Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia dan Dunia

 

Desain interior tak lagi menjadi profesi yang langka setelah banyak keindahan bangunan-bangunan berupa hunian dan perkantoran, khususnya di kota-kota besar.

Keunggulan bangunan-bangunan tersebut terletak pada kepiawaian para desainer interior. Tidak heran jika saat ini pekerjaan menjadi desainer interior menjadi tambang emas di era new normal.

Lantas bagaimana studi yang semestinya Anda tempuh untuk selanjutnya bisa menekuni bidang seni ini? Tidak perlu khawatir, karena di Indonesia sudah cukup banyak universitas yang ada jurusan Desain Interior. Selain itu, Anda juga bisa memilih melanjutkan studi ke luar negeri untuk memperkaya ilmu Anda.

Berikut ini akan saya informasikan beberapa kampus terbaik di Indonesia dan luar negeri, yaitu kampus yang ada jurusan Desain Interior dengan akreditasi yang cukup baik.

 


Universitas yang Ada Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

·         Institut Teknologi Bandung

·         Institut Seni Indonesia Yogyakarta

·         Universitas Sebelas Maret

·         Universitas Bina Nusantara

·         Institut Seni Indonesia Denpasar

·         Universitas Telkom

·         Universitas Kristen Petra

·         Universitas Komputer Indonesia

·         Universitas Kristen Maranatha

·         LaSalle College Jakarta

·         Universitas Indonesia

·         Sekolah Tinggi Desain InterStudi

·         Universitas Trisakti

·         Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

·         Institut Teknologi Nasional

·         Universitas Mercu Buana

·         Binus University

·         LaSalle College Surabaya

·         Institut Seni Indonesia Surakarta

·         Universitas Gunadarma

 

 

Universitas yang Ada Jurusan Desain Interior Terbaik di Dunia

·         Converse College

·         Akademi Desain Florence

·         Salem College

·         Sekolah Desain Interior, London

·         Universitas Marywood

·         Sekolah Tinggi Seni dan Desain Savannah

·         Universitas Auburn

·         Pratt Institute

·         Universitas Taylor

·         Sekolah Tinggi Seni & Desain Visual

·         Sekolah Desain Interior New York

·         Sekolah Desain Rhode Island

·         Universitas Purdue

·         Sekolah Seni Chelsea

·         Stanford University

 

Universitas yang Ada Jurusan Desain Interior : Info Perkuliahan dan Prospek Kerja

Desain interior dapat didefinisikan sebagai proses peningkatan atau pembesaran keindahan dan penataan tempat tertentu. Pada dasarnya, organisasi ini terjadi di ruang tertentu menggunakan beragam desain dan barang-barang indah.

Bertahun-tahun lalu, dekorasi interior adalah bagian dari deskripsi pekerjaan arsitek. Pusat dekorasi interior terletak pada pahatan, bingkai, dan tulisan terukir.

Hari ini, ceritanya telah berubah karena banyak inovasi telah diperkenalkan untuk meningkatkan pilihan yang tersedia.

 

Jurusan Desain Interior Berbeda Dengan Jurusan Arsitektur

Jangan mentang-mentang melekat kata desain dan interior di jurusan ini lalu diidentikkan dengan arsitektur, tidak demikian maksudnya. Jurusan Desain Interior tidak sama dengan dengan Jurusan Arsitektur, perbedaannya terletak pada beberapa hal walaupun sama-sama mengkaji tentang rancangan atau desain.

Jurusan Desain Interior mempelajari perancangan dan perencanaan tata ruang dalam bangunan yang tidak terlepas dari unsur estetika, fungsi, dan kenyamanan bagi pemilik atau pengguna ruangan tersebut. Sedangkan Jurusan Arsitektur mempelajari desain, konstruksi, dengan mempertimbangkan fungsi struktur dan estetika bangunan secara menyeluruh.

Jadi cukup jelas ya perbedaan kedua jurusan tersebut. Meskipun sama-sama memperhatikan unsur estetika tapi objeknya berbeda yakni Jurusan Arsitektur mengkaji rancangan keseluruhan bangunan sedangkan desain interior mengkaji optimalisasi pemanfaatan ruangan.

 

Jenis-jenis Desain Interior

Hunian: Ini pada dasarnya adalah desain yang digunakan di apartemen perumahan / tempat tinggal pribadi. Intinya, desain ini memotong gaya dan pola yang berbeda karena selera masing-masing berbeda. Desainer akan menghadapi tantangan besar ketika datang ke manajemen ruang. 

Komersial: Ini adalah desain yang dieksekusi di banyak area. Ini termasuk; Organisasi perusahaan, Institusi Pendidikan, Ruang olahraga, Rumah Sakit, Restoran dll. 

Menariknya, banyak desainer menghadapi tantangan yang lebih besar di sini karena desain ini harus sesuai dengan selera banyak orang.

 

Jenjang Studi Jurusan Desain Interior

Anda dapat mengejar desain interior sebagai bidang studi di bawah beragam program. Pada dasarnya, program-program ini dibagi menjadi :

 

  • Associate Degree

Program gelar associate adalah program pendidikan pasca sekolah menengah. Intinya, ini adalah dua tahun pertama Anda dalam program sarjana.

Siswa desain interior mengejar gelar associate perlu menyelesaikan 60-64 jam studi. Selain itu, mereka harus memiliki CGPA minimum 3.0.

Menariknya, Anda mendapatkan kualifikasi untuk bekerja sebagai asisten desain setelah Anda menyelesaikan gelar ini. Tetapi Anda harus memiliki gelar sarjana untuk memenuhi posisi entry-level.

 

  • Sarjana

Gelar sarjana akan memberi Anda keterampilan teknis yang diperlukan yang digunakan dalam mendesain. Lebih dari itu, Anda bisa belajar tentang keterampilan bisnis.

Anda bisa membuat kode, memahami teori desain serta teknik komunikasi di bawah program sarjana.

 

  • Gelar Master

Lucunya, individu yang bukan desainer dapat memasuki bidang ini melalui program ini.

Pada dasarnya, siswa dapat menulis proyek di area desain tertentu. Mereka dapat berspesialisasi dalam bidang desain yang mereka minati.

 

  • Doktor

Anda siap memberi kuliah desain interior pada level ini. Selain itu, Anda bisa melakukan penelitian desain dan mempelajari banyak literatur.

Secara meyakinkan, Anda dapat kuliah desain interior di Universitas atau bekerja di Kementerian.

 

  • Program sertifikat

Penting untuk dicatat itu program sertifikat memiliki beragam persyaratan. Namun, setidaknya Anda harus memiliki ijazah sekolah menengah atau sarjana.

Akhirnya, banyak dari program-program ini memiliki dua tahun kursus di samping 60 jam kelas.

 

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Desain Interior

Kalau ngomongin prospek kerja jurusan yang satu ini ada banyak banget alias cukup luas lingkup kerjanya. Lulusannya nggak cuma jadi seorang desainer interior atau konsultan properti. Kalau mau bergabung dengan perusahaan, lulusan jurusan ini bisa mengisi posisi teknisi interior atau pengawas konstruksi. Kalau mau join di BUMN juga bisa banget, ada banyak BUMN yang berfokus pada jasa konstruksi, sebut saja PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Adhi Karya (Persero), dan lain-lain.

Nah, kalau ingin buka usaha sendiri, Anda bisa mulai dari yang kecil atau menengah dengan membuka toko material yang khusus menyediakan kebutuhan interior. Berhubung Anda paham mengenai bahan dan spesifikasi yang dibutuhkan dalam setiap proyek pengerjaan konstruksi interior, kalau memang ada kemampuan untuk membuka bisnis yang lebih besar, Anda cocok untuk menjalani bisnis di bidang properti.

Peluang menjadi abdi negara atau PNS juga terbuka bagi lulusan jurusan ini. Beberapa kementerian seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perindustrian memberikan peluang bagi lulusan Jurusan Desainer Interior.

 

Desainer Interior ?

Desainer interior adalah individu yang terlatih yang melakukan fungsi meningkatkan keindahan dan sifat lingkungan. Selain itu, mereka meningkatkan lingkungan menggunakan metode yang berbeda tanpa merusak elemen alaminya.

Desainer interior bekerja di lingkungan yang beragam mulai dari museum, kantor perusahaan, sekolah hingga apartemen hunian.

 

Demikian beberapa informasi mengenai apa itu Jurusan Desain Interior, prospek pekerjaan, dan universitas yang ada jurusan Desain Interior di Indonesia dan luar negeri. Menurut saya profesi sebagai desainer interior kedepannya akan semakin luas seiring dengan semakin bertambahnya penduduk yang pastinya tidak hanya tertarik tetapi membutuhkan property.

Bertambahnya kebutuhan akan property ini tidak akan sama dengan menurunnya ketersediaan lahan untuk membangun property itu sendiri. Pastinya dibutuhkan penataan ruangan yang baik dan indah untuk memberikan nilai estetika sebuah desain interior.

Jadi jangan ragu jika saat ini Anda sangat berminat terhadap hobi mendesain ruangan, karena siapa tahu hobi Anda tersebut kelak menjadi profesi yang mendatangkan banyak uang.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia dan Dunia"