13 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

 


Memilih jurusan kuliah memang cukup banyak pertimbangannya. Tidak bisa karena ikut-ikutan atau karena paksaan. Terlebih bagi perempuan yang kelak selain berkarir juga pastinya akan berkeluarga.

Sebagai perempuan perlu juga memikirkan kelak pekerjaan apa yang akan ditekuni. Mulai dengan memilih jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Seperti yang kita ketahui kebanyakan prospek jurusan IPA lebih sesuai dikerjakan oleh kaum laki-laki, seperti Teknik dan arsitektur.

Perempuan lebih banyak lagi pertimbangannya, seperti apakah pekerjaan tersebut cukup fleksibel dilakukan jika sudah berumah tangga? Nah, pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang kadang menghantui kaum perempuan. Apalagi masyarakat di sekitar kita masih tabu dengan wanita karir yang pekerjaannya banyak di luar rumah.

Berikut ini saya ingin membantu memberikan informasi seputar jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan.

 

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

  • Kedokteran

Jurusan Kedokteran tidak selalu untuk laki-laki. Bahkan sekarang banyak juga perempuan yang menjadi dokter, baik di rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Dibutuhkan kesabaran, ketelitian, sikap melindungi jika Anda bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Dan ini sangat cocok dengan karakter perempuan.

  • Kebidanan atau Keperawatan

Jurusan medis selain kedokteran ini juga cukup menjamin bagi masa depan perempuan. Profesi sebagai bidan atau perawat memang sangat sesuai dengan perempuan. Selain pekerjaannya, juga jam kerja yang lebih pendek dibandingkan dokter.

  • Teknologi Pangan

Jika Anda ingin menjadi ahli gizi atau nutrisi, Anda bisa memilih jurusan ini untuk mewujudkan cita-cita. Jurusan ini sangat cocok bagi perempuan yang suka melindungi dan memajukan sektor pangan bagi masyarakat Indonesia.

  • Farmasi

Jurusan Farmasi juga cocok bagi masa depan perempuan yang ingin menjadi apoteker, peneliti di perusahaan obat, pangan atau kosmetik, dan dosen. Jurusan ini sebenarnya tidak kalah pentingnya dengan kedokteran, kebidanan, atau keperawatan. Namun di kampus-kampus jurusan ini masih sepi peminatnya dibanding bidang Kesehatan lainnya.

  • MIPA

MIPA menjadi jurusan yang sangat sesuai jika Anda mengambil bidang IPA saat SMA. Apa yang dipelajari di MIPA? Ada banyak jurusan di MIPA, seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Prospek pekerjaannya cukup banyak juga, seperti dosen, guru, dan peneliti. Profesi-profesi tersebut bisa dihire oleh perusahaan-perusahaan besar juga lho.

  • Teknik Informatika

Tidak hanya laki-laki yang bisa menjadi programmer atau desain grafis. Perempuan juga bisa lho. Namun memang saat ini lebih banyak dijumpai laki-laki yang menekuni dunia digital.

Oleh karena itu, Anda bisa memulainya menjadi perempuan yang ahli di bidang IT. Tentunya prospek pekerjaannya sangat besar karena kita saat ini hidup di era digital dan kedepannya akan semakin maju dan canggih.

  • Arsitektur

Saat ini mulai banyak perempuan yang melirik jurusan arsitektur ini. Karena prospek pekerjaannya juga sudah semakin terbuka. Tidak hanya untuk laki-laki yang nantinya menjadi mandor yang berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan berat. Namun perempuan juga bisa jika Anda suka dengan dunia desain eksterior dan interior.

Jasa arsitek sekarang cukup mahal juga lho. Semakin banyaknya property yang dibangun dan keinginan masyarakat semakin tinggi terhadap kepemilikan property, maka jasa arsitek akan selalu dibutuhkan.

  • Planologi

Planologi adalah jurusan yang berkaitan dengan Teknik perencanaan wilayah dan kota. Meski terbilang sebagai jurusan yang cukup maskulin, tetapi perempuan juga bisa menjadi ahli tata wilayah dan kota.

  • Akuakultur

Siapa yang ingin menjadi penerus Mantan Menteri Perairan dan Kelautan, Ibu Susi Pudjiastuti? Nah, pekerjaan yang berhubungan dengan perairan ini juga cocok bagi perempuan kok. Apalagi kita hidup di Indonesia yang terkenal sebagai negara maritime yang memiliki perairan sangat luas.

  • Statistika

Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai perencanaan, teknik pengumpulan data, cara menganalisa data, mengintrepretasikan data yang kemudian mempresentasikan datanya. Buat yang suka utak – atik angka, jurusan ini sangat cocok sekali.

Jurusan Statistika merupakan jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan dari Matematika, bedanya jika jurusan Matematika lebih banyak mempelajari yang umum saja sedangkan statistika lebih fokus pada analisis data.

Bagi kaum perempuan banyak prospek pekerjaan yang bisa digeluti di masa depan jika memilih jurusan ini, seperti menjadi data scientist, aktuaris, market researcher, dan dosen.

  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Jurusan ini memang masih asing ditelinga, tidak seperti jurusan kedokteran, kebidanan, dan jurusan IPA lainnya. Program studi K3 ini memang tergolong baru di Indonesia. Studi ini tadinya menjadi bagian dari jurusan Kesehatan masyarakat. Namun banyak perusahaan yang membutuhkan ahli khusus yang fokus pada Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Apa yang Anda pelajari di jurusan K3 ini? Cukup banyak juga, seperti pengenalan bahaya lingkungan dan penanganannya. Tujuan dari dibuatnya program studi ini adalah untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi.

Bagi Anda yang suka bekerja di lapangan, berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, jurusan ini sangat cocok. Karena Anda bisa menjadi auditor K3 untuk melakukan pengawasan di perusahaan-perusahaan.

Kalau Anda dari Jurusan IPA tapi tidak begitu menyukai hitungan, jurusan ini bisa jadi adalah yang Anda cari. Karena tidak banyak angka dan hitungan seperti Matematika, Fisika, Statistika, dan Kimia. Jurusan ini memang masih langka di kampus-kampus, jadi Anda juga harus lebih teliti dan rajin mencari update informasinya.

  • Teknologi Pertanian

Bedanya dengan teknologi pangan adalah jika jurusan teknologi pangan Anda akan belajar fokus pada makanan, tetapi teknologi pertanian lebih berkaitan dengan bahan-bahan pokok sebelum diolah menjadi makanan jadi.

Kamu akan belajar bagaimana cara mengolah hasil pertanian agar bisa menghasilkan produk-produk yang unggul. Selain itu kamu juga akan dibekali ilmu pengembangan terkait pembibitan yang sangat berguna untuk menghasilkan temuan-temuan baru.

Sebenarnya peluang kerja lulusan teknologi pertanian sangat luas di Indonesia. Seperti yang kita ketahui jika lahan pertanian yang tersedia di Indonesia sangat berlimpah. Sehingga banyak sekali industri yang bergerak di sektor -sektor pertanian.

Kamu bisa menjadi bagian dari perusaan yang bergerak di bidang agroindustri, pertanian, pangan, perkebunan, dan teknologi pertanian. Selain itu kamu juga bisa menjadi entrepreneur yang berfokkus pada pengolahan hasil pertanian. Tentu ini akan membutuhkan kolaborasi yang cocok dengan teknologi pangan.

  • Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi sangat erat kaitannya dengan asupan makanan yang sehat. Makanan yang sehat mengandung nutrisi yang kaya dan bergizi tinggi. Maka cabang ilmu ini bersandingan dengan ilmu pangan. Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai zat gizi apa saja yang dibutuhkan dan berpa besar takarannya yang paling ideal.

Saat ini kebutuhan gizi masyarakat Indonesia masih belum merata di semua golongan. Padahal gizi merupakan aspek paling penting dalam terciptanya manusia yang berkualitas tinggi. Sehingga pemerintah masih berupaya dengan keras untuk menyalurkan ahli-ahli gizi ke semua pelosok nusantara.

Itulah beberapa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Jadi jangan berkecil hati untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang tidak kalah bagusnya dengan pekerjaan laki-laki.

Jurusan-jurusan yang tadinya banyak didominasi kaum laki-laki saat ini mulai banyak diminati oleh perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan perempuan untuk bisa berkarir seperti laki-laki juga terbuka lebar.

Menjadi perempuan jangan mau dibatasi oleh adat dan kebudayaan yang sudah tidak relevan dengan kemajuan jaman. Mulai kembangkan minat dan bakat yang dimiliki maka peluang itu akan semakin besar datang di hidup kita.

 

Posting Komentar untuk "13 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan"