Widget Atas Posting

Kuliah Jurusan Polwan dan Syarat Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

 

Polwan atau polisi wanita merupakan profesi yang juga berasal dari Jurusan Ilmu Kepolisian. Sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus yang membedakan dengan Jurusan Ilmu Kepolisian pada umumnya, hanya saja polwan hanya untuk wanita yang ingin berkarier di kepolisian.

Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi atau universitas untuk kuliah jurusan polwan atau jurusan Ilmu Kepolisian pada umumnya. Ada perguruan tinggi yang memang khusus untuk mencetak para perwira polisi, seperti Akademi Kepolisian, yang artikelnya pernah saya bahas di sini. Ada juga perguruan tinggi umum yang menyediakan jurusan Ilmu Kepolisian.

Artikel ini juga membahas bagaimana syarat masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) untuk kuliah jurusan polwan yang juga merupakan impian banyak orang.

 

Sumber Gambar : www.taberita.com

Daftar Universitas untuk Kuliah Jurusan Polwan

Siapa pun yang ingin menjadi polisi, tentu harus menempuh pendidikan kepolisian terlebih dahulu. Pendidikan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan seputar dunia kepolisian sekaligus membentuk peserta didik supaya siap menjalani profesi polisi.

Peserta didik yang mengambil pendidikan kepolisian akan belajar berbagai hal terkait polisi seperti administrasinya, hukum, dan lain-lain. Pendidikannya sendiri jangka waktunya berbeda-berbeda tergantung program yang diambil. Lama pendidikan ini juga akan berpengaruh terhadap ilmu dan pelajaran yang didapat.

Pendidikan kepolisian di Indonesia sendiri cukup beragam. Ada pendidikan yang diberikan secara langsung oleh Kepolisian Republik Indonesia atau Polri yaitu di Akademi Kepolisian dan Sekolah Polisi Negara. Ada pula yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi lain. Jenjang pendidikannya juga berbeda mulai dari Tamtama, Bintara, Diploma, Taruna, dan juga Magister.

Pendidikan terkait ilmu kepolisian atau kuliah jurusan polwan di Indonesia bisa didapat di beberapa perguruan tinggi. Setiap kampus memiliki jenjang pendidikan yang berbeda-beda. Berikut ini perguruan tinggi di Indonesia yang membuka prodi kepolisian.

  • Sekolah Polisi Negara

Sekolah Polisi Negara atau SPN merupakan lembaga pendidikan milik Polri untuk mendidik calon anggotanya dalam waktu singkat. Sekolah ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan digunakan untuk mendidik Bintara. Pendidikan di sekolah ini hanya memakan waktu 7 bulan dan setelah lulus akan diangkat menjadi anggota Polri dengan pangkat Bripda.

  • Akademi Kepolisian

Selain SPN, Kepolisian Republik Indonesia juga memiliki institusi pendidikan lain yaitu Akademi Kepolisian. Sekolah ini dibangun khusus untuk mendidik taruna dan taruni calon anggota Polri dalam waktu 4 tahun. Taruna dan taruni di sekolah ini dididik untuk menjadi pimpinan Polri di masa depan. Setelah lulus, taruna dan taruni mendapat pangkat Ipda dan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian atau S.IK.

  • Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian merupakan salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Sesuai namanya, sekolah ini menyelenggarakan pendidikan khusus kepolisian. Ada dua jenjang pendidikan yang dibuka yaitu setara S1 dan S2. Tidak hanya itu, sekolah ini juga telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

  • Universitas Langlang Buana

Pendidikan kepolisian juga bisa didapat di Universitas Langlang Buana. Universitas ini membuka prodi Kepolisian jenjang D-III yang telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT. Pendidikan di kampus ini berfokus pada bidang pengamanan, penyelidikan (intelijen), dan penyidikan.

  • Universitas Airlangga

Kamu juga bisa mendapatkan pendidikan kepolisian di Universitas Airlangga. Pendidikan di sini hanya tersedia untuk jenjang magister atau S2. Program yang dibuka yaitu Kajian Ilmu Kepolisian yang telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

  • Universitas Indonesia

Universitas Indonesia juga membuka program studi kepolisian untuk jenjang S2 atau magister. Program Kajian Ilmu Kepolisian di kampus ini memiliki 3 peminatan yaitu Administasi Kepolisian, Hukum Kepolisian, dan Manajemen Sekuriti.

  • Sekolah Polisi Wanita

Sekolah Polisi Wanita disingkat Sepolwan adalah Lembaga pendidikan pembentukan Brigadir Polisi Wanita. Sepolwan berada di bawah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Markas Sepolwan berada di Jl. Ciputat Raya No.41, Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Hingga saat ini Sepolwan adalah lembaga pendidikan Polri khusus wanita satu-satunya yang ada di Indonesia. Siapa yang ingin kuliah jurusan Polwan bisa mendaftar di sini. Lama pendidikan pembentukan untuk siswa Polwan saat ini adalah 7 bulan. Sepolwan dipimpin oleh seorang Kepala berpangkat Komisaris Besar Polisi yang saat ini dijabat oleh Kombes Pol. Ratna Setiawati.

 

Kuliah Jurusan Polwan : Syarat Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Sumber Gambar : www.liputan6.com

Sebelumnya S1 PJJ STIK itu ditujukan untuk para alumni akpol yang lulus pada tahun 2003 sampai dengan 2010 dan untuk para siswa yang baru lulus dari SMA atau SMK sederajat. Perlu diketahui juga proses belajar mengajar STIK agak sedikit bebeda dengan sekolah lainnya. Perbedaannya yaitu dalam proses pembelajaran baik mahasiswa maupun pengajar tidak bertatap muka.

Artinya proses belajar ini dilakukan secara jarak jauh melalui teknologi komunikasi dan informasi. Bagi Anda yang memiliki cita-cita bisa kuliah jurusan polwan bisa menempuh pendidikan di STIK dan menjadi perwira yang berkualitas, Anda perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut.

Syarat dan ketentuan umum pendaftaran S1 PJJ STIK untuk lulusan SMA/SMK sederajat

Melalui jalur tes :

-      Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)

-          Fotokopi ijazah SMA/SMK satu lembar

-          Fotokopi nilai ujian nasional satu lembar

-          Pas foto berukuran 3X4 sebanyak 3 lembar

-          Membawa SKCK yang masih berlaku

-          Membayar biaya pendaftaran

-     Membawa keterangan tinggi badan (laki laki minimal 155cm dan untuk perempuan minimal 150cm)

 

Melalui jalur tanpa tes:

-      Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)

-          Fotokopi ijazah SMA/SMK satu lembar

-          Fotokopi nilai ujian nasional satu lembar

-          Pas foto berukuran 3X4 sebanyak 3 lembar

-          Fotokopi raport yang sudah dilegalisir atau surat keterangan peringkat 1 sampai 10 dikelas

-          Membawa SKCK yang masih berlaku

-          Membayar biaya pendaftaran

-      Membawa keterangan tinggi badan (laki laki minimal 155cm dan untuk perempuan minimal 150cm)

 

Syarat dan ketentuan umum pendaftaran S1 PJJ STIK untuk mahasiswa transfer atau alumni akpol lulusan tahun 2003 sampai 2010

-    Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)

-    Perwira Polri lulusan Akpol tahun 2003 sampai 2010 atau DIII PTKI yang belum pernah mengikuti Dik S1 STIK PTIK

-          Memiliki pangkat minimal IPTU s.d Kompol

-          Berumur maksimal 35 tahun

-   Ditunjuk dan diusulkan dengan surat perintah untuk mengikuti PJJ S1 STIK PTIK oleh kepala/pimpinan yang berwenang (kasawil/kasatker di Mabes Polri)

-    Memiliki kinerja yang baik dan prestasi yang meninjol dalam menjalankan tugas Polri yang dibuktikan dengan surat keputusan Kapolri/Kapolda

-        Mengikuti lulus pengujian dan pemeriksaan.

 

Bagi pendaftar PJJ S1 STIK PTKI yang berasal dari alumni akpol harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan yang meliputi:

  • Tahap pemeriksaan administrasi dan SKHP

Calon mahasiswa yang berasal dari alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 yang menjalani proses pendaftaran S1 PJJ STIK ini akan diseleksi kelengkapan berkas berkasnya oleh tim pemeriksaan administrasi. Sebaiknya sebelum anda menyerahkan berkas tersebut periksalah terlebh dahulu agar tidak ada yang tertinggal.

  • Tahap pemeriksaan kesehatan

Calon mahasiswa yang berasal dari alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 akan mengalami seleksi pemeriksaan kesehatan fisik, penunjang, dan radiologi. Disarankan anda menjaga kesehatan sebelum menjalani tahap ini karena dapat berpengaruh terhadap hasil tes anda. Tata cara pendaftaran S1 PJJ STIK  tidak hanya harus memenuhi syarat dan ketentuan umum saja, tetapi juga ketentuan khusus antara lain:

Syarat dan ketentuan khusus bagi pendaftar S1 STIK:

-          Sehat jasmani dan rohani

-          Tidak menderita gangguan jiwa atau gila

-          Tidak pernah menggunakan narkoba atau obat terlarang lainnya

-          Tidak bertindik

-          Tidak memiliki riwayat bekas luka atau patah tulang yang serius

-          Tidak pernah terjerat kasus hukum apapun

Tata cara mendaftar PJJ S1 STIK PTKI:

- Terlebih dahulu anda melihat semua syarat dan ketentuan di website resmi yaitu https://ptik.lemdiklat.polri.go.id/.

-   Setelah Anda dinyatakan lolos dalam syarat dan ketentuan, segeralah daftarkan diri anda dan melengkapi berkas di laman resmi https://ptik.lemdiklat.polri.go.id//

- Tunggu hasil pengumuman lolos seleksi berkas pada laman resmi https://ptik.lemdiklat.polri.go.id/.

-          Jika Anda lolos seleksi berkas anda perlu menghadapi tahap seleksi berikutnya

 

Tahapan seleksi:

Untuk lulusan SMA/SMK sederajat:

  • Tahap seleksi berkas

Merupakan tahap seleksi awal bagi para lulusan SMA/SMK sederajat. Persiapkan berkas anda dengan lengkap dan usahakan jangan sampai ada yang tertinggal.

  • Tahap seleksi tes

Para calon mahasiswa akan menempuh tahap yang berupa tes. Biasanya tahap seleksi tes disini yaitu tahap tes psikologi yang terdiri dari kata, angka dan gambar. Pelajarilah materi tentang psikologi agar anda dapat lolos dalam tahap ini.

  • Tahap seleksi wawancara

Pada tahap ini Anda akan diwawancarai dan ditanyai mengapa anda ingin bersekolah di STIK. Disarankan jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan anda atau sejujurnya jujurnya. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi hasil dari tahapan ini.

  • Tahap seleksi kesehatan

Para calon mahasiswa harus menghadapi test kesehatan fisik penunjang, dan radiologi. Jaga kesehatan fisik Anda sebelum menghadapi tahapan ini. Karena sangat berpengaruh terhadap hasil tes. Tahapan ini merupakan tahap yang terakhir dan jika Anda lolos di tahap ini berarti Anda resmi menjadi mahasiswa STIK untuk kuliah jurusan polwan.

 

Kiat - Kiat dan Strategi untuk Lolos Kuliah Jurusan Polwan

Untuk lolos kuliah jurusan polwan melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru di PJJ STIK ini diperlukan strategi dan kiat - kiat tersendiri, antara lain:

-          Jaga kondisi fisik Anda, usahakan tidak merokok apalagi mengonsumsi narkotika dan minuman keras karena hal ini dapat mempengaruhi hasil seleksi.

-        Untuk menghadapi tahap seleksi kuliah jurusan Polwan berupa test psikotest Anda disarankan mengerjakan latihan soal. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan. Anda dapat mencari referensi soal tersebut di internet atau di toko buku terdekat .

-    Untuk menghadapi tahapan seleksi wawancara, sebaiknya Anda mencari referensi tentang apa saja yang akan ditanya oleh pewawancara di dalam sesi ini. Hal ini perlu karena agar Anda tidak terkejut dan gagap dalam menghadapi pertanyaan.

-   Yang terakhir, jangan lupa berdoa dan berserah diri kepada Tuhan agar Anda lolos dalam pendaftaran kuliah jurusan polwan S1 PJJ STIK. Dan selalu pantau website resmi STIK melalui link https://www.stik-ptik.ac.id/.

Semoga informasi yang saya bagikan ini semakin mempermudah jalan Anda menuju cita-cita menjadi polisi yang bersuritauladan dan contoh yang baik dalam bermasyarakat. Kuliah jurusan Polwan ini merupakan bentuk Pendidikan pengabdian pada negara dan bangsa juga karena berkaitan dengan tujuan mulia untuk berkarier di bidang kepolisian dengan penuh tanggung jawab.

 

 

Posting Komentar untuk "Kuliah Jurusan Polwan dan Syarat Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian"