Widget Atas Posting

Universitas Swasta yang Ada Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan di bidang medis yang tak kalah pentingnya. Selain dokter dan bidan, profesi perawat pun sangat dibutuhkan.

Di Indonesia ada cukup banyak pilihan kampus negeri dan universitas swasta yang ada jurusan keperawatan. Hampir seluruhnya sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Profesi yang sangat mulia ini tidak hanya membantu merawat dan menyembuhkan pasien secara fisik, tetapi juga mental. Jadi jangan remehkan tugas seorang perawat atau suster di rumah sakit.



Berikut ini informasi mengenai daftar universitas swasta di Indonesia yang ada jurusan keperawatan. Jenjang pendidikannya pun beragam, dari diploma hingga profesi.

Untuk melakukan cek akreditasi kampus yang akan dipilih, Anda bisa mengeceknya langsung melalui website PD Dikti. Karena akreditasi selalu diperbarui selama lima tahun sekali untuk mengetahui kualitas pembelajaran di kampus tersebut.

Jika Anda sewaktu SMA memilih minat di bidang IPA, maka jurusan ini sangat cocok jika Anda tidak ingin menjadi dokter yang kuliahnya tentu lebih mahal.

Namun jangan khawatir jika Anda lulusan dari IPS tetapi ingin menjadi perawat. Anda bisa mencari kampus mana yang menerima dari lulusan IPS.

 

Daftar Universitas Swasta yang Ada Jurusan Keperawatan di Jakarta

·         Universitas Muhammadiyah Jakarta

·         Universitas Esa Unggul

·         Universitas Respati Indonesia (URINDO)

·         Universitas Kristen Krida Wacana

·         Akademi Keperawatan (AKPER) Fatmawati

·         Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus (STIKES)

·         Universitas Nasional

·         Universitas Binawan

·         STIKES Binawan

 

 

Daftar Universitas Swasta yang Ada Jurusan Keperawatan di Luar Jakarta

·         Universitas Muhammadiyah Jakarta

·         Universitas BSI, Bandung

·         Universitas Muhammadiyah Surakarta

·         Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

·         Universitas Patria Artha, Makassar

·         Universitas Pesantren Tinggi Darul `Ulum, Jombang

·         Universitas Respati Yogyakarta, Yogyakarta

·         STIKES Bali, Denpasar

·         STIKES Bhakti Kencana, Bandung

·         STIKES Dharma Husada, Bandung

·         STIKES Immanuel Bandung

·         STIKES Jenderal Achmad Yani, Cimahi

·         STIKES Kusuma Husada Surakarta, Surakarta

·         STIKES Ngudi Waluyo, Ungaran - Semarang

·         STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto, Mojokerto

·         STIKES Muhammadiyah Banjarmasin, Banjarmasin

·         STIKES Mitra Lampung

·         STIKES Tuanku Tambusai, Riau

·         STIKES Mercubaktijaya Padang, Padang

·         STIKES Syedza Saintika, Padang

·         STIKES Bina Husada Palembang

·         STIKES Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta

·         STIKES Surya Global, Yogyakarta

 

 

Minat di Bidang Keperawatan

Di Jurusan Keperawatan sendiri nantinya akan dibagi lagi berdasarkan minat studi. Ada pilihan cukup banyak minat studi yang bisa Anda ambil untuk bisa lebih fokus dalam belajar.

·         Ilmu Keperawatan.

·         Keperawatan Anak.

·         Keperawatan Maternitas.

·         Keperawatan Dewasa.

·         Keperawatan Jiwa.

·         Keperawatan Medikal Bedah.

·         Keperawatan Komunitas.

 

 

Universitas Swasta yang Ada Jurusan Keperawatan : Dunia Perkuliahan dan Prospek Kerja

Setelah masuk jurusan ini kira-kira apa saja yang akan Anda pelajari dan yang lebih penting lagi adalah alasan mengapa Anda memilih jurusan ini. Tentunya masing-masing orang memiliki alasannya sendiri terkait pilihan jurusan, seperti berikut ini :

  1. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan dan asuhan kesehatan yang semakin meningkat secara tidak langsung juga berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan tenaga medis, salah satunya perawat. Jadi, Quipperian tak perlu risau ya akan peluang kerjanya.
  2. Lapangan kerja lulusan Ilmu Keperawatan sangat luas, mulai dari di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, home care, panti jompo, dan sebagainya.
  3. Menjadi seorang perawat, memungkinkanmu untuk go international lho! Karena perawat merupakan salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN. Jadi persiapkan dirimu agar mampu bersaing dengan perawat-perawat dari negara-negara di ASEAN.
  4. Tenaga perawat Indonesia juga dibutuhkan oleh Negeri Sakura. Kalau kamu lulus seleksi maka akan dikirim sebagai kandidat nurse (perawat klinis) juga careworker yang ditempatkan di rumah sakit maupun panti jompo di berbagai wilayah.
  5. Orang lain aja dirawat dengan sepenuh hati, bagaimana keluarga? Wah idaman banget deh lulusan Ilmu Keperawatan.

 

Dunia Perkuliahan di Jurusan Keperawatan

Ketika Anda memutuskan untuk melanjutkan studi di jurusan Ilmu Keperawatan, artinya Anda pun harus menyiapkan rencana studi selama 4 tahun atau 8 semester hingga lulus. Fokus pembelajaran yaitu pada perawatan individu agar bisa mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal juga kualitas hidupnya. Anda juga akan belajar tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio, psiko, sosio, spiritual dan kultural. Karena orang yang sakit itu banyak faktornya, bisa dari fisiknya yang memang rentan, kondisi psikologis, lingkungan di sekitar pasien, dan bagaimana kondisi spiritual pasien.

Beberapa mata kuliah secara umum yang akan Anda temui seperti Dasar-Dasar Ilmu Keperawatan, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Kesehatan Daerah Pantai, Psikologi dalam Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dan sebagainya. Setelah lulus dengan gelar Sarjana Keperawatan, jika Anda ingin menjadi perawat di Rumah Sakit maka Anda harus menempuh Studi Profesi Ners selama 1 tahun.

Pendidikan profesi sebagai ners biasanya dilaksanakan melalui praktik di pusat pelayanan kesehatan. Jadi Anda akan dibekali dengan pengalaman profesional dengan belajar secara langsung di rumah sakit ataupun klinik kesehatan lainnya.

Selama menempuh pendidikan profesi ners ini, Anda akan menerapkan segala teori dan konsep yang telah dipelajari di bangku kuliah. Anda pun akan melaksanakan asuhan keperawatan serta mengelola pelayanan keperawatan. Nah, kalau ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana juga ada banyak sekali kampus bergengsi yang bisa Anda jadikan referensi. Seperti daftar universitas di atas.

 

Prospek Kerja

Anda tak perlu khawatir tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari Jurusan Keperawatan tersebut. Karena profesi di dunia medis ini sangat dibutuhkan, sama seperti profesi bidang Kesehatan lainnya, seperti dokter, bidan, dan analis Kesehatan.

Sekalipun setiap tahun ada lulusan baru, lapangan kerja yang tersedia masih luas. Karena saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga meningkat. Selain di Rumah Sakit, lulusan perawat bisa praktik di Puskesmas, Klinik Kesehatan, Panti Jompo, dan menjadi perawat pribadi di suatu keluarga.

Dengan mempertimbangkan kemampuan, area tempat bekerja, level yang dimasuki, dan pengalaman yang dimiliki maka profesi ners pun bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Bergabung menjadi tim gawat darurat yang terjun ke lokasi bencana juga tidak kalah mulia jika Anda seorang yang sangat berjiwa kemanusiaan tinggi.

Nah, kamu pun bisa mengeksplorasi bakatmu dengan bekerja di perusahaan asuransi atau menjadi akademisi dan peneliti. Profesi lainnya yang tidak terikat dengan rumah sakit Anda bisa memilih untuk menjadi pengasuh anak/bayi, perawat lansia, dan pekerja sosial medis.

Pada jurusan keperawatan ini, selain memiliki kemampuan soft skill Anda juga belajar untuk menguasai hard skill atau pengetahuan yang baik untuk bisa menjadi seorang perawat yang dapat diandalkan.

Tidak hanya membekali ilmu-ilmu medis, seperti hafalan anatomi hingga alat-alat kesehatan, jika Anda menjadi seorang perawat Anda pun harus memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap pasien.

Demikian informasi mengenai beberapa universitas swasta yang ada jurusan Keperawatan di Indonesia. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih jurusan dan minat studi nantinya.

Posting Komentar untuk "Universitas Swasta yang Ada Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia"