Cara Mengecek Mental Health Dengan Benar

 

Menjaga mental health atau Kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga Kesehatan fisik. Oleh karena itu, kenali gejala-gejala jika Anda mengalami gangguan Kesehatan mental dengan cara mengecek mental health.

Cek mental health bisa Anda lakukan sendiri dulu sebelum berkonsultasi langsung kepada psikolog atau psikiater. Sampaikan apa yang Anda rasakan dan alami hingga menimbulkan gejala-gejala gangguan Kesehatan mental.

Namun pada kenyataannya gangguan Kesehatan mental masih menjadi penyakit yang awam di dalam masyarakat. Padahal penyakit ini sama halnya dengan penyakit yang menyerang fisik.

Oleh karena itu, saat ini mulai banyak konten-konten mengenai mental health yang menjadi bagian dari upaya self improvement. Tujuannya agar masyarakat lebih peduli dengan mental health mereka dan orang-orang di sekitar.

Berikut ini akan kita bahas apa sih tanda atau gejala dari gangguan Kesehatan mental itu dan bagaimana cara mengecek kesehatan mental dengan benar.

 


Cara Mengecek Mental Health Dengan Mengenali Gejalanya

Ada beberapa gejala yang menjadi penyebab gangguan Kesehatan mental atau jiwa. Hal ini bisa karena suatu kejadian atau peristiwa yang menyebabkan trauma, keturunan, kondisi keluarga dan lingkungan yang negative.

Berikut adalah tanda-tanda dan gejala mental illness atau disorder yang umum terjadi :

  • Sering merasa sedih.
  • Kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi.
  • Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan atau perasaan bersalah yang menghantui.
  • Perubahan mood atau suasana hati yang drastis.
  • Tampak menarik diri dari teman dan lingkungan sosial.
  • Kelelahan yang signifikan, energi menurun, atau mengalami masalah tidur.
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi stres atau masalah sehari-hari.
  • Paranoid serta delusi dan halusinasi.
  • Tidak mampu memahami situasi dan orang-orang.
  • Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan atau menggunakan narkoba.
  • Perubahan besar dalam kebiasaan makan.
  • Perubahan pada gairah atau dorongan seksual.
  • Marah berlebihan dan rentan melakukan kekerasan.
  • Kerap merasa tak berdaya atau putus asa.
  • Berpikir untuk bunuh diri.

Selain gejala terkait mental, tanda-tanda terkait kesehatan fisik pun kadang muncul pada penderita mental disorder. Ini termasuk sakit perut, sakit atau nyeri punggung, sakit kepala, atau nyeri di bagian lain dari tubuh yang tidak diketahui penyebab pastinya.

Penyebab & faktor risiko mental illness (gangguan mental)

Umumnya, gangguan kesehatan mental terjadi karena kombinasi antara berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab mental disorder :

  • Faktor genetik.
  • Faktor biologis, seperti ketidakseimbangan kimiawi di otak, cedera otak traumatik, atau epilepsi.
  • Faktor psikologis dari trauma yang signifikan, seperti pelecehan, pertempuran militer, kecelakaan, kejahatan dan kekerasan yang pernah dialami, atau isolasi sosial atau kesepian.
  • Faktor paparan lingkungan saat di dalam kandungan, seperti zat kimia, alkohol, atau obat-obatan.
  • Faktor lingkungan lainnya, seperti kematian seseorang yang dekat dengan Anda, kehilangan pekerjaan, atau kemiskinan dan terlilit utang.

Walaupun gangguan mental dapat menyerang siapa saja, ada beberapa orang yang berisiko lebih tinggi, yaitu:

  • Orang-orang yang dilahirkan dengan kelainan pada otak atau mengalami kerusakan otak akibat cedera serius.
  • Orang yang memiliki anggota keluarga atau keluarga dengan gangguan mental.
  • Memiliki kondisi medis kronis, seperti kanker.
  • Orang-orang yang memiliki pekerjaan yang memicu stres, seperti dokter dan pengusaha.
  • Orang yang memiliki masalah pada masa kanak-kanak atau masalah gaya hidup.
  • Orang-orang yang mengalami kegagalan dalam hidup, seperti sekolah atau kehidupan kerja.
  • Orang yang menyalahgunakan alkohol atau narkoba.
  • Orang yang pernah mengalami penyakit mental sebelumnya.

 

Cara Mengecek Mental Health Secara Online

Mungkin saat ini Anda masih ragu untuk pergi ke psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi langsung. Jika itu yang Anda rasakan, Anda bisa mencoba mengecek mental health sendiri melalui dua cara, yaitu dengan tes online yang disediakan website dan mengunduh aplikasi untuk cek Kesehatan mental.

·         Website

Skrining online merupakan salah satu cara mengecek kesehatan mental yang tercepat dan termudah untuk menentukan apakah kamu mengalami gejala kondisi kesehatan mental. Kondisi kesehatan mental, misalnya depresi atau kecemasan, merupakan hal yang nyata, umum, dan bisa diobati serta pemulihan memungkinan untuk dilakukan.

Banyak laman situs web yang memberikan tes sebagai cara mengecek mental health. Namun harus diperhatikan kalau alat skrining online dimaksudkan untuk menjadi gambaran singkat mengenai kesehatan mentalmu. Jika hasilnya menunjukkan bahwa kamu mungkin mengalami gejala penyakit mental, pertimbangkan untuk membagikan hasilnya dengan seseorang. Penyedia kesehatan mental, seperti dokter ataupun terapis, bisa memberikan penilaian lengkap dan berbicara denganmu mengenai cara mengatasi masalah kesehatan yang kamu hadapi agar kamu merasa lebih baik.

·         Aplikasi

Dikutip dari brilio.net ada 7 aplikasi android yang bisa Anda gunakan untuk mengecek Kesehatan mental.

1.       Depression Test

Depression Test yang dikeluarkan oleh Baris Sarer ini merupakan aplikasi yang dapat mendiagnosis dan memantau tingkat depresi seseorang. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengikuti tes PHQ-9 untuk menentukan apakah kamu mengalami depresi atau tidak, memeriksa tingkat keparahan depresi, menyimpan hasil tes sekaligus memantau perbaikan kondisi mentalmu dari waktu ke waktu.

2.       Mental Health Test

Dengan aplikasi Mental Health Test kamu dapat megikuti tes yang sudah disediakan dalam aplikasi untuk mengetahui gejala kondisi kesehatan mental. Gejala mental yang dapat dideteksi berupa depresi atau kecemasan dengan beberapa tingkat yang mungkin dapat diobati dan dipulihkan.

3.       Test IQ & Kepribadian

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengetahui sifat, kepribadian, dan IQ. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menguji kepribadian berdasarkan tanggal lahir, nama, warna, tes sidik jari, golongan darah, tes garis tangan bahkan karakter tulisan tangan.

4.       Moodpath

Dengan Moodpath kamu dapat melacak dan merefleksikan suasana hati, sekaligus mendapatkan penilaian kesehatan mental dengan menyelesaikan tes interaktif. Tes ini dapat mendeteksi gejala depresi dan kecemasan seperti kesedihan, rendah diri, merenung, kelelahan bahkan masalah tidur yang tak biasa.

5.       Psikitech-Diagnos

Aplikasi Psikitech-Diagnos bermanfaat untuk segala kalangan umur. Dengan aplikasi ini kamu dapat menscreening dini mengenai kondisi kejiwaan dan dapat mempelajari klasifikasi gangguan psikiatri sejak awal.

Dalam aplikasi ini juga menyedikan fitur konsultasi dokter. Sehingga memudahkan kamu untuk berkonsultasi dengan psikiater terbaik di seluruh Indonesia.

6.       Daylio

Daylio merupakan penyimpanan buku harian pribadi tanpa harus mengetikkan satu baris pun. Daylio juga dapat mengetahui suasana hati kamu dan menyimpan aktivitas yang tercatat dalam statistik dan kalender.

7.       Self-manage Depression (GGDE)

Melalui aplikasi ini kamu dapat mengisi tes yang mendukung efektivitas mekanisme inti, mengetahui interpretasi individu tentang diri sendiri, dan dapat mengetahui tingkat depresi, serta suasana hati.

 

Cara Mengecek Mental Health Dengan Konsultasi Langsung

Saran saya jangan ragu untuk mengunjungi psikolog atau psikiater jika memang Anda sangat membutuhkan bantuan. Jangan asal mendiagnosis diri sendiri, pastikan apa yang Anda rasakan itu dengan konsultasi langsung kepada ahlinya.

Di tahap awal Anda hanya akan melalui sesi wawancara dengan psikolog yang Anda pilih. Kemudian psikolog akan melakukan observasi melalui wawancara tersebut dengan memperhatikan cara bicara, sikap, karakter, cara Anda mengambil keputusan, dll. Anda bisa membaca di sini untuk tahap-tahap yang dilewati apa saja ketika Anda memutuskan untuk konsultasi kepada psikolog.

 

Penting sekali untuk selalu menjaga Kesehatan mental kita selain Kesehatan fisik kita. Karena bisa jadi sakit fisik yang Anda rasakan saat ini disebabkan dari gangguan Kesehatan mental yang dialami.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan tes Kesehatan mental secara mandiri dengan mencari informasi bagaimana cara mengecek mental health yang benar. Jangan sampai Anda memilih informasi yang salah ya dan jangan coba-coba melakukan diagnosis sendiri, karena yang berhak menentukannya adalah psikolog atau psikiater yang akan membantu Anda.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Mental Health Dengan Benar"