Perbedaan Jam Korea dan Indonesia

 


Selisih waktu di Korea dan Indonesia cukup singkat. Namun kita perlu tahu juga ketika kita sedang menunggu waktu pertandingan atau acara televisi yang ditayangkan di Korea, seperti drama Korea atau TV show lainnya. Nah, perbedaan jam Korea dan Indonesia ini ternyata hanya selisih 2 jam saja lho. Hitungan perbedaan waktu ini sama dengan jika di Indonesia kita berada di WIB yang memiliki selisih waktu 2 jam dengan WIT. Jadi bisa disimpulkan bahwa WIT itu memiliki waktu yang sama dengan Korea.

Untuk meyakinkan lagi mengenai perbedaan jam Korea dan Indonesia, mari kita simak penjelasan mengenai perbedaan waktu antara 2 negara tersebut ya.

 

Kenapa Terjadi Perbedaan Jam Korea dan Indonesia?

Pada dasarnya waktu di negara-negara Asia lebih awal dari GMT. Apa itu GMT? GMT atau Greenwich Mean Time adalah waktu yang digunakan sebagai patokan penghitungan waktu di seluruh negara pada awalnya.

GMT diambil dari sebuah distrik yang berada di London, yaitu Greenwich. Sejarah awal mula digunakannya GMT sebagai patokan waktu tidak lepas dari sejarah penetapan kota tersebut yang dilakukan oleh Royal Observatory pada tahun 1675. Waktu itu digunakan untuk keperluan navigasi pelayaran Kerajaan Inggris dimana penguasaan wilayah lautnya menyebabkan tersebarnya standar waktu dunia dan akhirnya dipakai oleh beberapa negara. Sejarah lebih lengkapnya kenapa disepakati waktu GMT ini digunakan sebagai standar perbedaan waktu bisa Anda cari sendiri di internet.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan keilmuan maka ditemukanlah patokan waktu yang lebih stabil, yaitu menggunakan jam atom yang disinkronkan dengan jam matahari. Pergantian dari jam matahari ke jam atom menjadi tanda bahwa GMT tak lagi digunakan sebagai rujukan waktu internasional.

GMT digantikan dengan UTC (Universal Time Coordinated). Dunia maupun bumi dilakukan pembagian menjadi 24 zona waktu yang berbeda-beda di tiap wilayahnya. Dalam hal ini, Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga zona waktu, yaitu UTC +7 (waktu Indonesia Bagian Barat), UTC +8 untuk waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), dan UTC +9 untuk Indonesia bagian Timur (WIT). UTC +7 artinya wilayah Indonesia bagian Barat memiliki selisih waktu tujuh jam lebih cepat dari UTC. Contohnya, jam 00.00 UTC sama dengan waktu jam 07.00 WIB.

Indonesia yang diwakili oleh Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia menggunakan waktu Indonesia bagian Barat (WIB) dengan zona waktu UTC +7. Sedangkan di Korea Selatan menggunakan zona waktu UTC +9. Sehingga terjadi selisih perbedaan waktu di Korea dan Indonesia sebanyak dua jam.

 

Manfaat Mengetahui Perbedaan Jam Korea dan Indonesia

Sebenarnya ada banyak manfaat mengetahui perbedaan waktu yang terjadi, terutama perbedaan jam di Korea Selatan dan Indonesia. Berikut ini beberapa manfaat secara umum jika kita mengetahui perbedaan waktu di tiap wilayah.

  • Menyesuaikan kondisi atau keadaan di tiap wilayah. Misalnya ketika kita ingin pergi ke suatu tempat, kita perlu tahu dulu di sana sedang musim apa dan bagaimana suhunya. Hal ini perlu kita ketahui untuk menyesuaikan kondisi tubuh dan perlengkapan yang perlu disiapkan, seperti baju.
  • Menjadi tolak ukur dalam melakukan sesuatu atau dalam bekerja di daerah yang berbeda.
  • Menjadi petunjuk arah dalam melakukan sesuatu di tempat yang berbeda.

 

Perbedaan Jam Korea dan Indonesia Secara Nyata

·         Jam 12 malam di Korea di Indonesia jam berapa

Berdasarkan standar waktu UTC di atas, yaitu Korea Selatan menggunakan UTC +9 maka hitungan waktu ketika jam 12 malam di Korea di Indonesia jam berapa jawabannya adalah jam 10 malam di WIB, jam 11 malam di WITA, dan sama-sama jam 12 malam di WIT.

·         Jam 00.00 di Korea jam berapa di Indonesia

Sama dengan penjelasan di atas, hanya saja beda menyebutnya saja. Jika jam 00.00 di Korea jam berapa di Indonesia, jawabannya adalah di Indonesia bagian timur akan menunjukkan waktu yang sama dengan Korea yaitu jam 00.00, di Indonesia bagian tengah akan menunjukkan jam 23.00, dan di Indonesia bagian Barat akan menunjukkan jam 22.00.

·         Jam 6 p.m di Korea jam berapa di Indonesia

Jam 6 p.m atau jam 6 sore di Korea maka di Indonesia bagian Barat masih menunjukkan jam 4 p.m, di Indonesia bagian Tengah menunjukkan jam 5 p.m dan di Indonesia bagian Timur menunjukkan jam yang sama dengan di Korea.

·         Di Korea Selatan sekarang jam berapa

Di Korea Selatan sekarang jam berapa ini tergantung dengan dimana posisi orang yang sedang bertanya. Ketika saya menulis artikel perbedaan jam Korea dan Indonesia ini menunjukkan pukul 10.29 WIB, maka di Korea Selatan sekarang jam 12.29.

Hal ini akan berbeda jika saya berada di bagian Indonesia tengah atau timur dimana hanya memiliki selisih satu jam lebih lambat dari Korsel jika saya berada di Indonesia bagian tengah, dan jika saya berada di Indonesia bagian timur dimana setara dengan waktu di Korea Selatan.

·         Waktu siang dan malam di Korea Selatan

Waktu siang dan malam di Korea Selatan ini sama saja juga ditentukan oleh keberadaan matahari terbit dan matahari tenggelam. Namun bisa jadi matahari terbit di Indonesia berbeda dengan waktu matahari terbit di Korea Selatan.

Pernah mendengar bahwa ada negara yang memiliki waktu siang atau malam terlama?

Sedikit keluar dari topik untuk menambah informasi saja, negara yang memiliki waktu siang terlama salah satunya adalah Norwegia dimana Anda bisa menjumpai fenomena midnight sun, yaitu ketika jam 24.00 tengah malam tetapi masih terang benderang seperti jam 12 siang.

Negara yang memiliki waktu malam terlama salah satunya adalah Alaska, kondisinya berbalik dengan yang terjadi di Norwegia di atas.

·         Pagi di Korea jam berapa

Karena Korea Selatan masih sama-sama berada di wilayah Asia, maka kondisi waktunya juga tidak banyak perbedaan dengan di Indonesia. Bagi yang penasaran waktu pagi di Korea jam berapa, maka kondisi waktu pagi hari di Korea yaitu sekitar jam 07.00. Astronomi siang hari di Korea juga terjadi sekitar jam 12.00.

·         Malam di Korea jam berapa

Kondisi malam di Korea jam berapa juga sama dengan di Indonesia, yaitu ketika matahari terbenam sekitar jam 17.20. Hal ini tidak menyulitkan untuk adaptasi terhadap waktu sholat ketika berada di Korea Selatan tentunya. Karena Maghrib juga dihitung saat matahari terbenam, sama dengan di Indonesia, yaitu sekitar jam 17.30.

Dengan demikian mengetahui siang dan malam di Korea, maka dapat disimpulkan bahwa durasi hari di Korea Selatan sekitar 10 jam dan durasi malam sekitar 14 jam. Hal ini masih terbilang normal seperti yang terjadi di Indonesia.

 

Buat yang sedang penasaran mengenai perbedaan jam Korea dan Indonesia semoga artikel ini sudah menjawab rasa ingin tahu Anda. Jika masih ada yang kurang atau bisa menambahkan informasi yang valid bisa langsung isi kolom komentar di bawah ini ya! Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Jam Korea dan Indonesia"