Widget Atas Posting

Peraturan Pakaian Kuliah Mahasiswa di Kampus

Kuliah merupakan masa dimana Anda bebas berpakaian tanpa memakai seragam lagi. Ini salah satu yang membuat mahasiswa terlihat lebih keren meski masih sama-sama statusnya sebagai pelajar.

Bagi Anda yang saat ini mau lulus SMA, maka perhatikan tips dan trik di bawah ini mengenai peraturan pakaian kuliah. Jangan sampai Anda tidak mempersiapkannya dan akhirnya menganggu proses belajar Anda di kampus.

Berikut ini akan saya bagikan pengalaman selama kuliah dalam hal memilih outfit. Meski saya dulu bukan lah mahasiswa yang stylish, hanya saja saya sudah banyak mengamati bagaimana penampilan para mahasiswa dari tahun ke tahun.

 

Peraturan Pakaian Kuliah Pria


Kita mulai pembahasan peraturan pakaian kuliah sejak masa ospek ya, bagaimana cara memilih outfit yang sesuai dengan kebijakan kampus. Karena pada dasarnya berpakaian selama kuliah tidak ada peraturan tertulis yang mengikat, hanya disarankan untuk memakai pakaian yang sopan.

Masa ospek ini juga tergantung kebijakan masing-masing kampus mau memberikan peraturan dresscode selama ospek atau bebas. Kalau menurut pengalaman ospek dulu di UGM, ospek yang dilaksanakan selama satu minggu itu ada aturan berpakaiannya. Hal ini bertujuan untuk membedakan mana mahasiswa baru dan lama.

Ada hari dimana dibolehkan memakai baju bebas asal sopan, ada hari dimana ditentukan dresscode dari panitia ospek. Untuk pakaian pria sendiri selama ospek juga mengikuti peraturan panitia ospek, seperti tidak boleh pakai celana pendek dan sandal. Nah, kalau pakaian atasan ini tergantung dengan arahan kakak-kakak senior ya.

Memasuki perkuliahan yang sesungguhnya setelah ospek, ada peraturan berpakaiannya juga. Meski peraturan ini tidak tertulis dan tidak mengikat. Contohnya, pria tidak boleh kuliah menggunakan kaos tanpa kerah, tidak boleh bersandal, dan tidak bercelana jeans ketat.

Namun pada kenyataannya, di kelas yang saya ikuti pun beberapa pernah teman saya ada yang memakai kaos tanpa kerah tapi juga tidak mendapatkan teguran dari dosen kok.

Meski begitu banyak yang mengikuti peraturan pakaian kuliah sesuai standar, seperti memakai kemeja, kaos berkerah, bersepatu, dan celana panjang yang tidak ketat, malahan membuat beberapa dari mereka tidak jarang disebut culun. Karena selalu berkemeja, celana panjang kain, dan sepatu. Gaya yang tidak terlihat stylish ini sangat terlihat sopan dan direkomendasikan, tetapi malah dianggap aneh oleh sebagian anak muda.

Kalau sudah seperti itu, maka kembali pada diri sendiri, Anda lebih merasa percaya diri ketika berpakaian seperti apa. Jangan karena takut dibully dan dijuluki culun lalu Anda memaksakan diri mengikuti trend yang membuat diri tidak nyaman. Mulai sekarang cobalah tidak mendengarkan pendapat orang lain yang negative. Pernah membaca cerita nyata seorang lulusan ITB yang merasa salah kostum tetapi malah dipuji oleh interviewernya? Simak ceritanya di sini agar Anda lebih pede dengan pilihan cara berpakaian yang menurut Anda sesuai.

Sebagian mahasiswa pria juga lebih suka menggunakan baju batik dan baju koko ketika Hari Jumat. Karena baju koko bisa untuk outfit sholat Jumat juga. Hal ini tidak melanggar peraturan pakaian kuliah mahasiswa di kampus. 

Selanjutnya membahas outfit tas, sebenarnya kalau pria kebanyakan lebih menyukai tas ransel atau slempang untuk kuliah. Selain bisa muat banyak juga tidak banyak anak muda yang menyukai tas jinjing seperti mau kerja.

 

Peraturan Pakaian Kuliah Wanita


Masuk ke peraturan pakaian kuliah wanita. Cara berpakaian wanita itu memang lebih kompleks daripada pria. Hal ini karena pakaian wanita lebih banyak modelnya, bisa blouse, kaos berkerah, tunik, dan dress. Pilihan yang lebih banyak ini membuat wanita terlihat juga lebih modis untuk berpakaian sehari-hari.

Namun Anda juga harus memilih mana pakaian yang sesuai digunakan untuk kuliah, main, dan harian di rumah. Tenang saja, memasuki dunia kuliah tidak seseram yang dibayangkan hingga takut tidak bisa mengikuti trend.

Saya dulu juga sewaktu kuliah bukan mahasiswi yang selalu mengikuti trend. Saya lebih memilih pakaian yang dimiliki dan disesuaikan dengan timing. Karena menjadi mahasiswa jelas tidak punya uang banyak juga seperti wanita yang sudah bekerja. Kecuali kalau Anda memiliki budget sendiri untuk membeli pakaian atau memiliki pekerjaan sampingan yang membuat Anda juga berpenghasilan sambil kuliah.

Lalu bagaimana nasib para mahasiswi yang modalnya pas-pasan saja dan tidak ada budget tersendiri untuk beli baju. Solusinya adalah menabung.

Saya pun begitu dulu, setiap memiliki uang saku lebih saya kumpulkan untuk bisa beli buku, penelitian, atau beli baju. Tentunya beli baju pun tidak bisa sembarangan, lihat-lihat dulu ada diskon atau tidak.

Untuk outfit ospek sama dengan pria tergantung dengan peraturan yang diterapkan, bisa sesuai dresscode atau tidak. Beberapa tips berpakaian berikut ini agar sesuai dengan peraturan pakaian kuliah tetapi tetap nyaman dan bergaya :

  • Kemeja

Pakaian yang satu ini harus Anda miliki sebagai mahasiswa untuk digunakan saat kuliah. Kemeja membawa kesan yang cukup formal dan menunjukkan kesiapan untuk belajar di kelas. Kemeja sendiri memiliki berbagai macam jenis, ada lengan pendek, lengan panjang dan juga tiga perempat.

Kemeja berbahan flanel, sifon, dan denim adalah pilihan yang dapat digunakan. Pasangkan kemeja-kemeja tersebut dengan bawahan seperti celana jeans atau celana bahan dengan potongan lurus.  Pada momen tertentu di kampus Anda bisa juga gunakan kemeja batik.

  • Celana dan Rok Panjang

Ukuran celana atau rok yang panjang adalah hal yang wajib saat kuliah. Peraturan tersebut dibuat untuk menjaga sopan santun dan kenyamanan bersama di kampus. Tapi tenang,  jenis celana dan rok saat ini sangat bermacam-macam.

Jenis celana seperti palazzo, khaki, dan chino dapat  membantu tampilanmu lebih feminim dan rapi. Celana-celana tersebut cocok dipadu padankan dengan blus berbahan sifon. Sedangkan celana jeans dan kulot membawa kesan lebih casual namun tetap sopan. Pilihan rok ada baiknya kamu memiliki jenis rok midi atau rok maxi.

  • Dress

Pakain saat kuliah yang dapat Anda coba selanjutnya adalah baju/dress terusan yang casual. Dengan baju terusan penampilan Anda akan terkesan lebih girly dan elegan dalam beberapa model.

Pilihlah baju terusan yang memiliki panjang dibawah lutut atau minimal selutut agar penampilan tetap terlihat sopan. Selain itu, kenakan baju terusan yang longgar atau tidak ketat. Dalam padu padan baju terusan kamu harus hati-hati memilih pakaian yang cocok, bisa saja terlihat keren tapi justru tidak pantas digunakan di kampus.

  • Outer

Satu lagi pakaian yang dapat kamu kenakan saat kuliah, yaitu outer. Outer terdiri dari beberapa macam seperti jaket, blazer dan cardigan. Meskipun beberapa kampus tidak mempermasalahkan penggunaan kaos saat berkuliah, namun ada baiknya Anda padu padankan kaos dengan beberapa outer tersebut. Penampilan Anda akan terlihat lebih sopan.

Jangan asal memilih jaket, ya. Cobalah jaket denim, jaket kulit, dan trench coat yang biasanya memiliki kerah. Selain itu, penggunaan blazer dengan padu padan celana jeans dan sneakers dijamin membuat penampilan Anda jadi keren tapi tetap sopan. 

 

Peraturan Pakaian Kuliah Hijab


Bagi Anda yang memutuskan untuk berkuliah di kampus Islam, seperti UMY, UMM, UIN, UII, dll, pastinya ada peraturan pakaian kuliah yang lebih detail, tidak sebebas di kampus-kampus pada umumnya.

Hal yang membedakan pada akhirnya sama sih terletak pada kesopanan. Hanya saja misalkan wanita berhijab di kampus A (umum) boleh bercelana jeans sedangkan di kampus B (Islam) tidak diperbolehkan. Sebenarnya pilihan celana jeans ini juga tergantung dengan pakaian atasan yang digunakan. Seperti jika bercelana jeans tetapi memakai atasan yang pendek maka akan terlihat lekuk tubuhnya yang merupakan aurat seorang wanita. Sedangkan jika bercelana jeans tapi memakai atasan panjang hingga menutupi lutut maka akan terlihat berbeda.

Peraturan pakaian kuliah untuk yang berhijab ini menurut saya juga perlu diterapkan di seluruh kampus, tidak memandang itu kampus islam atau bukan. Karena saat ini mulai banyak wanita berhijab yang mengabaikan sisi aurat, yang penting terlihat gaya saja. Tidak jarang kan melihat wanita berhijab yang pakaiannya ketat.

Tips dari saya untuk Anda yang berhijab, entah berkuliah di kampus umum atau Islam, menurut saya tetap jangan abaikan penampilan yang bisa memperlihatkan aurat Anda secara tidak sadar. Pilihlah pakaian atasan yang panjang, seperti tunik atau outer yang bisa Anda padu padankan dengan pakaian pendek.

Untuk peraturan hijab sendiri, lebih baik memilih hijab yang simple dan biarkan hijab menutupi bagian dada Anda. Selain itu membuat Anda merasa lebih nyaman juga menjaga pandangan lain dari kaum adam.

 

Peraturan pakaian kuliah memang tidak ada penjelasan detailnya secara tertulis, hanya biasanya disebutkan berpakaian sopan dan rapi. Namun interprestasi dari sopan dan rapi menurut pandangan masing-masing orang seringkali berbeda.

Jadi jangan khawatir dan Anda juga tidak perlu bingung untuk memilih outfit kuliah besok. Berpakaian simple bukan berarti culun atau ketinggalan jaman, tetapi kita memilih berpakaian sesuai tempat dan waktunya.

Posting Komentar untuk "Peraturan Pakaian Kuliah Mahasiswa di Kampus"