Widget Atas Posting

Universitas Swasta Jurusan Bahasa Korea di Indonesia

Menurut saya belajar bahasa, tidak hanya Bahasa Indonesia, merupakan hal yang memiliki kesenangan tersendiri. Sayangnya, dulu ketika saya masih duduk di bangku SMA, minat terhadap bidang studi bahasa tidak banyak. Selalu IPA yang lebih banyak peminatnya sehingga karena kapasitas yang tidak cukup, maka harus dipilih berdasarkan peringkat nilai IPA, dan yang terendah harus masuk IPS.

Padahal belajar bahasa Indonesia dan bahasa asing sangat lah banyak manfaatnya ketimbang mengikuti trend masuk IPA yang sebenarnya minat kita tidak terlalu besar terhadap bidang tersebut.

Nah, kemunculan Korean Wave beberapa tahun terakhir inipun turut menambah minat orang-orang untuk belajar Bahasa Korea agar bisa mengikuti para idolanya. Menurut saya itu strategi yang sangat pas untuk mengenalkan budaya kepada dunia. Lihatlah sekarang ini siapa yang tidak tahu drama Korea dan K-Pop.

Bagi Anda yang juga berminat untuk mempelajari bahasa asing, khususnya Bahasa Korea, tidak perlu khawatir karena di Indonesia sendiri tersedia beberapa universitas swasta Jurusan Bahasa Korea dan juga negeri yang bisa mengembangkan minat dan bakat Anda.

 


Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Bahasa Korea ?

Jurusan Sastra Korea akan mengajak Anda untuk mempelajari dan mengenal negeri Gingseng ini dalam lingkup yang lebih luas lagi. Tidak hanya bahasa saja, mahasiswa juga akan dikenalkan dengan budaya, adat, kebiasaan, hingga sejarah lengkap dari negara ini. Fokus utama dari jurusan ini adalah mempelajari bahasa Korea yang meliputi cara bicara, menulis, membaca, mendengarkan percakapan, hingga pelafalan dialek dari setiap daerah.

Umumnya, pembahasan utama yang akan ditemui dalam mata kuliah bahasa meliputi fonologi, linguistik, dan fonetik. Selanjutnya, kamu akan diajak menengok sejenak perihal sejarah dari Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun silam. Tidak cukup sampai disitu saja, kamu juga akan diajak mempelajari kesusastraan Korea. Dari hal-hal tersebut, budaya modern Korea bisa terbentuk seperti sekarang ini.

 

Daftar Universitas Swasta Jurusan Bahasa Korea di Indonesia

Berikut ini daftar universitas swasta dan negeri yang tersedia Jurusan Bahasa Korea di seluruh Indonesia:

  1. Universitas Nasional (UNAS)
  2. Akademi Bahasa Asing Nasional (ABANAS)
  3. Universitas Pendidikan Indonesia

 

Universitas Negeri Jurusan Bahasa Korea di Indonesia

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Lambung Mangkurat
  5. Universitas Diponegoro

 

Kenapa Memilih Universitas Swasta Jurusan Bahasa Korea ?

Bagi Anda yang masih bingung setelah lulus dari Jurusan Bahasa Korea bisa mendapatkan karier apa di masa depan. Simak penjelasan berikut ini :

  1. Tidak hanya bahasa, kuliah jurusan sastra juga mengajak mahasiswanya untuk mengenal lebih jauh lagi perihal negara tersebut.
  2. Hubungan kerja sama yang terjalin antara Korea Selatan dan Indonesia resmi berubah dari strategic partnership menjadi special strategic partnership. Hal ini membuat peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan milik Negeri Gingseng ini akan semakin terbuka lebar.
  3. Peluang untuk bisa mengunjungi  Korea, entah untuk belajar ataupun sekedar liburan, semakin terbuka lebar. Anda bisa mendaftarkan diri dalam program beasiswa maupun exchange yang sering diadakan oleh kampus-kampus ternama di Korea. Tidak hanya itu saja, ada banyak kegiatan lain yang bisa diikuti seperti konferensi di Korea, seminar, pertukaran pelajar, hingga olimpiade.
  4. Sebagai seorang lulusan sastra, akan ada banyak peluang pekerjaan yang menanti di masa depan. Apa saja prospek pekerjaannya? Silahkan baca hingga selesai ya!

 

Dunia Perkuliahan Universitas Swasta Jurusan Bahasa Korea

Jika Anda berpikir bahwa yang bisa masuk ke jurusan ini hanya orang-orang yang mahir berbahasa Korea, Anda salah besar. Saat mendaftar ke jurusan ini, Anda tidak akan dimintai sertifikat ataupun bukti kemampuan bahasa Korea. Tes masuk yang diadakan juga sama seperti tes pada jurusan lain. Nantinya, Anda akan diajarkan bahasa Korea selama masa perkuliahan.

Seperti telah disebutkan di atas, ada banyak hal selain bahasa yang akan dipelajari saat kamu berkuliah di Jurusan Sastra Korea. Di jurusan ini, ada banyak mata kuliah yang akan diajarkan. Tidak hanya pada lingkup bahasa saja, tetapi juga menyentuh ranah yang lebih luas lagi seperti budaya, sejarah, dan adat.

Salah satu mata kuliah yakni Sejarah Korea Modern mempelajari sejarah Korea dari awal dinasti Joseon sampai akhir penjajahan Jepang, seru ya? Tentunya, materi ini tidak bisa kamu dapatkan hanya dari menonton drama Korea saja. Deretan mata kuliah lain yang akan dipelajari dari jurusan ini adalah Bacaan Bahasa Korea, Sejarah Korea, Hanja, Tata Bahasa, Percakapan, Penulisan, Terjemahan, dan Bahasa Korea Bisnis.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang Tourism Korea, Sejarah Kesusastraan Korea, Masyarakat dan Budaya Korea, Semantik Bahasa Korea, Pengkajian Drama, Morfosintaksis, Pengkajian Puisi, Telaah Kesusastraan Korea, Sejarah Korea Kontemporer, Pengkajian Prosa Korea, Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea. Itulah sederet mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Sastra Korea.

 

Prospek Pekerjaan Lulusan Bahasa Korea

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari Jurusan Bahasa Korea nanti. Karena hal itu pun kekhawatiran yang tidak terbukti yang saya alami. Dulu sewaktu SMA saya suka dengan pelajaran Bahasa Perancis, dan di luar pelajaran (ekstrakurikuler) saya pun mengambil Bahasa Mandarin. Namun karena kurangnya informasi pada saat itu, banyak yang khawatir tidak memiliki masa depan yang bagus setelah lulus nanti. Oleh karena itu, saya pun tidak melanjutkan minat saya tersebut.

Salah satu pilihan karier yang paling banyak diminati adalah translator atau penerjemah. Bidang profesi ini berkewajiban untuk menerjemahkan teks yang diminta oleh klien. Translator bisa berdiri secara individu atau freelance ataupun bergabung dengan lembaga translator. Gaji seorang translator bahasa Korea juga cukup menggiurkan.

Ada juga profesi yang namanya interpreter yakni penerjemah lisan. Umumnya profesi ini dibutuhkan dalam banyak kontes pekerjaan dan kerja sama dengan perusahaan multinasional Korea. Menariknya, banyak lulusan Sastra Korea yang juga menjadi seorang intrepreter artis ataupun idol Korea yang sedang berkunjung ke Indonesia. Hemm, siapa yang mau nih jadi interpretes idolanya saat datang ke Indonesia?

Pilihan karier berikutnya adalah menjadi seorang jurnalis. Menjadi seorang jurnalis tidak hanya dituntut untuk cepat dan tanggap saja namun juga harus mampu menguasai bahasa asing. Bukan tanpa alasan, pasalnya jurnalis bertugas mewawancarai banyak orang dari berbagai negara. Anda juga bisa menekuni profesi ini sebagai lulusan Jurusan Bahasa Korea dengan menjadi seorang jurnalis yang kreatif, kritis, pandai mengolah dan menyampaikan informasi yang aktual juga terpercaya.

Prospek pekerjaan lain yang paling sering diincar oleh para lulusan Sastra Korea adalah menjadi dosen, guru, pengusaha, hingga karyawan di perusahaan-perusahaan Korea. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar sebagai pramugara/pramugari dari maskapai penerbangan internasional. Karena pekerjaan itupun membutuhkan kemampuan berbahasa asing.

 

Jadi bagaimana nih semakin mantap kan mau lanjut masuk perguruan tinggi dengan jurusan Bahasa Korea? Pilihan kampus negeri atau swasta itu tergantung dengan Anda, yang terpenting jangan lupa untuk mempertimbangkan akreditasinya juga karena itu menentukan kualitas perkuliahan yang akan Anda dapatkan.

Jumlah universitas swasta Jurusan Bahasa Korea yang ada di Indonesia memang lebih sedikit dibandingkan universitas negeri. Namun tidak jadi soal karena hampir seluruh kampus di Indonesia yang menyediakan Jurusan Bahasa Korea sudah terakreditasi A.

 

Posting Komentar untuk "Universitas Swasta Jurusan Bahasa Korea di Indonesia"