Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Hubungan Internasional di Dalam dan Luar Negeri

Jurusan Hubungan Internasional identik dengan mencetak para lulusannya menjadi diplomat. Profesi yang nantinya bekerja sebagai perwakilan kedutaan Indonesia di luar negeri ini memang cukup keren. Jika ingin berprofesi di embassy, Anda pun harus melanjutkan kuliah di universitas yang ada jurusan Hubungan Internasional.

Saya pun pernah sangat mengidolakan jurusan ini sewaktu lulus kuliah, tetapi mempertimbangan biaya masuk HI di UGM yang saat itu tak bisa dipenuhi membuat saya memilih mengubur dalam-dalam cita-cita tersebut. Namun memang pada kenyataannya jurusan ini selalu menjadi jurusan terfavorit di beberapa kampus terbaik di Indonesia.

Berikut ini akan saya informasikan mana saja universitas yang ada jurusan Hubungan Internasional di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jadi Anda pun tetap bisa melanjutkan impian Anda dengan mempertimbangkan kualitas perkuliahan, biaya kuliah yang terjangkau, dan relasi para alumnus kampus.

 


 

Universitas yang Ada Jurusan Hubungan Internasional : PTN di Indonesia

·         Universitas Brawijaya

·         Universitas Sulawesi Barat

·         Universitas Airlangga (UNAIR)

·         Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

·         Universitas Andalas

·         Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta

·         Universitas Mulawarman

·         Universitas Udayana

·         Universitas Maritim Raja Ali Haji

·         Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

·         Universitas Gadjah Mada

·         Universitas Riau

·         Universitas Tanjungpura

·         Universitas Mataram

·         UPN Veteran Yogyakarta

·         Universitas Jember

·         Universitas Lampung

·         Universitas Cenderawasih

·         Universitas Sriwijaya

·         Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

·         Universitas Indonesia (UI)

·         Universitas Diponegoro

·         UPN Veteran Jawa Timur

·         Universitas Padjadjaran (UNPAD)

·         Universitas Hasanuddin

·         Universitas Sebelas Maret

·         UIN Syarif Hidayatullah Jakarta



Universitas yang Ada Jurusan Hubungan Internasional : PTS di Indonesia

·         Universitas Paramadina

·         Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

·         Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

·         Universitas Islam Indonesia (UII)

·         Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

·         Universitas Budi Luhur

·         Universitas Satya Negara Indonesia

·         Universitas Pasundan

·         Universitas Kristen Satya Wacana

·         Binus University

·         Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

·         Universitas Slamet Riyadi

·         Universitas Almuslim

·         Universitas Muhammadiyah Malang

·         Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

·         Universitas Kristen Indonesia

·         Universitas Pertamina

·         Universitas Satyagama

·         International University Liaison Indonesia

·         Universitas AMIKOM Yogyakarta

·         Universitas Darul Ulum

·         Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

·         Universitas Nasional

·         Universitas Jenderal Achmad Yani

·         Universitas Jayabaya

·         President University

 

Universitas yang Ada Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Dunia

Universitas di dunia yang memiliki Jurusan Hubungan Internasional sangat banyak tentunya. Namun saya hanya akan memberikan informasi mana saja universitas yang ada Jurusan Hubungan Internasional terbaik di dunia. Karena sayang sekali jika Anda memilih kampus di luar negeri tetapi kualitasnya masih kurang bagus.

·         Harvard University

Anda pastinya sudah tak asing lagi dengan universitas terkemuka Harvard University. Harvard memiliki fakultas terbesar di kampusnya, yaitu Faculty of Arts and Sciences (FAS). Fakultas yang juga menaungi program magister Hubungan Internasional ini dikenal akan dedikasinya menjadi yang terdepan dalam pengajaran dan pembelajaran serta mendorong penemuan mutakhir. FAS mendefinisikan ulang pendidikan seni liberal untuk abad ke-21 dan berkomitmen menjadikan pendidikan Harvard dapat diakses oleh siswa dari seluruh latar belakang.

·         Princeton University

Program studi Hubungan Internasional di Princeton sering melakukan penelitian dan melatih siswa di seluruh bidang teori dan metode (historis, statistik dan formal); dan kepentingan penelitian substantif (studi keamanan, hukum dan organisasi internasional, ekonomi politik, masyarakat sipil transnasional, dan analisis normatif). Bukan hanya pelajaran teori saja yang diperluas, Anda juga turut berperan langsung dalam hands-on activitynya.

·         Sciences Po

Science Po memiliki pendekatan Hubungan Internasional yang terintegrasi dalam sejarahnya. Institusi ini menawarkan program magister Hubungan Internasional yang juga menawarkan pelatihan sangat baik dalam ilmu politik yang memberikan keterampilan seperti: kemampuan untuk merancang dan melaksanakan proyek penelitian, alat penelitian, mengkomunikasikan hasil penelitian, dan pengembangan pemikiran kritis dan mandiri.

·         Oxford University

Oxford University pun merupakan salah satu kampus yang selalu menghiasi deretan terbaik utama di dunia. The Department of Politics and International Relations (DPIR) Oxford merupakan pusat pengajaran dan penelitian yang dikenal secara internasional dan menjadi salah satu yang terbesar di Inggris. Di Oxford, studi bidang Hubungan Internasional bisa Anda temukan dalam BA degrees Philosophy, Politics and Economics (PPE), History and Politics, program MPhil, dan juga DPhil.

·         The London School of Economics and Political Science (LSE)

Berada di tahun ke-92, LSE memiliki salah satu departemen Hubungan Internasional tertua dan terbesar di dunia dengan reputasi internasional. Menghiasi deretan teratas di negara dan juga dunia, LSE menawarkan program studi Hubungan Internasional baik untuk sarjana maupun magister. Program mereka mempelajari fungsi, teori dan sejarah sistemnya, serta sifat dari hubungan yang berubah antara negara dan aktor non-negara.

·         King’s College London

King’s College London dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik dan termasuk dalam ‘rising’, karena perkembangannya yang pesat. Mereka menawarkan jurusan Hubungan Internasional dalam program sarjana maupun magister. Pembelajaran Anda akan didukung oleh para ahli internasional terkemuka yang bekerja erat dengan pemerintah, angkatan bersenjata dan LSM secara global serta menjadi bagian dari komunitas penelitian yang dinamis.

·         The University of Sydney (USYD)

The Department of Government and International Relations USYD menawarkan studi sistematis dan luas di bidang utama politik dan hubungan internasional. Program Hubungan Internasional mereka yang sudah dikenal secara internasional mengajarkan untuk mengeksplorasi peran lembaga internasional dalam membentuk keputusan kebijakan di tingkat global dan menggiringmu turut serta dalam penelitian.

·         Monash University

Monash University meraih reputasi nasional dan internasional dalam penelitian dan pengajarannya yang unggul. Dengan kualitas yang dibangun oleh ‘rising university’ ini, Monash secara konsisten berada pada peringkat 100 universitas terbaik di dunia. Universitas ini menawarkan bidang studi Hubungan Internasional yang tidak kalah berkualitasnya. Program mereka berfokus pada tantangan utama politik global, termasuk perang, keamanan, dan pembangunan. Tujuannya menawarkan siswa pemahaman tentang aspek politik dan ekonomi global kontemporer.

 

Kenapa Memilih Jurusan Hubungan Internasional?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Hubungan Internasional.

  1. Seorang lulusan Hubungan Internasional tak jarang memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB, terlebih jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Kemampuan bahasa ini menjadi peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional.
  2. Lulusan Hubungan Internasional menjadi salah satu prioritas bagi Kementerian Luar Negeri dalam merekrut calon Diplomat.
  3. Selama belajar di jurusan ini Anda akan dibentuk untuk menjadi seorang yang siap untuk go international!
  4. Dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional, pilihan lapangan kerja bagi lulusan jurusan Hubungan Internasional semakin bervariasi.
  5. Dengan kemampuan analisis akan masalah-masalah di dunia Internasional, industri media juga membutuhkan lulusan Hubungan Internasional baik di depan maupun di belakang layar.

 

Prospek Pekerjaan

Pilihan karier yang menanti lulusan Hubungan Internasional sangat beragam dengan jenis dan jenjang karier yang cukup bervariasi. Gaji yang ditawarkan untuk entry level terbilang sangat kompetitif, tergantung area bekerja, serta kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Namun, rata-rata lulusan Hubungan Internasional biasanya menempatkan Diplomat sebagai pilihan pertama dalam daftar karier impiannya. Menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri RI memang sangat menarik, karena Anda berkesempatan untuk keliling dunia dengan menjadi representasi Indonesia.

 

Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan Hubungan Internasional selama 4 tahun atau 8 semester akan banyak mempelajari hubungan antarnegara, politik dan keamanan global, perdamaian dan konflik, maupun ekonomi politik dan pembangunan internasional. Cakupan materi di Hubungan Internasional sangat luas. Mulai dari globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, gerakan sosial global, hukum internasional, hak asasi manusia, konflik etnik, dan sebagainya.

Cukup banyak juga pilihan minat kajian dari program studi ini, salah satunya Anda bisa memilih studi Perdamaian Internasional jika tertarik menganalisis bagaimana keterlibatan aktor-aktor dalam perang dan isu keamanan internasional, dan bagaimana konteks dan norma baru (seperti gender, human security, dan hukum humaniter internasional) membantu membentuk dan memperkaya proses bina damai (peace-building) di level internasional. Minat kajian lain yang bisa dipilih antara lain Kerjasama dan Pembangunan Internasional, serta Politik Internasional.

Beberapa mata kuliah yang akan Anda temui di jurusan Hubungan Internasional antara lain Sejarah Hubungan Internasional, Politik Internasional, Organisasi Internasional, Sejarah Diplomasi, Hukum Internasional, Politik Luar Negeri Indonesia, Hubungan Internasional di Amerika, Hubungan Internasional di Eropa, Hubungan Internasional di Asia Timur, Hubungan Internasional di Timur Tengah dan Afrika. Ekonomi Politik Internasional, dll.

Setelah lulus dari jurusan ini, gelar kesarjanaannya pun beragam, tergantung di kampus mana Anda menempuh pendidikan. Ada kampus yang memberikan gelar Sarjana Hubungan Internasional, ada Sarjana Ilmu Politik, ada pula Sarjana Sosial.

Jika Anda ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, peminatannya pun sangat beragam dengan berbagai pilihan kampus bergengsi di luar negeri yang bisa dijadikan referensi.

 

Nah, cukup menarik kan jika bisa kuliah di jurusan HI ini. Kampus negeri terbaik yang selalu menjadi favorit untuk jurusan HInya adalah UGM, UI, dan UNPAD. Namun jangan khawatir ada banyak pilihan lain universitas yang ada jurusan Hubungan Internasional.

Jika Anda ragu untuk memilih mana kampus yang terbaik di Indonesia, Anda bisa cek langsung akreditasi dari kampus dan program studinya di website PD Dikti Kemendikbud.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Hubungan Internasional di Dalam dan Luar Negeri"