Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Informasi dan Tips Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Luar Negeri

 

Tidak semua penyedia beasiswa memberikan kesempatan pembiayaan bagi mahasiswa yang memilih Jurusan Kedokteran. Mengapa? Karena terkait dengan masa studi yang lebih lama dan biayanya yang cukup mahal.

Terlebih jika Anda bercita-cita untuk bisa kuliah ke luar negeri. Namun jangan khawatir, jika Anda rajin mencari informasi dan lebih teliti lagi maka banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kedokteran luar negeri.

Untuk bisa kuliah kedokteran di luar negeri memang tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Anda perlu mencari informasi beasiswa mana yang bisa memberikan pembiayaan secara penuh kepada Anda.

Di bawah ini akan saya informasikan apa saja beasiswa kedokteran luar negeri yang bisa Anda pilih.

 


Info Beasiswa Kedokteran Luar Negeri

  • Beasiswa Medical School University of Harvard

Jurusan kedokteran di Universitas Harvard merupakan jurusan kedokteran terbaik di dunia. Sebagai jurusan kedokteran terbaik, tentunya fasilitas serta tenaga pengajarnya merupakan yang terbaik. Hal ini tentu sejalan dengan biaya kuliahnya, semakin baik kualitas pendidikannya akan semakin tinggi pula biayanya. Tapi, jangan khawatir, Harvard Medical School menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya. Wah, kesempatan besar kan.

Informasinya bisa Anda dapatkan di https://meded.hms.harvard.edu/apply-md-financial-aid.

  • Beasiswa Medicine School university of John Hopkins

Medicine School Johns Hopkins University merupakan salah satu jurusan kedokteran terbaik di dunia. Jurusan kedokteran di Universitas Johns Hopkins sudah diakui oleh seluruh dunia. Selain itu, sekolah kedokteran Universitas Johns Hopkins memiliki kualitas riset yang sangat baik. Karena itu, para mahasiswa berlomba-lomba untuk kuliah ataupun mengikuti program pertukaran pelajar di sekolah kedokteran Universitas Johns Hapkins. Dengan kualitas pendidikannya yang sangat baik, sekolah kedokteran Universitas Johns Hapkins juga menyediakan program beasiswa baik untuk mahasiswa internasional maupun untuk mahasiswa lokal. Wah, jangan lewatkan kesempatan ini yah.

Informasi yang lengkap dari website resminya di https://www.hopkinsmedicine.org/som/offices/finaid/. 

  • Beasiswa Karolinska Institutet

Jurusan kedokteran di Karolinska Institutet merupakan salah satu jurusan kedokteran terbaik di dunia. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Ranking, jurusan kedokteran Karolinska Institutet menempati peringkat terbaik keenam di dunia. Wah, keren banget kan. Apakah kamu tertarik untuk belajar kedokteran dan bidang kesehatan lainnya di Karolinska Institutet? Jika iya, kamu bisa mendaftar program beasiswa untuk mahasiswa kedokteran Karolinska Institutet. Beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa kedokteran di Karolinska Institutet cukup bervariasi, ada beasiswa untuk biaya kuliah, biaya hidup, dan tersedia untuk berbagai jenjang Pendidikan.

Informasinya bisa Anda lihat di https://education.ki.se/scholarships.

  • Beasiswa Graduate Medicine School University of Yale

Jurusan kedokteran di Universitas Yale juga termasuk dalam jurusan kedokteran terbaik di dunia. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Ranking, jurusan kedokteran Universitas Yale berada di urutan terbaik kesembilan di dunia. Wah, keren kan. Apa kamu tertarik untuk kuliah kedokteran di Universitas Yale? Jika iya, kamu bisa mendaftar program beasiswa Medicine School Universitas Yale. Beasiswa Medicine School Universitas Yale tersedia bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa ongoing.

Informasi selengkapnya silahkan Anda pantau di https://medicine.yale.edu/education/financialaid/. 

  • Beasiswa Medicine and Health School University of Sydney

Universitas Sydney merupakan salah satu universitas terbaik di Australia. Universitas Sydney menyediakan fasilitas yang sangat lengkap bagi para mahasiswanya. Selain fasilitas, Universitas Sydney juga menyediakan berbagai program beasiswa baik kepada mahasiswa internasional maupun kepada mahasiswa lokal. Bagi kamu yang ingin kuliah kedokteran, beasiswa Medicine and Health School Universitas Sydney layak untuk kamu pertimbangkan. Beasiswa Medicine and Health School merupakan beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa S1 di Universitas Sydney. Beasiswa ini tersedia untuk jurusan kedokteran umum, kedokteran gigi, serta farmasi.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di https://www.sydney.edu.au/scholarships/international/bachelors-honours/faculty/medicine-health.html.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Luar Negeri

  1. Miliki Motivasi yang Kuat

Belajar atau kuliah ke luar negeri artinya Anda juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan orang-orang yang berasal dari seluruh dunia, tidak hanya Indonesia. Selain itu, sesampainya di negara tujuan Anda pun harus siap belajar dan beradaptasi dengan budaya dan lingkungan yang baru.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki motivasi yang kuat dan konsisten dengan tujuan. Cari big why Anda memilih kuliah ke luar negeri. Dengan begitu Anda akan cepat termotivasi kembali saat keadaan sedang tidak baik-baik saja dan menurunkan semangat Anda.

  1. Persiapkan Prestasi Akademik Selama Sekolah Menengah

Berprestasi selama SMA adalah hal yang sebaiknya Anda kejar. Karena dengan berprestasi secara akademik, maka Anda tidak akan kesulitan mencari beasiswa yang bisa memberikan peluang bagi Anda.

  1. Miliki Kemampuan Bahasa Asing sesuai Tujuan Negara

Misalkan Anda ingin kuliah ke Eropa, maka Anda harus persiapkan kemampuan Bahasa Inggris Anda semaksimal mungkin. Kini setiap beasiswa dan bahkan seluruh universitas mewajibkan dokumen bukti mahir berbahasa Inggris, baik itu TOEFL maupun TOEIC.

Begitu juga jika Anda ingin kuliah ke Prancis, Jerman, Jepang, atau Korea. Maka PR Anda bertambah satu untuk mulai mempelajari bahasa negara tujuan. Meski beberapa negara biasanya memberikan pelatihan bahasa dulu selama satu tahun sebelum masa perkuliahan dimulai, seperti Jepang dan Korea.

  1. Berlatih Menulis Essay

Essay adalah karya tulis yang Anda buat sendiri yang menggambarkan diri, visi dan misi Anda. Di dalam essay akan terlihat apa tujuan Anda memilih jurusan tersebut dan mengapa. Penyedia beasiswa tidak semua mewajibkan membuat essay, tetapi tidak ada salahnya Anda coba membuatnya mulai dari sekarang.

  1. Rajin Cari Informasi dan Referensi

Rajin memantau informasi dari website resmi adalah salah satu cara agar Anda tidak ketinggalan jika ada informasi penting terkait beasiswa yang sedang diincar. Selain itu, cari juga referensi lain mengenai beasiswa tersebut, seperti apa target dari penyedia beasiswa, dokumen apa saja yang dibutuhkan, apa saja tahapan seleksinya, dan sebagainya.

Di jaman serba digital seperti saat ini, Anda bisa mencarinya banyak di internet dan youtube.

  1. Belajar dari Mereka yang Berhasil

Cari informasi tentang siapa saja yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan begitu Anda juga bisa belajar dari mereka prosesnya bagaimana, tips sukses, dan bahkan belajar dari kesalahan yang mereka lakukan agar tidak Anda ulangi lagi.

Jaman sekarang banyak orang-orang yang membuat vlog perjuangan mereka mendapatkan beasiswa dan kuliah di luar negeri yang diunggah dichannel youtube pribadi mereka. Anda bisa belajar dari situ juga. Selain itu, Anda juga akan lebih termotivasi melihat keberhasilan mereka.

  1. Menjaga Hubungan Baik dengan Guru, Dosen dan Senior

Untuk bisa mendapatkan beasiswa biasanya Anda membutuhkan surat rekomendasi dari guru dan dosen Anda. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan beliau-beliau adalah sangat penting.

  1. Berusaha dan Berdoa

Tidak ada hasil yang baik tanpa disertai doa. Tugas kita hanyalah belajar dan terus berusaha, tetapi ingat hanya Allah SWT yang menentukannya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta keridhoan-Nya dalam setiap langkah dan keputusan yang Anda ambil.

 Beasiswa Kedokteran Luar Negeri Terbaru

Itulah beberapa informasi beasiswa kedokteran luar negeri yang bisa saya berikan. Anda juga bisa membaca artikel lainnya mengenai universitas kedokteran di luar negeri. Semoga tips untuk mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan di atas bisa membantu dan jangan mudah putus asa.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Informasi dan Tips Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Luar Negeri"