Widget Atas Posting

Bisakah Lanjut S1 di UNY Kalau Sudah Kuliah D3 di Kampus Lain?

Bisa melanjutkan studi ke tingkat sarjana dari Diploma saat ini memang tidak banyak pilihan kampus yang bisa Anda tuju. Oleh karena itu, saya akan informasikan beberapa kampus yang menerima ekstensi dari lulusan D3 untuk melanjutkan studi ke S1.

Artikel ini pun sekaligus akan menjawab pertanyaan Anda mengenai bisakah lanjut S1 di UNY kalau sudah kuliah D3 di kampus lain. Tentunya dengan beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak UNY untuk bisa melanjutkan studi S1.

 

Sumber Gambar : www.kuliahsambilkerja.info

Informasi Program Mengenai Bisakah Lanjut S1 di UNY Kalau Sudah Kuliah D3 di Kampus Lain

Di UNY disediakan program untuk melanjutkan studi dari jenjang diploma ke sarjana S1. Di Universitas Negeri Yogyakarta program ini bernama Program Kelanjutan Studi (PKS). Jadi jika Anda yang saat ini sudah memiliki gelar D3 dan ingin lanjut S1 maka kalian bisa memiliki UNY sebagai tujuan kuliah Anda. Untuk syarat dan ketentuan mengikuti program PKS, sebagai berikut:

1.       Calon mahasiswa PKS (Program Kelanjutan Studi) merupakan mahasiswa peminat yang memiliki Ijazah D3 atau D2 dari prodi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang serumpun, atau prodi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah mendapat akreditasi paling rendah B dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan telah lulus seleks dari fakultas di bawah koordinasi Kantor Admisi.

2.       Penyelenggaraan PKS (Program Kelanjutan Studi) hanya dapat berlaku jika terdapat izin Dekan dalam bentuk Keputusan Dekan.

3.       Jumlah SKS dan mata kuliah yang diakui serta jumlah SKS dan mata kuliah yang harus ditempuh ditetapkan dengan Keputusan Dekan.

4.       Calon mahasiswa yang sudah bekerja harus mendapat izin dari pimpinan instansi tempat bekerja.

5.       Masa studi mahasiswa PKS (Program Kelanjutan Studi) terhitung dengan rumus: (Jumlah SKS yang harus ditempuh/10)+ 1 semester.

6.       Prosedur pendaftaran calon mahasiswa PKS (Program Kelanjutan Studi) diatur pada Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Lulusan program Diploma 1, II dan III (D1, D2 dan 3) mulai tahun 2019 sudah tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang strata 1 (S1). Ini lantaran, sudah ada pembagian jenjang pendidikan, yaitu jalur vokasi dan akademik. Sehingga bagi lulusan D1, D2 dan D3 hanya bisa melanjutkan pendidikan di jalur vokasi, yaitu program diploma IV (D4) yang merupakan sarjana terapan.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisno Wibowo mengatakan, sebagai tindaklanjut atas perubahan tersebut, maka UNY sudah tidak lagi membuka program D3 dan mengantinya dengan membuka program D4 yang sifatnya multi entry dan multi exit, dimana peserta boleh masuk tahun berapapun asal memenuhi syarat dan bisa keluar pada tahun pertama, kedua, ketiga atau keempat.

“Ini adalah program fleksibel yang dicanangkan pemerintah,” kata Sutrisna Wibawa saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UNY, di Auditorium UNY, Senin (16/9/2019). Menurut Sutrisno dengan program yang fleksibel itu siswa bisa keluar kapanpun dan juga boleh masuk lagi kapan, oleh karena itu kurikulum juga dibuat fleksibel dan bagi lulusannya disebut sarjana terapan dan bisa melanjutkan ke S2 dan S3 terapan.

 

Universitas yang Menyediakan Ekstensi D3 ke S1 (Bisakah Lanjut S1 di UNY kalau sudah kuliah D3 di Kampus Lain)

1.       Universitas Indonesia

Program ekstensi yang disediakan oleh UI dinamakan Jalur Paralel D3 ke S1. Jalur ini tersedia hanya untuk program studi atau jurusan tertentu saja, yaitu Akuntansi, Manajemen, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Keperawatan. Info selengkapnya mengenai jalur ini bisa Anda lihat di website resmi UI melalui https://simak.ui.ac.id/ekstensiparalel-lulusan-d3-2.html.  

2.       Universitas Airlangga

Universitas Airlangga yang terletak di Surabaya merupakan salah satu kampus terbaik dan terfavorit yang juga menyediakan program ekstensi yang dinamakan program ahli jenis. Program studi yang tersedia untuk melanjutkan studi atau ekstensi ini adalah Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, serta Bahasa dan Sastra Inggris. Informasi selengkapnya mengenai program ekstensi tersebut bisa Anda lihat di https://ppmb.unair.ac.id/.

3.       Universitas Telkom Bandung

Universitas Telkom merupakan perguruan tinggi swasta di Bandung yang berdiri di bawah Telkom Group. Program ekstensi yang disediakan di Universitas Telkom Bandung terdiri dari sebagai berikut :

-                      program studi Teknik Telekomunikasi (asal lulusan D3 Teknik Telekomunikasi),

-                      Teknik Informatika (asal lulusan D3 Manajemen Informatika dan D3 Teknik Informatika),

-                      Sistem Komputer (asal lulusan D3 Teknik Komputer)

-                      Akuntansi (asal lulusan D3 Akuntansi dan D3 Komputerisasi Akuntansi)

-                      Administrasi Bisnis (asal lulusan D3 Manajemen Pemasaran)

Informasi selanjutnya bisa Anda dapatkan langsung melalui website resmi kampus tersebut di https://smb.telkomuniversity.ac.id/informasi-program-lanjutan-d3-s1-telkom-university-batch-2/.  

4.       Universitas Widyatama Bandung

Program ekstensi yang disediakan oleh Universitas Widyatama Bandung disebut Program Kelas Karyawan. Artinya memang program tersebut diperuntukkan bagi para karyawan lulusan D3 yang ingin melanjutkan studi ke tingkat S1. Program ini berlangsung selama 1,5 tahun hingga 2 tahun dengan jumlah sks yang bervariatif tergantung dengan jurusan yang diambil. Program studi yang menyediakan ekstensi D3 ke S1 yaitu Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bahasa Jepang, Teknik Industri, dan Bahasa Jepang. Informasi resminya bisa Anda lihat di https://kk.widyatama.ac.id/ekstensi-d3-ke-s1/.

5.       Perbanas Institute

Perbanas Institute terletak di Jakarta dan Bekasi. Kampus ini juga memiliki program ekstensi yang disebut Program Lanjutan. Program Lanjutan ini tersedia untuk jurusan Akuntansi, Manajemen Syariah, Sistem Informasi, dan Keuangan dan Perbankan Syariah. Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di https://perbanas.id/.

6.       Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal Binus ini menyediakan program ekstensi berbasis online learning. Program studi yang tersedia untuk ekstensi D3 ke S1 ini yaitu Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Business Management. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di https://onlinelearning.binus.ac.id/.  

7.       Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana juga salah satu kampus swasta yang menyediakan ekstensi berupa program kelas karyawan. Dengan biaya studi yang terjangkau dan dapat dicicil per bulan tentunya akan lebih meringankan Anda. Mahasiswa pun bebas memilih kampus dan jadwal kuliahnya sendiri. Bisa di kampus Meruya, Bekasi, atau Menteng. Program kelas karyawan untuk ekstensi D3 ke S1 ini tersedia untuk program studi sebagai berikut :

-                      S1 Akuntansi

-                      S1 Manajemen

-                      S1 Desain Interior

-                      S1 Teknik Informatika

-                      S1 Sistem Informasi

-                      S1 Marketing Communication and Advertising

Informasi selengkapnya mengenai program kelas karyawan untuk ekstensi tersebut bisa Anda lihat langsung di https://kk.mercubuana.ac.id/program-ekstensi-d3-ke-s1.htm.

 

 

Cerita Pengalaman Pribadi Bisakah Lanjut S1 di UNY Kalau Sudah Kuliah D3 di Kampus Lain

 Berikut ini merupakan cerita pengalaman pribadi seorang penerima beasiswa LPDP tahun 2016 yang dulunya juga lulusan D3 yang mengikuti Program Ekstensi di UNY. Cerita ini langsung saya kutip dari blog pribadi Resa Ariyanto agar bisa memberikan inspirasi bagi Anda.

Masih teringat dulu tanggal 20 Februari 2014 merupakan hari bahagia dimana teman-teman angkatan 2011 pada diwisuda. Raut kebahagiaan terpancar dari wajah wisudawan maupun orangtua, bahkan banyak yang menjadikan ajang pengenalan calon pasangan. Sungguh luar biasa saya merasakannya.

Setelah pada wisuda banyak para wisudawan mencari kerja kesana kemari atau mencari universitas untuk melanjutkan ke jenjang sarjana. Akhirnya perjuangan merekapun tak sia-sia karna ada yang diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pertamina, PLN, Astra Group, Bank dan lain-lain. Banyak pula yang langsung melanjutkan kuliah di STIE YKPN karena di sini ketika selesai wisuda langsung membuka jalur ekstensi. Di sisi lain banyak yang mencoba keberuntungan di Universitas Negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Sebelas Maret. Merekapun juga banyak yang lolos di universitas tersebut.

Ketika yang lain sudah mendapatkan pekerjaan atau tempat ekstensi saya masih stay di Jogjakarta yang masih sibuk dengan akreditasi prodi di UGM padahal rekan di akreditasi sudah pada mempunyai tempat melanjutkan yaitu di UII, UNS, dan UNAIR. Pada waktu itu masuk tawaran menjadi Auditor dan Konsultan akhirnya saya ambil dan meninggalkan rekan-rekan di tim akreditasi. Ketika sudah bekerjapun masih kepikiran untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah mencari-cari akhirnya di Jogjakarta Universitas Negeri yang membuka program ekstensi yaitu Universitas Negeri Yogyakarta.

Akhirnya stelah konsultasi dengan senior di tempat kerja diputuskanlah mengambil di UNY. Setelah itu sambil menunggu pengumuman sangat was-was karena Universitas Negeri terakhir yang membuka program ekstensi hanya UNY. Sambil harap-harap cemas dan lihat teman-teman lain yang sudah pada sibuk dengan kampus masing-masing untuk persiapan kuliah sementara saya masih terus menunggu. Sampai ada teman yang bilang, “kamu ngapain di Jogja terus apa gak bosen? Ayo ikut aku ke UNAIR yang akreditasinya (ranking universitasnya) lebih tinggi“. Sebenarnya dari dalam hati ingin ikut kuliah disana, tetapi masih banyak pertimbangan akhirnya tetap lanjut di UNY dengan nama Program Kelanjutan Studi (PKS).

Selama kuliah di UNY pun saya berusaha menjadi yang beda dari yang lain. Akhirnya perbedaan itu dapat mengangkatr IPK saya walaupun tidak sebaik di UGM dulu. Disisi lain saya ingin menctak rekor-rekor baru supaya semakin meningkatkan prestasi saya, yaitu seperti membuat skripsi hanya sekitar 1 bulan, satu-satunya mahasiswa H-1 Penutupan Penaftaran Yudisium masih melakukan sidang Skripsi, Konyolnya lagi jam 08.00 sidang skripsi dan jam 13.00 revisi skripsi. Setelah revisi dari Penguji ternyata ada revisi dari Dekanat yang wajib menginap selama semalam untuk di cek ulang, setelah lobi sana sini akhirnya jam 13.00 hari berikutnya waktu akan penutupan dapat tanda tangan dekan yang sudah direvisi dan langsung mencari tempat jilid dan cetak  sebanyak 7 buah untuk didistribusikan. Banyak yang sudah meremehkan karena memang belum ada H-1 Penutupan Yudisium melakukan Sidang dan itu waktunya cukup. Tapi saya yakin Allah SWT akan selalu membantu hamba-Nya akhirnya pukul 14.30 pergi ke bank untuk melakukan pembayaran Yudisium. So, Finally waktunya cukup. Selama 2 hari sidang, revisi, pemberkasan kelar. Karena itu menjadi lulusan tercpat dari PKS yaitu 1,4 tahun. Ketika yudisiumpun selalu menjadi yang ke-2 trulang aktu diploma di UGM. Kala itu menjadi lulusan IPK terbaik ke 2 dengan nilai 3.91 sedangkan yang pertama 3.92. Terulang kembali untuk Yudisium dari Jurusan terbaik k 2 dengan nilai 3.84 tetapi tingkat Prodi menjadi yang pertama.

Ketika teman-teman yang sudah kuliah duluan di negeri maupun swasta ternyata saya merupakan lulusan pertama dari Universitas Negeri. Suatu kebanggaan bagi diri saya sendiri karena lebih cepat dari yang lain. Hal ini pun saya manfaatkan untuk pergi ke Kampung Inggris Pare Kediri selama total 2 bulan untuk periapan Beasiswa LPDP. So, Finally ketika teman-teman dari Universitas Negeri lainnya pada lulus dan wisuda, sementara saya sudah mempunyai Beasiswa LPDP dari Kementerian Kuangan FULL.

Jadi yang saya dapat simpulkan dari pengalaman saya, kita harus mempunyai prinsip hidup yang jangan mudah tergoyahkan karena semua usaha tergantung diri masing-masing. Jadilah pembeda diantara yang lain untuk berprestasi. Walaupun kamu kuliah di tempat yang suangat bangus kalau kamu tidak berjuang akan sia-sia, lebih baik di tempat biasa tetapi kamu menjai luar biasa, tetapi akan lebih baik lagi kamu di tempat yang luar biasa dan kamu menjadi luar biasa juga.

 

Resa Ariyanto

Awardee LPDP 2016

 

Mengenai jalur atau Program Kelanjutan Studi (PKS) di UNY untuk saat ini masih berlaku atau tidak tetapi ada informasi mengenai jalur kuliah Sarjana Terapan atau D4 yang merupakan kelanjutan studi jenjang D3. Informasi selengkapnya bisa Anda pantau di website resmi UNY www.pmb.uny.ac.id.

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bisakah lanjut S1 di UNY kalau sudah kuliah D3 di kampus lain adalah suatu hal yang sangat mungkin. Bahkan tidak hanya di UNY, Anda bisa mencoba di kampus-kampus lain yang saya sebutkan di atas, baik itu kampus negeri maupun swasta. Jadi jangan berkecil hati jika Anda memiliki cita-cita untuk melanjutkan studi hingga jenjang tertinggi.

Posting Komentar untuk "Bisakah Lanjut S1 di UNY Kalau Sudah Kuliah D3 di Kampus Lain?"