Widget Atas Posting

Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Artikel ini lebih banyak akan membahas mengenai universitas swasta dengan Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia dan bagaimana cara memilih universitas tersebut.

Universitas negeri memang selalu menjadi dambaan orangtua dan calon mahasiswa, tetapi ternyata banyak juga kok universitas swasta kini yang juga berkualitas. Apa saja dasar kualitas yang digunakan untuk menilai kampus swasta itu bagus? Salah satunya adalah akreditasi. Dasar pertimbangan lainnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh lagi mengenai apa sih itu Jurusan Psikologi, apa saja mata kuliahnya, bagaimana kuliah, dan prospek pekerjaannya bisa Anda baca di sini.

 


Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik

1.       Universitas Islam Indonesia (UII)

Terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, UII menyediakan jurusan psikologi dengan akreditasi A. Di sisi lain, jurusan Psikologi UII juga mengalami perubahan secara berkala dengan berlandaskan perkembangan keilmuan terkini.

Di UII, jurusan Psikologi masuk ke dalam Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial dan Budaya atau biasa disingkat menjadi FPSB.

Jika Anda tertarik masuk ke jurusan Psikologi UII, Anda akan belajar banyak sekali mata kuliah yang menarik seperti biopsikologi, psikologi komunikasi, psikologi kognitif, asesmen dewasa, asesmen anak dan remaja, dan lain-lain.

UII menjadi salah satu penyedia jurusan psikologi swasta terbaik dan bisa jadi pilihan Anda saat hendak memasuki jenjang perkuliahan nanti.

2.       Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Selain UII, universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik selanjutnya adalah Atma Jaya Jakarta. Anda yang tinggal di Jabodetabek mungkin sudah pernah mendengar nama kampus yang satu ini.

Sama seperti halnya UII, Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta juga menyediakan jurusan Psikologi terbaik dengan akreditasi A. Bedanya, jurusan Psikologi Atma Jaya sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri.

Di Atma Jaya, Anda akan menemukan mata kuliah Psikologi sebagai berikut :

-          Psikologi perkembangan

-          Psikologi sosial

-          Psikologi faal

-          Filsafat ilmu

-          Psikologi kognitif

-          Psikologi klinis, dan masih banyak lagi

3.       Universitas Gunadarma

Masih di area Jabodetabek, Anda juga bisa menjadikan Universitas Gunadarma sebagai opsi untuk memilih universitas swasta psikologi terbaik.

Sama seperti Atma Jaya dan UII, Psikologi Gunadarma juga sudah terakreditasi A sejak tahun 2013 lalu.

Di Gunadarma, jurusan Psikologinya juga sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri. Apabila Anda tertarik masuk ke Psikologi Gunadarma, elo akan belajar banyak hal, mulai dari interaksi manusia dan komputer, kode etik psikologi, ergonomi komputerisasi, hingga psikologi konseling.

4.       Universitas Mercu Buana

Beralih ke area Yogyakarta, universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik selanjutnya yaitu Universitas Mercu Buana. Kampus ini terletak di Jl. Raya Wates-Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Psikologi Mercu Buana sudah terakreditasi A. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir akan kualitasnya.

Selain S1, di Mercu Buana juga menyediakan jenjang kuliah S2 untuk jurusan Psikologi.

Berikut daftar mata kuliah jurusan Psikologi di Mercu Buana :

-          Psikologi Pendidikan

-          Psikologi sosial

-          Psikologi industri dan organisasi

-          Filsafat manusia

-          Psikometri

-          Kognisi sosial, dan masih banyak lagi

5.       Universitas Sanata Dharma

Masih menetap di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada satu lagi universitas swasta yang ada jurusan psikologi, yaitu Universitas Sanata Dharma. Anda pernah mendengar nama kampus yang satu ini?

Yap, Universitas Sanata Dharma terletak di Jl. Affandi, Kec Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara keseluruhan, kampus USD terbagi menjadi 5 dan terletak di alamat yang berbeda-beda.

Jurusan Psikologi Sanata Dharma juga termasuk salah satu jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak, jurusan Psikologinya sudah terakreditasi A. Secara lokasi, fakultas Psikologi Sanata Dharma terletak di kampus 3, yaitu di Jl. Paingan, Maguwoharjo.

Di USD, Anda akan belajar mata kuliah Psikologi seperti pendidikan anak usia dini, biopsikologi, psikologi kepribadian, dan masih banyak lagi.

6.       Universitas Muhammadiyah Malang

Berpindah ke Kota Malang, Jawa Timur, ada salah satu universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik yang perlu Sobat Zenius ketahui, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas ini memang seringkali disebut-sebut sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM sendiri terletak di Jl. Bendungan Sutami No. 188, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Jurusan Psikologi UMM juga sudah terakreditasi A.

Fakultas Psikologi UMM memiliki tiga program studi sejak tahun 2008, yaitu Sarjana Psikologi, Magister Sains Psikologi (M.Si), dan Magister Profesi Psikologi (M.Psi, Psikolog).

7.       Universitas Ahmad Dahlan

Kembali lagi ke kota pelajar alias Yogyakarta, ada lagi universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik, yaitu Universitas Ahmad Dahlan atau biasa disingkat UAD. Sama seperti halnya UMM, jurusan Psikologi UAD juga sudah terakreditasi A.

UAD sendiri terletak di Jl. Kapas No. 9, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jurusan Psikologi UAD juga sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri.

Berikut daftar mata kuliah yang Anda pelajari di Psikologi UAD :

-          Kode etik psikologi

-          Sejarah & aliran psikologi

-          Pengantar psikodiagnostik

-          Psikologi perkembangan remaja, dewasa & lansia

-          Teori-teori psikologi sosial

-          Psikologi sosial terapan, dan masih banyak lagi

 

Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik Lainnya

8.       Universitas Surabaya

9.       Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta Selatan

10.   Universitas Tarumanagara

11.   Universitas Kristen Krida Wacana

12.   Universitas Persada Indonesia

13.   Universitas Pancasila

14.   Universitas Bina Nusantara

15.   Universitas Kristen Satya Wacana

16.   Universitas Muhammadiyah Surakarta

17.   Universitas Islam Bandung

18.   Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

 

Cara Memilih Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik

  1. Akreditasi Universitas dan Program Studi

Pilihlah kampus dengan akreditasi kampus dan program studi berpredikat A dari BAN PT. Akreditasi A ini penting sekali karena ini artinya oleh kampus tersebut sudah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional sebagai kampus yang unggul, baik dari sisi pengajarannya, kegiatan kemahasiswaanya, output penelitiannya, maupun fasilitasnya.

Akreditasi A ini juga berguna ketika nanti lulusannya hendak mendaftar kerja atau beasiswa. Misalnya, ketika daftar CPNS, pendaftar diharuskan melampirkan sertifikat akreditasi universitas dan program studi. Saat ini ada 18 kampus swasta sesuai daftar di atas yang memiliki jurusan Psikologi dengan akreditasi A, yang SK nya masih berlaku. Dari 18 kampus tersebut seluruhnya juga memiliki akreditasi institusi A. Untuk update akreditasi, Anda bisa melakukan pengecekan sendiri melalui PD Dikti karena akreditasi akan diperbarui setiap lima tahun sekali.

  1. Prestasi dan Reputasi

Jika pertimbangannya prestasi dan reputasi, tentu kampus-kampus negeri akan menjadi prioritas. Di Indonesia sterotype bahwa kampus negeri lebih baik daripada kampus swasta masih sangat kental. Jadi lulusan kampus negeri akan dianggap lebih kompeten dan mudah mencari kerja atau beasiswa nantinya.

Namun hal ini bisa jadi kurang sepenuhnya tepat, lulusan kampus negeri unggul karena memang inputnya juga unggul. Lulusan kampus negeri mudah mencari kerja karena memang alumni kampus tersebut sudah menjadi pimpinan di berbagai perusahaan, dan kecenderungannya para pimpinan ini akan merekrut karyawan yang sealmamater. Jadi saya setuju kalau lulusan kampus negeri akan mendapat beberapa kemudahan nantinya setelah lulus, tapi kalau mengatakan kampus negeri lebih baik, coba pikirkan lagi.

Di sisi lain, 18 kampus swasta yang akreditasinya A tersebut juga sudah pasti memiliki perstasi, reputasi, dan fasilitas yang baik. Tapi semuanya memiliki kekhasan masing-masing. Misalnya. Psikologi di Binus banyak berfokus pada Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan, terutama dalam dunia usaha atau industri. Sementara Psikologi UMM, UII, UMS, dan UAD fokus pada pengembangan Psikologi yang berlandas nilai-nilai Islam. Jadi kalian setidaknya perlu menyesuaikan minat kalian dan kepo ke website fakultasnya.

  1. Biaya Kuliah

Dasar penilaian kampus terbaik dua di bawah ini, yaitu biaya kuliah dan biaya hidup merupakan pribadi masing-masing orang. Namun menurut saya hal ini juga perlu menjadi pertimbangan karena kemampuan diri kita yang berbeda. Misalnya saya menganggap universitas swasta dengan Jurusan Psikologi terbaik itu Binus, tetapi biayanya tidak terjangkau bagi diri saya, maka itu tidak lagi terbaik bagi saya karena akan kesulitan untuk membayarnya. Jadi biaya kuliah ini perlu menjadi pertimbangan juga untuk memilih kampus.

Tidak dapat dipungkiri, biaya kuliah juga harus menjadi pertimbangan untuk memilih kampus tujuan. Jika kalian adalah orang mampu dan tidak masalah dengan biaya kuliah, pertimbangan ini bisa diabaikan. Tapi jika kalian adalah orang dengan keterbatasan biaya, maka pertimbangan ini perlu.

Di kampus swasta biaya kuliah sangat bervariasi, dan biasanya dipukul rata untuk semua mahasiswa, tanpa memandang penghasilan orang tua. Untuk melihat berapa biaya pastinya kalian harus cek ke website masing-masing universitas. Sebagai gambaran biaya kuliah di kampus swasta, di Binus Jakarta, biaya kuliah sebesar 17 juta/semester. Di Ubaya Surabaya, biaya kuliah sebesar 18 juta/semester. Di UII Yogyakarta, biaya kuliahnya sebesar 18 juta/semester. Di UMS Solo, biaya kuliah sebesar 6 juta/semester. Di UMM Malang, biaya kuliah sebesar 5,3 juta/semester. Itu hanyalah hitungan kasar untuk jurusan Psikologi, karena biaya sesungguhnya tergantung juga dari SKS yang diambil. Selain itu, masih ada biaya tambahan di luar itu, misal untuk sumbangan gedung, KKN, Skripsi, dll. Jadi untuk lebih detailnya, cek website masing-masing kampus.

  1. Biaya Hidup

Pertimbangan penilaian yang selanjutnya adalah biaya hidup. Tak masalah jika kampus tersebut masih berada satu kota dengan tempat orang tua kita tinggal, tetapi kebanyakan saat kuliah kita harus hidup di kota yang berbeda dengan keluarga. Oleh karena itu, pertimbangkan juga biaya hidup tempat kuliah yang disesuaikan dengan kemampuan dan gaya hidup.

Kota dan biaya hidup juga patut menjadi pertimbangan dalam memilih kampus. Jika kalian adalah orang yang suka gaya hidup hedonis, tentu kampus-kampus di kota seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung menjadi pilihan yang tepat. Banyak mall, kafe, dan tempat-tempat wisata modern di kota tersebut. Di kota ini Anda juga akan beradaptasi dengan suasana kota besar, yang memiliki banyak jaringan ke perusahaan. Namun tentu saja, biaya hidup di kota tersebut juga mahal. Namun jika Anda lebih suka ketenangan atau wisata alam, kota Jogja dan Malang sangat saya rekomendasikan. Dua kota ini memiliki destinasi wisata alam yang indah dan biaya hidupnya jauh lebih murah dibanding kota-kota besar. Jogja dan Malang juga terkenal sebagai kota pelajar, jadi tempat nongkrong mahasiswa yang menyediakan wi-fi gratis sudah menjamur di dua kota ini. Di Jogja ada UGM, UII, USD, dan UAD yang memiliki jurusan Psikologi dengan akreditasi A. Sementara di Malang ada UMM yang memiliki Psikologi dengan akreditasi A.

 

Demikian informasi mengenai daftar universitas swasta dengan Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia dan bagaimana cara memilih universitas terbaik bagi diri kita. Kampus swasta juga tak kalah berkualitas jika sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik"