Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan favorit selain Jurusan Kedokteran. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Ilmu Kesehatan ini selalu ramai peminatnya dimanapun kampusnya.

Namun Anda pun harus jeli melihat peluang untuk bisa masuk jurusan Keperawatan yang terbaik. Apa saja sih universitas yang ada jurusan keperawatan terbaik di Indonesia? Karena jujur saja tidak semua kampus sudah mendapatkan akreditasi dimana hal ini nantinya akan mempengaruhi kualitas Anda sebagai lulusan kampus yang dipilih.

Baik atau tidaknya jurusan memang dinilai tidak hanya dari sisi akreditasi, banyak aspek yang perlu kita gali informasinya lebih lanjut. Hal ini bisa berkaitan dengan jumlah lulusan atau alumni yang menggambarkan seberapa banyak peminat dari kampus tersebut. Selain itu bagaimana karier pekerjaan para alumninya. Dari sini terlihat bahwa kampus yang bisa melahirkan lulusan-lulusan terbaik pastinya memiliki aspek internal yang juga berkualitas, seperti fasilitas di kampus, lingkungan, para pengajar, dan lain-lain.

Berdasarkan riset dari berbagai sumber informasi, termasuk data Dikti yang memuat akreditasi kampus secara resmi, berikut ini saya sajikan informasi universitas yang ada jurusan keperawatan di Indonesia.

 

Sumber Gambar : www.gustinerz.com

Universitas yang Ada Jurusan Keperawatan Hingga Jenjang Profesi Ners

·         Universitas Indonesia (UI)

Sebuah perguruan tinggi negeri di Jakarta, UI selalu menjadi salah satu kampus terbaik dan berperingkat tinggi di Indonesia dan dunia. Universitas Indonesia juga kembali mengantongi predikat A dari BAN-PT untuk prodi Ilmu Keperawatan pada tahun 2019 lalu. Bisa jadi alternatif prodi untuk kamu yang berminat mengambil kuliah di bidang kesehatan.

·         Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus yang berlokasi di Provinsi Yogyakarta ini juga tidak kalah favoritnya dibandingkan UI. Hampir seluruh program studinya memiliki predikat A. Program studi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada dengan predikat A dari BAN-PT pada Oktober 2019. Persaingan masuk ke prodi ini cukup ketat lho, di SBMPTN tahun 2021 saja hanya dibuka 35 kursi.

·         Universitas Padjajaran (UNPAD)

Perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat ini juga merupakan salah satu kampus idaman. UNPAD adalah universitas yang memiliki jurusan keperawatan terpisah atau memiliki fakultas sendiri. Gak cuma Ilmu Kedokteran yang ramai peminatnya di Universitas Padjajaran. Di SBMPTN tahun 2021, jumlah pendaftar prodi Ilmu Keperawatan mencapai 2.000 lebih orang, lho. Prodi ini sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2016.

·         Universitas Airlangga (UNAIR)

Kampus yang berlokasi di Surabaya ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2015. Pada akhir tahun 2020 mengikuti akreditasi lagi dan berhasil mempertahankan predikat A.

·         Universitas Riau (UNRI)

UNRI merupakan salah satu universitas yang ada jurusan keperawatan yang juga bisa Anda coba. Kampus yang terletak di Pekanbaru ini mendapat predikat A dari BAN-PT untuk prodi Ilmu Keperawatan pada Februari 2020. Prodi ini membuka kuota 80 kursi di SBMPTN tahun 2021.

·         Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY merupakan salah satu universitas yang ada jurusan keperawatan terbaik di Indonesia meski dari kampus swasta. Hal ini didukung jurusan tersebut di UMY sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminatnya dari tahun ke tahun pun selalu ramai. Di UMY juga disediakan program studi Keperawatan untuk jenjang profesi. Jadi Anda bisa melanjutkan sekolah di UMY hingga jenjang profesi sebagai Ners.

·         Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini pun tidak kalah favoritnya dan selalu menjadi incaran para calon mahasiswa. Program studi bidang kesehatan di Universitas Diponegoro gak cuma Ilmu Kedokteran saja yang ramai peminatnya. Prodi Ilmu Keperawatannya juga banyak dicari dan sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2016.

·         Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

UMJ merupakan salah satu kampus swasta di Jakarta yang memiliki program studi Keperawatan terbaik. Di UMJ tersedia program studi ini dari jenjang Diploma hingga Profesi Ners yang hampir seluruhnya mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jadi Anda tinggal masuk jenjang sarjana di UMJ dan bisa meneruskan kuliah hingga profesi di UMJ.

·         Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya merupakan salah satu kampus yang terletak di Jawa Timur yang memiliki prodi Ilmu Keperawatan terakreditasi A adalah Universitas Brawijaya. BAN-PT memberikan predikat ini bersamaan dengan Universitas Jember, yaitu pada Maret 2019.

·         Universitas Andalas (UNAND)

UNAND merupakan salah satu universitas yang terletak di Padang. Universitas Andalas mendapat predikat A untuk prodi Ilmu Keperawatan pada tahun 2019. Tahun lalu ada 800 orang lebih yang mendaftar ke prodi ini, sementara daya tampung di SBMPTN 2021 dibuka sebanyak 80 kursi.

·         Universitas Sumatera Utara (USU)

Berstatus terakreditasi A sejak tahun 2017, prodi Ilmu Keperawatan Universitas Sumatera Utara mendapat 800 lebih pendaftar pada SBMPTN 2021.

·         Universitas Jember (UNEJ)

Selain Universitas Airlangga, ada dua kampus lagi di Jawa Timur yag bisa jadi rujukan untuk calon mahasiswa yang berminat mengambil prodi Ilmu Keperawatan. Universitas Jember kembali mengantongi predikat A dari BAN-PT untuk prodi ini di tahun 2019.

·         Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Perguruan tinggi negeri di Purwokerto ini tidak kalah ramai peminatnya. Hampir seluruh program studi di UNSOED selalu banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Untuk program studi Keperawatan jenjang S1 memiliki predikat B di UNSOED dan masuk dalam fakultas Ilmu Kesehatan yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas regular dan kelas internasional. Di UNSOED pun tersedia program studi Keperawatan ini untuk jenjang profesi Ners yang sudah terakreditasi A.

·         UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ada dua kampus negeri yang bisa kamu pilih jika ingin mengambil prodi S1 Ilmu Keperawatan di Jakarta. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang kembali mendapat akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2019 lalu.

·         Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

UNSYIAH merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Banda Aceh. Secara institusi UNSYIAH telah memiliki predikat A untuk akreditasi dari BAN PT sehingga Anda tidak perlu ragu lagi. Program studi Keperawatan di UNSYIAH tersedia untuk jenjang S1 dan profesi Ners.

·         Universitas Sriwijaya (UNSRI)

UNSRI merupakan salah satu kampus yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Tertarik mengambil program studi Ilmu Keperawatan di Universitas Sriwijaya? Prodi yang sudah terakreditasi A sejak tahun 2018 ini membuka kuota 60 kursi di SBMPTN 2021.

·         Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar juga mengantongi predikat A dari BAN-PT pada tahun 2019. Daya tampungnya di SBMPTN 2020 disiapkan 75 kursi bagi peserta yang lolos.

 

Nah, ada salah satu kampus idaman Anda kah di sana?

Perlu digarisbawahi juga bahwa kampus terbaik memang belum menjamin kualitas lulusannya baik. Itu semua kembali pada diri kita masing-masing. Apakah Anda bisa mengembangkan diri saat belajar di kampus tersebut.

Demikian informasi mana saja universitas yang ada jurusan keperawatan terbaik di Indonesia. Anda bisa selalu update untuk info akreditasi di website resmi PD Dikti.

 

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia"