Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah di AKPOL Semarang dan Cara Mendaftarnya

Akademi Kepolisian atau AKPOL merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional Republik Indonesia. Kampus Akpol ini berada di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang berdiri sejak tahun 1999. Sekolah ini cukup diminati banyak orang sehingga setiap tahunnya selalu bertambah jumlah pendaftar dan tidak jarang juga yang rela mendaftar setiap tahun demi bisa masuk AKPOL.

Jenjang Pendidikan yang ditawarkan setara S1 dengan biaya yang full dari pemerintah alias gratis. Jika Anda tertarik untuk masuk Akpol, pahami dulu apa itu Akpol dan jurusan kuliah di Akpol itu apa saja ya, apakah sama dengan kuliah pada umumnya?

Sasaran Pendidikan di Akpol adalah untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

Sebelum mengetahui apa saja jurusan kuliah di Akpol, simak dulu profil singkat dari Akpol.

 

Sumber Gambar : www.akpol.polri.go.id

Sekilas Tentang Akademi Kepolisian dan Jurusan Kuliah di AKPOL

Akademi Kepolisian merupakan sebuah lembaga pendidikan militer setingkat mahasiswa atau yang sering disebut dengan Taruna Polri yang lama pendidikannya seperti kuliah pada umumnya yaitu empat tahun, dimana lulusannya nanti akan diberikan gelar sarjana ilmu kepolisian (S.IK) dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda).

Ada beberapa jenjang pendidikan di kepolisian mulai dari tingkat Jabatan yang paling rendah yaitu Tamtama dimana lama pendidikan tamtama ini durasinya paling rendah, yaitu selama lima bulan dengan lulusan Bhayangkara dua (Bharada) tingkat paling rendah di kepolisian.

Setelah itu ada Pendidikan Bintara Kepolisian yang lama pendidikannya selama 7 (tujuh) bulan, yang lulusannya nanti akan mendapatkan pangkat Brigadir Dua (Bripda).

Dari ketiga jalur pendidikan tersebut dapat didaftar oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Nah, satu jalur resmi untuk lulusan Sarjana Strata Satu (S1) dapat juga melakukan pendaftaran kepolisian. Lama Pendidikan untuk lulusan S1 ini yaitu selama enam bulan dengan pangkat yang hampir sama dengan kuliah di Akpol yaitu Inspektur Dua (Ipda).

Visi Misi Akademi Kepolisian

Visi Akpol adalah menghasilkan lulusan sarjana kepolisian yang memiliki moral, kecerdasan dan wawasan berstandard Internasional.

Misi Akpol ada lima yang kami ringkas sebagai berikut,Akpol menyelenggarakan pembelajaran pelatihan, kegiatan penelitian dalam pengembangan IPTEK Bidang Kepolisian secara berkesinambungan dan bertahap. Selain itu meraka harus mengabdikan diri kepada masyarakat yang memiliki orientasi pelayanan dan dapat bekerjasama di berbagai institusi dan lembaga.

 

Jurusan Kuliah di Akpol, Apa Saja?

Sumber Gambar : www.airspace-review.com

Jurusan kuliah di Akpol hanya ada satu yaitu Pendidikan Ilmu Kepolisian yang nantinya mereka akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Kepolisian. Jurusan ini telah mendapat predikat akreditasi A dari BAN PT.

Dengan hanya satu jurusan tersebut, siswa Akpol akan mendapatkan berbagai mata kuliah, yaitu Bahasa Inggris, Beladiri Polri, Hukum perdata, Kriminologi Forensik, Psikologi Forensik, Kedokteran Forensik, Sosiologi dan masih banyak lagi.

 

Prospek Kerja Jurusan Kuliah di Akpol

Sebagai lulusan pendidikan kepolisian, maka kamu sudah bisa dipastikan menjadi anggota Polri. Beberapa kemungkinan adalah menjadi Anggota Polisi Lalu Lintas, Penyidik Kepolisian, Densus 88 Anti Teror, Anggota Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja, dan bagian administrasi kepolisian.

Setelah lulus nanti, kamu juga punya peluang untuk berkarir di beberapa tempat berikut :

ü  Reserse Polisi

ü  Direktur Manajemen Darurat

ü  Detektif/ Investigator Swasta

ü  Intel Polisi/ Militer

ü  Pengawas/ Penyidik Kebakaran

 

Sistem Pendidikan Selama Kuliah

Kuliah di jurusan akademi kepolisian (Akpol), maka beberapa karakter yang akan dibentuk adalah sebagai berikut :

ü  Tekun

ü  Teliti

ü  Detil

ü  Kritis

ü  Rasional

ü  Observan

ü  Punya wawasan luas

ü  Independen

ü  Suka analisis

ü  Keterampilan berkomunikasi

ü  Keterampilan interpersonal

ü  Kemampuan memecahkan masalah

ü  Teamwork

 

Cara Mendaftar Kuliah di AKPOL

Untuk jurusan kuliah akademi kepolisian (Akpol) juga terbuka bagi para pelajar yang sudah selesai sekolah di perguruan tinggi. Anda harus mengikuti pendidikan dengan kurun waktu enam bulan, yaitu sekolah di Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPS). Setelah lulus nanti, Anda akan mendapatkan pangkat Inspektur Dua, atau Ipda.

Cara mendaftar untuk bisa kuliah di Akpol Anda harus mengikuti berbagai tes, mulai dari tes kesehatan, tes fisik, dan tes akademik. Anda juga harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya, untuk bisa masuk dan lulus seleksi.

Dengan persaingan yang cukup ketat, maka dibutuhkan persiapan yang matang sebagai bentuk usaha. Bukan hal berlebihan untuk ikut program bimbingan belajar agar bisa mempersiapkan diri lebih maksimal untuk menghadapi tes nantinya.

Selain itu, Anda juga harus rajin belajar mengerjakan soal latihan yang mirip dengan soal tes yang akan diberikan. Anda bisa mencari soal-soal untuk latihan tes melalui internet atau buku-buku di Gramedia.

Penerimaan peserta didik baru di Akpol biasanya akan dimulai pada bulan April. Biasanya informasi ini tidak sulit Anda cari karena seluruh media massa pada saat itu banyak merilis pemberitaan yang mencakup tentang pembukaan pendaftaran di Akpol.

 

Jurusan Ilmu Kepolisian di Kampus Lain

Selain Akpol, jika Anda memang ingin melanjutkan studi Ilmu Kepolisian, Anda bisa mencoba mendaftar ke beberapa sekolah berikut :

  • Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI juga membuka program pendidikan Studi Ilmu Kepolisian. Program studi ini diselenggarakan untuk mempelajari masalah-masalah sosial dan isu-isu penting terkait ilmu kepolisian. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari pengelolaan keteraturan sosial dan moral masyarakat, upaya penegakan hukum dan keadilan, teknik penyelidikan dan penyidikan, serta pencegahan kejahatan.

Studi Ilmu Kepolisian UI dibuka untuk perkuliahan jenjang Magister atau S2. Mahasiswa akan memiliki beban studi sebanyak minimal 44 SKS yang diselesaikan dalam waktu 4 sampai 6 semester. Selain itu, mahasiswa juga bisa memilih 4 peminatan berbeda yaitu:

ü  Administrasi Kepolisian;

ü  Hukum Kepolisian;

ü  Manajemen Sekuriti;

ü  Manajemen SDM Kepolisian.

  • Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Lembaga Pendidikan Polri juga memiliki sekolah kedinasan lainnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian. Berbeda dengan Akpol yang tarunanya bersumber dari seleksi masyarakat umum, peserta didik di STIK diambil dari pegawai negeri Polri yang telah memenuhi persyaratan.

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian membuka prodi Ilmu Kepolisian untuk berbagai jenjang. Ada 3 tingkatan pendidikan di sekolah ini yaitu S1, S2, dan S3. Setiap jenjang pendidikan memiliki kurikulum pembelajaran dan lama pendidikan yang berbeda. Meskipun begitu, tujuan utamanya tetap untuk mengembangkan ilmu kepolisian secara keseluruhan.

  • Universitas Airlangga

Perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu kepolisian yaitu Universitas Airlangga. Di kampus ini, prodi Kajian Ilmu Kepolisian berada pada jenjang Magister atau S2. Di prodi ini, mahasiswa akan dididik untuk memiliki pengetahuan dan informasi terkait ilmu kepolisian serta dapat menggunakannya untuk penegakan hukum di masyarakat.

  • Universitas Langlang Buana

Universitas Langlang Buana juga membuka program studi Ilmu Kepolisian namun untuk jenajng Diploma 3. Prodi ini masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau Fisipol. Di sini, mahasiswa akan belajar selama 3 tahun. Ada 3 konsentrasi yang dapat dipilih yaitu pengamanan, penyelidikan, dan penyidikan.

Perlu diketahui bahwa prodi ini bukanlah ikatan dinas. Meskipun begitu, lulusannya tetap bisa bekerja di berbagai lembaga seperti :

ü  Kepolisian Negara Republik Indonesia;

ü  Satuan Polisi Pamong Praja;

ü  Kepolisian Khusus;

ü  Penyidik Pegawai Negeri Sipil;

ü  Pengamanan Swakarsa;

ü Lembaga perbankan atau swasta lain dengan pekerjaan di bidang pengamanan, penyelidikan intelijen, dan penyidikan.

Nah, jika Anda tertarik untuk masuk di Akpol saya sarankan untuk mencari informasi lebih banyak lagi, selain informasi pendaftaran, mengenai seluk beluk pembelajaran dan kuliah yang diajarkan di sana. Anda bisa langsung melihatnya langsung ke website akpol.ac.id. Karena menurut saya itu juga tidak kalah penting, dengan mengetahui informasi lebih dalam mengenai Akpol maka Anda pun akan memiliki gambaran tentang system Pendidikan di sana. Selain itu, Anda pun akan lebih bersemangat dalam mengejar cita-cita Anda untuk masuk Akpol.

Semoga informasi mengenai jurusan kuliah di Akpol dan cara mendaftarnya tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang berminat melanjutkan studi Ilmu Kepolisian.

 

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah di AKPOL Semarang dan Cara Mendaftarnya"