Widget Atas Posting

17 Jurusan Sepi Peminat di UNTIRTA

 

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang dikenal dengan UNTIRTA merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Banten. Kampus ini berdiri pada tahun 2001. Namun Yayasan Pendidikan Tirtayasa sendiri sudah mulai berdiri pada tanggal 1 Oktober 1980.

Meskipun termasuk kampus yang muda, tetapi UNTIRTA memiliki visi terwujudnya UNTIRTA sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang Unggul, Berkarakter, dan Berdaya Saing. Dilihat dari jumlah lulusannya yang sudah mencapai 40.000 lebih mahasiswa menunjukkan bahwa UNTIRTA cukup banyak peminatnya.

Jika Anda juga menjadikan kampus ini impian Anda, maka simak dulu berbagai jurusan sepi peminat di UNTIRTA ini agar tidak salah pilih jurusan dan berpeluang besar menjadi mahasiswanya.

Sebagai institusi Pendidikan, UNTIRTA sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Sehingga tidak heran jika kampus ini memiliki banyak peminat.

Simak berikut ini apa saja jurusan sepi peminat di UNTIRTA dari bidang Saintek dan Soshum.

 

Sumber Gambar : www.serangnews.pikiran-rakyat.com

Jurusan Sepi Peminat di UNTIRTA Bidang Saintek

·         Ilmu Perikanan

Jurusan sepi peminat di Untirta pada pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN tahun lalu adalah jurusan Ilmu Perikanan. Peminat S1 jurusan ini dari jalur SNMPTN tercatat sebanyak 180 pendaftar, sedangkan melalui jalur SBMPTN ada 184 pendaftar.

·         Pendidikan IPA

Peminat jurusan Pendidikan IPA pada jalur SNMPTN tahun lalu adalah sebanyak 171 pendaftar, sedangkan peminat yang mendaftar melalui jalur SBMPTN ada 135 orang.

·         Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin bisa dikatakan jurusan sepi peminat di Untirta. Karena tercatat hanya ada 32 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 48 orang pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Vokasional Teknik Elektro

Jurusan ini paling sepi nomor dua setelah jurusan di atas. Karena tercatat hanya ada pendaftar sebanyak 32 orang melalui jalur SNMPTN dan 63 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Ilmu Keolahragaan

Jurusan paling sepi selanjutnya adalah Jurusan Ilmu Keolahragaan. Tercatat hanya ada 8 pendaftar jalur SNMPTN tahun lalu dan 63 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Fisika

Peminat jenjang sarjana untuk Jurusan Pendidikan Fisika tercatat sebanyak 146 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 112 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Kimia

Peminat S1 Jurusan Pendidikan Kimia tercatat sebanyak 149 pendaftar jalur SNMPTN dan 157 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Teknik Metalurgi

Jurusan Teknik Metalurgi di UNTIRTA tercatat ada 194 pendaftar jalur SNMPTN dan 277 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Informatika

Jurusan Informatika juga masuk jurusan tersepi peminatnya dari tahun ke tahun di UNTIRTA. Karena pada SNMPTN 2020 bahkan tidak ada pendaftar sama sekali.

·         Keperawatan

Jurusan Keperawatan biasanya banyak diminati orang. Namun di UNTIRTA jurusan ini tidak memiliki peminat pada SNMPTN tahun 2020.

 

Jurusan Sepi Peminat di UNTIRTA Bidang Soshum

·         Pendidikan Seni Pertunjukkan

Pendidikan Seni Pertunjukkan merupakan jurusan paling sepi peminatnya di bidang Soshum di UNTIRTA. Karena hanya ada 48 pendaftar jalur SNMPTN dan 49 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Jurusan ini pun merupakan yang sedikit peminatnya di Soshum. Tercatat pada SNMPTN tahun lalu hanya ada 142 pendaftar melalui jalur SNMPTN dan 131 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Khusus

Peminat jenjang sarjana Jurusan Pendidikan Khusus pada SNMPTN tahun lalu adalah sebanyak 77 pendaftar. Namun pada jalur SBMPTN lebih banyak pendaftar yaitu sebanyak 147 orang.

·         Pendidikan Non Formal

Jurusan Pendidikan Non Formal memiliki 97 pendaftar dari jalur SNMPTN tahun lalu dan 162 pendaftar melalui jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Jurusan PGPAUD di UNTIRTA ini tercatat hanya ada 118 pendaftar dari jalur SNMPTN dan 193 pendaftar jalur SBMPTN.

·         Pendidikan Sejarah

Peminat dari jurusan ini pada saat penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN tercatat ada 169 pendaftar dan dari jalur SBMPTN ada 193 pendaftar.

·         Pendidikan Sosiologi

Jurusan Pendidikan Sosiologi pada penerimaan jalur SNMPTN tahun lalu tercatat sebanyak 279 pendaftar sedangkan dari jalur SBMPTN ada 263 pendaftar.

 

 

Jurusan Sepi Peminat di UNTIRTA : Review Kampus

Berikut ini ada sebuah review kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang ditulis oleh Elfrida Sakti di website majalahsunday.com yang juga diperoleh dari hasil observasi pengalaman seorang mahasiswanya.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dimulai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Tirtayasa pada tanggal 1 Oktober 1980 kemudian dilakukan penyempurnaan dan dikukuhkan kembali pada tanggal 3 Maret 1986. Kata Tirtayasa berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti air mengalir. Nama tersebut juga diambil dari nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (Keppres RI Nomor: 045/TK/1070).

Kampus Untirta memiliki 3 cabang kampus yang tersebar di daerah Banten. Kampus A terletak di daerah Pakupatan, Serang, kampus B terletak di daerah Cilegon, dan kampus C terletak di daerah Ciwaru, Serang. Di kampus A sendiri untuk fasilitas dan gedungnya sudah cukup lengkap, suasananya rindang karena banyak pepohonan di sekitarnya. Namun memang ada sedikit kekurangan yang ada pada kampus A, karena letaknya berada di dekat terminal Pakupatan, jadi kampus A seringkali jadi pusat kemacetan. Nah, berbeda dengan kampus A, kampus B ini khusus untuk mahasiswa teknik, jadi banyak sekali gedung-gedung khusus seperti untuk lab dan lain-lain. Suasana di sekitar kampusnya pun nyaman, akses menuju kampusnya seperti berada di dalam komplek/perumahan, jadi tidak begitu ramai seperti di kampus A. Sedangkan kampus C merupakan kampus yang dibuat khusus untuk mahasiswa fakultas keguruan. Di kampus C sendiri fasilitas dan gedungnya sudah cukup lengkap dan sedang ditingkatkan agar lebih memadai lagi. Namun kekurangan dari kampus C ini adalah udaranya cukup panas dikarenakan masih jarang pepohonan di sekitar kampus.

Selain kampus A, B dan C, saat ini Untirta juga sedang membangun kampus baru di daerah Sindangsari yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Serang. Kampus Sindangsari ini nantinya akan dijadikan pusat kampus Untirta karena seluruh kegiatan administrasi yang sebelumnya berada di kampus A akan dipindahkan kesana.

Apa yang pertama kali muncul di kepalamu saat mendengar nama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa? Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa kampus Untirta terletak di tengah-tengah perkampungan dan memiliki akses jalan yang sulit. Namun, apakah benar kenyataannya seperti itu?

Saat ditanya mengenai kesan pertama yang didapat tentang kampus beralmamater marun yang satu ini, Winda Nurmala, seorang alumni Untirta yang saat ini sedang menempuh S2 Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, mengungkapkan bahwa suasana kampus, gedung, dan fasilitasnya sangat bagus dan terjaga, letak kampusnya pun sangat strategis.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, jangan khawatir, cari kos-kosan di sekitar Untirta sangat mudah! Namun, untuk kampus Sindangsari memang belum ada kos-kosan di sekitar kampusnya karena memang masih baru. Salah satu kos-kosan yang terletak di dekat kampus A, tepatnya di Terminal Pakupatan menawarkan kos-kosan dengan bangunan 2 lantai, terdapat 26 kamar di dalamnya. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan yaitu, kasur, televisi, kulkas, dapur dan penjaga serta helper untuk membersihkan kosan. Kos tersebut dibandrol dengan harga Rp.500.000/kamar dan 1 kamar bisa diisi untuk 2 orang.

Akses jalan atau transportasi untuk menuju ke kampus Untirta sangat mudah karena berada di pusat perkotaan dan juga dekat dengan Terminal Pakupatan, jadi akses kendaraan cukup mudah didapatkan.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menawarkan 7 fakultas yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Fakultas tersebut di antaranya adalah: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan juga Pascasarjana.

Untirta juga memiliki 16 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu UKM AKMI (Aktivitas Keagamaan Mahasiswa Islam), UKM KOKESMA (Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa), UKM KLASIK (Keluarga Seni Musik), UKM MAPALAUT (Mahasiswa Penjelajah Alam), UKM IKABE (Ikatan Bela Diri), UKM Pramuka, UKM Olahraga, UKM Pandawa, UKM Kafe Ide, UKM Jurnalistik, UKM TRAS (Tirtayasa Research and Academic Society), UKM EDC (English Debating Club), UKM KSR (PMI), UKM PSM (Paduan Suara Mahasiswa), UKM MENWA (Resimen Mahasiswa), dan UKM Kewirausahaan.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki kualitas pendidikan sangat yang baik. Berdasarkan No.SK 364/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018, Untirta sudah terakreditasi A. Menurut Riska, mahasiswa semester 8, proses belajar mengajarnya yang dilakukan di dalam kelas saat sebelum pandemi dirasa cukup efektif, meskipun proses belajar mengajar saat ini dilakukan secara daring, namun kegiatan belajar tetap terjaga, kondusif serta teratur.

Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki kesan tersendiri di hati para mahasiswa, maupun bagi para alumninya. Winda, sang alumni, berpesan untuk kalian yang ingin menimba ilmu di kampus ini, bahwa “Jangan melihat suatu instansi berdasarkan apa yang orang lain asumsikan saja, karena sebenarnya, setiap kampus pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitupun juga dengan Untirta. Jangan sungkan untuk bergabung bersama Untirta karena kamu akan merasakan kesan unik setelah benar-benar merasakan belajar di Untirta.”

 

Jadi apa pilihan jurusan Anda di UNTIRTA? Sudah siap dan semakin yakin bukan? Udah nggak sabar jadi bagian dari mahasiswa Untirta pastinya.

Semoga informasi mengenai jurusan sepi peminat di UNTIRTA yang dilanjutkan dengan review kampusnya bisa menambah pengetahuan dan gambaran Anda mengenai kampus tersebut serta bermanfaat.

 

 

 

Posting Komentar untuk "17 Jurusan Sepi Peminat di UNTIRTA"