, dan lingkungan sosialmu sehari-hari.

  1. Observasi

Sebenarnya tahap observasi ini sudah sekaligus dilakukan oleh dokter dengan mengamati pasien yang datang dan mulai menceritakan kondisinya melalui tahap wawancara. Dokter akan mengamati hal-hal seperti :

·         Sikap yang ditunjukkan

·         Cara berbicara

·         Mood

·         Cara berpikir

·         Seberapa pemahaman terhadap diri sendiri

·         Judgement atau keputusan yang diambil ketika dihadapkan pada suatu permasalahan

·         Impulsivitas

Setelah tahap wawancara dan observasi di atas, biasanya untuk memaksimalkan hasilnya dokter akan melakukan tes penunjang lainnya jika diperlukan, seperti pemeriksaan urine dan darah, CT scan, atau MRI otak.

 

Aplikasi Tes Kesehatan Mental : Cara Mengecek Kesehatan Mental Secara Online

Saat ini cukup banyak website yang menyediakan tes berbasis online sebagai salah satu cara mengecek kesehatan mental. Namun saya sarankan tidak sembarangan dalam memilih tes online dan perlu pendampingan bagi orang-orang yang sudah berada pada kondisi cukup buruk.

  • Satupersen.net

Saturpersen.net ini tak hanya menyediakan tes Kesehatan mental secara online, tetapi juga menyediakan layanan konsultasi berbayar yang harganya cukup terjangkau. Anda bisa memilih paket layanan konsultasi sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti tips-tips seputar self improvement dan self love melalui channel youtube satupersen. Saya pribadi cukup puas dan teredukasi dengan konten-kontennya yang sangat sesuai dengan kebutuhan untuk pemahaman terhadap diri sendiri.

Sebagai tahap awal cek Kesehatan mental secara mandiri ini memang tidak sedetail jika saat Anda berkonsultasi dengan ahli psikolog. Pertanyaan-pertanyaan dalam tes online yang disediakan masih seputar kondisi awal sehingga untuk hasilnya pun hanya sebatas seberapa baik atau buruk kondisi yang sedang alami saat ini. Hasilnya memang kurang memuaskan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi sebagai tindak lanjut dari hasil tes Kesehatan mental.



  • Pijarpsikologi.org

Kenali kondisi Anda saat ini melalui pijarpsikologi.org. Website ini menyediakan tes Kesehatan mental secara online dengan screening depresi dari Beck’s Depression Inventory. Pada saat Anda mulai membuka websitenya, sebelum memulai tes Kesehatan mental, Anda akan membaca catatan penting yang isinya bahwa alat tes tersebut tidak bisa dijadikan sebagai acuan dalam diagnosis karena hanya memberikan gambaran umum saja.


Untuk pertanyaan-pertanyaannya juga masih secara umum tentang kondisi diri Anda dalam dua pekan terakhir. Dan diakhir hasil tes pun disarankan jika kondisi tidak membaik atau lebih buruk dalam satu pekan ke depan, disarankan agar menghubungi psikolog atau psikiater terdekat.

Sama seperti ketika kita sakit pada fisik kan. Ketika Anda mengkonsumsi obat yang beli di apotek sebelum memeriksakan diri ke dokter pasti ada anjuran bila sakit berlebih silahkan kunjungi dokter.

  • Ibunda.id

Tes Kesehatan mental yang disediakan ibunda.id ini juga pada dasarnya sama dengan dua layanan di atas. Hanya saja pertanyaan yang disampaikan mengacu pada kondisimu dalam empat minggu terakhir.




Pada akhir sesi atau tampilan laman hasil tes, Anda akan disarankan untuk melakukan konsultasi langsung melalui line http://bit.ly/ibundaLINE.

 

  • Konsultasi Jiwa Online Jabar

Aplikasi ini khusus untuk warga Jawa Barat saja ya. Konsultasi Jiwa Online (Kjol dibaca Kajol) ini merupakan aplikasi pemeriksaan Kesehatan jiwa online yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai respon cepat permasalahan kejiwaan di tengah pandemic.

Bagi Anda yang merupakan warga Jawa Barat bisa melakukan cek Kesehatan mental dengan cara sebagai berikut :

1)      Konsultasi jiwa dapat menghubungi nomor 081221292020. Khusus untuk warga Jabar saja. Atau bisa juga mengirim pesan whatsapp dengan akses link https://tiny.cc/KJOL.

2)      Setelah menghubungi nomor tersebut, Anda akan mendapatkan jawaban otomatis dengan pilihan. Anda akan diarahkan untuk mengakses link screening pemeriksaan kesehatan mental https://pemeriksaankeswarsj.jabarprov.go.id/.

3)      Jika Anda tidak ditemukan gejala gangguan kejiwaan, maka psikolog atau psikiater akan memberikan psikoterapi supportif untuk memberikan perbaikan mental mekanisme klien.

4)      Jika ditemukan adanya gejala gangguan kejiwaan, maka psikolog dan psikiater akan memberikan rujukan untuk berobat ke RSJ Jabar yang berlokasi di Cisarua, Kab. Bandung, Jawa Barat.

 

  • Airlanggasafespace.com

Universitas Airlangga secara khusus menyediakan layanan tes Kesehatan mental secara online dengan akses link airlanggasafespace.com. Contoh laman depan dari tampilan websitenya seperti ini :

 


 

 

Cara Mengecek Kesehatan Mental Unair

Secara spesifik saya ingin membahas dari layanan website Universitas Airlangga ini karena menurut saya lebih menarik dan lebih lengkap untuk pilihan daftar tes Kesehatan mental onlinenya. Kurang lebih seperti ini pilihannya :

 


Airlangga Safe Space (ASAP) 2021 menyediakan layanan tes Kesehatan mental yang diberi nama MHT (Mental Health Test). MHT merupakan tes atau skala psikologi yang dapat diakses melalui media resmi ASAP dengan menggunakan google form.

Sebelum Anda mulai mengisi google form setelah memilih daftar tes yang akan dijalankan, akan ada catatan dari penyedia website yang berbunyi bahwa hasil tes kurang lebih dapat digunakan sebagai screening awal kondisi psikologis individu, tetapi tidak bisa dijadikan acuan untuk diagnosis.

Saat membuka layanan tes untuk cek Kesehatan mental Unair tersebut saya memilih tes UCLA loneliness scale ver. 3. Sebelum menjawab pertanyaan, kita harus mengisi dulu data pribadi yang sifatnya umum. Pertanyaan yang diajukan seputar tentang bagaimana perasaan saya secara pribadi, seberapa dekat dengan orang lain, dan seberapa besar kepercayaan untuk mengandalkan orang lain. Hasil tesnya sendiri tidak langsung muncul ketika selesai menjawab pertanyaan-pertanyaannya, tetapi Anda harus melakukan cek email karena hasil tes dikirimkan melalui email.

 

Anda bisa memilih salah satu atau mencoba tes Kesehatan mental di semua website yang saya sebutkan di atas. Namun yang perlu diingat adalah hasil dari cara mengecek Kesehatan mental tersebut bukan lah diagnosis yang tepat untuk kondisi Kesehatan mental Anda. Karena diagnosis yang tepat hanya berhak dilakukan oleh psikolog atau psikiater yang ahli dalam bidangnya.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Kesehatan Mental Secara Online"