22 Jurusan di UM yang Sepi Peminat dan Persaingan Sedikit

 

Universitas Negeri Malang atau yang dikenal dengan UM ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terbaik berbasis Pendidikan. Bagi Anda yang ingin masuk UM, perlu tahu dulu apa saja jurusan di UM yang sepi peminat. Siapa tahu ada jurusan impian Anda.

Jurusan yang memiliki sedikit peminat tidak berarti jurusan itu jelek. Karena di UM pun hampir seluruh jurusannya sudah terakreditasi A. Artinya jurusan tersebut juga berkualitas tapi belum banyak yang tahu.

Ketidak tahuan masyarakat ini bisa karena tidak tahu prospek pekerjaannya apa setelah lulus dari jurusan tersebut. Oleh karena itu, perlu juga bagi Anda mencari informasi apakah lulusan jurusan tersebut banyak dibutuhkan dimasa depan.

Sumber Gambar : www.idntimes.com


Berikut ini ada 22 jurusan di UM yang memiliki sedikit peminat sehingga persaingannya pun lebih sedikit.

 

Jurusan di UM yang Sepi Peminat Bidang Saintek

·         Bioteknologi

Program studi Bioteknologi merupakan prodi baru sehingga tidak heran jika belum banyak peminatnya. Dari pihak UM sendiri juga belum banyak menerima mahasiswa untuk prodi tersebut yaitu sebanyak 21 orang.

Peminat prodi Bioteknologi sendiri tahun lalu ada 114 pendaftar. Dilihat dari prospek lulusan prodi ini cukup menjanjikan kok. Jadi jangan khawatir tidak dibutuhkan setelah lulus nanti. Anda bisa menjadi akademisi, peneliti, dan profesi bagus lainnya.

·         Ilmu Keolahragaan

Program studi di UM yang sepi peminat selanjutnya adalah Ilmu Keolahragaan. Meski prodi ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, tetapi belum banyak peminatnya.

Tercatat pada UM tahun lalu melalui jalur SNMPTN hanya ada 31 pendaftar. Padahal daya tampung mahasiswanya sebanyak 32 orang. Jika Anda berminat di bidang olahraga jangan ragu untuk masuk jurusan ini karena banyak profesi yang menanti Anda, seperti menjadi dosen, peneliti, ahli olahraga, dll.

·         Pendidikan Teknik Bangunan

Jurusan yang telah mendapatkan akreditasi A ini juga termasuk sedikit peminatnya di UM. Tercatat pada tahun 2020 jurusan ini hanya ada 125 pendaftar dengan daya tampung mahasiswa sebanyak 24 orang.

Jangan disangka jurusan ini hanya akan berprofesi sebagai tukang. Namun Anda bisa bekerja di proyek-proyek konstruksi dengan pendapatan yang cukup besar dan juga dengan posisi yang tidak mengecawakan.

·         Pendidikan Teknik Otomotif

Prodi yang memiliki akreditasi A di UM ini juga sedikit peminatnya. Tercatat pada tahun 2021 hanya ada 156 pendaftar dengan daya tampung 18 mahasiswa.

Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif bisa memilih jurusan ini karena prospek pekerjaan di bidang otomotif yang cukup menjanjikan.

·         Pendidikan Teknik Elektro

Tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu hanya ada 94 pendaftar melalui jalur SNMPTN, sedangkan jalur SBMPTN ada 102 pendaftar. Cukup sedikit pesaingnya, bukan? Prodi ini juga mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

·         Pendidikan Teknik Mesin

Prodi di UM yang sepi peminat lainnya dari Fakultas Teknik adalah jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Tercatat pada tahun lalu hanya ada 138 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 202 pendaftar dari jalur SBMPTN. Jurusan ini pun sudah terakreditasi A, jadi Anda tidak perlu ragu lagi memilihnya.

·         Pendidikan Teknik Informatika

Jurusan Pendidikan Teknik Informatika hanya diminati oleh 256 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 330 pendaftar dari jalur SBMPTN. Prospek pekerjaan lulusan jurusan ini cukup menjanjikan dan banyak dibutuhkan. Hal ini karena teknologi saat ini yang semakin berkembang.

 


Jurusan di UM yang Sepi Peminat Bidang Soshum

·         Pendidikan Akuntansi

Dari bidang soshum salah satu jurusan di UM yang sepi peminat adalah Pendidikan Akuntansi. Tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu hanya ada 189 pendaftar.

Selain di UM, jurusan ini banyak pesaingnya dari para pelajar IPS. Bagi Anda yang menyukai Akuntansi bisa mencoba mendaftar di UM. Prospek karier yang cemerlang siap menanti Anda.

·         Pendidikan Tata Niaga

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan menarik dan banyak ilmu yang akan kita dapatkan untuk berbisnis. Namun tidak banyak pendaftarnya. Tercatat pada tahun lalu hanya ada 154 pendaftar saja dengan daya tampung 24 mahasiswa.

Jika Anda ingin menjadi wirausaha yang sukses bisa belajar dengan memilih jurusan ini.

·         Pendidikan Seni Tari dan Musik

Jurusan yang telah mendapatkan akreditasi A ini termasuk sepi peminatnya. Tercatat pada tahun 2020 hanya ada 107 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 182 pendaftar dari jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Seni Rupa

Jurusan seni berikutnya yang juga terakreditasi A adalah Pendidikan Seni Rupa. Peminat untuk UM di jurusan ini cukup sedikit, yaitu 130 orang pendaftar dari jalur SNMPTN dan 239 dari jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Bahasa Mandarin

Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin hanya memiliki peminat 74 pendaftar dari jalur SNMPTN dan 126 pendaftar jalur SBMPTN. Bagi Anda yang menyukai Bahasa Mandarin bisa mencoba mendaftar di UM karena termasuk sedikit pesaingnya. Anda bisa menjadi pengajar, penerjemah, ahli bahasa Mandarin, dll.

·         Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Tercatat dari jalur SNMPTN 2020 jurusan ini hanya ada 96 pendaftar dan 223 pendaftar dari jalur SBMPTN. Jurusan ini sudah terakreditasi A sehingga Anda tidak perlu lagi jika nanti ingin menjadi pengajar dan pelatih professional dengan masuk jurusan ini di UM.

·         Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah juga sudah terakreditasi A. Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan sejarah dan masa lampau bisa memilih jurusan ini.

Tercatat pada SNMPTN tahun 2020 ada 131 pendaftar dan 268 pendaftar dari jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa Jerman hanya diminati oleh 77 pendaftar jalur SNMPTN dan 120 pendaftar jalur SBMPTN. Bagi Anda yang suka belajar Bahasa Jerman dan segala hal tentang Jerman bisa mencoba mendaftar jurusan ini karena sudah terakreditasi A oleh BAN PT.

·         Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Peminat Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi tercatat 196 dari jalur SNMPTN dan 496 dari SBMPTN. Untuk jurusan yang sudah terakreditasi A, jumlah peminat tersebut termasuk sedikit pesaingnya dibandingkan jurusan lain yang memiliki ribuan pesaing.

·         Pendidikan Luar Biasa

Jurusan di bidang Pendidikan yang juga terakreditasi A di UM adalah jurusan Pendidikan Luar Biasa. Tercatat 171 pendaftar dari jalur SNMPTN dan 381 pendaftar dari jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Bagi Anda yang ingin menjadi guru PAUD bisa mencoba mendaftar jurusan ini di UM. Karena tercatat hanya ada 195 pendaftar dari SNMPTN dan 344 dari SBMPTN.

·         Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di UM sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jurusan ini termasuk sedikit peminatnya, yaitu sebesar 278 pendaftar. Bagi Anda yang menyukai dan ingin belajar lebih jauh mengenai Bahasa dan Sastra Indonesia bisa mencoba mendaftar di jurusan tersebut.

·         Administrasi Pendidikan

Jurusan Administrasi Pendidikan di UM telah mendapatkan akreditasi A. Jurusan ini hanya memiliki peminat sebanyak 333 pendaftar. Bagi Anda yang ingin masuk jurusan tersebut bisa memilihnya di UM yang sedikit pesaingnya.

·         Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab hanya memiliki peminat sebanyak 250 pendaftar. Jurusan dengan akreditasi Unggul ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menjadi pengajar Bahasa Arab.

·         Pendidikan Tata Busana

Jurusan Pendidikan Tata Busana juga memiliki sedikit pesaing karena hanya ada 359 peminat pada tahun lalu. Bagi Anda yang suka dengan desain dan fashion bisa mencoba mendaftar jurusan ini di UM karena telah mendapatkan akreditasi A.

 

Demikian informasi mengenai jurusan di UM yang sepi peminatnya. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu, tentunya yang memiliki tingkat persaingan sedikit.

Posting Komentar untuk "22 Jurusan di UM yang Sepi Peminat dan Persaingan Sedikit"