Cara Menulis Kutipan Dari Internet dan Sumber Lainnya

Kemudahan untuk mendapatkan informasi kini lebih banyak dibandingkan jaman sebelum internet dikenal, khususnya di Indonesia. Namun bagaimana cara menulis kutipan dari internet dengan benar belum banyak yang tahu. Padahal hal itu juga penting lho untuk melindungi hak cipta dan terbebas dari plagiarism.

Begitu juga saya saat ini masih harus banyak belajar bagaimana pengutipan yang baik dan benar agar bisa menyajikan informasi yang akurat. Menelusuri sumber referensi juga menjadi salah satu hal yang penting karena banyaknya informasi yang ada kita pun harus pandai menyaring informasi mana yang benar dan tidak.

Munculnya UU ITE pun karena maraknya informasi yang bermunculan dari internet yang berkembang melalui penyebaran sosial media yang kita miliki. Meski kebebasan informasi kini mulai berkembang tetapi kita juga harus waspada terhadap akses terhadap informasi yang tidak benar atau hoax.

Berikut ini cara menulis kutipan dari internet dengan berbagai gaya dan bagaimana kutipan untuk skripsi.

 


Cara Menulis Kutipan Dari Internet Dengan Berbagai Gaya

·         Gaya MLA

Cara mengutip dari internet yang pertama bisa menggunakan gaya Modern Language Association (MLA). Dalam menulis kutipan di internet dengan menggunakan metode ini, perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari nama penulis, nama website, waktu publikasi, hingga waktu mengakses. Berikut beberapa cara mengutip dari internet dengan menggunakan gaya MLA :

 

ü  Tulis nama penulis, jika tersedia. Nama penulis ditampilkan dengan nama belakang terlebih dahulu, kemudian ditambahkan tanda koma, setelah itu baru nama depan. Bagian akhir, imbuhkan tanda titik sebagai akhir.

Contoh : Prabandari, Ayu Isti

ü  Masukkan judul halaman dan berikan tanda kutip. Gunakan huruf kapital pada huruf pertama dan semua kata benda, kata kerja, kata sifat, dan pronomina. Imbuhkan tanda titik di akhir kata judul halaman, sebelum tanda kutip penutup.

Contoh : Prabandari, Ayu Isti. "Cara Mengutip Dari Internet Dengan Benar, Perlu Diketahui."

ü  Tulis nama situs web dalam huruf miring, diikuti dengan tanggal penerbitan. Pastikan penulisan situs web sesuai dengan yang tercantum dalam situs. Seperti contoh WebMD. Jika tercantum tanggal penerbitan halaman, maka sertakan pada penulisan.

Contoh : Prabandari, Ayu Isti. "Cara Mengutip Dari Internet Dengan Benar, Perlu Diketahui." Merdeka.com, 20 Mei 2021,

ü  Cantumkan URL halaman Web, yaitu dengan menyalin dan menempelkan langsung pada lembar kerja yang sedang ditulis. Hapus bagian http:// setelah URL disalin. Tulis tanggal akses, jika tanggal penerbitan tidak tersedia pada situs web. Tuliskan kata, “Diakses pada” setelah URL, lalu masukkan tanggal, bulan, tahun akses.

Contoh :

Prabandari, Ayu Isti. "Cara Mengutip Dari Internet Dengan Benar, Perlu Diketahui." Merdeka.com, 20 Mei 2021, www.merdeka.com/jateng/cara-mengutip-dari-internet-dengan-benar-perlu-diketahui-kln. Diakses pada 22 November 2021.

 

·         Gaya Chicago

Cara mengutip dari internet terakhir bisa juga menggunakan gaya Chicago. Gaya penulisan ini tentu berbeda dengan kutipan model MLA di atas. Berikut cara mengutip dari internet dengan gaya Chicago yang perlu Anda ketahui :

ü  Tuliskan nama penulis sebagai awal referensi. Tuliskan nama belakang terlebih dahulu, tambahkan koma, dan masukkan nama depan penulis. Jika tidak ada nama penulis, gunakan nama organisasi atau agensi pemerintahan yang menerbitkan konten tersebut. Contoh : Deepublish.

ü  Tuliskan judul halaman web dalam tanda kutip. Gunakan huruf besar pada kata pertama, diikuti dengan kata benda, kata sifat, kata kerja, dan pronomina. Tambahkan tanda titik setelah kata terakhir sebelum tanda kutip.

Contoh : Deepublish. “Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung dari Buku, Jurnal dan internet.”

ü  Masukkan nama situs web atau organisasi penerbit dalam huruf miring.

Contoh : Deepublish. “Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung dari Buku, Jurnal dan internet.” Deepbulish.

ü  Cantumkan tanggal penerbitan atau tanggal akses. Jika konten menyebutkan tanggal penerbitan, tuliskan tanggal tersebut dengan format bulan, tanggal, tahun, sebagai referensi. Jika tidak tercantum tanggal penerbitan, Anda bsa menggantinya dengan tanggal Anda mengakses informasi tersebut.

Contoh : Deepublish. “Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung dari Buku, Jurnal dan internet.” Deepbulish. Februari 18, 2021. Diakses pada November 22, 2021.

ü  Akhiri dengan memasukkan alamat situs yang menjadi sumber kutipan.

Contoh : Deepublish. “Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung dari Buku, Jurnal dan internet.” Deepbulish. Februari 18, 2021. Diakses pada November 22, 2021. https://penerbitdeepublish.com/kutipan-dalam-buku-ajar/.

 

·         Gaya APA

Cara mengutip dari internet dengan benar berikutnya bisa menggunakan gaya APA (American Psychological Association). Berikut adalah beberapa langkah dalam penulisan kutipan gaya APA yang perlu Anda ketahui :

ü  Tuliskan nama penulis pada awal referensi. Jika terdapat nama penulis, tuliskan dengan nama belakang terlebih dahulu, sisipkan koma, kemudian tuliskan nama depan. Jangan lupa memberikan tanda titik di akhir.

Contoh : Roman, Lionel.

ü  Kemudian tuliskan tahun penerbitan situs web atau halaman. Masukkan tahun penerbitan di dalam kurung setelah nama penulis. Berikan tanda titik di akhir.

Contoh : Roman, Lionel. (2017).

ü  Tuliskan judul halaman web dengan huruf kapital pada huruf pertama di kata pertama. Huruf kapital ini hanya digunakan di huruf pertama kata pertama saja dan tidak pada kata setelahnya. Tambahkan tanda titik di akhir.

Contoh : Roman, Lionel. (2017). Cancer research.

ü  Gunakan nama penulis dan tahun penerbitan untuk kutipan dalam teks. Nama dan tahun penerbitan ini dituliskan dalam tanda kurung, setelah kalimat yang dikutip dan sebelum tanda kutip penutup.

Contoh : "Percobaan klinis dilakukan untuk menguji penanganan kanker baru (Lionel Roman, 2017)."

 

 

Cara Menulis Kutipan Dari Internet dan Referensi Lain

ü  Kutipan Dari Jurnal

Kutipan yang diambil dari jurnal bisa ditulis dengan menuliskan seluruh kalimat. Bagian akhir setelah tanda titik ditambahkan tanda kurung yang berisi nama belakang penulis, tanda koma, tahun terbit, tanda titik dua, nomor halaman.

contoh:

Minyak mentah umumnya diklasifikasikan menurut kandungan sulfur sebagai manis atau asam, minyak mentah manis biasanya mengandung kurang dari 0.5% sulfur dan minyak mentah lebih dari 2% sulfur. (Wildan, 1994, hal. 338).

ü  Kutipan Dari Skripsi

Kutipan juga bisa diambil dari skripsi, tesis, maupun disertasi yang sudah dipublikasikan. Adapun  cara menulis kutipan dari sumber skripsi adalah sama dengan mengutip dari jurnal. Yakni pada akhir kutipan ditambahkan tanda kurung berisi nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman.

contoh:

Minyak mentah mengandung berbagai jenis zat yang kotor termasuk zat beracun, korosif dan reaktif yang bisa mahal untuk ditangani. Salah satunya adalah sulfur. (Wildan, 1994 :336-361)

ü  Kutipan Dari Jurnal Online

Beberapa jurnal bisa didapatkan secara online, dan cara menulis kutipan tentu berbeda dengan sumber lain seperti yang disebutkan di poin sebelumnya. Dimulai dengan mengambil kalimat secara utuh.

Pada bagian akhir setelah tanda titik diberikan tanda kurung, lalu dituliskan nama penulis, tahun, dan nomor halaman. Tutup tanda kurung, lalu tambahkan judul jurnal, link jurnal online tersebut, dan juga waktu mengakses jurnal online tersebut.

contoh:

Anemia penyakit kronis disebut juga dengan penyakit peradangan. Penyakit ini adalah suatu kondisi yang dapat dikaitkan dengan berbagai gangguan mendasar termasuk penyakit kronis seperti kanker, infeksi tertentu, dan penyakit autoimun dan peradangan seperti rheumatoid arthritis atau lupus. (Budi, 2013: 175) Jurnal Mitra, diakses melalui: http: journal kesehatan.com pada tanggal 01 Maret 2021.

ü  Kutipan Dari Jurnal Internasional

Cara menulis kutipan selanjutnya adalah ketika referensi diambil dari jurnal internasional. Yakni dengan menuliskan kutipan secara langsung dan utuh, kemudian di bagian akhir kutipan ditambahkan kredit.

Setelah titik, dibuat tanda kurung dan di dalamnya ditulis nama penulis, tahun, lalu titik dua dan diikuti oleh halaman dimana kutipan tersebut diambil. Selain mengambil kutipan secara langsung, kutipan dari jurnal internasional juga bisa dibuat tidak langsung.

contoh:

Need-Based Strategic Approach – Teaching of Business Communication: Because of industry expectations of business students’ ability and competence to communicate effectively and efficiently and based on empirical evidence from studies (Lesiker, 1976 : 33).

 

Menulis dengan menggunakan berbagai referensi tidak bisa sembarangan dilakukan. Anda boleh mengutip karya seseorang jika mencantumkan sumbernya. Jadi untuk bisa menulis dengan baik, kita pun butuh belajar cara menulis kutipan dari internet, jurnal, atau sumber lainnya. Selain mencegah plagiarism juga menunjukkan profesionalitas kita sebagai penulis.

 

Sumber referensi :

Prabandari, Ayu Isti. "Cara Mengutip Dari Internet Dengan Benar, Perlu Diketahui." Merdeka.com, 20 Mei 2021, www.merdeka.com/jateng/cara-mengutip-dari-internet-dengan-benar-perlu-diketahui-kln. Diakses pada 22 November 2021.

Salmaa. “5 Cara Menulis Kutipan Dari Berbagai Jenis Referensi.” Duniadosen.com, 12 Maret 2021, www.duniadosen.com/cara-menulis-kutipan. Diakses pada 22 November 2021.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Kutipan Dari Internet dan Sumber Lainnya"