Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

 

Jurusan Teknologi Laboratorium Medis adalah program studi di bidang kesehatan yang bertujuan melahirkan seorang ahli teknologi laboratorium medik atau analis kesehatan yang berketerampilan tinggi. Jurusan ini dapat menjadi alternatif pilihan di bidang kesehatan selain kedokteran, keperawatan, dan farmasi.

Beruntung Anda tinggal di Indonesia yang sudah cukup banyak universitas yang ada jurusan Teknologi Laboratorium Medik. Jurusan ini juga biasanya dikenal secara umum sebagai Jurusan Analisis Kesehatan. Namun apakah kedua jurusan tersebut sama atau berbeda? Baca terus artikel ini hingga selesai ya!

 


Universitas yang Ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Apa Bedanya Dengan Analis Kesehatan?

Untuk mengetahui perbedaannya dengan analis Kesehatan, maka Anda perlu paham dulu apa itu Analisis Kesehatan. Meski kedua jurusan tersebut dikenal sama saja, hanya beda istilah atau penamaan, tetapi apa salahnya kalau kita mencari tahu mengenai kedua jurusan tersebut.

 

Apa Itu Jurusan Analisis Kesehatan?

Selain profesi dokter, perawat, dan bidan, sebenarnya masih banyak profesi lainnya di bidang Kesehatan, salah satunya adalah analisis kesehatan atau juga biasa disebut dengan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan.

Tugas dari analis kesehatan adalah orang-orang yang memiliki keahlian untuk melaksanakan, mengevaluasi prosedur laboratorium dan memanfaatkan berbagai sumber daya pendukung yang ada untuk mendiagnosa pasien. Jadi diagnosa tidak sembarang dilakukan oleh dokter, tetapi juga perlu adanya bukti yang didapatkan dari pemeriksaan laboratorium. Nah, para analis Kesehatan inilah yang bertugas membaca dan menganalisa hasil pemeriksaan laboratorium.

Di Indonesia sendiri memang lebih populer dengan istilah Analisis Kesehatan jika dibandingkan dengan Ahli Teknologi Labkes. Sedangan di kancah internasional seperti di United States dan Kanada, mereka menggunakan istilah Medical Laboratory Technologist. Di United Kingdom dikenal dengan istilah Biomedical Scientints serta Rinshoukensagishi adalah sebutan yang digunakan di Jepang. Walaupun dikenal dengan istilah yang bermacam-macam, secara umum pekerjaan serta tanggung jawabnya sama.

 

Apa Itu Jurusan Teknologi Laboratorium Medik?

Ini merupakan disiplin ilmu medis yang memberikan perhatian pada semua aspek analitik dan laboratoris terhadap jaringan atau cairan tubuh manusia serta ilmu medis.

Jadi dari kedua penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaannya antara Jurusan Analisis Kesehatan dan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik terdapat pada penggunaannya istilah itu sendiri. Jika Analisis Kesehatan lebih merujuk pada tugas dan tanggung jawab orang yang memiliki keahlian menganalisa hasil pemeriksaan yang telah diuji di laboratorium. Sedangkan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik merupakan disiplin ilmu medis yang digunakan merujuk pada aktivitas laboratorium medis.

Pada dasarnya kedua jurusan tersebut mengarah pada proses menganalisa dan mengevaluasi hasil pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium untuk mendukung diagnosa.

 

Daftar Universitas yang Ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik di Indonesia

Ada cukup banyak universitas yang ada jurusan Teknologi Laboratorium Medik di Indonesia yang bisa Anda pilih untuk meneruskan Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah, Pekanbaru
  • Politeknik Kesehatan Malang
  • Universitas Binawan
  • Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Ahmad Yani
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika
  • Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
  • Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
  • Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

 

 

Kenapa Memilih Universitas yang Ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik ?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik/Analis Kesehatan, yaitu sebagai berikut :

  1. Dunia kesehatan tidak hanya seputar kedokteran atau keperawatan saja. Masih banyak pilihan program studi di bidang kesehatan yang bisa kamu pilih. Jika kamu senang mengamati dan berorientasi pada detail, Jurusan Analis Kesehatan cocok untukmu.
  2. Jurusan ini sebenarnya memiliki peluang kerja yang cukup luas. Kamu tidak hanya terbatas akan bekerja di laboratorium mediS saja, melainkan juga bisa bekerja di bidang industri makanan dan obat-obatan.
  3. Tenaga ahli analis kesehatan termasuk profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan. Selain bekerja di rumah sakit, kamu juga berpeluang bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), perusahaan makanan dan minuman, serta instansi pemerintah lainnya di bidang kesehatan. Jangan khawatir akan kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.
  4. Selain dapat bekerja di instansi, kamu pun berkesempatan untuk mendirikan usaha sendiri dengan membuka laboratorium diagnostik sendiri untuk membantu masyarakat mendiagnosa penyakit mereka.
  5. Bagi kamu yang semasa sekolahnya sangat suka dengan pelajaran Biologi, jurusan ini akan sangat cocok dengan minatmu. Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini akan dengan mudah kamu pahami sebab di SMA sudah pernah diajarkan dasar-dasarnya dalam pelajaran Biologi, di antaranya ilmu tentang bakteri, virus, sel, molekul, dan sebagainya.

 

Propek Pekerjaan

Prospek kerja lulusan Analis Kesehatan cukup luas. Selain dapat bekerja di bidang kesehatan, Anda juga bisa bekerja di bidang food and beverage (F & B) atau makanan dan minuman, hingga pilihan untuk berwirausaha.

Setelah lulus kuliah, salah satu pekerjaan yang bisa kamu geluti yakni teknisi rekam medis. Tugasnya adalah membuat, meninjau, dan melindungi keamanan rekam medis pasien rumah sakit. Kamu pun bisa bekerja di laboratorium rumah sakit, yang bertugas membantu dokter menganalisis penyakit yang diderita pasien melalui sampel atau spesimen.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan makanan dan minuman khususnya bidang quality control dan product development. Tugasnya adalah melakukan penelitian terhadap kandungan dalam makanan dan minuman, yang mana hasilnya adalah untuk memastikan bahwa makanan dan minuman tersebut memang layak dikonsumsi masyarakat.

Lalu, jika ingin berwirausaha juga sangat memungkinkan, karena saat kuliah Anda juga mendapatkan ilmu tentang bisnis dan kewirausahaan. Anda bisa membuka laboratorium diagnostic center sendiri yang bekerja sama dengan rumah sakit maupun klinik.

Lulusan Jurusan Analis Kesehatan juga bisa bekerja di bidang pendidikan, salah satunya menjadi dosen di sekolah tinggi kesehatan atau jurusan-jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Namun, untuk menjadi dosen kamu perlu menempuh pendidikan hingga S2. Selain mengajar, Anda juga bisa melakukan penelitian di bidang kesehatan.

Jika Anda ingin bekerja di bagian rekam medis, Anda juga bisa masuk melalui jurusan ini. Informasi selengkapnya mengenai apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini bisa Anda baca di sini.

Tentunya profesi dari lulusan jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Analisis Kesehatan ini tidak kalah pentingnya di bidang Kesehatan. Maka dari itu jangan ragu untuk memilih universitas yang ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik jika Anda menyukai profesi di bidang Kesehatan tetapi tidak bisa menjadi dokter.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Teknologi Laboratorium Medik"