Widget Atas Posting

Daftar Tempat Kuliah Sambil Mondok Gratis 2022

Bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi merupakan mimpi banyak pemuda – pemudi saat ini. Namun jika yang menjadi kendala adalah biaya kuliah, Anda tidak perlu khawatir karena banyak pilihan untuk bisa kuliah gratis saat ini.

Pilihan untuk bisa kuliah sambil mondok gratis sekarang pun terbuka lebar. Anda bisa mencari informasinya di internet, seperti yang Anda lakukan saat ini. Ternyata bisa kuliah sambil mondok gratis bukan lagi impian tetapi bisa menjadi kenyataan.

Tentunya lebih banyak manfaatnya ketika Anda memilih tinggal di pondok pesantren sambil kuliah. Meski jadwal harian Anda akan padat tetapi ilmu yang Anda dapatkan pun jauh lebih banyak.

Berikut ini saya informasikan tips untuk bisa kuliah sambil mondok gratis, apa saja langkah yang bisa Anda lakukan dan beberapa tempat kuliah sambil menjadi santri di daerah Jawa Timur dan Jogja.

 

Sumber Gambar : www.kompasiana.com

Tips Untuk Kuliah Sambil Mondok Gratis

1.       Mencari Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu cara agar bisa melanjutkan studi tanpa biaya alias gratis. Banyak juga pilihan beasiswa yang juga menanggung biaya hidup. Anda juga bisa mendapatkan beasiswa tahfidz untuk kuliah di kampus umum.

2.       Mengikuti Program Student Loans

Mencari Lembaga atau individu yang menyediakan pembiayaan untuk kuliah sambil nyantri di pesantren. Namun kekurangannya Anda harus mengembalikan biaya kuliah tersebut sesuai kesepakatan diawal atau bekerja di Lembaga yang membiayai kuliah Anda.

3.       Bekerja Sambil Kuliah sekaligus Nyantri di Pesantren

Mencari pekerjaan sampingan sambil kuliah memang tidak mudah. Setelah mendapatkan pekerjaannya pun tidak mudah untuk menjalaninya karena harus membagi waktu dengan jadwal kuliah dan mengerjakan tugas. Namun ini bisa jadi salah satu cara untuk memiliki penghasilan sambil kuliah. Anda bisa memilih bekerja untuk menjaga warung, pelayan rumah makan, atau tempat-tempat lain.

4.       Mencari Pondok Sekaligus Kuliah Gratis

Anda perlu mencari informasi secara detail untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas jika ingin mondok sambil kuliah. Saat ini sudah cukup banyak informasi pondok pesantren dan kuliah gratis.

 

Berikut ini adalah beberapa informasi terkait tempat kuliah sambil mondok gratis di Jawa Timur dan Jogja.

 

Kuliah Sambil Mondok Gratis di Jawa Timur

1.       Universitas KH Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang (Unhasy Jombang)

Kampus ini terletak di kawasan Ponpes Tebuireng Jombang di Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471.

Di kampus ini mahasiswa tak hanya bisa memilih prodi agama Islam, namun juga banyak pilihan prodi umum lainnya. Berikut fakultas dan prodi pilihan di Unhasy Tebuireng Jombang.

Fakultas Agama Islam; S1 Hukum Keluarga, S1 Hukum Ekonomi syari'ah, S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Pendidikan Guru MI. Fakultas Teknik; S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri. Fakultas Teknologi Informasi; S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika. Fakultas Ekonomi; S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Islam. Fakultas Ilmu Pendidikan; S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Matematika. Paska Sarjana, PAI dan Hukum Keluarga.

2.       Ma’had Aly Tebuireng Jombang

Kampus Ma'had Aly Tebuireng merupakan perguruan tinggi dibawah naungan Ponpes Tebuireng, Jombang. Satu komplek dengan Kampus Unhasy Jombang. Namun sudah berbeda lembaga, Ma'had Aly lebih fokus pada ilmu agama dan ilmu tafsir hadits.

Dilansir dari tebuireng.ac.id, kampus ini mencetak kader-kader yang ber-tafaqquh fid diin dan siap mengemban ilmunya di masyarakat.

Ma’had Aly sudah berjalan selama 10 tahun memberikan dedikasi pengajaran fiqh wa ushulihi kepada mahasantri. Sejak tahun ajaran 2016/2017 Ma'had Aly Hasyim Asy'ari sudah mendapatkan SK (surat keputusan) resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengganti jurusan menjadi hadist wa ulumihi.

Alasan digantinya jurusan menjadi Hadis wa ’Ulumihi, karena diharapkan seluruh mahasantri dapat meneruskan perjuangan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari yang selama hidupnya menjadi acuan sanad hadits, dan agar (keberlangsungan) hadits tidak terputus di Indonesia.

3.       Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang (STIT UW Jombang)

STIT UW Jombang merupakan kampus dibawah naungan Ponpes Al Urwatul Wutsqo Jombang di Jl. Mojowarno-Cukir, Bedok, Bulurejo, Diwek, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471.

Kampus ini terdapat dua pilihan prodi diantaranya Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Agama Islam. Kampus yang menjunjung tinggi perjuangan Al-Qur'an ini juga menggratiskan SPPbagi mahasiswanya.

4.       Sekolah Tinggi Agama Islam At Tahdzib Jombang (STAI At Tahdzib Jombang)

STAI At Tahdzib merupakan kampus yang dibawah naungan Ponpes At Tahdzib yang terletak di ujung selatan Kabupaten Jombang. Tepatnya di JL. Ngoro Kandangan Km. 3, Rejoagung Ngoro, Grenggeng, Rejoagung, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61473.

Di kampus ini ada 6 prodi unggulan yang bisa dipilih diantaranya Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah), Manajemen Pendidikan Islam, Muamalah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

5.       Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang (Unipdu Jombang)

Unipdu Jombang merupakan kampus yang tertetak di kawasan Ponpes Darul Ulum Rejoso, yang beralamatkan di Jl KH. Moh. As'ad, Jl. KH Umar Tamim Jl. Rejoso, Wonokerto Selatan, Peterongan, Kec. Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61481.

Kampus yang mempunyai motto Kampus Insan Penuh Cinta ini mempunyai banyak pilihan fakultas dan prodi diantaranya sebagai berikut.

Fakultas Agama Islam; S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Studi Hukum Keluarga, S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Kesehatan; D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners (Ners). Fakultas Bisnis dan Bahasa; S1 Administrasi Bisnis, S1 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Jepang. Fakultas Sains dan Teknologi; S1 Sistem Informasi, S1 Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Matematika. Pascasarjanan; S2 Manajemen Pendidikan Islam.

6.       Universitas KH Abdul Wahab Chasbullah Jombang (Unwaha Jombang)

Unwaha Jombang merupakan kampus yang terletak di kawasan Ponpes Bahrul Ulum di Jl. Garuda No.9, Tambak Rejo, Tambakberas, Jombang Regency, Jawa Timur.

Kampus yang mengambil nama besar pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama ini juga mempunyai banyak fakultas dan prodi pilihan diantaranya sebagai berikut.

Fakultas Agama Islam; S-1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Ekonomi Syariah. Fakultas Teknologi Informasi; S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi. Fakultas Pertanian; S1 Agrobisnis, S1 Agroekoteknologi, S1 Teknik Pertanian, S1 Teknologi Hasil Pertanian. Fakultas Ilmu Pendidikan; S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Matematika,S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakuktas Ekonomi; Manajemen.

7.       Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang (IAIBAFA Jombang)

IAIBAFA Jombang merupakan kampus yang terletak di utara Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi damai Al-Muhibbin, Jl KH Abdul Wahab Chasbullah Gang II No. 120 A, Jombang.

Kampus ini terdiri dari tiga fakultas yaitu Usuluddin, Syariah, dan Tarbiyah. Terdapat 7 program studi yaitu Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadits, Ahwal Syakhshiyyah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru MI, Manajemen Pendidikan Islam.

8.       Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bahrul Ulum Jombang (STIKES BU Jombang)

STIKES BU merupakan kampus dibawah naungan Ponpes Bahrul Ulum yang terletak dikawasan Ponpes Bahrul Ulum tepatnya di Jl. KH. Wahab Chasbullah IV / JL. Merpati, Tambakberas, Tambak Rejo, Jombang, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61451.

Ada 3 prodi unggulan yang dapat dipilih oleh santri atau mahasiswa di kampus ini. Diantaranya Ilmu Keperawatan, Kebidanan dan Profesi Ners.

9.       Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam Jombang (STIES Babussalam Jombang)

Kampus ini terletak di kawasan dan dibawah naungan Ponpes Babussalam, Mojoagung tepatnya di Jalan H. Nur, Kalibening, Tanggalrejo, Mojoagung, Kalibening, Tanggalrejo, Kec. Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482.

STIES Babussalam berkomitmen menghadirkan pendidik-pendidik pilihan yang terjamin mutu dan kualitas sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan dunia perekonomian terkhusus ekonomi syariah. Calon mahasiswa bisa melilih dua prodi jurusan yang ada dikampus ini yakni Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

 

Kuliah Sambil Mondok Gratis di Jogja

1.       Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja

Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja merupakan pondok pesantren secara gratis untuk mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di jogja. Terletak di Jl. Pd. Karanggeneng, Karang Geneng, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285 tepatnya ditengah sawah yang sangat sejuk udaranya dan indah pemandangannya.

Lokasinya ini juga dekat dengan beberapa kampus seperti UTY (Paling dekat), AMY, UGM dan kampus besar lainnya. Jadi tidak heran jika ada santri maupun alumninya yang berasal dari kampus kampus besar di Jogja ini. Bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memang terbatas dalam biaya khususnya tempat tinggal bisa masuk ke pondok pesantren ini, jadi sambil kuliah juga belajar agama biar lebih seimbang antara asupan pikiran dan hati.

Untuk kegiatan rutin para santri, dilakukan pada waktu antara maghrib-isya, kemudian subuh hingga pukul 05.30 WIB. Di siang hari, terutama jam kuliah para santri yang ada, lebih dominan berkegiatan dikampus yakni menjalani perkuliahannya masing-masing. Untuk jadwal lain terkait petugas sehari-hari seperti jadwal solat wajib (muadzin dan imamnya), bersih-bersih dan jadwal lainnya disesuaikan dengan kosongnya jadwal perkuliahan. Jika pun ada kegiatan mendadak terkait perkuliahan para santri diperbolehkan untuk izin. Jadi benar benar tidak mengganggu perkuliahan karena memang pondok pesantren khusus mahasiswa dan mahasiswi jogja.

Pondok pesantren memiliki halaman yang luas sehingga bisa digunakan untuk berolahraga. Para santri juga bisa jalan-jalan didaerah persawahan yang ada disekitar pondok, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan sepeda peninggalan santri lama (alumni) hehe.. dan masih banyak lagi fasilitasnya.

Didalam pondok pesantren ini pun ditersedia organisasi internal santri yang bernama IMAMY (Ikatan Mahasantri Miftahussalam Yogyakarta), tempat dimana para santi bisa mengembangkan kemampuan dalam berorganisasi.

 

Demikian beberapa informasi kuliah sambil mondok gratis yang bisa Anda coba. Bahkan jika Anda bercita-cita menjadi dokter pun bisa mendapatkan beasiswa tahfidz kedokteran sambil menjadi santri. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mewujudkan mimpi studi Anda selama ini.

Posting Komentar untuk "Daftar Tempat Kuliah Sambil Mondok Gratis 2022"