Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis

Bingung lulus SMA mau kuliah jurusan apa? Hal ini seringkali terjadi pada siswa-siswi yang baru lulus karena kurangnya informasi mengenai berbagai macam pilihan jurusan di kuliah.

Jika Anda berasal dari bidang studi IPA, tapi ingin beralih ke bidang ekonomi untuk mewujudkan cita-cita menjadi entrepreneur, maka Jurusan Agribisnis cocok untuk Anda pilih. Yuk, simak dimana saja universitas yang ada Jurusan Agribisnis, baik negeri maupun swasta, yang terbaik di Indonesia.

Sebelumnya sebagai informasi, apa sih Jurusan Agribisnis itu? Belajar tentang apa dan bagaimana prospek pekerjaannya di masa depan?

Jurusan Agribisnis adalah salah satu program studi yang terkait dengan ilmu pertanian. Jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Kata bisnis pada Jurusan Agribisnis menunjukkan peran dari pada lulusan agar dapat memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian yang dihasilkannya.

Dengan mengkombinasikan ilmu pertanian dan ekonomi, Jurusan Agribisnis akan mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta bisa menghasilkan produk yang menguntungkan.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui jika melanjutkan pendidikan pada Prodi Agribisnis adalah Teori Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis, Risiko Agribisnis, Usahatani, Bisnis Internasional, dll. Dengan mempelajari seluruh materi tersebut, mahasiswa diharapkan mampu menyusun rencana bisnis di bidang agribisnis, mengenali sistem agri bisnis dari berbagai sudut pandang, hingga memiliki kemampuan kreativitas, kewirausahaan, dan kepemimpinan dalam bidang agribisnis.

 

Sumber Gambar : www.masoemuniversity.ac.id

Info Perkuliahan Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis

Untuk mendalami ilmu ini dengan lebih baik lagi, Anda dapat pula melanjutkan pendidikan pada jenjang pascasarjana dengan nama program yang sama, baik itu untuk jenjang Magister (S2) maupun Doktor (S3). Selain Agribisnis, terdapat banyak program studi lainnya yang juga memiliki fokus di bidang pertanian, seperti Budidaya Pertanian, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Mikrobiologi Pertanian, Ilmu Tanah, Penyuluh dan Komunikasi Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, serta Ilmu dan Teknologi Pangan.

Setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester dengan total sekitar 144 SKS, mahasiswa Prodi Agribisnis akan mendapatkan gelar Sarjana Pertanian atau disingkat (S.P.). Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) fokus pada perencanaan proses produksi yang efisien dari hulu sampai hilir. Jadi, Anda akan mempelajari proses produksi suatu komoditas sampai ke teknik pemasarannya selain itu Anda juga akan belajar mengenai fungsi manajerial.

Beberapa kompetensi yang diharapkan dari lulusan Agribisnis adalah menguasai teori dan konsep ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan untuk pengambilan keputusan serta pemecahan masalah di bidang agribisnis; mampu menerapkan konsep entrepreneur dan technopreneur; serta dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEK dalam penyelesaian masalah bidang agribisnis yang adaftif terhadap perubahan lingkungan.

Meski mahasiswa akan mempelajari ilmu terkait bisnis dalam perkuliahannya, Jurusan Agribisnis ini tetap masuk dalam kategori rumpun saintek, di bawah naungan Fakultas Pertanian. Jika di SMA Anda adalah siswa IPS, maka Anda perlu mendaftar program lintas jurusan untuk bisa melanjutkan pendidikan di program studi ini.

Untuk mengetahui perbedaan Jurusan Agribisnis dengan jurusan lain di bidang pertanian, berikut gambarannya. Untuk program studi Budidaya Pertanian biasanya dibagi jadi dua bidang, ada Agronomi dan Pemuliaan Tanaman. Agronomi mempelajari interaksi faktor genetik dan lingkungan yang berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil tanaman. Sementara, Pemuliaan Tanaman mengarah bagaimana mengusahakan benih yang lebih baik dan disukai konsumen sehingga Anda banyak melakukan penelitian untuk membuat varietas-varietas baru.

Hama dan Penyakit Tumbuhan mempelajari bagaimana penanganan serta pencegahan berbagai macam hama dan penyakit yang menyerang di berbagai usia tanaman secara inovatif. Sedangkan Mikrobiologi Pertanian belajar gimana cara mempermudah kerja akar dalam mengambil unsur hara dari tanah terutama mineral-mineral yang diperlukan tanaman. Anda juga belajar sumber daya pertanian yang berkesinambungan untuk mendukung pengembangan bioteknologi modern.

 

Kenapa Memilih Jurusan Agribisnis?

1.       Instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian sangat membutuhkan Sarjana Pertanian untuk berbagai posisi, seperti pengawas benih tanaman, pengendali organisme pengganggu tanaman, pengawas mutu hasil pertanian, widyaiswara, dan lainnya.

2.       Tinggal di Indonesia yang merupakan negara agraris dengan segala komoditas pertaniannya yang beraneka ragam bisa menjadi peluang tersendiri untuk lulusan Ilmu Pertanian. Jika Anda bukan termasuk orang yang suka kerja kantoran, kamu memiliki kesempatan menjadi pengusaha komoditas pertanian dengan didukung ilmu yang Anda miliki.

3.       Lulusan Agribisnis memiliki peran mengenalkan cara mengelola lahan pertanian secara modern. Anda bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di kampus untuk membantu para petani meningkatkan hasil panennya dengan cara bergabung dengan lembaga swadaya masyarakat di bidan pertanian. Lewat cara ini Anda bisa membantu terbentuknya generasi petani 4.0 deh.

4.       Untuk Anda yang gemar bereksperimen, bisa banget gabung lembaga penelitian untuk melakukan riset guna menciptakan varietas baru.

5.       Perusahaan-perusahaan di sektor pertanian mulai dari hulu hingga hilir membutuhkan lulusan Ilmu Pertanian untuk membantu menemukan varietas baru, mengelola lahan secara efisien, menangani komoditas pascapanen, hingga pemasaran hasil dan produk pertanian.

 

Daftar Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis

Universitas Negeri yang Ada Jurusan Agribisnis :

1.       Universitas Gadjah Mada

2.       Institut Pertanian Bogor

3.       Universitas Diponegoro

4.       Universitas Airlangga

5.       Universitas Hasanuddin

6.       Universitas Brawijaya

7.       Universitas Padjadjaran

8.       Universitas Jenderal Soedirman

9.       Universitas Andalas

10.   Universitas Sebelas Maret

11.   Universitas Jember

12.   Universitas Trunojoyo Madura

13.   Universitas Bangka Belitung

14.   Universitas Halu Oleo

15.   Universitas Sriwijaya

16.   Universitas Lambung Mangkurat

17.   Universitas Sam Ratulangi

18.   Universitas Jambi

19.   Universitas Negeri Gorontalo

20.   Universitas Lampung

21.   Universitas Nusa Cendana

22.   Universitas Malikussaleh

23.   Universitas Bengkulu

24.   Universitas Timor

25.   Universitas Papua

26.   Universitas Borneo Tarakan

27.   Universitas Samudra

28.   Universitas Singaperbangsa Karawang

29.   Universitas Khairun

30.   Universitas Mataram

31.   Universitas Mulawarman

32.   Universitas Pattimura

33.   Universitas Masamus Merauke

34.   Universitas Siliwangi

35.   Universitas Sulawesi Barat

36.   Universitas Syiah Kuala

37.   Universitas Tadulako

38.   Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

39.   Universitas Udayana

40.   UPN Veteran Yogyakarta

41.   UPN Veteran Jawa Timur

42.   Universitas Sembilan Belas November Kolaka

43.   Universitas Sumatra Utara

44.   Universitas Teuku Umar

45.   Universitas Riau

46.   UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

Universitas Swasta yang Ada Jurusan Agribisnis :

1.       Universitas Muhammadiyah Malang

2.       Universitas Jabadra Yogyakarta

3.       Universitas Medan Area

4.       Universitas Muslim Indonesia Makassar

5.       Instiper Yogyakarta

6.       Universitas Tribhuwana Tungga Dewi

 

Prospek Kerja Lulusan Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis


Prospek kerja lulusan Agribisnis sangat luas, karena bidang pekerjaan yang dapat dimasukinya bukan hanya terbatas pada sektor pertanian saja. Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, sampai lembaga swadaya masyarakat. Karena selama perkuliahan Anda banyak belajar tentang pengembangan bisnis di sektor pertanian, tentu hal ini akan menjadi modal besar jika ingin berwirausaha atau menjadi seorang pengusaha atau manajer profesional di bidang agribisnis. Sebagai lulusan Agribisnis nantinya Anda juga akan berperan untuk membantu para petani menghadapi era industri 4.0, sebagai konsultan dan pendamping bidang agribisnis.

  • Konsultan Pertania

Anda dapat menjadi seorang konsultan pertanian tugasnya memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat luas terkait ilmu Agribisnis. Seorang konsultan yang handal mampu memberikan arahan, bimbingan dan juga analisis yang tepat sebelum menjalakan bisnis tersebut. Dengan menjadi seorang konsultan berpengalaman, dapat membuat kehidupan Anda semakin mapan sebab perusahaan besar berani memberikan gaji mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah untuk profesi ini.

  • Pioneer LSM

Seorang lulusan Agribisnis dapat bekerja di LSM yang memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait ilmu Agribisnis misalnya bidang peternakan atau pertanian. Dengan bekerja di LSM ini Anda dapat membantu para petani mendapatkan hasil panen atau ternak lebih besar dan membuka peluang karir yang lebih menjanjikan.

  • Pedagang Komoditi Baru

Indonesia sebagai negara yang berlimpah kekayaan alamnya, sehingga Anda dapat mencoba memperkenalkan komoditi baru yang terbentang mulai Sabang hingga Merauke ini. Berbekal ilmu pengetahuan selama kuliah, kesempatan menjadi pedagang komoditi baru terbuka lebar untuk menciptakan sebuah pasar komoditi baru.

  • Bekerja di BAPPEDA

Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah (BAPPEDA) berkontribusi mengedukasi masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan dan juga ladang yang baik.  Dengan menjadi petugas BAPPEDA Anda telah turut mensejahterakan rakyat.

  • Lembaga Penelitian

Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Contohnya saja ilmu pemuliaan tanaman yang mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan mempercepat masa panen, juga beragam aspek lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Salah satu prospek kerja Lulusan Agribisnis adalah menjadi seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau berbagai lembaga lainnya.

  • Perusahaan Swasta

Lulusan agribisnis dapat bekerja di sektor formal seperti di lembaga pemerintah, atau sektor swasta dengan sistem kontrak yang lama kerjanya telah diketahui mulai dari diterima di perusahaan tersebut. Anda dapat memilih untuk bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis ataupun komoditi. Atau, jika ingin membangun usahamu sendiri, Anda bisa menjadi supplier komoditas di bidang ini.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai Jurusan Agribisnis, bagaimana prospek kerja lulusannya, dan daftar universitas yang ada Jurusan Agribisnis terbaik di Indonesia. Anda bisa memilih ingin masuk universitas negeri atau swasta. Jangan lupa untuk melakukan cek akreditasi dulu ya sebelum memilih kampusnya melalui link PD Dikti.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis"