Widget Atas Posting

20 Jurusan UNESA yang Sepi Peminat Berdasarkan Data Terbaru

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan universitas negeri yang berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kota Surabaya. Dahulu UNESA bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya), kemudian berdasarkan Keppres RI No. 93 Tahun 1999, dan hasil keputusan rapat senat tanggal 12 Oktober 1998, IKIP Surabaya akhirnya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya.

Saat ini UNESA memiliki 7 fakultas yang terbagi menjadi dua, yaitu bidang Saintek dan Soshum. Dari ketujuh fakultas tersebut ada 20 jurusan UNESA yang sepi peminat berdasarkan data terbaru pada penerimaan mahasiswa tahun 2021.

Sumber Gambar : www.unesa.ac.id


Apa saja jurusan UNESA yang sepi peminat di bidang Saintek dan Soshum tersebut? Simak informasi di bawah ini :

Jurusan UNESA yang Sepi Peminat Bidang Saintek

  • Ilmu Keolahragaan

Di UNESA ada Jurusan Ilmu Keolahragaan yang memiliki persaingan cukup rendah. Data ini berdasarkan perbandingan daya tampung sebanyak 88 orang sedangkan pendaftar pada tahun lalu ada 136 orang. Cukup sedikit jika dibandingkan jumlah pesaing yang ratusan bahkan ribuan pendaftar.

Untuk prospek pekerjaannya sendiri memang difokuskan menjadi guru olahraga. Bagi Anda yang hobi dengan olahraga, maka manfaatkan minat Anda tersebut sebagai karier dengan mulai memilih jurusan yang sesuai.

  • Pendidikan Teknik Elektro

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro di UNESA merupakan jurusan yang juga sedikit peminatnya. Dilihat dari daya tampung dibandingkan jumlah pendaftar tahun lalu dengan perbandingan 1 : 3, yaitu dengan jumlah real daya tampung yang disediakan 36 orang sedangkan jumlah pendaftarnya hanya 123 orang.

Bagi Anda yang hobi merakit-rakit barang elektronik, maka salurkan bakat dan minat Anda dengan mempelajari lebih dalam Teknik Elektro. Prospek pekerjaan di masa depan Anda bisa menjadi pengajar Teknik Elektro.

  • Fisika

Di kampus lain mungkin Fisika merupakan jurusan yang cukup ramai peminatnya. Karena Fisika termasuk bidang MIPA yang cukup banyak digemari. Namun tidak perlu khawatir, jika Anda sangat menginginkan masuk jurusan Fisika tetapi yang cukup rendah persaingannya, bisa Anda coba masuk di UNESA. Karena tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu ada 127 pendaftar saja dengan daya tampung 31 orang.

  • Kimia

Hampir sama seperti Jurusan Fisika, Jurusan Kimia juga merupakan jurusan UNESA yang sepi peminatnya. Karena berdasarkan data ada 237 pendaftar dengan daya tampung 31 orang pada penerimaan mahasiswa tahun lalu.

  • Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan Pendidikan Teknik Mesin di UNESA juga cukup jarang peminatnya. Jurusan di bidang Saintek ini tahun lalu hanya memiliki 168 pendaftar dengan perbandingan daya tampung sebanyak 36 orang. Cukup ringan kan persaingannya?

Bagi Anda yang menyukai dan ingin memperdalam ilmu Teknik Mesin, Anda bisa mencobanya di UNESA. Prospek pekerjaan dimasa depan Anda bisa menjadi guru di SMK untuk mengajar Teknik Mesin.

  • Pendidikan Teknologi Informasi

Jurusan yang berbasis Pendidikan dan sepi peminat selanjutnya adalah Jurusan Teknologi Informasi. Tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu hanya ada 164 pendaftar dengan daya tampung sebesar 36 orang.

Buat Anda yang sangat ingin menjadi guru Teknologi Informasi di sekolah menengah, bisa melanjutkan studinya di UNESA. Karena UNESA memang dikenal sebagai pencetak pengajar-pengajar yang berkualitas.

  • Pendidikan Teknik Bangunan

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan di UNESA masih sedikit peminatnya. Salah satu alasannya karena jurusan ini termasuk jurusan baru dan belum banyak orang yang paham akan prospek pekerjaannya kedepan.

Berdasarkan data tahun lalu, jurusan ini hanya menyediakan tempat untuk 18 orang mahasiswa. Sedangkan jumlah pendaftarnya total adalah 94 orang. Oleh karena itu, jurusan ini tergolong masih sedikit peminatnya.

  • Pendidikan Fisika

Jurusan Pendidikan Fisika berbeda dengan Jurusan Fisika karena jurusan Pendidikan Fisika memang difokuskan para lulusannya untuk menjadi pengajar atau guru. Sedangkan Jurusan Fisika mempelajari bidang Fisika murni yang bisa bekerja selain sebagai pengajar.

Tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu memiliki pendaftar sebanyak 188 orang dengan daya tampung 45 orang.

  • Pendidikan Kimia

Hampir sama dengan Jurusan Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia juga memiliki daya tampung mahasiswa sebanyak 45 orang, tetapi jumlah pendaftarnya masih lebih banyak, yaitu 264 orang.

  • Pendidikan Sains

Jurusan berbasis Pendidikan lainnya yang kurang peminatnya di UNESA adalah Jurusan Pendidikan Sains. Jurusan di bidang Saintek ini juga memiliki daya tampung 45 orang dan jumlah pendaftar sebanyak 262 orang.

 

 

Jurusan UNESA yang Sepi Peminat Bidang Soshum

  • Pendidikan Sendratasik

Jurusan Pendidikan Sendratasik ini cukup sedikit peminatnya hanya 1:2. Secara real jumlah pendaftar pada tahun lalu sebanyak 87 orang dengan daya tampung 40 orang.

Prospek pekerjaan dari jurusan ini adalah menjadi guru seni drama, tari, dan musik. Pekerjaan ini cukup berpeluang besar mengingat kebutuhan guru untuk kesenian sendratasik sangat banyak, mulai dari tingkat SD hingga SMA dan SMK.

  • Seni Musik

Jurusan Seni Musik di UNESA juga cukup ringan persaingannya, sebesar 1:3. Pada penerimaan tahun lalu tercatat hanya ada 100 pendaftar dengan daya tampung sebesar 31 orang.

Bagi Anda yang hobi bermain musik dan ingin berkarier di bidang musik secara professional, maka mulailah dengan menempuh Pendidikan formal juga di bidang musik.

  • Pendidikan Bahasa Jerman

Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman di UNESA pada tahun lalu dibuka untuk 19 orang. Sedangkan pendaftarnya hanya sebanyak 71 orang. Bagi Anda yang ingin menjadi guru Bahasa Jerman, di UNESA merupakan peluang yang besar untuk bisa lolos dan diterima menjadi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman.

  • Pendidikan Seni Rupa

Pada penerimaan mahasiswa tahun lalu tercatat jurusan Pendidikan Seni Rupa memiliki 130 orang pendaftar. Jumlah ini cukup sedikit bila dibandingkan dengan daya tampungnya sebesar 34 orang.

  • Pendidikan Bahasa Mandarin

Bagi Anda yang ingin menjadi guru Bahasa Mandarin bisa juga mencoba di UNESA karena peluang lolosnya cukup besar. Hal ini karena pada tahun lalu saja peminatnya hanya 146 pendaftar dengan daya tampung 31 orang.

Jangan khawatir setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan. Karena menjadi guru Bahasa Mandarin cukup besar peluangnya dicari oleh sekolah-sekolah untuk pilihan guru bahasa asing lainnya selain Bahasa Inggris.

  • Seni Rupa Murni

Program studi Seni Rupa Murni di UNESA cukup sedikit peminatnya, yaitu sebesar 67 orang dengan daya tampung 13 orang.

Prodi ini memang tidak berbasis Pendidikan, sehingga prospek pekerjaannya pun tidak dibatasi hanya sebagai pengajar.

  • Sastra Jerman

Jurusan Sastra Jerman berbeda dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Selain berbeda basis ilmunya yang difokuskan untuk menjadi pengajar bagi lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, juga cakupan ilmu yang dipelajari juga berbeda.

Tercatat pada penerimaan mahasiswa tahun lalu ada 109 pendaftar dengan daya tampung 18 orang. Prospek pekerjaannya pun cukup luas, Anda bisa menjadi ahli Bahasa dan Sastra Jerman, penerjemah, dan lain-lain.

  • Pendidikan Luar Sekolah

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah cukup ringan persaingannya. Tercatat hanya ada 173 pendaftar dibandingkan dengan daya tampungnya sebesar 36 orang.

  • Pendidikan Tata Niaga

Dengan daya tampung yang sama dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, yaitu 36 orang. Jurusan Pendidikan Tata Niaga lebih banyak peminatnya sebanyak 179 orang. Cukup tipis selisihnya.

  • Bahasa Jepang

Jurusan Bahasa Jepang juga merupakan pilihan prodi yang cukup sedikit pesaingnya karena pada tahun lalu tercatat hanya ada 190 pendaftar dengan daya tampung 36 orang.

 

Jurusan UNESA yang Sepi Peminat Jenjang Diploma

No.

Program Studi

Jenjang

Daya Tampung 2021

Peminat

1.

Manajemen Informatika

D4

36

0

2.

Teknik Mesin

D4

27

0

3.

Teknik Sipil

D4

36

0

4.

Transportasi

D4

36

0

5.

Kepelatihan Olahraga

D4

13

0

6.

Teknik Listrik

D4

36

0

7.

Desain Grafis

D4

13

0

8.

Administrasi Negara

D4

40

0

9.

Tata Boga

D4

27

0

10.

Tata Busana

D4

27

0

 

Demikian informasi mengenai jurusan UNESA yang sepi peminat. Bukan berarti jurusan tersebut tidak bagus, hanya saja ada beberapa jurusan yang termasuk jurusan yang baru dibuka dan belum banyak orang yang tahu. Selain itu, banyak orang yang masih mengejar jurusan favorit, seperti Akuntansi, Kedokteran, Hukum, dll. Nah, kesalahannya adalah mereka tidak mempertimbangkan minat dan bakat yang dimiliki karena tergoda dengan pendapat orang lain yang mengatakan jurusan lain lebih bagus.

Jadi manfaatkan waktu belajar Anda sebaik mungkin dengan mengetahui potensi diri dan minat yang diinginkan. Sehingga karier kedepannya pun bukan pekerjaan yang membebani dan membuat diri Anda stress, melainkan memang pekerjaan yang Anda sukai dan dunia membutuhkan keahlian Anda.

Posting Komentar untuk "20 Jurusan UNESA yang Sepi Peminat Berdasarkan Data Terbaru"