Muhida Belajar Menyiapkan Generasi Emas 2045

 

Sumber Gambar : jenius.online

Muhida Belajar adalah sebuah Portal Belajar Daring SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Pembelajaran secara daring yang disediakan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo ini menurut saya sangat inovatif dan inspiratif.

Sebenarnya tidak hanya bermanfaat pada saat pandemic seperti saat ini, tetapi bisa juga digunakan secara berkelanjutan mengingat era digital yang semakin berkembang.

Namun perlu diselesaikan terlebih dahulu mengenai permasalahan fasilitas yang dibutuhkan siswa untuk daring, seperti computer/smartphone, kuota internet, sinyal yang tersedia di masing-masing wilayah tempat tinggal siswa, dan tentunya kemampuan SDM, yaitu guru-guru yang berkompeten.

Jika semua permasalahan di atas belum bisa diselesaikan, maka proses belajar mengajar secara daring akan terhambat, seberapa pun canggihnya layanan daring yang disediakan.

Mari kita tengok seperti apa sih system Muhida Belajar ini dan sejak kapan dibuatnya.

 

Awal Mula Muhida Belajar

Sebagai Islamic and digital school, kami berikhtiar untuk mewujudkan generasi unggul berkarakter Islami dan berwawasan global untuk menuju generai Emas tahun 2045. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Amirul mukminin Ali bin Abi Thalib : ” Wahai Kaum Muslim, didiklah anak-anak mu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup bukan di zamanmu”.

Kalimat di atas saya kutip dari pengantar Kepala Sekolah SD Muhida, Bapak Moh. Saifullah Rochim, S.E., M.Pd.

Profil Muhida

SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo (SD Muh1da) adalah sekolah yang mengusung tema Islamic & Digital School, artinya SD Muh1da tidak hanya memperhatikan pendidikan di bidang akademik saja,  melainkan juga pendidikan Islam, bahkan diberikan secara intensif untuk membentuk murid berkarakter Islami dan berakhlakul karimah. Berbagai sarana dan fasilitas pendidikan kami sajikan secara digital, dengan media kartu Muhida Smart Card (MSC) yang di miliki setiap murid, maka murid dapat terintegrasi ke berbagai sistem seperti absensi, koperasi, perpustakaan dan Learning Management System.

Visi

Mewujudkan generasi unggul berdasarkan nilai Islam, berakhlaq mulia dan berwawasan global.

Misi

  1. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk mengenal dan mencintai Allah SWT dan Rosul-Nya.
  2. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk memiliki akhlakul karimah
  3. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk memiliki nasionalisme yang tinggi.
  4. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk memiliki semangat juang yang tinggi, kreatif, inovatif, produktif dan pantang menyerah.
  5. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk menjadi seorang intelektual yang berpikir ilmiah.
  6. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk mencintai lingkungan.
  7. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk berwawasan luas.
  8. Mendidik dan menumbuhkan anak-anak untuk memiliki wawasan internasional.
  9. Menciptakan suasana belajar yang kondusif, inovatif dan kreatif.

Awal mula sebelum ada pandemic ini, pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dilakukan secara interaktif dan menyenangkan, seperti halnya pembelajaran tatap muka yang dilakukan sekolah-sekolah lain.

Namun pada masa pandemi membuat SD Muhida melakukan segala upaya untuk memfasilitasi proses belajar secara maksimal walau dalam kondisi terbatas. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para guru di SD Muhida.

Sekolah melakukan inovasi pembelajaran melalui Learning Management System (LMS) yang diberi nama Muh1da belajar. Respon dari para siswa pun sangat positif. Para siswa antusias sekaligus bertanggungjawab dengan jadwal belajarnya sendiri. Begitu juga program tersebut membantu menumbuhkan kemandirian siswa.

 

 

Belajar Dari Rumah Bersama Muhida Belajar

Apa saja fasilitas pembelajaran yang diberikan Muhida Belajar ini? Anda bisa cek langsung di websitenya melalui link http://news.sdmuhida.sch.id/.

Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, seperti sumber multimedia, Muhidaradio, dan perpus online. Dengan Muhida Belajar ini para siswa bisa belajar dari rumah dengan didampingi Bapak/Ibu Guru dan juga ada sesi diskusi bersamanya juga lho.

Selain pembelajaran materi kelas 1 sampai kelas 6, disediakan juga materi pembelajaran Agama Islam. Disediakan juga latihan-latihan soal sehingga para siswa bisa belajar sendiri dan ini sekaligus mengajarkan rasa tanggung jawab siswa juga.

Tidak hanya materi pelajaran formal saja yang diberikan, SD Muhida juga tetap memberikan fasilitas ekstra kurikuler bagi para siswanya. Cukup lengkap lho pilihannya, seperti kegiatan catur, tapak suci, biola, hizbul wathan, tari, dai cilik, Bahasa Jepang, broadcast, dan film indie. Anda bisa langsung cek websitenya langsung melalui link http://news.sdmuhida.sch.id/index.php/ekstra-kurikuler/.


Menurut saya Muhida Belajar ini sangat membantu para siswa belajar secara daring. Jadi mereka tidak akan bosan dengan pembelajaran system daring yang membuat mereka susah berinteraksi dengan dunia luar. Namun para siswa masih bisa menikmati pengalaman belajar lainnya.

 

Siapa Saja yang Bisa Menikmati Muhida Belajar?

Saat ini Muhida Belajar hanya bisa diakses oleh para siswa SD Muhida itu sendiri karena membutuhkan login berupa username dan password yang hanya diberikan aksesnya dari sekolah tersebut.

Namun menurut saya pembelajaran daring dari SD Muhida ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya untuk lebih inovatif mencari penyelesaian masalah Pendidikan di tengah pandemic.

Kedepannya era digital akan semakin berkembang dan pembelajaran daring akan tetap diperlukan. Muhida dengan pembelajaran daringnya tidak hanya dipersiapkan karena kondisi pandemic tetapi juga untuk menyiapkan generasi yang melek teknologi untuk menyambut generasi emas tahun 2045.

Tentunya dengan memperhatikan juga kendala yang masih harus dihadapi dan diselesaikan oleh masing-masing wilayah. Karena setiap wilayah memiliki permasalahan berbeda dalam hal penyediaan Pendidikan.

Pembelajaran seperti SD Muhida inipun dengan menyediakan Muhida Belajar menurut saya tidak hanya bisa diaplikasikan untuk siswa SD, tetapi juga SMP dan SMA.

Pembelajaran daring setingkat universitas menurut saya sudah lebih dulu dikenal oleh mahasiswa dan dosen bagi kampus-kampus tertentu. Mengingat dulu sewaktu kuliah para mahasiswa pun sudah diberi tugas secara mandiri dengan memanfaatkan internet dan sumber lain selain pembelajaran tatap muka di kelas.

 

Bagaimana menurut Anda mengenai Muhida Belajar tersebut? Sudah sempat lihat websitenya dan terinspirasi?

Semoga Pendidikan di Indonesia semakin baik dan maju kedepannya.

 

Posting Komentar untuk "Muhida Belajar Menyiapkan Generasi Emas 2045"