Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

22 Jurusan di UNNES yang Sepi Peminat, Apa Saja?

 

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia ini terletak di Gunung Pati, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kampus ini merupakan salah satu kampus berbasis Pendidikan juga, selain UNY, yang menjadi favorit di Indonesia.

Jika Anda ingin berkuliah di UNNES tetapi tidak ingin kalah karena persaingan yang tinggi, maka informasi jurusan di UNNES yang sepi peminat berikut ini sangat cocok bagi Anda.

 

Sumber Gambar : www.detik.com

Jurusan di UNNES yang Sepi Peminat Bidang Saintek

  • Fisika (S1)

Jurusan Fisika berbeda dengan jurusan Pendidikan Fisika karena ini ilmu murni. Tidak ada tambahan mata kuliah terkait pembelajaran di sini. Di jurusan ini, Anda akan dilatih menjadi seorang peneliti atau Fisikawan.

Jurusan Fisika di Unnes telah terakreditasi A, tetapi peminat tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 184 pendaftar. Sedangkan yang melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 103 pendaftar saja.

  • Ilmu Lingkungan (S1)

Jurusan ini sebenarnya tidak kalah bagusnya dan para lulusannya sangat dibutuhkan. Namun belum banyak yang paham sehingga merupakan jurusan di UNNES yang sepi peminat jika dibandingkan jurusan-jurusan yang ada di MIPA atau Teknik. Di jurusan ini Anda akan belajar tentang ekosistem, dampak kerusakan lingkungan, analisis amdal, dan lainnya.

  • Ilmu Keolahragaan (S1)

Dengan pembanding peminat Jurusan Ilmu Keolahragaan tahun 2020 yang masuk melalui jalur SNMPTN sebanyak 58 orang dan 141 orang melalui jalur SBMPTN, maka jurusan ini tergolong sedikit peminatnya. Padahal lulus dari jurusan ini, Anda bisa menjadi trainer gym, pelatih olahraga, dan lainnya.

  • Pendidikan Fisika (S1)

Lulusan Sarjana Pendidikan Fisika di UNNES bisa menjadi guru Fisika di SMA atau SMK. Sesuai pilihan jurusannya yang berbasis Pendidikan, berbeda dengan Jurusan Fisika murni, maka sudah bisa dipastikan Anda sangat berpeluang menjadi pendidik di masa depan.

  • Pendidikan Teknik Elektro (S1)

Berdasarkan data peminat jurusan ini tahun 2020 melalui jalur SNMPTN hanya ada 130 pendaftar sedangkan 167 orang mendaftar melalui jalur SBMPTN. Buat Anda yang suka mengutak-atik barang-barang elektronika sangat cocok untuk mendalami ilmunya di jurusan ini. Kedepannya Anda berpeluang bekerja menjadi guru di SMK jurusan Teknik Elektro.

  • Pendidikan Teknik Bangunan (S1)

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan di kampus sehingga jurusan ini menjadi salah satu jurusan di UNNES yang sepi peminat. Mungkin malah hanya Unnes yang punya, karena saya pun tidak mengetahuinya ada di UGM dan kampus favorit lainnya. Bisa dipastikan jurusan ini sepi peminat karena banyak yang belum mengetahui informasi mengenai jurusan Pendidikan Teknik Bangunan.

Prospek pekerjaan setelah lulus dari jurusan ini, maka Anda bisa menjadi guru di SMK untuk jurusan Teknik Bangunan. Kamu akan melatih para calon tukang kayu dan tukang bangunan yang profesional.

Pada tahun 2020 diketahui hanya ada 113 pelamar melalui jalur SNMPTN dan 185 orang pendaftar melalui jalur SBMPTN.

  • Pendidikan Teknik Mesin (S1)

Salah satu jurusan yang paling diminati, baik di Fakultas Teknik maupun SMK, adalah jurusan Teknik Mesin. Jadi, besar peluangmu untuk kerja jadi guru di SMK jurusan Teknik Mesin. Namun tercatat hanya ada 152 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 194 orang melalui SBMPTN pada tahun 2020.

  • Pendidikan Teknik Otomotif (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Teknik Otomotif UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 195 pendaftar. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 230 pendaftar.

  • Matematika (S1)

Jurusan Matematika merupakan jurusan di UNNES yang sepi peminat meski berakreditasi A. Peminat tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN sebanyak 300 pendaftar saja. Sedangkan melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 236 pendaftar.

 

Jurusan di UNNES yang Sepi Peminat Bidang Soshum

 

  • Pendidikan Bahasa Perancis (S1)

Di UNNES juga menyediakan jurusan Pendidikan Bahasa Perancis lho. Jurusan ini telah terakreditasi A tetapi hanya memiliki peminat 53 pendaftar jalur SNMPTN dan 73 pendaftar SBMPTN pada tahun 2020.

  • Pendidikan Seni Rupa (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Seni Rupa UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 57 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Seni Rupa UNNES melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 100 pendaftar saja.

  • Sastra Jawa (S1)

Meski tinggal di Jawa tetapi tidak banyak yang ingin mempelajari dan menjadi sastrawan Jawa. Padahal kenyataannya Bahasa dan Sastra Jawa hingga kini masih digunakan dengan baik, baik di sekolahan maupun di lingkungan. Bahkan prospek kerja jurusan ini juga cukup banyak. Anda bisa menjadi ahli bahasa Jawa, peneliti kebudayaan Jawa, editor bahasa, novelis, dan lainnya.

  • Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)

Banyak kelebihannya jika Anda memilih mempelajari Bahasa Mandarin. Selain menguasai bahasa ini untuk mengajar, Anda juga bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari daratan Cina. Anda pun bisa menjadi penerjemah Bahasa Mandarin dengan menjadi tour guider atau jasa penerjemah kenegaraan. Keren bukan ?

  • Pendidikan Seni Tari (S1)

Lulus dari sini, Anda akan menjadi guru tari di sekolah maupun di sanggar. Yakinlah orang-orang lebih suka penari yang profesional. Namun jurusan ini masih sangat jarang peminatnya karena selain tidak banyak yang tahu juga masih banyak yang menggemari sebagai kegiatan ekstrakurikuler atau UKM saja.

  • Pendidikan Seni Musik (S1)

Kalau Anda memiliki hobi bermain musik, entah menyanyi, bermain gitar, bermain drum, dan lainnya, cobalah belajar hingga tingkat pendidikan tinggi. Di UNNES ada jurusan Pendidikan Seni Musik. Lulus dari sini, Anda bisa menjadi guru musik di sekolah-sekolah.

  • Pendidikan Bahasa Jepang (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 195 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Bahasa Jepang UNNES melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 290 pendaftar.

  • Pendidikan Bahasa Arab (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Bahasa Arab UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 246 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 230 pendaftar saja.

  • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Jurusan ini memang tergolong baru sehingga belum banyak yang tahu. Lulus dari sini, Anda akan menjadi pendamping desa, operator PKKH (Program Kesejahteraan Keluarga Harapan), maupun bekerja di bidang perhotelan.

Peminat S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 74 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 159 pendaftar saja.

  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Semarang tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 171 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNNES melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 291 pendaftar saja.

  • Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)

Peminat S-1 Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 47 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar UNNES ini melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 147 pendaftar saja.

Lulus dari sini, Anda akan menjadi guru olahraga di SD. Jangan salah, saat ini sedang dibuka rekrutmen besar-besaran untuk posisi guru olahraga di SD loh!

  • Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi)

Di sini kamu tidak hanya belajar tentang koperasi, melainkan tentang ilmu perekonomian. Lulus dari sini, kamu bisa fokus menjadi penyuluh koperasi. Iya, mungkin kamu akan direkrut oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah.

  • Sastra Perancis (S1)

Sastra Prancis ini berbeda dengan Pendidikan Bahasa Prancis. Di jurusan Sastra Prancis, kamu tidak akan belajar tentang bagaimana mengajarkan Bahasa Prancis. Melainkan fokus pada penggunaan bahasa Prancis, kalimat-kalimatnya, hingga sejarah-sejarahnya.

Peminat S-1 Sastra Prancis UNNES tahun 2020 melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 106 pendaftar saja. Sedangkan peminat S-1 Sastra Prancis Universitas Negeri Semarang melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 144 pendaftar saja.


Itulah beberapa jurusan di UNNES yang sepi peminat. Anda tidak akan bersaing dengan banyak orang tetapi masih bisa berkuliah di UNNES dan mendapatkan Pendidikan yang kualitasnya baik. Sepi peminat bukan berarti akreditasinya jelek, tetapi bisa jadi belum banyak yang tahu tentang jurusan itu atau tergolong masih baru, bisa juga karena jurusan yang tidak trend padahal memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan.

Selamat berjuang ya!

Posting Komentar untuk "22 Jurusan di UNNES yang Sepi Peminat, Apa Saja?"