Widget Atas Posting

Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya

 

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan PTN yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kampus UIN Jakarta ini berdiri pada tanggal 1 Juni 1957.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki visi untuk menjadi universitas kelas dunia dengan keunggulan integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Sebelum memilih kampus tujuan sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dulu mengenai akreditasi kampus. Karena hal itu merupakan salah satu indikator yang wajib diketahui calon mahasiswa berkaitan dengan kualitas perguruan tinggi yang akan terus melekat pada peringkat ijazahnya nanti setelah lulus, apakah kampus itu baik atau tidak.

Secara institusi, kampus UIN Jakarta sudah terakreditasi A berdasarkan No.SK 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Selain melihat akreditasi kampus, Anda juga wajib mencari informasi apa saja jurusan di UIN Jakarta dan akreditasinya. Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang ingin Anda kembangkan.

Sumber Gambar : www.diktis.kemenag.go.id

Berikut ini informasi jurusan di UIN Jakarta dan akreditasinya yang saya dapatkan dari website resmi PDDIKTI. Anda juga bisa melakukan update informasinya di sana.

  

Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya Jenjang Sarjana

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Agribisnis

A

2.

Akuntansi

A

3.

Aqidah dan Filsafat Islam

A

4.

Bahasa dan Sastra Arab

A

5.

Bimbingan Penyuluhan Islam

A

6.

Biologi

A

7.

Dirasat Islamiyah

A

8.

Ekonomi Pembangunan

A

9.

Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah)

A

10.

Hukum Keluarga (Akhwal Syaksiyah)

A

11.

Hukum Pidana Islam

A

12.

Hukum Tata Negara (Siyasah)

A

13.

Ilmu Alqur’an dan Tafsir

A

14.

Ilmu Hubungan Internasional

A

15.

Ilmu Keperawatan

A

16.

Ilmu Perpustakaan

A

17.

Ilmu Politik

A

18.

Kesejahteraan Sosial

A

19.

Komunikasi Penyiaran Islam

A

20.

Manajemen

A

21.

Manajemen Dakwah

A

22.

Manajemen Pendidikan

A

23.

Pendidikan Agama Islam

A

24.

Pendidikan Bahasa Arab

A

25.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

A

26.

Pengembangan Masyarakat Islam

A

27.

Perbandingan Mahzab

A

28.

Perbankan Syariah

A

29.

Psikologi

A

30.

Sejarah dan Peradaban Islam

A

31.

Sistem Informasi

A

32.

Sosiologi

A

33.

Studi Agama

A

34.

Tadris Bahasa Inggris

A

35.

Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

A

36.

Tarjamah

A

37.

Ekonomi Syariah

B

38.

Farmasi

B

39.

Fisika

B

40.

Ilmu Hukum

B

41.

Ilmu Tasawuf

B

42.

Kesehatan Masyarakat

B

43.

Kimia

B

44.

Matematika

B

45.

Pendidikan Dokter

B

46.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

B

47.

Pendidikan Matematika

B

48.

Sastra Inggris

B

49.

Tadris Bahasa Indonesia

B

50.

Tadris Biologi

B

51.

Tadris Fisika

B

52.

Tadris Kimia

B

53.

Teknik Informatika

B

54.

Teknik Pertambangan

C

55.

DMS Pendidikan Agama Islam

-

56.

DMS Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

-

57.

Ilmu Hadis

Baik

58.

Jurnalistik

Baik

 

Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya Jenjang Pascasarjana

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Aqidah dan Filsafat Islam

A

2.

Bahasa dan Sastra Arab

A

3.

Dirasat Islamiyah (Berbasis Bahasa Arab dan tahfidz Al Qur’an)

A

4.

Hukum Ekonomi Syariah

A

5.

Pendidikan Agama Islam

A

6.

Pendidikan Bahasa Arab

A

7.

Pengkajian Islam

A

8.

Sejarah dan Kebudayaan Islam

A

9.

Studi Agama-agama

A

10.

Agribisnis

B

11.

Hukum Keluarga (Ahwal Syaksiyah)

B

12.

Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

B

13.

Komunikasi dan Penyiaran Islam

B

14.

Manajemen Pendidikan Islam

B

15.

Perbankan Syariah

B

16.

Psikologi

B

17.

Ekonomi Syariah

-

18.

Pendidikan Bahasa Inggris

Baik Sekali

 

Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya Jenjang Doktoral

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Pengkajian Islam

A

 

Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya Jenjang Profesi

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Ners

A

2.

Profesi Apoteker

B

3.

Profesi Dokter

B

4.

Pendidikan Profesi Guru Keagamaan

-

 

 

Review Kampus UIN Jakarta

Dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, https://www.uinjkt.ac.id/, dulu pendirian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berawal dari dibentuknya Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) sebagai akademi dinas Departemen Agama. Kampus yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1957 ini sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Seiring berjalannya waktu, akhirnya kampus ini menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002.

Kampus yang beralmamater biru muda ini memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda. Kampus 1 terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, 15412. Kampus 2 terletak di Jl. Kertamukti, Ciputat, Tangerang Selatan, dan kampus 3 terletak di Jl. Tarumanegara, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Menurut seorang alumni mahasiswa UIN Jakarta, Anita Sari, kampus ini tempatnya keren abis! Fasilitasnya sudah sangat cukup memadai, tenaga pengajarnya pun sudah sangat kompeten. Namun, saat ditanya mengenai kekurangan dari kampus ini, Anita mengatakan bahwa lokasi kampus sebenarnya sangat strategis karena dekat dengan jalan utama, namun hal itu pula yang menjadikan jalanan sekitar kampus UIN Jakarta menjadi macet parah, terlebih saat waktu  pagi dan sore. Jadi, biar nggak telat masuk kampus, sebaiknya kita harus berangkat lebih awal.

Selain lokasinya yang cukup strategis, di sekitar kampus UIN ini juga terdapat banyak sekali kos-kosan. Jadi, buat kamu yang berencana untuk ngekost saat kuliah nanti, nggak perlu khawatir dan nggak perlu bingung, deh. Kos-kosan disekitar UIN tersedia berbagai macam pilihan, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Saat ditanya mengenai keunikan dari jurusan yang ia ambil, Anita mengatakan bahwa saat ia kuliah mengambil jurusan ilmu hukum, ia tidak hanya mempelajari ilmu hukum yang ada di Indonesia saja, tapi ia juga belajar ilmu hukum secara kaidah agama Islam juga. Jadi belajar dua sekaligus.

Walaupun namanya UIN Jakarta, tapi ternyata kan lokasinya di Tangerang Selatan, yang pastinya gak terlalu mahal-mahal amat lah dibandingkan dengan di Jakarta nya yang asli (wkwkwk, walau sekarang suasananya sudah penuh dengan kemajuan dan mulai banyak apartment dan real estate di seluruh sudut kota.

UIN Jakarta sarang Radikalisme dan teroris?

Itulah hanyalah mitos yang tak terbukti. Selayaknya kampus negeri pada umumnya, mahasiswa belajar dan berorganisasi seperti biasa pada umumnya, hanya saja memang perempuan wajib berjilbab dan laki-laki wajib berkerah, yang itu memang kode etik mahasiswa UIN Jakarta. Tidak ada kegiatan mengenai doktrinisasi dari pihak kampus, apalagi sarang teroris, tidak. Hanya memang beberapa tersangka memang ada yang pernah atau kebetulan ada hubungannya dengan UIN Jakarta, tapi tidak bisa diambil kesimpulan seperti itu. Di UIN akan banyak organisasi kegamaan seperti HMI, IMM, PMII dll, yang semua itu menyuarakan asas-asas bela negara dan bhinneka tunggal ika.

Beberapa UKM juga menawarkan rekrutmen anggota secara terbuka, dan itu pun selalu diawasi oleh pihak universitas, jadi sudah tentu semua itu terkontrol, kecuali jika kegiatannya ada di luar kampus, itu lain ceritanya.

Kuliah di UIN Jakarta Nanti Jadi Liberal?

Itu juga mitos lho. Memang dulu sempat beredar kabar tentang isu liberalisasi agama yang dikaitkan dengan kampus UIN Jakarta, hanya saja, jika kita mau jujur, memang di sini mahasiswa akan diajar oleh dosen-dosen berkompeten lulusan kampus tebaik di dalam dan luar negeri, yang mana mahasiswa akan menjadi seseorang yang kritis dan cerdas sesuai dengan semboyan kampus Knowledge, Piety, Integrity.

Tapi tidak ada bahwa kampus atau dosen mengajarkan hal sebagaimana yang dimaksud. Bahkan suasana Islam Sunni sangat kental di sini selain dari nuansa Indonesia yang beragam karena memang mahasiswa berasal bukan hanya dari Jakarta, melainkan dari seluruh Indonesia. Benar, ada yang dari Aceh sampai Papua, semua ada di UIN Jakarta.

Jadi gimana nih sudah memantapkan hati untuk melanjutkan studi ke PTN UIN Jakarta?

Sudah cek pilihan jurusan di UIN Jakarta dan akreditasinya di atas kan? Semoga informasi yang disertai review kampus UIN Jakarta tersebut bisa membantu Anda dalam menentukan kampus dan jurusannya.

Posting Komentar untuk "Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya"