Widget Atas Posting

Jurusan UNILA yang Sepi Peminat 2022

Bagi Anda yang sangat ingin menjadi mahasiswa di UNILA (Universitas Lampung), maka informasi apa saja jurusan UNILA yang sepi peminat sangat berguna sekali untuk mempersiapkan diri pada SBMPTN 2022.

Universitas Lampung menyediakan 5.729 kursi untuk SBMPTN 2022 dengan rincian 2.985 kursi untuk bidang saintek dan 2.744 kursi untuk soshum. Jumlah ini cukup besar dari jumlah prodi keseluruhan yang dibuka sebanyak 60 prodi, yaitu 37 prodi saintek dan 23 prodi soshum.

Berikut ini informasi ada jurusan apa saja di UNILA yang persaingannya sedikit, baik itu di bidang saintek maupun soshum.

 

Sumber Gambar : www.m.lampost.co

Jurusan UNILA yang Sepi Peminat Bidang Saintek

  1. Budidaya Perairan

Pada SBMPTN 2021 tercatat pendaftar untuk program studi Budidaya Perairan sebanyak 99 orang. Jumlah ini cukup sedikit jika dibandingkan dengan daya tampung pada SBMPTN 2022 sebanyak 55 orang.

  1. Ilmu Kelautan

Prodi Ilmu Kelautan di UNILA termasuk tidak banyak peminatnya karena hanya ada 94 pendaftar pada SBMPTN 2021 dengan daya tampung yang disediakan sebanyak 55 orang.

  1. Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak

Jumlah peminat prodi Nutri dan Teknologi Pakan Ternak pada SBMPTN 2021 juga sama dengan prodi Ilmu Kelautan, yaitu sebesar 94 orang dibandingkan dengan daya tampungnya 55 orang.

  1. Biologi Terapan

Pada SBMPTN 2021 tercatat prodi ini memiliki 79 pendaftar dengan daya tampung SBMPTN 2022 sebanyak 92 orang.

  1. Kimia

Jurusan Kimia di UNILA tercatat pada SBMPTN 2021 ada pendaftar sebanyak 107 orang, sedangkan daya tampung mahasiswanya sebanyak 127 orang.

  1. Pendidikan Kimia

Jurusan yang memberikan peluang bagi para lulusannya untuk menjadi guru Kimia ini juga sepi peminatnya. Tercatat pada SBMPTN 2021 hanya ada 109 pendaftar dibandingkan daya tampungnya sebesar 82 orang.

  1. Fisika

Jurusan Fisika yang biasanya menjadi favorit tetapi sepi peminatnya di UNILA pada SBMPTN 2021, yaitu hanya 100 orang dengan daya tampung mahasiswa sebanyak 127 orang.

  1. Proteksi Tanaman

Program studi Proteksi Tanaman merupakan prodi yang jarang peminatnya. Tercatat pada SBMPTN 2021 hanya ada 57 pendaftar dengan daya tampung sebanyak 73 orang.

  1. Teknik Lingkungan

Program studi Teknik Lingkungan ini baru dibuka tahun 2022 karena berdasarkan data di website ltmpt.ac.id prodi tersebut tidak memiliki peminat pada tahun 2021. Baru saja dibuka, prodi ini sudah menyediakan kursi sebanyak 45 untuk peminat SBMPTN 2022.

  1. Pendidikan Teknologi Informasi

Prodi yang mencetak lulusannya menjadi guru di bidang IT ini juga termasuk yang sepi peminatnya. Tercatat pada SBMPTN 2021 ada 81 pendaftar dibandingkan daya tampungnya sebanyak 50 orang.

  1. Ilmu Tanah

Ilmu Tanah juga hanya memiliki 87 pendaftar pada SBMPTN 2021 dengan daya tampung untuk SBMPTN 2022 sebanyak 73 orang.

  1. Teknik Geodesi

Prodi Teknik Geodesi yang masuk dalam Fakultas Teknik ini tercatat pada SBMPTN 2021 ada 91 pendaftar dengan daya tampung tahun ini sebanyak 60 orang.

 

Jurusan UNILA yang Sepi Peminat Bidang Soshum

  1. Pendidikan Musik

Jika Anda ingin menjadi guru musik, maka kesempatannya sangat besar untuk masuk UNILA karena persaingannya yang sedikit. Tercatat pada SBMPTN 2021 ada 41 pendaftar dengan daya tampung 50 orang.

  1. Bahasa Prancis

Pada SBMPTN tahun lalu, prodi Bahasa Prancis tidak banyak diincar oleh mahasiswa. Karena hanya ada pendaftar 95 orang dengan daya tampung 50 orang.

  1. Pendidikan Tari

Jurusan Pendidikan Tari juga merupakan salah satu yang sepi peminatnya karena tercatat hanya ada 63 orang pendaftar pada SBMPTN 2021 dengan daya tampung 55 orang.

  1. Pendidikan Jasmani

Jurusan Pendidikan Jasmani di UNILA termasuk sepi peminatnya di bidang soshum karena hanya ada pendaftar 167 orang dibandingkan daya tampungnya sebesar 80 orang.

  1. Pendidikan Anak Usia Dini

Pada SBMPTN 2021 tercatat ada 240 pendaftar di prodi ini dengan daya tampung sebanyak 86 orang.


Jika dilihat berdasarkan data di atas memang peminat di bidang soshum lebih banyak dibandingkan bidang saintek. Perbandingan jumlah pendaftar pada SBMPTN 2021 dibawah 100 orang masih banyak di bidang saintek, sedangkan di bidang soshum hanya ada 3 prodi dengan jumlah pendaftar dibawah 100 orang.

Namun jumlah ini tidak menutup kemungkinan akan banyak diminati pada SBMPTN 2022 ini karena kecenderungan untuk memilih prodi dengan persaingan yang sedikit.

Supaya Anda tidak semakin mantap dalam memilih program studi atau jurusan di SBMPTN nanti, maka simak tips cara memilih jurusan berikut ini.

 

Tips Memilih Jurusan Agar Lolos SBMPTN

  1. Kenali potensi diri

Memilih jurusan tidak bisa hanya dengan ikut-ikutan teman ya, karena ini menyangkut masa depan karier kita. Tentunya potensi diri kita berbeda dengan orang lain. Oleh karena itu, perlu Anda kenali dulu apa potensi diri yang dimiliki agar bisa disesuaikan dengan minat pada jurusan tertentu di perguruan tinggi.

  1. Tentukan Prodi dan Kampus yang Sesuai dengan Diri

Mengikuti pelatihan atau try out sebelum masuk kuliah ini sangat penting sekali untuk mengenali sejauh mana potensi yang Anda miliki. Ingat bahwa untuk sukses melanjutkan studi bukan hanya perlu pintar secara akademik, tetapi juga emosional. Kecerdasan emosional inilah yang akan membantu diri kita untuk beradaptasi dengan lingkungan.

  1. Mencari informasi tentang kampus dan prodi tersebut

Nah, dalam tahap inilah perlunya Anda mencari informasi apa saja sih jurusan yang persaingannya banyak dan sedikit. Jadi tidak salah jika saat ini Anda sedang membaca artikel mengenai jurusan UNILA yang sepi peminat ini untuk membantu Anda dalam memilih prodi dan menyiapkan diri.

  1. Pilihlah ketiga prodi yang sama

Saat mendaftar SBMPTN Anda akan diberi peluang untuk memilih 3 prodi. Nah, usahakan untuk memilih prodi yang sama di universitas yang berbeda. Hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk lolos karena Anda pun bisa lebih fokus menyiapkan diri untuk satu prodi dan menunjukkan keseriusan Anda untuk memilih prodi tersebut.

  1. Strategi kombinasi

Strategi ini merupakan trik untuk bisa lolos SBMPTN, syaratnya Anda perlu mencari tahu dulu passing grade prodi yang Anda pilih. Dalam SBMPTN, Anda bisa memilih 3 jurusan di 3 universitas yang berbeda. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemilihan jurusan.

Dengan tidak bermaksud merendahkan universitas lainnya maka strategi ini bisa dilakukan dengan cara :

-          Pilihan pertama adalah pilihan jurusan di universitas ternama di Indonesia, misalkan UI, UGM, ITB, ITS, IPB.

-          Pada pilihan kedua, pilihlah jurusan di universitas yang peringkatnya berada di bawah pilihan pertama.

-          Pilihan ketiga Anda bisa memilih jurusan di univeritas yang peringkatnya di bawah pilihan kedua.

Strategi ini bisa digunakan bagi Anda yang hanya berminat pada 1 jurusan saja. Misal Anda hanya berminat kuliah di jurusan Psikologi maka strategi ini bisa Anda terapkan.

 

Itulah beberapa jurusan UNILA yang sepi peminat untuk persiapan SBMPTN tahun ini. Jangan lupa juga untuk mempraktekkan tips memilih jurusan agar lolos SBMPTN di atas.

Posting Komentar untuk "Jurusan UNILA yang Sepi Peminat 2022"