Widget Atas Posting

27 Daftar Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit

 

Universitas Indonesia (UI) merupakah salah satu kampus terbaik negeri di Indonesia yang ada di Jakarta. Peringkatnya selalu bersaing dengan UGM yang terletak di Yogyakarta.

Meski menjadi kampus yang diidolakan banyak orang, tetapi ternyata ada beberapa jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Hal ini tentunya akan semakin melonggarkan tingkat persaingan saat seleksi masuk UI.

Apakah daftar jurusan di UI yang peminatnya sedikit di bawah ini juga merupakan jurusan yang menjadi incaranmu? Jika iya jangan ragu lagi untuk mendaftar.

 

Sumber Gambar : www.detik.com

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit Saintek

·         Teknik Perkapalan

Peminat S-1 Teknik Perkapalan UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 152 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Teknik Perkapalan Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 276 peserta saja.

·         Kesehatan Lingkungan

Peminat S-1 Kesehatan Lingkungan UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak pendaftar 199 saja. Sedangkan peminat S-1 Kesehatan Lingkungan UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 356 pendaftar juga.

·         Geofisika

Peminat S-1 Geofisika Universitas Indonesia tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 160 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Geofisika UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 204 pendaftar.

·         Teknik Biomedik

Peminat S-1 Teknik Biomedik UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 182 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Teknik Biomedik Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati oleh 285 pendaftar.

·         Teknik Mesin

Peminat S-1 Teknik Mesin UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 221 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Teknik Mesin Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati oleh 523 pendaftar.

·         Teknik Lingkungan

Peminat S-1 Teknik Lingkungan Universitas Indonesia tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 280 pendaftar. Sedangkan peminat S-1 Teknik Lingkungan UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 626 pendaftar saja.

·         Teknologi Bioproses

Peminat S-1 Teknologi Bioproses UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 252 pendaftar. Sedangkan peminat S-1 Teknologi Bioproses UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati oleh sebanyak 199 pendaftar.

·         Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Peminat S-1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh pendaftar sebanyak 252 orang. Sedangkan peminat S-1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UI melalui jalur masuk SBMPTN diminati oleh 445 pendaftar.

·         Teknik Kimia

Peminat S-1 Teknik Kimia UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh pendaftar sebanyak 300 orang. Sedangkan peminat S-1 Teknik Kimia Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 487 pendaftar.

·         Matematika

Peminat S-1 Matematika Universitas Indonesia tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati pendaftar sebanyak 284 orang. Sedangkan peminat S-1 Matematika UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 450 pendaftar.

·         Fisika

Jurusan Fisika juga ternyata masuk ke dalam jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Tercatat pada SNMPTN 2020 ada 205 pendaftar dengan daya tampung 20 orang, jalur SBMPTN sebanyak 158 pendaftar dengan daya tampung 30 orang, dan jalur SIMAK UI sebanyak 1040 dengan daya tampung 50 orang.

·         Kimia

Di program studi ini, Anda akan belajar banyak sekali mata kuliah, mulai dari kimia organik fisik, kimia kuantum, mineral alumina silika, dan masih banyak lagi. Tercatat pendaftar 2020 jalur SNMPTN hanya ada254 pendaftar dengan daya tampung 20 orang, jalur SBMPTN sebanyak 251 pendaftar dengan daya tampung 30 orang, dan jalur SIMAK UI sebanyak 1557 pendaftar dengan daya tampung 50 orang.

·         Biologi

Buat Anda yang ambil jurusan IPA dan tertarik mendalami Biologi, jurusan ini bisa dicoba supaya bisa masuk UI karena salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit, lho. Ada banyak sekali mata kuliah menarik yang bisa dipelajari, mulai dari keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman mikroorganisme, struktur & fungsi hewan, dan masih banyak lagi. Tercatat penerimaan tahun 2020 yang melalui jalur SNMPTN ada 290 pendaftar dengan daya tampung 20 orang, jalur SBMPTN sebanyak 417 pendaftar dengan daya tampung 30 orang, dan jalur SIMAK UI sebanyak 1900 pendaftar dengan daya tampung 50 orang.

·         Geologi

Jurusan di UI yang peminatnya sedikit selanjutnya yaitu Geologi. Beberapa dari Anda mungkin tidak asing dengan prodi yang satu ini. Pada dasarnya, Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dan fenomena yang terjadi di dalamnya.

Sama seperti Geofisika, jurusan Geologi UI juga berada di dalam FMIPA. Buat Anda yang tertarik belajar tentang Bumi, jurusan ini cocok banget! Selain itu, banyak sekali mata kuliah Geologi UI, yaitu analisis sumur minyak bumi, paleontologi, geologi lingkungan, dan masih banyak lagi.

Tercatat pada tahun 2020 ada 194 pendaftar jalur SNMPTN dengan daya tampung 12 orang, jalur SBMPTN ada 197 pendaftar dengan daya tampung 18 orang, dan jalur SIMAK UI ada 918 pendaftar dengan daya tampung 30 orang.

·         Teknik Metalurgi dan Material

Bagi Anda yang masih asing dengan prodi ini, sebenarnya banyak sekali yang bisa dipelajari, mulai dari material nanomaterial, titanium, dan fiber. Harapannya ketika Anda sudah masuk jurusan ini nantinya menguasai sifat dan cara pembuatan material yang ditemukan sehari-hari.

Tercatat penerimaan tahun 2020 kemarin ada 233 pendaftar melalui jalur SNMPTN dengan daya tampung 20 orang, jalur SBMPTN ada 359 pendaftar dengan daya tampung 30 orang, dan jalur SIMAK UI ada 1918 pendaftar dengan daya tampung 50 orang.

·         Geografi

Jurusan Geografi UI ini masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alias FMIPA. Ada banyak sekali mata kuliah Geografi UI yang bisa dipelajari, mulai dari oseanografi, kerentanan bencana alam, geografi penduduk, dan masih banyak lagi. Namun tercatat pada SNMPTN 2020 hanya ada 214 pendaftar dibandingkan dengan daya tampungnya sebanyak 100 mahasiswa.

 

 

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit Soshum

·         Sastra Prancis

Peminat S-1 Sastra Prancis UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 139 pendaftar. Sedangkan peminat S-1 Sastra Prancis melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 367 pendaftar.

·         Sastra Rusia

Peminat S-1 Sastra Rusia UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh 106 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Rusia Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 287 pendaftar saja.

·         Sastra Jerman

Peminat S-1 Sastra Jerman UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh 177 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Jerman UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 291 pendaftar saja lhoo.

·         Sastra Jawa

Peminat S-1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 74 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 152 pendaftar saja.

·         Sastra Indonesia

Peminat S-1 Sastra Indonesia UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh sebanyak 238 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 712 pendaftar saja.

·         Sastra Jepang

Peminat S-1 Sastra Jepang UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 229 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Jepang UI melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 612 pendaftar saja.

·         Ilmu Sejarah

Peminat S-1 Ilmu Sejarah UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 195 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Ilmu Sejarah Universitas Indonesia melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 345 pendaftar saja.

·         Arkeologi

Peminat S-1 Arkeologi UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh 172 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Arkeologi melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati oleh sebanyak 361 pendaftar saja.

·         Ilmu Ekonomi Islam

Peminat S-1 Ilmu Ekonomi Islam UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati oleh 169 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Ilmu Ekonomi Islam melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 341 pendaftar saja.

·         Bisnis Islam

Peminat S-1 Bisnis Islam UI tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 200 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Bisnis Islam Universitas Indonesia melalui jalur SBMPTN hanya diminati sebanyak 641 pendaftar saja.

·         Ilmu Filsafat

Anda mungkin pernah mendengar ilmu yang satu ini di sekolahan atau lingkungan sekitar. Secara garis besar, filsafat mempelajari semua aspek kehidupan manusia, seperti pengetahuan, nilai-nilai kehidupan, moralitas, dan masih banyak lagi.

Di UI sendiri, lo akan belajar banyak mata kuliah, mulai dari multikulturalisme dan pluralisme hingga filsafat akal budi. Tercatat pada tahun 2020 ada 164 pendaftar jalur SNMPTN dengan daya tampung 15 orang, jalur SBMPTN ada 517 pendaftar dengan daya tampung 22 orang, dan jalur SIMAK UI 1606 pendaftar dengan daya tampung 38 orang.

 

Demikian daftar jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Jangan tergiur atau tergoda jurusan favorit jika memang Anda tidak berminat terhadap jurusan tersebut. Misalkan Jurusan Kedokteran merupakan dambaan orang tua kepada Anda, tetapi Anda merasa tidak ingin menjadi dokter di masa depan. Maka berilah pengertian yang baik dan informasikan pandangan Anda secara lebih luas terhadap jurusan yang Anda minati.

Posting Komentar untuk "27 Daftar Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit"