Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri

 

KIP Kuliah merupakan program bantuan pembiayaan kuliah dari pemerintah melalui Kemendikbud. Dengan KIP Kuliah Anda bisa memilih untuk melanjutkan studi ke PTN dan PTS.

Untuk masuk ke perguruan tinggi ada beberapa jalur seleksi yang bisa dipilih, seperti SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, dan Jalur Mandiri. Jika Anda sedang mencari informasi mengenai universitas yang menerima KIP Kuliah jalur mandiri, di bawah ini adalah daftar perguruan tinggi yang membuka jalur mandiri dengan KIP Kuliah.

Namun sebelum itu, perlu kita ketahui dulu tentang KIP Kuliah, siapa saja yang berhak mendapatkannya dan bagaimana cara mengurus KIP Kuliah.

 


Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri : Tentang KIP Kuliah


Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan KIP Kuliah

  • Sudah memiliki Kartu Indonesia Pelajar
  • Lulus dari SMA/ SMK/ sederajat pada tahun berjalan (2021) dan dua tahun sebelumnya (2020 dan 2019)
  • Memiliki bukti dokumen prestasi akademik, tapi dengan keterbatasan ekonomi (peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, mahasiswa dari panti asuhan/panti sosial, keluarga masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori empat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)
  • Dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (Papua, Papua Barat, 3T, TKI), mahasiswa terkena bencana/konflik sosial/kondisi khusus
  • Lolos seleksi masuk di PTN/PTS pada prodi yang telah terakreditasi

 

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Bagaimana jika Anda belum memiliki Kartu Indonesia Pelajar selama ini, tapi membutuhkan bantuan biaya untuk kuliah? Nah, Kemendikbud punya program KIP Kuliah Merdeka, yang merupakan perluasan dari KIP Kuliah.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan KIP Kuliah :

  • Tidak mampu secara ekonomi, dibuktikan dengan dokumen yang menyatakan bahwa pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta per bulan atau jika dibagi jumlah anggota keluarga maka paling banyak mencapai Rp750.000,00
  • Memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diperoleh melalui RT/RW dan Kelurahan/Desa

 

Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 dilakukan secara online melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Selain melalui website, Anda juga dapat mendaftar melalui aplikasi KIP Kuliah dengan cara men-download aplikasinya di Play Store. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Buat akun untuk login
  • Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang aktif
  • Validasi NIK, NISN, dan NPSN
  • Mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses
  • Menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah
  • Mendaftar dan mengikuti seleksi SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri
  • Setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir ialah verifikasi

 

Apa Saja yang Diperoleh Penerima KIP Kuliah?

Penerima KIP Kuliah berhak atas bantuan biaya kuliah sebesar :

- Rp8 – Rp12 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi A

- Rp4 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi B

- Rp2,4 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi C

Biaya hidup selama kuliah akan disesuaikan dengan indeks harga wilayah dan klaster kampus yang dipilih. Besaran biaya hidup pada KIP Kuliah yaitu:

- Rp800.000,00 per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster satu

- Rp950.000,00 per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster dua

- Rp1,1 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster tiga

- Rp1,25 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster empat

- Rp1,4 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster lima.

Data di atas menurut peraturan dari kemendikbud mengenai KIP Kuliah 2021.

 

Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri (Perguruan Tinggi Negeri)

Jangan khawatir jika Anda memiliki cita-cita masuk PTN favorit tetapi terkendala biaya. Berikut ini daftar universitas negeri yang menerima KIP Kuliah.

  1. Universitas Padjajaran

Ada tiga jenis seleksi pada Jalur Mandiri Unpad. Antara lain, menggunakan nilai prestasi dan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), seleksi mandiri reguler, serta seleksi untuk kelas internasional. Sementara untuk jalur mandiri reguler, seleksi kembali dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah seleksi yang murni menggunakan nilai UTBK. Kedua adalah seleksi menggunakan sistem ujian yang diselenggarakan Unpad.

Untuk bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi masuk Unpad, Anda harus mengisi data secara online melalui link ini https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

  1. Universitas Sebelas Maret

Informasi mengenai pendaftaran seleksi mandiri mahasiswa baru bisa Anda lihat di website resminya https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1.

  1. Universitas Diponegoro

Untuk mengikuti seleksi jalur mandiri di Undip, Anda bisa informasi selengkapnya di sini https://pmb.undip.ac.id/128-2/.

  1. Institut Teknologi Bandung

Informasi pendaftaran mahasiswa baru melalui seleksi mandiri bisa Anda lihat di sini https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Selain keempat PTN tersebut, ada beberapa PTN lain yang juga membuka kesempatan jalur mandiri dengan KIP Kuliah. Anda bisa cek langsung di website KIP Kuliah, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

 

Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri (Perguruan Tinggi Swasta)

Sayangnya, tidak semua PTS menerima program KIP Kuliah ini. KIP Kuliah hanya bisa dipakai pada PTS yang bekerja sama dengan universitas yang menjalin kerjasama dengan program tersebut. Untuk mengetahui universitas mana saja yang menerima KIP Kuliah, Anda dapat melihat pada laman web berikut https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Langkah-langkah mendaftar KIP Kuliah untuk Masuk PTS

  • Melakukan pendaftaran secara mandiri di website kemdikbud di atas atau aplikasi mobile KIP Kuliah yang diunduh dari playstore.
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  • Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.
  • Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti Mandiri PTS.
  • Kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, akan muncul halaman beranda seperti di bawah ini.


  • Kemudian klik Profil Perguruan Tinggi untuk melihat universitas mana saja yang bekerjasama dengan KIP Kuliah, seperti gambar di bawah ini.


  • Ketik nama PTS (tanpa singkatan) ke dalam kolom cari.
  • Setelah muncul nama PTS maka disana akan muncul prodi-prodi yang ditawarkan dan dapat dipilih untuk didaftar di KIP Kuliah, jika prodi tidak ada di sana berarti prodi tersebut pada PTS tidak menerima KIP kuliah.
  • Setelah tahu PTS dan Prodi pilihan Anda yang bisa didaftar dengan KIP kuliah, Anda bisa langsung kunjungi laman Penerimaan PTS tersebut melalui website resmi masing-masing universitas.
  • Kemudian, kalian cari informasi di laman tersebut bagaimana cara mendaftarkan diri ke PTS tersebut dengan KIP kuliah, karena setiap PTS memiliki prosedur dan persyaratan yang detail masing-masing.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

 

Itulah bagaimana cara daftar KIP Kuliah dan cara mencari informasi universitas yang menerima KIP Kuliah jalur mandiri, SBMPTN, SNMPTN, dll. Saat ini memang semakin mudah mencari informasi karena disediakan secara online. Hanya saja cari lah informasi yang resmi ya agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri"