Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Pekerjaan

Menentukan jurusan kuliah memang tidak mudah. Apalagi bagi yang lulus dari IPS, karena akan banyak persaingan dari jurusan IPA dan gap year lulusan tahun-tahun sebelumnya.

Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena cukup banyak juga pilihan jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan pekerjaan yang bagus di masa depan. Apa saja jurusan tersebut? Terus baca sampai akhir ya!

 


Daftar Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

1.       Jurusan Sastra Bahasa Asing

Jurusan Sastra Bahasa Asing di Indonesia cukup banyak pilihannya, ada Bahasa Jepang, Korea, Prancis, Arab, Mandarin, dll. Meski terbilang cukup banyak tersedia tetapi tidak banyak peminat pada bahasa tersebut. Tentunya hal ini jika dibandingkan dengan peminat jurusan-jurusan favorit, seperti Psikologi, Hukum, Hubungan Internasional ya.

Prospek pekerjaan lulusan Jurusan Sastra Bahasa Asing cukup luas dan menjanjikan, apalagi jika Anda berhasil mendaftar sebagai staff Kedutaan Besar di luar negeri. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menjadi seorang penerjemah turis yang akan bekerja di luar negeri.

Oleh karena itu, jurusan ini termasuk yang jarang peminatnya tetapi berpeluang mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Anda pun sebagai lulusan IPS berkesempatan besar untuk mendaftar.

2.       Jurusan Kriminologi

Jarangnya peminat jurusan ini berdasarkan riset saya juga karena tidak banyak kampus yang memiliki jurusan Kriminologi, baik itu kampus negeri maupun swasta. Jadi tidak banyak yang mengetahui bagaimana kuliah di jurusan tersebut dan prospek pekerjaannya di masa depan.

Berbagai macam kejahatan yang muncul perlu diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, Jurusan Kriminologi membekali para mahasiswanya untuk belajar teori serta praktik terkait tindakan kriminal, baik di skala nasional maupun internasional. Apabila kamu tertarik dengan cerita detektif dan ingin menuntaskan kasus-kasus sulit, jurusan ini bisa menjadi tujuan. Peluang kerja lulusan Jurusan Kriminologi juga luas, seperti bekerja di bidang rekam jejak kepolisian, sebagai analis intelijen, detektif, investigator, dan bidang lainnya yang membutuhkan skill bidang tindakan kriminal.

3.       Jurusan Tata Busana

Di beberapa kampus, Jurusan Tata Busana disebut dengan Jurusan Fashion Design. Materi kuliah yang akan Anda dapatkan berkaitan erat dengan desain pola baju, produksi baju, kain dan penggunaannya, serta bisnis di bidang fashion. Untuk Anda yang ingin berkarier di bidang fashion, jurusan ini akan memberikan banyak pengetahuan sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Selain bisa berwirausaha, setelah lulus dari Jurusan Tata Busana Anda juga bisa menjadi fashion stylist dan fashion designer.

Jurusan ini tidak banyak peminatnya karena kebanyakan yang melanjutkan ke jurusan ini berasal dari SMK Tata Busana juga. Namun jangan khawatir, stigma masyarakat yang masih memandang jurusan ini hanya melahirkan penjahit sepertinya perlu dipatahkan karena kenyataannya banyak kok yang berkarier di dunia fashion ini dan dikenal di dunia internasional.

4.       Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan yang bisa Anda pilih jika tertarik pada dunia make up adalah Jurusan Tata Rias dan Kecantikan. Bahkan bidang ini tidak hanya disukai oleh perempuan tetapi juga pria.

Ada banyak materi kuliah yang akan Anda dapatkan, seperti teknik-teknik merias wajah, menata rambut, memotong rambut, sangggul, dan masih banyak lagi. Melihat fakta di lapangan, ada banyak MUA atau make up artist yang belajar secara otodidak atau mengambil kursus singkat. Namun, di jurusan ini materi yang akan Anda pelajari lebih banyak dan kompleks. Pastinya akan berbeda dengan materi-materi di tempat kursus singkat. Setelah lulus Jurusan Tata Rias dan Kecantikan, Anda bisa menjadi konsultan di bidang kecantikan, MUA, perias pengantin, dan sebagainya.

5.       Jurusan Aktuaria

Peluang diterima di jurusan yang kurang diminati tetapi menjanjikan bisa Anda dapatkan dengan kuliah di Jurusan Aktuaria. Ada banyak kampus di Indonesia yang membuka jurusan ini, mulai dari kampus favorit negeri hingga kampus swasta. Jurusan ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan asuransi dan keuangan. Anda akan dilatih mengaplikasikan matematika dan statistika untuk mengurangi risiko pada bidang asuransi dan keuangan. Lulusan Jurusan Aktuaria berpeluang tinggi bekerja di perusahaan terkenal atau perusahaan besar lainnya.

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Masa Depan

6.       Jurusan Broadcasting

Jurusan Broadcasting atau yang disebut juga dengan Jurusan Penyiaran ini merupakan salah satu dari cabang ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Disini Anda bisa mendapatkan prospek  pekerjaan yang menjanjikan dan menyenangkan seperti menjadi seorang penyiar berita, sutradara, penyiar televisi, presenter atau pembawa acara. Pokoknya Anda berpeluang besar untuk bisa bekerja di industri pertelevisian.

7.       Jurusan Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual atau yang sering disebut dengan DKV merupakan salah satu jurusan kuliah yang fokus mempelajari tentang seni dalam penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa rupa atau desain untuk menginformasikan kepada audience atau penerima pesan.

Program studi ini sangat memiliki prospek yang menjanjikan di era yang serba digital ini. Anda bisa menjadi seorang desainer grafis, animator, seniman multimedia, desain produk komersial dan industri.

8.       Jurusan Filsafat

Jurusan Filsafat dikenal jarang peminatnya karena dinilai kuliahnya yang tidak asyik dan tidak tahu prospek pekerjaannya seperti apa. Tapi jangan salah, Dian Sastrowardoyo lulusan dari Jurusan Filsafat juga lho. Sebenarnya keren kan bagaimana kita tahu cara berpikir Dian Sastrowardoyo.

Program Studi Filsafat terkenal dengan kesulitannya karena ilmu filsafat memang akan memerlukan logika berpikir dan bahasa yang digunakan sangat mendalam. Tapi dibalik kesulitannya tersebut, ada prospek masa depan yang sangat cerah bagi lulusan Program Filsafat lho! Setelah lulus kamu bisa berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan, penasehat dalam penelitian, dan bahkan menjadi penasehat negara.

9.       Jurusan Bimbingan dan Konseling

Jurusan IPS lainnya yang kurang diminati yakni Program Studi Bimbingan Konseling. Melalui prodi ini, Anda akan belajar ilmu pendidikan, psikologi, teori dan teknik konseling, serta teknik memahami individu. Bukan cuma menjadi guru BK di sekolah, lulusan Jurusan Bimbingan Konseling juga cocok menjadi staf human resource departement (HRD) di perusahaan, pekerja sosial, atau konsultan pendidikan.

10.   Jurusan Tata Boga

Jurusan yang satu ini mempelajari teknik-teknik menyajikan makanan dengan memperhatikan berbagai aspek mulai dari rasa, kualitas, gizi, hingga estetika. Asyiknya, mahasiswa akan belajar mengolah masakan dari berbagai negara. Bahkan, Anda juga akan memperoleh ilmu tentang perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi usaha kuliner.

Terdapat beberapa profesi menarik yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini. Lulusan Tata Boga bisa menekuni profesi chef, barista, patissier (pembuat kue), baker, food stylist, atau membuat usaha sendiri di bidang kuliner.

11.   Jurusan Arkeologi

Kebanyakan orang mengidentikkan Jurusan Arkeologi sebagai jurusan yang mengkaji tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepurbakalaan. Di era digital seperti saat ini sangat mungkin jika ilmu Arkeologi tidak menjadi pilihan utama seorang siswa yang ingin melanjutkan kuliah.

Dibalik kurangnya peminat untuk kuliah di jurusan ini, sebenarnya lulusan Jurusan Arkeologi memiliki potensi besar untuk meraih karier cemerlang. Namun, tentunya hal tersebut harus dipersiapkan dengan baik.

Pada umumnya, lulusan Arkeologi bekerja sebagai staf museum, pengajar, staf dinas pariwisata, dan peneliti dengan gaji yang terbilang standar sesuai status kepegawaiannya, baik itu PNS atau PNS Daerah.

12.   Jurusan Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah mengkaji berbagai peristiwa di masa lalu dari zaman kuno hingga zaman modern. Ketika mempelajari sejarah, maka akan menyinggung pula berbagai aspek lainnya mulai dari budaya, politik, ekonomi, sosial, geografi, maritim, militer, dan sebagainya.

Peluang kerja jurusan IPS yang jarang diminati tersebut bukan cuma jadi sejarawan. Lulusannya juga cocok jadi jurnalis, kurator, tour guide, penulis, pustakawan, diplomat, peneliti, atau bahkan berkecimpung di dunia broadcasting untuk mengelola program-program sejarah.

 Jurusan Kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan peluang kerja

Jadi sudah mulai ada gambaran ya kira-kira jurusan apa yang akan Anda pilih nanti?

Usahakan saat memilih jurusan disesuaikan dengan minat, passion, dan bakat. Bagi Anda yang belum menemukan apa hal disukai memang tidak mudah, tetapi Anda akan menemukannya jika terus melakukan banyak hal dan mencoba sesuatu yang baru.

Anggapan bahwa jurusan yang kurang diminati artinya tidak memiliki masa depan yang cerah setelah lulus kuliah itu tidak benar. Karena banyak pilihan jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan pekerjaan yang bagus.

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Pekerjaan"