Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Terbaru

 

Universitas Jember atau yang sering disingkat UNEJ merupakan universitas negeri di Kota Jember, Jawa Timur yang juga menjadi kampus favorit di sana. Daftar berikut ini adalah pilihan berbagai jurusan di UNEJ dan akreditasinya yang bisa menjadi pedoman pada saat memilih kampus dan jurusan yang terakreditasi.

Secara institusi kampus, UNEJ telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A berdasarkan surat keputusan nomor 436/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VII/2020 dari BAN PT. Namun tidak semua jurusan di UNEJ dan akreditasinya A, ada juga yang terakreditasi B, C, dan baik.

Anda bisa juga cek langsung melalui website resmi dikti untuk mengetahui update informasi jurusan di UNEJ dan akreditasinya yang nantinya akan diupdate setiap lima tahun sekali.

 

Sumber Gambar : www.mamikos.com

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Jenjang Diploma

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Administrasi Keuangan

A

2.

Akuntansi

A

3.

Keperawatan

B

4.

Kesekretariatan

B

5.

Manajemen Perusahaan

A

6.

Perpajakan

A

7.

Teknik Elektronika

B

8.

Teknik Mesin

B

9.

Teknik Sipil

B

10.

Usaha Perjalanan Wisata

A

11.

Keperawatan (Kampus Kota Pasuruan)

B

 

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Jenjang Sarjana

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Agribisnis

A

2.

Agroteknologi

A

3.

Akuntansi

A

4.

Biologi

B

5.

Ekonomi Pembangunan

A

6.

Ekonomi Syariah

B

7.

Farmasi

A

8.

Fisika

A

9.

Ilmu Administrasi Negara

A

10.

Ilmu Administrasi Niaga

B

11.

Ilmu Hubungan Internasional

A

12.

Ilmu Hukum

B

13.

Ilmu Keperawatan

A

14.

Ilmu Kesejahteraan Sosial

B

15.

Ilmu Sejarah

A

16.

Ilmu Tanah

B

17.

Informatika

C

18.

Kedokteran

A

19.

Kedokteran Gigi

A

20.

Kesehatan Masyarakat

B

21.

Kimia

B

22.

Manajemen

A

23.

Matematika

B

24.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

B

25.

Pendidikan Bahasa Inggris

B

26.

Pendidikan Biologi

A

27.

Pendidikan Ekonomi

A

28.

Pendidikan Fisika

A

29.

Pendidikan Geografi

Baik

30.

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

B

31.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

B

32.

Pendidikan IPA

B

33.

Pendidikan Luar Sekolah

A

34.

Pendidikan Matematika

A

35.

Pendidikan Sejarah

A

36.

Perencanaan Wilayah dan Kota

B

37.

Proteksi Tanaman

B

38.

Sastra Indonesia

A

39.

Sastra Inggris

A

40.

Sistem Informasi

B

41.

Sosiologi

B

42.

Teknik Elektro

B

43.

Teknik Kimia

C

44.

Teknik Mesin

A

45.

Teknik Pertanian

B

46.

Teknik Sipil

A

47.

Teknologi Hasil Pertanian

A

48.

Teknologi Industri Pertanian

B

49.

Teknologi Informasi

B

50.

Televisi dan Film

B

 

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Jenjang Pascasarjana

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Agribisnis

B

2.

Agronomi

B

3.

Akuntansi

B

4.

Biologi

B

5.

Bioteknologi

B

6.

Fisika

B

7.

Ilmu Administrasi

B

8.

Ilmu Ekonomi

A

9.

Ilmu Hukum

B

10.

Ilmu Linguistik

B

11.

Kenotariatan

B

12.

Manajemen

A

13.

Matematika

B

14.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

B

15.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

B

16.

Pendidikan Matematika

B

17.

Teknik Elektro

C

18.

Teknik Mesin

C

19.

Teknik Sipil

B

20.

Teknologi Agroindustri

B

21.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Baik

 

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Jenjang Doktoral

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Ilmu Administrasi

B

2.

Ilmu Ekonomi

B

3.

Ilmu Hukum

B

4.

Ilmu Manajemen

B

5.

Ilmu Pertanian

B

 

Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Jenjang Profesi

No.

Program Studi

Akreditasi

1.

Apoteker

B

2.

Dokter

A

3.

Dokter Gigi

A

4.

Ners

A

5.

Pendidikan Profesi Guru

Baik

 

Cerita Inspiratif Pengalaman Kuliah di UNEJ

Berikut ini adalah cerita inspiratif dari seorang mahasiswa UNEJ Angkatan 2017 jurusan Sastra Inggris yang bernama Naria Nur Iftitah yang saya kutip dari blog intipkuliah.com. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin berkuliah di UNEJ ya.

Secara umum, Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember itu seperti apa?

Kalau sastra inggris secara umum lebih mempelajari bahasa inggris. Kalau di sastra inggris itu ada dua konsentrasi. Ada dua konsentrasi ada sastra dan linguistik. Kalau di sastra itu kajiannya lebih ke area sastra kaya novel, drama, puisi. Kemudian kalau linguistik spesifik mempelajari tentang kebahasaan. Memang mahasiswa sastra inggris minimal bisa reading, speaking, grammar, dan basic skill yang lain.

Kemudian stigma dan mitos seputar sastra inggris. Mungkin bukan sastra inggris aja tapi sastra –sastra lainnya. Banyak orang yang bilang kalau masuk sastra itu gampang tapi keluarnya yang susah. Padahal sebenernya itu kembali ke diri masing-masing ya. Gak ada jurusan yang gampang atau susah, tergantung kita mau serius dan bener-bener gak didalamnya. Termasuk aku di semester akhir banyak yang bilang skripsinya anak sastra inggris tuh lama. Makanya gak bisa lulus 4 tahun, padahal ada beberapa kakak tingkat 4 tahun kurang. Hal yang penting berusaha dulu, sebenernya itu tergantung kurikulum yang ada di jurusannya sih. Dari mulai tahun 2018, kurikulum di sastra inggris udah diubah jadi bisa lulusnya lebih cepet.

Kemudian mitos yang kedua, mahasiswa sastra inggris itu kerjaannya cuman baca novel dan nonton film. Enggak padahal! Mahasiswa sastra inggris memang bahan kajiannya itu. Cuman kita tuh di kelas ya enggak nonton film, tapi kita mengungkap dibalik novel, film, pidato, jadi gak terbatas di film, novel, drama, puisi.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Sastra Inggris Universitas Jember?

Sebenernya aku masuk sastra inggris disuruh sama orangtua, karena waktu itu aku masuknya kan lewat SBMPTN ya, jadi mikirnya yaudahlah masuk sastra inggris aja yang dianggapnya gampang. Tapi sebenernya ya gak gampang juga, karena kita harus bersaing sama banyak orang di jurusan ini. Orang tua nyuruh aku bukan sekedar nyuruh aja gitu, tapi memang karena aku udah punya passion dari SMP terus pas SMA aku suka ikut debat dan speech.

Waktu awal semester masuk sastra inggris happy banget sih, ternyata gak semenakutkan itu semakin kebelakang semakin tertantang, ternyata sastra itu asik, proses didalemnya itu yang seru sih.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah yang spesial buat aku itu jelas drama, kalau di sastra inggris tuh kenal Shakespare, dan mereka itu punya drama, dan pasti di pentaskan, aku dapet mata kuliah ini di semester 6 kemarin, tapi karena pandemi jadi show nya dibatalkan, sebenernya itu sih yang aku tunggu tunggu di drama itu kita bisa show up, misalnya aku ini orang yang seneng berbicara tapi perannya yang jahat ataau apapun gitu, jadi bikin tertantang, nah disitu serunya. Kemudian yang kedua adalah amata kuliah creative writing, kita dibebaskan untuk menulis apa aja, cerpen yang sesuai dengan minat kita, jadi kita punya satu konsep ya kita tulis aja apa yang kita pikirkan, di mata kuliah ini aku bisa menyalurkan aspirasi dan apa yang aku pikirkan, jadi aku suka gitu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada dua, ada sastra dan linguistik. Kalau sastra lebih fokus mengkaji karya sastra, kalau linguistik lebih luas sih kalau menurut aku, karena anak linguistik juga bisa mengkaji film, novel, puisi, tapi teorinya sastra dan linguistik beda. Dua-duanya menurut aku menantang, kalau aku masuknya di sastra. Konsentrasi kalau di angkatan aku dipilihnya antara semester lima atau enam, kita nanti milih mata kuliah yang merujuk ke sastra atau linguistik.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu kurang lebih sama kaya universitas yang lain ada tiga yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan SBMPTR atau Mandiri. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa di website unej.ac.id atau bisa follow di instagram universitas jember.

Ada tips buat mahasiswa baru Sastra Inggris Universitas Jember?

Ini tips buat mahasiswa baru, mungkin suatu hari ada mahasiswa baru yang mampir ke video aku atau mungkin suatu hari temen-temen yang akan masuk jurusan sasta inggris di universitas manapun, yang penting buat aku tuh baca, mau gak mau harus lebih banyak baca karena perkuliahan tuh cuman sedikit dari ilmu yang kita peroleh. Kita sebagai mahasiswa juga sebagai we should be independent learner jadi kita harus bisa belajar mandiri kalau di kelas kita daept 30% materi, 70% nya kita cari diluar dari banyak baca.

Kemudian yang kedua harus aktif sih baik didalam dan di luar kelas, kalau kita ada yang gak ngerti itu jangan sungkan buat tanya, entah temen ke temen atau ke dosen, jadi jangan terus gak ngerti nanti susahnya pas skripsi, jadi emang harus biasain baca dan aktif, dan time management, kalau kalian aktivis, banyak aktif di organisasi kampus, kalian harus bisa atur waktu, jangan mengesampingkan kuliah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ini sering juga ditanyakan kalau aku di undang sosialisasi di sekolah-sekolah. Sebenernya sekarang tuh apa sih yang bgak mungkin? Anak sastra inggris bisa kerja di bank, kementrian luar negeri, jadi buat aku sih gak bisa menspesifikkan apa aja yang jadi prospek kerja, tergantung masing-masing orang. Tapi sejauh ini, alumni sastra inggris ada yang di perbankan, diplomat, kerja di beberapa sektor pariwisata, kantor, tapi gak terbatas disitu aja, kalau kalian bisa cari peluang lain, kalian bisa juga lebih dari apa yang kalian harapkan.

 

Itulah cerita inspiratif dari seorang mahasiswa UNEJ yang memilih jurusan Sastra Inggris di UNEJ. Masih banyak jurusan di UNEJ dan akreditasinya yang juga A dan memiliki kualitas yang baik bagi masa depan Anda.

Semoga informasi mengenai pilihan jurusan di UNEJ dan akreditasinya di atas bisa membantu Anda saat bingung menentukan jurusan mana yang terbaik.

 

Posting Komentar untuk "Jurusan di UNEJ dan Akreditasinya Terbaru"