Mental Health Artinya Kesehatan Mental, Apa Bedanya Dengan Mental Illness?

 

Mental health artinya adalah kesehatan mental dalam diri seseorang. Kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk di dalamnya adalah suatu peristiwa yang terjadi dalam hidup seseorang.

Seseorang yang mengalami peristiwa dalam hidupnya yang menimbulkan luka atau ingatan terhadap sesuatu yang membuatnya cukup tertekan dapat berdampak besar terhadap perilaku dan kepribadiannya dimasa depan.

 


Mental Illness dan Mental Health Artinya Apakah Sama?

Sebenarnya istilah yang baru-baru ini digunakan berkaitan dengan kondisi mental antara mental illness dan mental health artinya memiliki makna yang berbeda.

Namun demikian, menurut organisasi kesehatan dunia, WHO menyebutkan bahwa kualitas kesehatan mental berkaitan erat dengan kebahagiaan seseorang secara mental dan psikologis. Jadi mental illness dan mental health sama-sama merujuk pada kondisi mental seseorang meski memiliki pengertian yang tidak sama.

Mental health mewakili pada suatu kondisi Kesehatan mental yang memungkinkan seseorang untuk mengendalikan emosi, berpikir dan bertindak dengan baik, serta menikmati hidup dengan rasa bahagia.

Mental illness atau penyakit mental merujuk pada suatu kondisi seseorang yang memiliki kriteria standar untuk didiagnosa, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan obat-obatan. Mental illness secara signifikan memengaruhi perasaan, pemikiran, perilaku, dan interaksi seseorang dengan orang lain.

American Phsyciatric Association menyatakan bahwa masih banyak orang yang enggan dan malu mengakui bahwa ia memiliki penyakit mental. Padahal mental illness merupakan kondisi medis, sama halnya seperti penyakit jantung dan diabetes yang menyerang Kesehatan fisik manusia. Sebagaimana penyakit tertentu bisa diobati.

Mental illness bisa dialami oleh siapapun tanpa memandang usia, jenis kelamin, geografi, pendapatan, status sosial, ras atau etnis, agama atau spiritualitas, orientasi seksual, latar belakang atau aspek identitas budaya lainnya.

Mental health dan mental illness didefinisikan sebagai entitas terpisah. Dilansir dari NIB, seseorang dapat memiliki kesehatan mental yang baik, tetapi bisa saja didiagnosis mengalami penyakit mental. Hal ini kurang lebih sama seperti seseorang yang secara fisik merasa tidak sehat mungkin tidak menderita penyakit yang serius. Begitu pula sebaliknya, seseorang dengan kesehatan mental yang buruk bisa tidak memiliki penyakit mental tertentu.

 

Good Mental Health Artinya

Kesehatan mental yang baik atau good mental health artinya adalah suatu kondisi dimana batin kita berada dalam keadaan yang bahagia, merasa tentram dan tenang. Kondisi ini memberikan peluang kepada kita untuk bisa menikmati hidup sehari-hari dengan normal dengan menghargai orang lain yang ada di sekitar kita tentunya.

Seseorang yang memiliki good mental health artinya dapat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Individu yang memiliki kesehatan mental yang baik adalah yang memiliki kesadaran akan potensi pribadinya, dapat mengatasi tekanan hidup dengan normal, dapat bekerja secara produktif, bermanfaat bagi sesama, dan mampu memberikan kontribusi pada lingkungannya.

Jadi sesuatu yang bisa menyerang mental seseorang tidak saja hanya dialami oleh orang-orang yang tidak memiliki masalah. Namun seseorang tersebut mampu menghandle atau mengendalikan masalah dengan baik.

Setiap orang pasti memiliki tantangan dan masalah yang berbeda dalam hidupnya. Suatu kondisi akan mempengaruhi mental kita menjadi tetap baik atau buruk ketika kita memilih suatu tindakan untuk menghadapi masalah tersebut.

Orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Pilihan tindakan terhadap sesuatu yang terjadi pada hidup kita juga dipengaruhi suasana hati kita yang baik atau buruk. Seseorang yang mudah terserang mentalnya menjadi down akan merespon suatu masalah yang sama secara berbeda juga dengan orang yang mentalnya kuat.

Selain itu, adanya peristiwa yang dapat memengaruhi mental health seseorang adalah stres berkepanjangan, pelecehan anak, hingga adanya kekerasan yang terjadi dalam suatu rumah tangga. Itu semua dapat menyebabkan kesehatan mental seseorang dapat terganggu.

Adanya gangguan mental pada nantinya akan dapat mengubah cara pandang seseorang dalam menangani stresnya. Mulai dari pembuatan suatu pilihan, berhubungan dengan orang lain, hingga memicu hasrat untuk menyakiti dirinya sendiri seperti dilansir dari Halodoc.

Untuk jenis – jenis gangguan Kesehatan mental dan apa saja gejalanya bisa Anda baca selengkapnya di sini.

 

Save Mental Health Artinya

Menjaga kondisi kesehatan mental penting bagi semua orang, bahkan bagi yang tidak didiagnosis penyakit mental sekalipun.

Save mental health artinya tidak hanya menjaga pikirian, namun juga menjaga tubuh secara fisik yang turut memengaruhi kondisi mental.

Anda bisa memulainya dari sekarang dengan memastikan diri untuk menjalani gaya hidup yang sehat, termasuk berolahraga, makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, merupakan serangkaian usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah agar Anda terhindar dari gangguan mental atau mental illness adalah sebagai berikut :

  1. Memelihara pikiran yang positif.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah.
  3. Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif secara fisik.
  4. Menjaga hubungan baik dengan orang lain.
  5. Menjaga kecukupan tidur dan istirahat.
  6. Membantu orang lain dengan tulus.
  7. Mencari bantuan profesional jika diperlukan.

Dikutip dari situs halodoc.com jika seseorang mengalami gangguan mental illness lalu penanganan apa yang tepat untuk dilakukan? Berikut ini penjelasannya. Namun saya sarankan sebelum mendiagnosis mental illness tersebut melalui gejala-gejala yang dirasakan, baiknya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter yang berwenang memberikan diagnosisnya.

  1. Psikoterapi.

Psikoterapi merupakan terapi bicara yang memberikan media yang aman untuk pengidap dalam mengungkapkan perasaan dan meminta saran. Psikiater akan memberikan bantuan dengan membimbing pengidap dalam mengontrol perasaan. Psikoterapi beserta perawatan dengan menggunakan obat-obatan merupakan cara yang paling efektif untuk mengobati penyakit mental. Beberapa contoh psikoterapi, antara lain cognitive behavioral therapy, exposure therapy, dialectical behavior therapy, dan sebagainya.

  1. Obat-obatan.

Pemberian obat-obatan untuk mengobati penyakit mental umumnya bertujuan untuk mengubah senyawa kimia otak di otak. Obat-obatan tersebut berupa golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor (SNRIs), dan antidepresan trisiklik. Obat-obatan ini umumnya dikombinasikan dengan psikoterapi untuk hasil pengobatan yang lebih efektif.

  1. Rawat inap.

Rawat inap diperlukan jika pengidap membutuhkan pemantauan ketat terhadap gejala-gejala penyakit yang dialaminya atau terdapat kegawatdaruratan di bidang psikiatri, misalnya percobaan bunuh diri.

  1. Support group.

Support group umumnya beranggotakan pengidap penyakit mental yang sejenis atau yang sudah dapat mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka berkumpul untuk berbagi pengalaman dan membimbing satu sama lain menuju pemulihan.

  1. Stimulasi otak.

Stimulasi otak berupa terapi elektrokonvulsif, stimulasi magnetik transkranial, pengobatan eksperimental yang disebut stimulasi otak dalam, dan stimulasi saraf vagus.

  1. Pengobatan terhadap penyalahgunaan zat. Pengobatan ini dilakukan pada pengidap penyakit mental yang disebabkan oleh ketergantungan akibat penyalahgunaan zat terlarang.


Untuk mencegah mental illness tersebut, Anda sebagai orang yang merasakan gejala atau sebagai orang terdekat pasien bisa memulai penanganan dengan membuat rencana bagi diri sendiri, misalnya mengatur gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari, untuk melawan penyakit mental. Rencana ini bertujuan untuk memantau kesehatan, membantu proses pemulihan, dan mengenali pemicu atau tanda-tanda peringatan penyakit.

Pentingnya menjaga mental kita tetap sehat sama pentingnya dengan menjaga Kesehatan fisik. Mental yang terluka memang tak terlihat jika dibandingkan dengan luka yang ada pada fisik kita.

Oleh karena itulah kita harus lebih waspada dan peduli pada Kesehatan mental masing-masing. Jangan suka menyakiti jika tak ingin disakiti itu salah satunya. Jika sudah disakiti lebih baik memaafkan, bukan untuk orang yang menyakitimu, tetapi untuk Kesehatan mental kita agar tidak dipenuhi rasa sakit hati dan dendam yang bisa menggerogoti Kesehatan diri.

Mental health artinya lebih pada bagaimana upaya kita dalam menjaga Kesehatan mental dengan mengendalikan kondisi yang terjadi di sekitar kita, seperti emosi, perasaan, dan pikiran. Jangan sampai diri kita dipengaruhi hal-hal negative yang terjadi di sekitar kita.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Mental Health Artinya Kesehatan Mental, Apa Bedanya Dengan Mental Illness?"