Rumah Belajar Muallimaat Sebagai Solusi Belajar Era Digital

 


Rumah belajar Muallimaat adalah sebuah platform digital untuk mendidik anak-anak tingkat menengah di tengah era digital ini. Dulu saya hanya tahunya bahwa sekolah pondok itu ya dengan lingkungan yang sangat sederhana, bikin anak kurang pergaulan, dan hanya berfokus pada Pendidikan agama Islam. Namun sekarang pondok pesantren pun bisa menyediakan sebuah platform belajar yang kualitasnya juga baik.

Namun setelah saya tahu bahwa di Yogyakarta ini ada Madrasah Muallimaat Muhammadiyah saya mulai mencari tahu informasi seputar tentang sekolah tersebut. Meskipun di kota-kota besar memang sudah mulai didirikan sekolah-sekolah Islam berbasis pondok pesantren, tetapi cenderung untuk orang-orang yang kaya saja karena biayanya sangat mahal.

Seperti apa informasi yang saya dapatkan mengenai rumah belajar Muallimaat ini saya rangkum dari berbagai info website, termasuk website resmi dari Madrasah Muallimaat.

 

Apa itu Rumah Belajar Muallimaat?

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta merupakan institusi Pendidikan tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin, dan pendidik sebagai pembawa misi gerakan Muhammadiyah.

Tujuan didirikannya sekolah ini adalah untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi bagaimana tujuan dibuatnya platform digital rumah belajar Muallimaat ini.

Visi Madrasah Mu’allimaat

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sebagai institusi pendidikan Muhammadiyah tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin, dan pendidik sebagai pembawa misi gerakan Muhammadiyah.

Misi Madrasah Mu’allimaat

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Islam guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa di bidang ilmu-ilmu dasar keislaman, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendalami agama dan ilmu pengetahuan
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kepemimpinan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa bidang akhlak dan kepribadian
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan keguruan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa di bidang kependidikan.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan keterampilan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa dibidang Wirausaha
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kader Muhammadiyah guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa dibidang organisasi dan perjuangan Muhammadiyah.

Tujuan Madrasah Mu’allimaat

Terselenggaranya pendidikan tingkat menengah yang unggul dalam membentuk kader ulama, pemimpin dan pendidik yang mendukung pencapaian tujuan Muhammadiyah, yakni terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Nilai-nilai Sekolah

1. Perempuan unggul berkemajuan

2. Islam berkemajuan

3. Berpikir global

4. Pendidik

5. Keanekaragaman

6. Integritas

7. Kepemimpinan

8. Kesederhanaan

9. Rasa peduli dengan sesama/sosial


Bentuk Pendidikan Rumah Belajar Muallimaat

Madrasah Mu’allimaat sebagai pusat zu'ama, ulama dan mu'allim yang memiliki kehandalan sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah, maka Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka menyiapkan "anak panah Muhammadiyah" melaksanakan berbagai macam program Pendidikan, yaitu sebagai berikut :

Pendidikan Madrasah rumah belajar muallimaat

Pembelajaran di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta diseimbangkan antara dasar-dasar Ilmu Keislaman dengan Basic Knowledge of Science (Pengetahuan Dasar Sains) yang mendukung tercapainya Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah. Integrasi kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan kurikulum khas Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dikemas dalam bentuk :

  1. Struktur Pembelajaran yang seimbang antara ilmu agama (teori dan praktek) dengan ilmu umum dan sains serta penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.
  2. Penguatan implementasi dasar-dasar ilmu keislaman dengan pendidikan yang mengarah pada pembentukan pribadi kader yang unggul.
  3. Long life education dengan pendekatan uswah, intelektual, kegiatan dan keterampilan kepemimpinan.

Struktur kurikulum di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah perpaduan antara kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan kurikulum khas Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Mata pelajaran khas Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah : Kemuhammadiyahan, Ilmu Keguruan, Leadership, Kewirausahaan, Tahfidzul Qur'an dan Ilmu Falak. Adapun kegiatan penunjang Proses Belajar Mengajar:

  1. Matrikulasi baca Al Qur'an
  2. Arabic and English Club
  3. Lesson Club
  4. Karya Tulis Ilmiah
  5. Praktek Mengajar
  6. Program Sukses Ujian
  7. Reward
  8. Field Trip (Studi Lapangan)
  9. Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan

Ekstrakurikuler yang disediakan :

  1. Hizbul Wathan
  2. Kelompok Ilmiah Remaja
  3. Jurnalistik
  4. Palang Merah Remaja
  5. TIK dan Desain Grafis
  6. Tata Boga
  7. Tata Busana
  8. Rebana
  9. Paduan Suara
  10. Kerajinan Tangan
  11. Orgen
  12. Teater (Drama)
  13. Nasyid
  14. Qiro'ah
  15. Kaligrafi
  16. Seni Lukis
  17. Seni Tari Islam
  18. Tapak Suci
  19. Basket
  20. Tenis Meja
  21. Senam Santri
  22. Bulu Tangkis

Komunitas :

  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Inggris
  3. Qiroatul Kutub
  4. Olimpiade Matematika
  5. Olimpiade Fisika
  6. Olimpiade Kimia
  7. Olimpiade Biologi
  8. Olimpiade Geografi
  9. Olimpiade Kebumian
  10. Olimpiade Ekonomi Akuntansi

 

Pendidikan dan Pembentukan Karakter di Madrasah :

  1. Kegiatan doa untuk memulai dan mengakhiri pelajaran
  2. Kegiatan tadarus pagi dan siang hari
  3. Sholat Dhuha
  4. Kegiatan Sepuluh Menit Peduli Lingkungan Sehat (SEMUTLIS)
  5. Kegiatan 2 hari tanpa plastik (Plastic Free Day) setiap hari Senin dan Kamis
  6. Pembiasaan "5S" yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.
  7. Program "7K" yaitu Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kerindangan, Keindahan, Kekeluargaan dan Keindahan

Pendidikan dan Pembentukan Karakter di Asrama

  1. Sholat Jamaah
  2. Sholat Tahajud
  3. Sholat Dhuha
  4. Puasa Sunnah Senin dan Kamis
  5. Tadarus Bersama
  6. Kultum
  7. Problem Solving
  8. Belajar Mandiri

 

Pendidikan Pesantren rumah belajar muallimaat

Pembelajaran di Asrama dilakukan ba'da maghrib dan ba'da subuh. Materi pembelajaran asrama antara lain:

  1. Qiro'atul Qur'an
  2. Tahfidzul Qur'an
  3. Tahsin Qur'an
  4. Muhadatsah/Conversation
  5. Khot
  6. Imla
  7. Qiro'atul Qutub
  8. Mufrodat/Vocabulary (Kosa kata Arab dan Inggris)
  9. Muhadharah/pidato

Untuk jadwal pelaksanaan kegiatan di asrama, kamu bisa kunjungi langsung website resminya di laman https://muallimaat.sch.id/pendidikan-pendidikan-pesantren-11

 

Pendidikan Kader rumah belajar muallimaat

Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sebagai institusi pendidikan tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin dan pendidik sebagai pembawa misi gerakan Muhammadiyah. Untuk itu, sebagai pusat zu'ama, ulama dan mu'allim yang memiliki kehandalan sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah, maka Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka menyiapkan "anak panah Muhammadiyah" melaksanakan berbagai macam program:

  1. FORTASI
  2. Baitul Arqom Dasar
  3. Baitul Arqom Madya
  4. Baitul Arqom Purna
  5. Pembinaan Kader Khusus
  6. Taruna Melati
  7. Pelatihan bagi Calon Pengurus IPM
  8. Up Grading : Pelatihan untuk pengurus IPM
  9. Job Training : Pelatihan bagi seluruh Pengurus Organisasi Kesiswaan
  10. TOT Perkaderan/Kepemimpinan

Disamping itu, sebagai bentuk pengabdian serta menerapkan ilmu secara praktis kepada masyarakat, maka Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

  1. Mubalighat Hijrah (MH)
  2. Tim Dakwah Lokal (TDL)
  3. Bakti Sosial (Baksos)
  4. TPA Binaan dan kegiatan-kegiatan organisasi lainnya yang mengasah jiwa kepemimpinan

 

Pendidikan Bahasa rumah belajar muallimaat

Lembaga pengembangan bahasa atau CLM (Center of Languange Movement) merupakan lembaga pengembangan bahasa untuk memfasilitasi pengembangan bahasa di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, khususnya bahasa Arab dan Inggris di lingkungan madrasah dan asrama. CLM memiliki tugas untuk merencanakan, melaksanakan maupun memonitor pelaksanaan pengembangan bahasa siswi, guru, karyawan maupun musyrifah baik di madrasah maupun di asrama. CLM juga memiliki tujuan untuk mencetak pioner-pioner yang unggul dalam berbahasa Arab maupun Inggris. Jangan heran jika rumah belajar muallimaat juga menyediakan dual bahasa dalam platformnya.

Program pengembangan bahasa di Madrasah Mu’allimaat :

  1. Kursus Bahasa Guru dan Karyawan
  2. Komunitas Bahasa
  3. Karantina Bahasa Tingkat Dasar
  4. Karantina Bahasa Tingkat Madya
  5. Karantina Bahasa Tingkat Purna
  6. Radio Bahasa
  7. Majalah Dinding Bahasa
  8. TOEFL Preparation
  9. Yaumul Lughah

Program Pengembangan Bahasa di Asrama :

  1. Yaumul Lughah
  2. Muhadhoroh
  3. Star of Speech
  4. Lomba Bahasa

 

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Madrasah Mu’allimaat rumah belajar muallimaat

  • Jalur Tes, yaitu penerimaan peserta didik baru melalui seleksi mengunakan tes 0nline, terdiri dari Tes Akademik, angket psikologi, baca Al Qur'an, dan wawancara. Untuk mendaftar pada program ini persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

1.       Mengisi formulir yang telah disediakan secara online. dan melihat slip pembayaran

2.       Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- ditambah 3 digit nomor unik, sebagaimana yang tertera pada slip pembayaran. melalui transfer ke rekening yang tertera pada slip pembayaran .

3.       Upload pas foto berwarna dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 50 kb melalui form pendaftaran

4.       Upload Bukti transfer, dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 500 kb melalui form pendaftaran

5.       Upload scan ijazah atau Surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar-benar siswa sekolah yang bersangkutan dalam format pdf, maksimal file size 1000 kb melalui form pendaftaran

  • Jalur prestasi akademik dan non akademik, yaitu program yang mengedepankan prestasi akademik dan non akademik yang dimiliki calon peserta didik dengan ketentuan sebagai berikut:

1.       Prestasi akademik dan non akademik

§  Kelas VI SD/MI yang akan lulus pada  tahun pelajaran 2021/2022

§  Mendapatkan rekomendasi sebagai siswi terbaik dalam bidang akademik ataupun non akademik dari Kepada Sekolah/Madrasah.

§  Mengisi formulir yang telah disediakan secara online. dan mencetak slip pembayaran

§  Membayar uang pendaftaran Rp. 250.000,- . Melalui transfer ke rekening yang tertera pada slip pembayaran

§  Upload pas foto berwarna dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 50 kb melalui form pendaftaran

§  Upload Bukti transfer, dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 500 kb melalui form pendaftaran

§  Upload scan sertifikat prestasi akademik ataupun non akademik  minimimal juara tingkat kabupaten/kota

§  Upload scan raport kelas IV (semester I dan II), dan kelas V (semester (I dan II) yang dijadikan dalam file pdf untuk setiap semester, melalui link pendaftaran

 

2.       Prestasi Tahfidz

§  Kelas VI SD/MI yang akan lulus pada  tahun pelajaran 2021 / 2022

§  Mengikuti tes Syafawi

§  Mendapatkan rekomendasi sebagai siswi terbaik dalam bidang Tahfidz dari Kepada Sekolah/Madrasah

§  Mendapatkan sertifikat tahsin.

§  Hafal Al Quran minimal 3 juz

§  Mengisi formulir yang telah disediakan secara online. dan mencetak slip pembayaran

§  Membayar uang pendaftaran Rp. 250.000,- . Melalui transfer ke rekening yang tertera pada slip pembayaran

§  Upload pas foto berwarna dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 50 kb melalui form pendaftaran

§  Upload Bukti transfer, dalam format png/ jpg dengan maksimal file size 500 kb melalui form pendaftaran

§  Upload scan Surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar-benar siswa sekolah yang bersangkutan dalam format pdf, maksimal file size 1000 kb melalui form pendaftaran

§  Upload Surat keterangan hafal 3 juz dari lembaga yang mampunyai kewenangan. berkas dalam format pdf, maksimal file size 1000 kb melalui link pendaftaran

 

Rumah Belajar Muallimaat Sebagai Strategi Pengasuhan Positif

Madrasah Mu’allimaat meski dalam kondisi pandemic seperti saat ini tetap meneguhkan diri sebagai Pusat Keunggulan Perempuan Berkemajuan, yang memiliki 5  kompetensi utama dalam rangka mewujudkan peserta didik menjadi seorang kader ulama, pendidik, dan pemimpin. Pendidikan di Mu’allimat harus tetap berjalan dimana ada 3 aspek penting yang harus tetap ada dalam proses pendidikan di Mu’allimaat, yaitu pendidikan intra dan ekstrakurikuler, pendidikan kepemimpinan dan perkaderan, dan kepesantrenan.

Peluncuran platform digital yang disebut RBM (Rumah Belajar Mu’allimaat) adalah sebuah bentuk keseriusan dari Madrasah Mu’allimat dalam bidang Pendidikan. Rumah belajar Muallimaat tersebut dibekali dengan system unlimited access. Selain itu, sinergisitas antara BK (Bimbingan Konseling), perkaderan dan kepemimpinan, serta kegiatan dan prestasi siswi menjadi tolak ukur utama dalam mencapai keberhasilan pendidikan di masa pandemi. Ditambah lagi dengan upaya mendatangkan para tokoh motivator untuk mendorong peserta didik dalam meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan prestasi.

Pengembangan bahasa harus tetap berjalan, yakni dengan kegiatan muhadasah, muhadoroh, karantina bahasa dengan mengundang native speaker. Seluruh rangkaian dalam mencapai keberhasilan pendidikan harus selalu menguatkan komunikasi, kerjasama dan kolaborasi. Hal tersebut dilakukan dalam rangka bentuk support untuk anak didik Madrasah Mu’allimaat.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai Rumah Belajar Muallimaat bisa login langsung ke laman Mu’allimaat Academic System di link http://202.56.164.179/moodle/ . Di sana tersedia berbagai mata pelajaran yang diampu oleh guru-guru yang professional dan berpengalaman. Selain itu, dilengkapi juga dengan pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

Posting Komentar untuk "Rumah Belajar Muallimaat Sebagai Solusi Belajar Era Digital"