Widget Atas Posting

Jurusan Favorit di Universitas Pertamina

Berdirinya Universitas Pertamina (UP) ini merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Universitas yang pengelolahanya berada di bawah naungan Yayasan Pertamina (Pertamina Foundation) ini dapat kamu temukan gedung kampusnya tepat di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Secara institusi, Universitas Pertamina telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Kampus yang berdiri pada 11 Februari 2016 ini meski membuka fakultas non Teknik, tetapi fakultas Teknik tetap menjadi idola di UP. Jurusan Teknik Perminyakan dikenal sebagai jurusan favorit di Universitas Pertamina.

Sebelum membahas bagaimana jurusan tersebut menjadi jurusan favorit di Universitas Pertamina, ketahui dulu apa saja jurusan yang ditawarkan.

 

Sumber Gambar : www.universitas123.com

Mengenal Apa Saja Prodi/Jurusan Favorit di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki 6 fakultas yang terbagi menjadi 15 program studi/jurusan. Meski Pertamina sendiri merupakan perusahaan yang berbasis Pendidikan dari Teknik, tetapi tetap membuka peluang bagi jurusan lain.

Simak apa saja jurusan yang ada di Universitas Pertamina!

1.       Fakultas Teknologi Industri

·         Teknik Kimia : memiliki berbagai keunggulan  dalam mendidik mahasiswanya, seperti kurikulum dan proses pembelajaran yang dirancang untuk menanamkan kemampuan berfikir secara kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi.

·         Teknik Mesin : merupakan program studi yang satu ini akan menjadi institusi penyelenggara pendidikan, penelitian, dan pengembangan energi dan industri yang kompeten di Indonesia. Bentuk nyata dari penelitian dan pengembangan energi yang dilakukan di Program studi Teknik Mesin Universitas Pertamina adalah dengan penelitian dan pengembangan teknologi untuk membuat sel surya, termasuk didalamnya material dan sistem mekanik pendukungnya.

·         Teknik Logistik : merupakan program studi yang tergolong masih baru di Indonesia namun kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang ini sangat tinggi. Bahkan, Program studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina merupakan salah satu pelopor program studi level sarjana untuk bidang ini di Indonesia.

·         Teknik Elektro : merupakan salah satu jurusan yang berperan penting dalam perkembangan teknologi. Berkuliah di Jurusan Teknik Elektro akan membuat kamu ikut berperan dalam perkembangan teknologi di dunia ini.

2.       Fakultas Sains dan Komputer

·         Kimia : program studi yang satu ini bertumpu pada penemuan, sintesis, dan rekayasa material baru yang bermanfaat dalam pengoptimalan energi konvensional maupun pengembangan energi baru terbarukan, seperti sel surya, katalis, surfaktan, inhibitor korosi, nanomaterial, rekayasa protein, dan biodiesel.

·         Ilmu Komputer : jurusan ini bertujuan mencetak lulusan yang kompeten di industri teknologi informasi dan sistem informasi. Selain bidang tersebut, program studi ini memiliki bidang ilmu komputasi yang memiliki kegunaan sebagai jembatan antara sains eksperimen, teori, dan terapan.

3.       Fakultas Perencanaan Infrastruktur

·         Teknik Sipil : jurusan yang satu ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan pembangunan nasional maupun global. Secara khusus lulusan program studi ini mampu untuk merencanakan dan mengevaluasi infrastruktur umum maupun infrastruktur di bidang energi baru dan terbarukan yang memiliki potensi besar untuk berkembang di masa depan.

·         Teknik Lingkungan : keberadaan Jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina secara khusus bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Di waktu yang sama, jurusan ini juga berupaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan sehingga dapat dimanfaatkan oleh generasi masa depan.

4.       Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

·         Komunikasi : merupakan wujud komitmen Universitas Pertamina untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di sektor industri dan pada tataran kehidupan sosial. Program studi Komunikasi dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja siap pakai yang profesional dan berintegritas, baik sebagai praktisi maupun akademisi. Kurikulum program studi didisain secara apik sehingga mampu memberikan pengetahuan dan skill yang luas bagi mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja yang dinamis dan kerap menuntut fleksibilitas.

·         Hubungan Internasional : merupakan ilmu interdisiplin yang mempelajari tentang hubungan antar aktor internasional dari segala aspek yang menitiberatkan pada politik dan diplomasi antar bangsa atau ekonomi politik internasional.

5.       Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

·         Teknik Geofisika : merupakan ilmu yang mengintegrasikan bidang Geologi, Fisika, Matematika, dan Komputasi guna mempelajari sistem bawah permukaan bumi. Program studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina memiliki keunggulan  seperti memiliki kedekatan dengan industri energi, lembaga riset, badan pemerintah, dan organisasi keprofesian yang mendukung penuh proses pendidikan dan penelitian di lingkungan Program studi Teknik Geofisika. Mahasiswa dapat mengamati langsung bagaimana aplikasi ilmu yang mereka pelajari di industri (khususnya PT. Pertamina) dan institusi lainnya.

·         Teknik Perminyakan : jurusan yang satu ini memiliki karakteristik yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan. Lingkup keilmuan teknik perminyakan meliputi aplikasi teknik pemboran, teknik reservoir, teknik produksi, dan teknik evaluasi formasi pada industri migas dan panas bumi.

·         Teknik Geologi : merupakan salah satu jurusan yang masuk dalam Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi di Universitas Pertamina, Jurusan Teknik Geologi ini memiliki fokus pengajaran dan penelitian di bidang energi (minyak dan gas bumi, geothermal, energi baru dan terbarukan, dan green technology).

6.       Fakultas Ekonomi dan Bisnis

·         Manajemen : program studi yang satu ini menerapkan kurikulum yang memiliki ciri khusus dalam penerapan di bidang bisnis dan teknologi energi. Sistem pembelajaran di Program studi Manajemen di Universitas Pertamina dirancang menggunakan problem-based and work-integrated learning systems untuk mempertajam kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan riil di lapangan.

·         Ekonomi : jurusan ini bertujuan untuk menjadi pusat pengembangan ilmu ekonomi khususnya di bidang energi dan lingkungan yang mampu menghasilkan publikasi ilmiah dan lulusan berdaya saing dengan standar internasional. Fokus tersebut didasarkan pada kebutuhan pasar akan energi konvesional, baru, dan terbarukan.

 

Jurusan Favorit di Universitas Pertamina yang Banyak Diminati

Dari kelima belas jurusan di atas, jurusan Teknik Perminyakan paling banyak diminati selama ini. Setiap tahunnya peminat jurusan tersebut semakin bertambah pada seleksi ujian masuk.

Program studi Teknik Perminyakan dicatat sebagai jurusan favorit di Universitas Pertamina jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Melihat ke depan sektor energi masih harus dikelola dengan lebih baik, maka kehadiran jurusan yang ditawarkan Universitas Pertamina ini perlu diapresiasi.

Hal tersebut sangat sesuai dengan tujuan Universitas Pertamina yaitu untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam pengembangan sumber daya energi, termasuk energi baru terbarukan.

Meski Universitas Pertamina juga menyediakan fakultas non Teknik, tetapi peminat fakultas Teknik selalu lebih banyak dibandingkan fakultas non Teknik.

 

Kenapa Pilih Jurusan Favorit di Universitas Pertamina?

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus memilih Universitas Pertamina ketika lulus SMA nanti. Apalagi jika Anda memang bercita-cita memiliki karier di bidang Teknik atau ingin bekerja di Pertamina.

  1. Pilihan Beragam Program Studi

Seperti yang kita ketahui di atas mengenai berbagai pilihan jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina. Ada 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik dan Non Teknik.

  1. Kurikulum Perkuliahan Berbasis Work-Integrated Learning

Sistem pembelajaran yang berpedoman pada Work-Integrated Learning, yaitu pembelajaran yang menggabungkan akademik mahasiswa di kelas dengan keterlibatan mahasiswa di dunia praktek/magang, dan praktek kewirausahaan sehingga sangat membantu mahasiswa mengasah kompetensinya.

  1. Dekat dengan Industri

Universitas Pertamina yang masih merupakan bagian dari PT. Pertamina (Persero) membuat suasana belajar dan praktek begitu dekat. Tidak jarang juga anak perusahaan melakukan studi kasus di industri.

  1. Tersedia Banyak Peluang Beasiswa

Program beasiswa yang ditawarkan Universitas Pertamina cukup banyak, salah satunya Beasiswa Ekonomi yang membiayai kuliah dan biaya hidup selama 4 tahun. Selain itu, ada juga beasiswa prestasi yang diseleksi melalui Lomba Karya Tulis dengan total hadiah beasiswa mencapai Rp. 2 Milyar.

  1. Biaya Kuliah Terjangkau

Jika dibandingkan dengan universitas swasta lainnya, biaya kuliah di Universitas Pertamina terbilang cukup terjangkau. Salah satu dari biaya Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar Rp 10.000.000,00 yang dibayar sekali di awal kuliah untuk semua jurusan.

  1. Fasilitas Lengkap

Lokasi Universitas Pertamina berada di tempat strategis yakni di Jalan Teuku Nyak Arief, Kebayoran Lama, Jakarta, Selatan 12220. Fasilitas di sana sangat mendukung kegiatan perkuliahan karena dilengkapi dengan laboratorium untuk praktek, perpustakaan yang lengkap hingga fasilitas olahraga yang bertaraf internasional seperti Lapangan Sepakbola Pertamina Simprug yang dilengkapi dengan rumput sintetis, lapangan basket, lapangan voli, lapangan tenis hingga kolam renang.

  1. Prospek Karier yang Cerah

Lulusan dari Universitas Pertamina diharapkan menjadi sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di sektor energi karena telah dibekali dengan program magang langsung di Industri Energi, khususnya di Pertamina dan anak perusahaannya.

 

Demikian lah informasi mengenai apa saja jurusan yang ditawarkan, dan jurusan favorit di Universitas Pertamina. Ada beberapa alasan yang bisa membantu Anda meyakinkan diri untuk masuk UP.

Pendidikan bukan lah soal biaya, tetapi apa yang akan mengubahmu dimasa depan. Semua kembali kepada diri sendiri bagaimana cara mengembangkan kemampuan.

Posting Komentar untuk "Jurusan Favorit di Universitas Pertamina"