Widget Atas Posting

40 Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan di Indonesia

Tidak semua kampus terdapat program studi Pertambangan. Di seluruh wilayah Indonesia tercatat hanya ada 40 universitas yang ada Jurusan Pertambangan.

Bisa dikatakan peminatnya cukup banyak, mengingat prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Namun Anda juga harus siap untuk hidup di tanah rantau, jauh dari keluarga.

Tantangan tersebut seolah tidak begitu saja menyiutkan nyali para peminat Jurusan Pertambangan. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu Jurusan Pertambangan, apa saja yang akan dipelajari, dan bagaimana prospek kerja setelah lulus nanti akan dibahas di bawah ini.

Selain itu, ada informasi daftar universitas yang ada jurusan pertambangan, baik itu PTN maupun PTS yang ada di Indonesia.

 


Apa Itu Jurusan Pertambangan?

Jurusan Pertambangan merupakan salah satu disiplin ilmu yang masuk dalam bidang Teknik yang mencakup praktik, teori, sains, teknologi, dan aplikasi dalam pencarian, penambangan, pengolahan, dan pemanfaatan mineral, serta mencakup bagaimana pemrosesan mineral itu sendiri.

 

Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan – Perguruan Tinggi Negeri

·         Institut Teknologi Bandung (ITB)

·         Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka

·         Universitas Lambung Mangkurat

·         Universitas Palangka Raya

·         Universitas Khairun (UNKHAIR)

·         Universitas Cenderawasih (UNCEN)

·         Universitas Mulawarman (UNMUL)

·         Universitas Negeri Padang (UNP)

·         Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

·         Universitas Pertamina

·         Universitas Sriwijaya

·         Universitas Indonesia (UI)

·         Universitas Halu Oleo (UHO)

·         Universitas Lampung

·         Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

·         Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

·         Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akamigas

·         Universitas Bangka Belitung

·         Universitas Papua

·         Universitas Jambi

·         Universitas Hasanuddin

·         Politeknik Negeri Banjarmasin

·         Politeknik Negeri Malang

·         Universitas Tanjungpura

·         Universitas Muara Bungo

·         Universitas Nusa Cendana

·         Universitas Jember

·         Politeknik Negeri Ketapang

 

Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan – Perguruan Tinggi Swasta

·         Politeknik Tugu Jakarta

·         Universitas Islam Bandung

·         Universitas Trisakti

·         Politeknik Akamigas Palembang

·         Institut Sains & Teknologi TD Pardede (ISTP)

·         Universitas Muhammadiyah Mataram

·         Universitas Muslim Indonesia

·         Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

·         Institut Teknologi Yogyakarta

·         Institut Teknologi Medan

·         Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

·         Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB)

 

Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan – Dunia Perkuliahan dan Prospek Kerja

Setelah mengetahui daftar mana saja kampus yang menyediakan jurusan pertambangan di atas, maka selanjutnya carilah informasi bagaimana perkuliahan di jurusan tersebut.

Anda akan mempelajari semua tentang ilmu pertambangan tersebut mulai dari hulu sampai ke hilir, mulai dari eksplorasi, penggalian, pemrosesan, hingga penjualan. Jenis mata kuliah yang harus ditempuh di jurusan pertambangan pun beragam. Proses penggalian jenis mineral dan tambang pun beragam, yang menuntut keahlian yang berbeda pula.

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Pertambangan di antaranya Geologi Fisik, Matriks dan Ruang Vektor, Kristal dan Mineral, Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Tektonofisik, Petrologi, Metoda Numerik, Peralatan Tambang dan Penanganan Material, Termodinamika Tambang, Geologi Struktur, Teknik Eksplorasi, Geostatistik untuk Pemodelan Sumber Daya, Pemetaan Eksplorasi, Ekonomi Mineral, Manajemen Eksplorasi, Mekanika Batuan, Pengeboran dan Penggalian, Sistem Penyaliran Tambang, dan sebagainya.

Setelah selesai menempuh studi, kamu akan mendapat gelar Sarjana Teknik, dan bisa melanjutkannya jika ingin menempuh gelar pascasarjana. Beberapa bidang konsentrasi yang bisa kamu ambil di jenjang pascasarjana pertambangan di antaranya Manajemen dan Ekonomi Minerba, Eksplorasi Sumber Daya Bumi, Pengelolaan Lingkungan Tambang, Rekayasa Mineral, dan lain sebagainya.

 

Prospek Kerja

Setelah lulus dari jurusan Teknik Pertambangan, Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya.

Lulusan Teknik Pertambangan juga tak melulu harus turun lapangan dan mengunjungi area-area tambang yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Anda juga bisa bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, dan bahkan konsultan. Prospek karier lulusan jurusan Teknik Pertambangan lainnya seperti ahli hidrologi, ahli tambang dan geologi, ahli pengeboran bumi (non minyak dan gas), ahli teknik energi, dan lainnya.

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pertambangan ?

Selain pekerjaan di bidang pertambangan ini akan memberikan Anda gaji yang cukup besar, ada beberapa alasan lain yang menjadi keuntungan Anda saat memilih Jurusan Pertambangan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang karier yang luas di industri pertambangan batubara, tembaga/emas, nikel, timah, pasir besi, juga industri mineral. Bahkan, perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berada di industri pertambangan, lho.
  • Industri pertambangan umumnya menawarkan gaji yang fantastis untuk para pegawainya. Pendapatan entry level di industri pertambangan per tahun bisa mencapai lebih dari 110juta. Menarik kan?
  • Selain industri pertambangan, industri lainnya seperti alat berat, semen, maupun pembangkit listrik juga membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan.
  • Jika Anda ingin menjadi abdi negara bisa bergabung dengan Kementerian ESDM sebagai analis kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, analis ketenagalistrikan, analis pengembangan infrastuktur, ataupun inspektur.
  • Bidang penelitian sains juga memerlukan lulusan Teknik Pertambangan lho. Kamu pun bisa jadi seorang akademisi.

 

Cerita Inspiratif Pengalaman Kuliah di Jurusan Pertambangan

Namanya adalah Calvin Trias Yudhy Jurusan Pertambangan ITB Angkatan 2017. Cerita berdasarkan pengalaman pribadi ini ditulis di sebuah website intipkuliah.com untuk berbagi informasi bagaimana sih kuliah di Jurusan Pertambangan itu. Simak ceritanya berikut ini :

Jurusan Pertambangan Itu Secara Umum Seperti Apa?

Secara umum kita mempelajari proses penggalian material di bawah permukaan bumi ini bisa ke atas, biasanya dengan digali dan sampai proses pengolahan. Jadi kita belajar cara menambang, mencari endapannya juga.

Mungkin banyak juga yang ngira kalau di jurusan ini bakal panas-panasan kuliahnya dan bakal berat, nah sebenernya pertambangan itu gak hanya soal di lapangan, di hutan atau panas-panasan tapi bisa juga di office.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pertambangan ITB?

Sebenernya ada orang yang role model, pas SMP kelas 2 atau kelas 3 itu aku sempet suka klub sepakbola Chelsea, yang punyanya itu bos minyak, karena dia bos minyak dan waktu itu mikir gimana caranya bisa jadi orang kaya, ya begitu awalnya. Tapi akhirnya pas lulus itu minta pendapat sama orang tua untuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan terus direkomendasikan untuk masuk ITB aja, sampai aku pas SMA itu ngekos juga. Akhirnya aku masuk ITB lewat SNMPTN dan bisa dibilang karena passion juga karena pas SMA juga suka ikut lomba-lomba kebumian gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak mata kuliah yang cuma ada di jurusan ini, kita belajar mekanika batuan, belajar bor ledak juga itu belajar gimana caranya meledakkan suatu endapan, terus kita belajar caranya menyusun ventilasi dari tambang itu sendiri, kita juga belajar tentang alat-alat, dan geostatistika jadi gimana caranya dengan statistika kita bisa membuat estimasi sumber daya. Jadi banyak geologinya juga.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Teknik Eksplorasi ini mirip-mirip geologi, gimana caranya kita mencari suatu endapan dan memodelkan suatu sumber daya. Kalau geologi itu memandang batuan dari segi sains, kalau pertambangan memandang dari segi ekonominya. Kalau tambang umum itu sendiri belajar lebih ekonomi tentang pertambangan, mengoptimalkan suatu bahan galian, operasi tambang itu seperti apa, misalnya alat apa yang dibutuhkan dan peledakan seperti apa yang cocok.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 SNMPTN. SBMPTN, dan jalur mandiri. Jadi yang belum berhasil lewat SNMPTN dan SBMPTN bisa lewat jalur mandiri. Daya tampungnya kurang lebih 300 orang untuk di fakultasnya. Rata-rata skor UTBK itu kalau gak salah sekitar 680.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tingkat 1 itu kita harus ngelewatin fase TPB, belajar matkul dasar seperti matematika, fisika dan kimia dan tiap minggu itu hampir ada ujian. Agak kaget aja di awal karena biasanya di SMA kan lebih santai, mungkin bisa lebih dipersiapkan aja belajarnya dari sekarang biar ga kaget. Pelajari hal-hal dasar dan geologinya juga bisa.

 

Nah, itulah beberapa informasi yang cukup lengkap bagi Anda yang ingin masuk jurusan Pertambangan. Seiring pendapatan yang semakin besar maka semakin besar pula tanggung jawabnya. Hal ini berlaku juga untuk semua bidang pekerjaan. Jadi jangan takut untuk masuk jurusan ini.

Dari daftar 40 universitas yang ada Jurusan Pertambangan tersebut di atas, Anda bisa memilihnya kembali dengan mempertimbangkan akreditasinya yang bisa Anda cek langsung melalui website https://pddikti.kemdikbud.go.id/.

Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "40 Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan di Indonesia"