Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Alasan Memilih Program Studi di UNY

 

Saat kamu menjadi mahasiswa UNY, di situ sesungguhnya aktualisasi dirimu sebagai bagian dari Jogja juga terbentuk. Artinya, bisa deh dibilang kamu mempunyai kesempatan mengukir sejarah di tempat yang nyaman, romantis, dan bersahaja ini.

Jogja dan UNY tak bisa dipisahkan karena di situlah lokasi kampus itu berada. Ada banyak alasan memilih program studi di UNY yang berlokasi di Jogjakarta. Kuliah di kota budaya dan romantis seperti Jogja merupakan impian bagi sebagian besar calon mahasiswa.

Selain UNY, Anda pun banyak memiliki pilihan kampus favorit lainnya, seperti UGM, UII, dan kampus swasta lainnya. Namun hanya UNY kampus berbasis Pendidikan terbaik di Indonesia. Sudah banyak para pengajar terbaik yang merupakan alumni dari UNY.

 

Sumber Gambar : www.uny.ac.id

Contoh Alasan Memilih Program Studi di UNY

Sebuah pilihan tentunya akan dibarengi dengan alasan kenapa memilih itu. Sama halnya saat Anda akan mendaftarkan beasiswa yang mewajibkan Anda membuat essay, seperti LPDP. Anda pun harus mencari alasan terbesar kenapa memilih jurusan itu yang tak bisa lagi disanggah oleh interviewer.

Contoh alasan memilih program studi di UNY adalah alasan cita-cita Anda sebagai pengajar. Alasan lainnya bisa Anda jelaskan mengenai keunggulan program studi tersebut di UNY dibandingkan di kampus lain. Bisa jadi UGM memang secara institusi lebih unggul daripada UNY, tetapi ada beberapa jurusan yang kualitasnya lebih baik dari jurusan di UGM. Seperti pilihan untuk program studi Pendidikan di UGM tidak tersedia dan hanya ada di UNY.

Berikut ini beberapa alasan memilih program studi di UNY yang bisa membantu Anda menemukan big why selama ini.

 

10 Alasan Memilih Program Studi di UNY


  • Akreditasi Kampus

Akreditasi institusi sudah jelas A. Ini perlu jadi pertimbanganmu saat memilih kampus. Terkadang beberapa pekerjaan membutuhkan lulusan yang akreditasinya sudah A.


  • Dosen Pengampu yang Berkompeten

Dosen di UNY merupakan dosen yang kompeten dan berasal dari berbagai universitas ternama baik dalam dan luar negeri. Di UNY terdapat lebih dari 150 guru besar dan lebih dari 1000 pengajar professional yang berpengalaman di bidangnya masing-masing dan memiliki cara mengajar yang berkualitas.


  • Melahirkan Calon Guru yang Berkualitas

Bercita-cita menjadi guru? Yuk, tetapkan pilihanmu untuk kuliah di UNY aja!

Disini kamu akan diberikan berbagai macam metode cara mengajar yang baik oleh dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya. Sehingga setelah lulus nanti, kamu akan memiliki skill mengajar yang berkualitas untuk para siswa-mu nanti.


  • Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Berdasarkan data 4ICU Unirank 2021 UNY menempati posisi ke-5 universitas terbaik di Indonesia. Pada QS World Ranking 2021 menempati posisi ke-2 terbaik di Indonesia pada bidang Education and Training. Sedangkan, menurut versi Kemdikbud 2020/2021, UNY berada pada posisi ke-12 terbaik di Indonesia. Selain itu, UNY juga mendapatkan peringkat pertama universitas keguruan terbaik versi Kemdikbud 2020.

Jika dilihat dari daftar tersebut, maka UNY merupakan kampus terbaik no 2 di Yogyakarta dan no 1 tetap UGM. Jadi jika nggak bisa masuk UGM, Kamu ada pilihan lain, yaitu UNY.


  • Banyak Pilihan Program Studi

UNY membuka banyak pilihan prodi. Sehingga Kamu akan memiliki banyak pilihan. Faktanya, UNY memiliki 7 Fakultas. Ada 11 Prodi D3 dan 58 Prodi S1. Untuk Program Pascasarjana ada 30 Prodi S2 dan 7 Prodi S3. Totalnya ada 125 prodi dari jenjang D3 hingga profesi.

Anda bisa cek apa saja program studi di UNY beserta akreditasnya di sini.


  • Fasilitas yang Memadai

UNY memiliki berbagai macam fasilitas yang berlaku untuk mahasiswa hingga umum. Seperti kolam renang berstandar internasional, Hotel UNY, Plaza UNY, Museum Pendidikan Indonesia, Bus UNY, Gedung Language Training, UNY Fitness Center, Gedung Olah Raga (GOR), Kopma UNY, Digital Library, dan masih banyak lagi.


  • Memiliki Beragam UKM

UNY juga menyediakan wadah untuk para mahasiswanya dalam mengembangkan diri di luar kegiatan akademik, salah satunya yaitu menyediakan beragam UKM yang dapat kamu ikuti sesuai hobi dan minatmu.

Selain dapat mengasah skill, mengikuti UKM di UNY juga dapat melatihmu agar dapat berprestasi dari tingkat nasional hingga internasional.


  • Kerjasama Internasional

UNY sudah melakukan kerjasama internasional dengan kampus ternama. Contoh kerjasamanya seperti Join Degree Dengan Universitaet Dresiden Jerman dan Dual Degree Program Graduate Institute Of Network Learning Teknology, National Central University, Taiwan.


  • Tersedia Banyak Beasiswa

UNY menyediakan 18 Sumber Beasiswa D3 dan S1. Selain itu, UNY juga menyediakan 7 Sumber Beasiswa S2 dan S3. Kesempatan mendapatkan beasiswa jadi makin besar nih.


  • Biaya Kuliah yang Lebih Murah

Tentunya biaya kuliah di UNY tidak sebesar di UGM. Jadi Anda bisa mempertimbangkan ini sebagai alasan memilih program studi di UNY yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian keluarga Anda.

 

 

Alasan Memilih Program Studi di UNY : Cerita Inspiratif Memilih Fakultas Pendidikan

Dilansir dari sebuah cerita tentang pengalaman seseorang yang memberikan alasan mengapa memilih UNY sebagai kampusnya yang ditulis di website berkuliah.com. Berikut ini kisahnya!

Kampus ini memang kurang begitu terkenal namanya di wilayah secara nasional jika dibandingkan dengan UGM, UI, ataupun UNPAD. Namun, kampusku adalah yang nomor satu dalam bidang pendidikan.

Universitas Negeri Yogyakarta atau sering disebut UNY terletak di Provinsi D.I. Yogyakarta. Dulu, kampus ini bernama IKIP Yogyakarta, tapi karena berkembang dengan sangat pesat, maka selanjutnya kampus ini berubah nama dan bentuk lembaganya. UNY sendiri lebih mengarah ke bidang pendidikan, yakni dengan mencetak para pendidik yang kompeten. Selain itu, kampus ini memiliki fasilitas yang lengkap, melebihi kata lumayan, dan bahkan mendekati kata sempurna menurutku. Nah, bagi Kamu yang tertarik untuk menjadi seorang guru, jangan ragu-ragu untuk menjadikan kampus yang satu ini sebagai pilihan pertama. Banyak kelebihan yang akan Kamu dapatkan di kampus ini yang tidak akan ada dan tidak kalah dari kampus lainnya.

Kamu bisa melihat fasilitas-fasilitas yang ada dengan mengelilingi kampus yang luas ini, dan  dijamin, Kamu pasti akan capek! Fasilitas yang ada seperti perpustakaan universitas, perpustakaan fakultas, pusat komputer, jaringan internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa, laboratorium penelitian modern, dan yang tidak kalah penting adalah lingkungan yang asri, yang membuat kampus ini dijuluki The Green Campus. Karena fasilitasnya inilah kampus ini menjadi salah satu universitas terfavorit dan layak di perhitungkan!

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Jurusan yang Saya ambil yaitu PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Belakangan, jurusan ini menjadi favorit pertama di kampus ini yang begitu banyak dipilih oleh para pendaftar atau mahasiswa baru. Ya, lebih dari 23 ribu orang mendaftar dalam jurusan ini, tapi yang diterima hanya 240 orang saja! Bayangkan, benar-benar ketat persaingannya untuk bisa masuk di sini, bukan?

Universitas Negeri Yogyakarta ini memiliki 2 buah kampus, yang berlokasi di tempat yang berbeda, yakni kampus pusat yang berlokasi di jalan Kolombo, dan kampus UPP yang berada di jalan Bantul. Tetapi, kuliah utama Saya adalah di jalan Bantul. Memang jaraknya cukup jauh. Namun, ada beberapa keunggulan di dalam kampus kami. Jauhnya kampus Saya dengan kampus pusat membuat hiruk pikuk kampus pusat tidak sampai ke telinga kami yang berada di kampus UPP. Kampus ini mempunyai iklim belajar yang tenang dan damai.

Hal lainnya yang bisa Kamu temukan di kampus ini adalah sebagian besar warga kampus adalah mahasiswa yang relijius! Setiap sore di hari rabu, Saya dan teman-teman sering mengikuti kajian yang dibimbing oleh seorang Ustad. Kami diajarkan ilmu agama yang cukup mumpuni, yang biasa dikerjakan sehari-hari. Harapannya, mahasiswa di kampus ini akan punya pengetahuan agama yang tidak kalah dengan para mahasiswa yang kuliah di jurusan keagamaan, seperti yang ada di Universitas Islam misalnya.

Ada beberapa kelebihan yang bisa Kamu dapatkan saat menempuh pendidikan di kampus ini. Salah satunya adalah kualitas pendidikan itu sendiri. Disini,  para pengajar atau dosen minimal sudah menempuh pendidikan S2 (Magister). Selain itu, sudah banyak sekali dosen yang sudah menyandang gelar sebagai guru besar dan sudah tersebar merata ke semua fakultas yang ada.

Di Yogyakarta sendiri, pemerintah juga sangat mendukung dengan proses pendidikan bagi anak bangsa. Mulai dari daerah di Bagian Barat Indonesia seperti Aceh, sampai ujung Bagian Timur mempunyai “utusan” masing-masing untuk menempuh pendidikannya di Jogja. Pemerintah sangat mendukung dan memberi kebebasan terhadap semua orang yang menuntut ilmu di kota ini.

Selain itu, disini Kita juga bisa mengambil manfaat dalam keanekaragaman suku budaya yang ada. Kita bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai daerah dengan pengalaman serta kelebihan dan keunikan mereka masing-masing.

Selain ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Ada beberapa kekurangan, tapi Saya rasa itu tidak begitu berpengaruh dalam kuliah yang saya jalani. Seperti jarak yang jauh Antara kampus pusat dengan kampus UPP. Namun, itu hanya belaku bagi jurusan PGSD. Jika Kamu memilih jurusan yang lain, maka masalah tersebut tidak menjadi hambatan sama sekali.

Lalu, kenapa Kamu mesti memilih UNY? Banyak sekali jawaban yang bisa Saya berikan. Bukanya bermaksud untuk sombong karena terlalu melebihkan kampus yang Saya masuki, tetapi Saya hanya ingin berbagi dan memberi informasi agar Kamu mengetahui seperti apa kampusku ini. Sehingga, ketika Kamu sudah mengetahuinya, maka kamu tidak akan menyesal dengan pilihan yang kamu buat.

  1. Cita-cita Menjadi Guru

Guru merupakan sebuah profesi yang selama ini memiliki gelar sebagai ‘pahlawan tanpa tanda jasa’.  Guru adalah profesi yang mulia. Jika Kamu ingin menjadi seorang guru, maka sebaiknya Kamu tidak usah ragu-ragu memilih Universitas ini. Disini, Kamu akan dididik untuk menjadi guru yang profesional!

  1. Beasiswa

Jika Kamu memiliki hambatan biaya untuk melanjutkan pendidikan, sedangkan Kamu ingin kuliah, Kamu bisa berusaha mewujudkannya dengan masuk ke kampus ini. Banyak beasiswa dari kampus ini yang diberikan, beberapa diantaranya seperti Bidikmisi, beasiswa prestasi, dan juga BBM.

 

Itulah pendapat dan alasan memilih program studi di UNY yang bisa memberikan Anda inspirasi. Temukan alasan terbesar Anda ketika ingin melakukan sesuatu, maka Anda tidak akan mudah putus asa ketika mengejar dan berusaha mewujudkannya.

 

Posting Komentar untuk "Alasan Memilih Program Studi di UNY"