Widget Atas Posting

Universitas yang Terdaftar di Dikti, Begini Cara Cek Statusnya !

 

Sebelum memilih perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, lebih baik Anda cek dulu status kampus tersebut. Jika Anda memilih perguruan tinggi swasta pun harus pilih universitas yang terdaftar di dikti.

Jangan sampai Anda tergiur dengan biaya kuliah yang murah saja, tetapi cek status legal atau tidak. Karena dampaknya buat Anda sendiri, mahasiswa yang lulus dari kampus yang tidak terdaftar di dikti tidak akan diakui hasil belajarnya.

Untuk mencari profil perguruan tinggi di indonesia kita dapat menggunakan laman FORLAP DIKTI atau PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). FORLAP DIKTI atau PD DIKTI merupakan pangkalan data online yang diluncurkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau sekarang dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud).

Melalui portal ini kita dapat mengakses data perguruan tinggi, program studi, mahasiswa, alumni dan berbagi aktivitas akademik di perguruan tinggi. Data yang ada pada Forlap PDDIKTI Kemdibud ini dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi dengan cara melakukan pelaporan data setiap periode akademik.

Data pada pangkalan data ini sering digunakan sebagai sumber rujukan data seperti untuk calon mahasiswa yang ingin tahu profil resmi kampus dan juga biasanya untuk rujukan pada saat penerimaan CPNS, penerimaan karyawan di perusahaan-perusahaan dan aktivitas lainnya.


Cara Cek Status Universitas yang Terdaftar di Dikti

Berikut langkah-langkah bagaimana cara mengecek status universitas yang terdaftar di dikti :

  • Silahkan akses laman https://pddikti.kemdikbud.go.id
  • Setelah masuk website PD Dikti, silahkan ketik keyword yang ingin Anda cari. Contoh saya ingin cek status UGM.



  • Setelah Anda klik enter atau cari, maka akan muncul hasil pencarian seperti gambar di bawah ini. Jika Anda ingin tahu detail profil lengkap kampus yang Anda cari bisa klik nama kampus yang ada di daftar universitas.





  • Hasil profil lengkap kampus favorit Anda sudah muncul. Anda bisa melakukan scroll ke bawah untuk melihat hasil lebih lengkapnya, seperti profil perguruan tinggi, jumlah dosen tetap dan tidak tetap, jumlah mahasiswa, hingga daftar program studi yang lengkap dengan akreditasinya.



Bagaimana data yang ada di dikti bisa selengkap itu? Apakah itu akurat?
Sebagai informasi bahwa informasi yang ada di dikti adalah informasi yang sah. Masing-masing universitas melakukan update pengisian dan pelaporan data di dikti secara rutin.

Selain untuk mengetahui universitas yang terdaftar di dikti, Anda juga bisa melakukan cek status mahasiswa dengan memasukkan nomor induk mahasiswa, nama, dan nama perguruan tinggi. Anda bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap berupa identitas umum mahasiswa, bukan identitas personal.

Itulah cara mengecek status universitas yang terdaftar di dikti. Carilah informasi yang valid untuk memilih kampus tempat Anda melanjutkan Pendidikan. Jika Anda kesulitan melakukan cara tersebut, saya akan berikan cara kedua untuk cek universitas yang terdaftar di dikti melalui portal forlap Dikti.


Posting Komentar untuk "Universitas yang Terdaftar di Dikti, Begini Cara Cek Statusnya !"