Widget Atas Posting

Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Sebelum memutuskan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, sebaiknya mulai kenali dulu apa saja jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya berikut ini. Tujuannya supaya Anda bisa mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki sehingga untuk menentukan karier ke depannya pun tidak akan berbeda jauh dengan jurusan yang diambil sewaktu kuliah.

Banyak yang mengaku salah jurusan ketika sudah terlanjur masuk suatu jurusan di kampus. Berbagai alasan menjadi penyebab mengapa mereka merasa salah jurusan, salah satunya karena prospek pekerjaan lulusan jurusan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, sebelum terlambat, mulai kenali dulu jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya, baik di bidang saintek maupun soshum.

 


Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya di Bidang Saintek

1.       Jurusan MIPA

Anda akan belajar ilmu Matematika dan Sains di jurusan ini. Beberapa fokus yang dipelajari seperti Biologi, Fisika, Kimia, Astronomi, Geografi, Statistika, Ilmu Pangan, dll. Pada jurusan ini semua yang diajarkan adalah ilmu murni dan bagaimana penerapannya pada kehidupan.

Berikut beberapa contoh cabang jurusan serta prospek pekerjaannya :

§  Jurusan Matematika. Bisa menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, bisa masuk dunia perbankan, menjadi ahli statistika, dll.

§  Jurusan Biologi. Bisa bekerja di laboratorium baik swasta maupun negeri sebagai peneliti biologi, analisis laboratorium, teknisi laboratorium dll.

§  Jurusan Fisika. Bisa bekerja di bagian R&D, bisa masuk di industri tambang dan perminyakan sebagai field engineer, dll.

§  Jurusan Geografi. Bisa menjadi tenaga ahli perkiraan cuaca, menjadi surveyor tanah, bisa masuk industri tambang dan perminyakan, dll.

§  Jurusan Kimia. Bisa masuk bagian quality control atau R&D pada industri pangan, kosmetik, farmasi, pertanian, miyak, dll.

2.       Jurusan Informatika

Anda yang tertarik dengan komputer sangat cocok masuk jurusan ini. Kamu akan belajar berbagai hal tentang komputer dan hal terkait lainnya. Hal yang dipelajari biasanya seputar pengembangan aplikasi, jaringan komputer, database komputer, penerapan sistem komputer, dll.

Jurusan ini terbagi dalam beberapa jurusan seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dll. Penyebaran jurusannya bisa ke berbagai fakultas. Nanti fokus pembelajarannya akan menyesuaikan di fakultas mana jurusan tersebut berada.

Beberapa prospek kerja untuk jurusan informatika diantaranya :

§  Menjadi Apps Developer

§  Menjadi Programmer

§  Menjadi Technical Support

§  Menjadi Teknisi Jaringan

§  Menjadi Teknisi Komputer, dll.

3.       Jurusan Kedokteran dan Kesehatan

Jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya di bidang medis ini sangat tinggi pamornya. Ada banyak orang yang sangat tertarik dengan jurusan kedokteran dan kesehatan karena image di masyarakat dan prospek kerjanya yang baik. Jurusan Kedokteran memiliki beberapa cabang jurusan, diantaranya seperti Pendidikan Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kebidanan, Keperawatan, dll. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi tenaga kesehatan.

4.       Jurusan Geofisika

Jurusan ini mempelajari mengenai bumi dilihat dari keilmuan fisika. Mahasiswanya secara spesifik akan mempelajari mengenai analisis dan penyelesaian permasalahan yang terkait sumber daya alam, energi dan sumber daya lingkungan.

Bidang dan profesi pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusan jurusan ini adalah sebagai berikut :

§  Badan vukanologi

§  Peneliti pada lembaga penelitian

§  Teknisi pada perusahaan energi, minyak dan gas

§  Teknisi pada perusahaan tambang

§  Surveyor pada lembaga dan perusahaan survey

§  Analis pada perusahaan riset

§  Teknisi pada lembaga Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

5.       Jurusan Ilmu Gizi

Ilmu Gizi mempelajari segala hal yang terkait makanan dan minuman serta kaitannya dengan kesehatan. Seorang lulusan Ilmu Gizi diharapkan dapat melakukan proses identifikasi masalah, merumuskan, membuat perencanaan hingga penerapan solusi atas suatu masalah gizi.

Spesifikasi jurusan ini fokus pada asal gizi yaitu asupan baik itu berupa makanan dan minuman termasuk bahan atau materi yang terkandung di dalamnya. Apabila Anda pernah melihat makanan bagi pasien rawat inap di sebuah rumah sakit, di situlah seorang ahli gizi berperan.

Ia akan meneliti kandungan gizi yang tepat untuk disajikan sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita dan kebutuhan dari pasien tersebut. Seorang ahli gizi bertanggungjawab mendukung penyembuhan pasien melalui pengaturan asupan nutrisi yang tepat dan efektif.

Seorang sarjana lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja sebagai berikut :

§  Peneliti

§  Spesialis produk makanan, farmasi dan Kesehatan

§  Spesialis gizi di rumah sakit

§  Konsultan gizi

§  Analis produk di Badan Pengawas Obat dan Makanan

§  Lembaga kesehatan masyarakat

§  Industri restoran

§  Quality assurance

6.       Jurusan Bioteknologi

Jurusan ini termasuk satu di antara tiga bidang yang mengalami perkembangan paling pesat di dunia dalam satu abad terakhir. Dua bidang yang lainnya adalah informatika dan nanoteknologi.

Meski demikian, masih banyak orang yang tidak tahu apa itu bioteknologi. Dan bagaimana mencapai kompetensi seorang ahli bioteknologi melalui jalur pendidikan tinggi.

Bioteknologi pada prinsipnya mempelajari tentang penerapan teknologi berbasis biologi atau makhluk hidup demi peningkatan kualitas kehidupan secara lebih luas. Di dalamnya terkandung proses meneliti dan merancang sistem rekayasa teknologi serta biologi untuk menghasilkan teknologi dan produk yang dapat digunakan di berbagai bidang.

Contoh pekerjaan seorang sarjana Bioteknologi adalah seperti berikut :

§  Analis produk pada Badan Pengawas Obat dan Makanan

§  Peneliti pada lembaga penelitian

§  Spesialis pada industri, makanan, farmasi, kesehatan, pertanian, perikanan, kosmetik

§  Analis pada industri makanan, farmasi, kesehatan, pertanian, perikanan, kosmetik

§  Product development

§  Technical marketing

§  Quality assurance

§  Environment specialist

§  Customer technical service

 

 

Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya di Bidang Teknik

1.       Jurusan Teknik Industri

Jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya di bidang industri kadang dijuluki dengan ‘ekonominya teknik’. Hal ini dikarenakan pada masa perkuliahan, mahasiswanya juga turut mempelajari ilmu-ilmu ekonomi dasar seperti ekonomi, manajemen, analisa biaya dan organisasi perusahaan.

Jurusan ini terkesan sebagai jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya yang bertolak belakang. Karena jurusan ini bernaung di bawah Fakultas Teknik sementara lulusannya sangat kompeten dalam hal ekonomi, manajemen dan bisnis.

Kompetensi jurusan ini dalam hal perancangan, peningkatan dan penerapan sistem yang terintegrasi antara material, energi, perangkat dan manusia. Dilihat dari penjelasan tersebut maka akan terlihat bahwa jurusan ini mengandung muatan manajemen proses dan produksi yang sangat kental.

Bidang kerjanya pun sangat luas meliputi :

§  Teknisi pada industri manufaktur

§  Quality assurance

§  Marketing and sales

§  Risk management

§  Technical sales

§  Business development

§  Teknisi produksi

§  Safety, health and environment

§  Technical sales

§  Teknisi rekayasa sistem dan proses bisnis produksi

§  Bagian operasional dan sumber daya manusia

2.       Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan ini mencetak lulusan yang mampu mengelola lingkungan untuk kehidupan yang sehat dan baik dengan memanfaatkan teknologi. Cakupan bidangnya sangat luas seperti rekayasa air bersih, rekayasa air minum, pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, sanitasi, pencegahan dan pengendalian polusi udara dan pengelolaan lingkungan.

Melihat luasnya ilmu yang dipelajari maka tidak heran seorang Sarjana Teknik Lingkungan juga memiliki prospek kerja yang luas, yaitu :

§  Konsultan lingkungan dan sumber daya

§  Safety and health environment

§  Ecology specialist

§  Peneliti pada lembaga riset

§  Lembaga konservasi sumber daya dan lingkungan

§  Technical sales

§  Teknisi pengelolaan limbah industry

§  Teknisi pengelola energi industry

§  Teknisi pengelola lingkungan

§  Teknisi restorasi lingkungan

3.       Jurusan Teknik Metalurgi

Seorang sarjana Teknik Metalurgi memiliki keahlian dalam hal pengembangan mineral logam yang digunakan ataupun sebagai hasil dari sebuah proses produksi. Jurusan yang satu ini memang sangat spesifik berkaitan dengan hal yang berbau logam dan mineral dikaitkan dengan teknologi ekstraksi dan rekayasa produksi.

Seorang Sarjana Teknik Metalurgi memiliki prospek kerja di bidang sebagai berikut :

§  Material Engineer

§  Maintenance Engineer

§  Production Engineer

§  Product and Process Design Engineer

§  System Analsyt

4.       Jurusan Teknik Geodesi

Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pemetaan bumi baik itu di daratan maupun perairan. Pemetaan dilakukan secara terperinci meliputi penentuan obyek, posisi obyek dengan tepat hingga penetapan skala.

Pada perjalanannya, ilmu ini mengalami perkembangan melalui integrasi pendekatan pengukuran dan pemetaan digital. Juga analisis, pengelolaan, penyimpanan dan penyajian interprestasi data hasil survey.

Bidang studi yang erat hubungannya dengan kegiatan di luar lapangan serta memiliki perhitungan matematika yang kuat ini memiliki beberapa prospek kerja bagi lulusannya seperti :

§  Surveyor dan analis di Badan Pertanahan Nasional

§  Surveyor dan analis di Badan Informasi Geospasial

§  Spesialis pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

§  Teknisi pada perusahaan konstruksi dan developer

§  Konsultan survey dan pemetaan

§  Teknisi pada perusahaan tambang, minyak dan gas

§  Peneliti pada badan riset

§  Teknisi pada perusahaan tambang

 

 

Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya di Bidang Soshum

1.       Jurusan Pendidikan

Masuk jurusan pendidikan adalah langkah awal yang perlu Anda ambil. Anda bisa memilih bidang tertentu untuk didalami, diantaranya :

§  MIPA, fokus bidangnya seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dll.

§  Sosial, fokus bidangnya seperti Akuntansi, Ekonomi, Sosiologi, dll.

§  Bahasa, fokus bidangnya seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, dll.

§  Teknik, fokus bidangnya seperti Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Tata Boga dll.

§  Kecantikan, fokus bidangnya seperti Tata Busana, Tata Rias, dll.

Setiap mahasiswa nantinya akan dipersiapkan menjadi tenaga pendidik pada mapel sesuai bidang yang diambil dalam perkuliahan seperti: Pendidikan matematika menjadi guru matematika, pendidikan teknik otomotif menjadi guru otomotif di SMK, pendidikan akuntansi menjadi guru akuntansi, dll.

Pada jurusan pendidikan ada juga beberapa cabang jurusan yang lebih fokus yaitu:

§  PGPAUD untuk mempersiapkan menjadi guru PAUD.

§  PGSD untuk mempersiapkan menjadi guru SD

§  Pendidikan Luar Biasa untuk mempersiapkan menjadi pendidik atau pendamping bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

2.       Jurusan Antropologi

Ilmu Antropologi mempelajari tentang manusia meliputi kebudayaan, hubungan antar manusia dan evolusi manusia dalam dimensi waktu. Manusia adalah makhluk yang terus berubah dan berkembang. Manusia akan menghasilkan budaya seperti musik, bahasa, seni, bangunan hingga kuliner yang juga ikut berkembang.

Menjadikan manusia yang dinamis dari waktu ke waktu sebagai pokok studi keilmuannya menyebabkan ilmu Antropologi juga ikut terus bergerak berkembang. Sebuah jurusan kuliah yang sangat menarik bagi Anda yang memiliki minat dalam mempelajari perilaku manusia.

Berikut pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Sarjana Antropologi :

§  Peneliti di Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Masyarakat

§  Konsultan lingkungan dan sosial masyarakat

§  Jurnalis

§  Marketing dan sales

§  Spesialis pada Lembaga Swadaya Masyarakat

§  Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan

§  Spesialis di bidang sumber daya manusia

3.       Jurusan Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan dan bisnis. Selain bisnis, mahasiswa yang masuk dalam jurusan ini akan diajarkan berbisnis hingga menciptakan sebuah produk. Untuk kamu yang tertarik di bidang pengurusan dokumen jurusan ini sangat cocok untuk ditekuni.

Bagaimana untuk menjadi seorang ahli administrasi bisnis? Minimal kamu perlu memiliki pribadi yang teliti, tekun, detil dan rasional. Salah satu jurusan kuliah favorit ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Banyak industri yang membutuhkan tenaga ahli lulusan Administrasi Bisnis. Anda bisa bekerja di perusahaan pemerintah atau swasta.

4.       Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum adalah salah satu jurusan kuliah yang mempelajari semua hal mengenai hukum baik praktik ataupun teori. Situasi hukum di Indonesia masih dalam kategori ideal. Jika Anda ingin memahami hukum di negeri sendiri misalnya, pilih lah jurusan ini. Setelah lulus nanti, Anda bisa memilih berkarir di banyak lembaga/organisasi atau instansi, seperti notaris, hakim, jaksa, dan sebagainya.

5.       Jurusan Hubungan Internasional

Bagi Anda yang tertarik pada sesuatu yang berhubungan dengan interaksi internasional, jurusan kuliah Hubungan Internasional menjadi salah satu pilihannya. Program studi ini akan mengajarkan bagaimana berdiplomasi, memahami konflik sebuah negara, politik internasional dan sebagainya.

Beberapa profesi dan karir mahasiswa lulusan Hubungan Internasional bisa menjadi peneliti politik, penyiar berita, wartawan, konsultan imigrasi, diplomat, dan konsultan politik. Berbagai instansi atau lembaga-lembaga membutuhkan tenaga ahli Hubungan Internasional.

6.       Jurusan Arkeologi

Jurusan kuliah Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari pendekatan sejarah. Anda akan mendapatkan pemahaman mengenai sejarah khususnya di masa kuno yang mana masyarakatnya belum mengenal angka dan huruf. Biasanya lulusan IPS yang lebih menyukai bidang studi ini. Tidak banyak perguruan tinggi yang menyediakan bidang studi Arkeologi padahal prospek kerjanya menjanjikan.

Mahasiswa lulusan Arkeologi bisa bekerja tetap sebagai arkeolog di instansi pemerintah. Bahkan selain profesi tersebut, Anda bisa menjadi sejarahwan, penulis perjalanan, teknisi museum dan konservator, juru arsip hingga antropologi.

7.       Jurusan Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi yang mengajarkanmu ilmu manajemen keuangan yang dipadukan dengan bidang praktisi IT. Anda pun akan dibekali dasar akuntansi serta bisnis yang dibutuhkan oleh seorang sistem analis. Bidang ini dirancang untuk mengelola transaksi misalnya kas, gaji, biaya produksi dan lain sebagainya hingga menjadi sebuah laporan.

Dalam jurusan ini kamu akan mendapatkan dua ilmu sekaligus sehingga akan bermanfaat saat terjun ke lapangan kerja. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan ahli Sistem Informasi Akuntansi untuk mengembangkan program yang membantu proses pekerjaan. Khususnya di bidang keuangan.

Karakter yang perlu Anda miliki untuk menjadi seorang sistem informasi akuntansi di antaranya teliti, detil, rasional, kritis, senang berhitung hingga mampu memecahkan masalah. Prospek kerjanya disipakan untuk menjadi pakar IT akuntansi. Profesi yang bisa ditekuni di antaranya IT consultant, analis bisnis, dll di berbabgai lembaga atau instansi pemerintah dan swasta.

 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya yang bisa Anda mulai pertimbangkan mulai dari sekarang saat belum masuk kuliah. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya"