Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah Termudah dan Cara Memilihnya

 Apakah ada jurusan kuliah termudah dan santai untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi?

Berikut ini adalah jawaban bagaimana Anda bisa menemukan jurusan kuliah termudah menurut diri Anda sendiri. Namun sebelumnya saya akan memberikan informasi mengenai jurusan kuliah termudah menurut pendapat banyak orang karena dikenal memiliki mata kuliah yang santai dan tidak melulu mempelajari teori.

 


Jurusan Kuliah Termudah dan Dikenal Santai

1.       Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dikenal memiliki mata kuliah yang lebih mudah, meski peminatnya juga cukup banyak. Di dalam jurusan ini, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan hitungan jika Anda merasa cukup lemah dalam sains.

Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra akan mempelajari ilmu linguistik yang mendalam dan struktur bahasa yang tepat. Meski dinilai mudah dan santai tetapi ilmu yang dipelajari sangat dalam agar Anda hanya fokus pada bidang ini serta bisa menjadi ahlinya.

2.       Jurusan Sosiologi

Jurusan ini dikenal mudah dan santai bagi orang yang senang menjalin hubungan dengan masyarakat, atau tertarik dengan berbagai fenomena sosial yang terjadi di sekelilingnya serta ingin mencari tahu solusi dari permasalahan sosial yang terjadi.

Lulusan jurusan Sosiologi ini dipersiapkan untuk bisa memahami perilaku sosial masyarakat melalui pengumpulan data dan observasi. Sehingga tidak jarang kuliah dilakukan di luar kelas.

3.       Jurusan Ilmu Sejarah

Jika Anda gemar membaca dan menyukai sejarah, maka jurusan ini sangat cocok bagi Anda. Karena mahasiswa jurusan ini lebih fokus untuk mempelajari sejarah dengan mengunjungi situs-situs yang meninggalkan jejak sejarah. Sehingga teori dan praktik di lapangan menjadi seimbang dan ini cukup menyenangkan bagi Anda yang menyukai kuliah di luar kelas.

4.       Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan bahasa asing untuk memudahkan berinteraksi dengan orang asing.

Bagi Anda yang menyukai dunia travelling bisa mencoba jurusan ini. Karena kuliah yang sesuai dengan passion akan lebih menyenangkan.

5.       Jurusan Seni

Bagi Anda yang menyukai dunia seni, tentu memilih jurusan seni adalah hal cukup santai karena pembelajarannya lebih berorientasi pada praktik. Hal ini akan cocok dengan gaya belajar mahasiswa seni yang akan menjalani kuliah sekaligus menghasilkan karya.

Kuliah jurusan seni juga ada kampusnya sendiri yang memang khusus untuk mempelajari seni, seperti ISI. Bidang seni ini pun nantinya akan dibagi lagi menjadi seni tari, seni musik, seni Lukis, dan lainnya.

6.       Jurusan Pendidikan Jasmani atau Olahraga

Penyuka olahraga jurusan ini pasti lebih menyenangkan karena Anda akan belajar mengenai berbagai cabang olahraga. Namun tidak melulu praktik, karena Anda pun akan dibekali dengan teori yang berkaitan dengan cabang olahraga.

7.       Jurusan Administrasi Pendidikan

Masih jarang perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Padahal Administrasi Pendidikan menjadi salah satu jurusan mudah dan paling dibutuhkan di lembaga pendidikan.

Mahasiswa nantinya akan mempelajari proses pengintegrasian semua aktivitas untuk mencapai tujuan. Beberapa matkul yang dipelajarinya yaitu dasar manajemen, kepemimpinan, manajemen sekolah, supervisi pendidikan, dan lainnya.

8.       Jurusan Administrasi Perkantoran

Sebagai mahasiswa jurusan Administrasi Perkantoran, kamu nantinya akan mempelajari bagaimana mendistribusikan informasi, data, surat menyurat, dan lainnya. Salah satu profesi yang berhubungan dengan jurusan ini adalah sebagai sekretaris. Jurusan ini juga terdapat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga lulusanya cocok melanjutkan pendidikan di sini.

9.       Jurusan Ilmu Komunikasi

Mahasiswa jurusan komunikasi akan banyak mempelajari keterampilan berkomunikasi baik dalam hal menulis dan berbicara. Perkuliahan yang kerap menyenangkan dianggap oleh sebagian mahasiswa menjadi lebih santai.

Dikatakan jurusan termudah karena lebih banyak mempelajari hal-hal yang entertain dan menghibur. Waktu saya dulu kuliah pun gaya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi memang lebih santai, boleh memakai kaos saat kuliah di saat jurusan lain harus rapi dengan kemeja atau minimal kaos berkerah.

Apalagi setelah lulus, banyak perusahaan mulai dari start up, e-commerce, dan media membutuhkan keahlian lulusan komunikasi. Anda bisa juga berkarier di media televisi menjadi broadcaster, news anchor, dan reporter.

10.   Jurusan Antropologi

Jurusan Antropologi termasuk salah satu jurusan  yang memungkinkan mahasiswanya untuk lebih sering kuliah di luar kelas dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan mahasiswa diharuskan untuk menetap selama beberapa waktu disebuah daerah dengan tujuan agar mampu mengetahui jejak-jejak kebudayaan dan tradisi yang ada di masa lampau.

 

Jurusan Kuliah Termudah Tidak Jaminan Lulus Cepat

Meski kuliah di jurusan kuliah termudah mata kuliahnya dan santai tetapi tidak bisa menjamin lulus dengan cepat lho! Karena pada dasarnya kemudahan itu berasal dari diri kita sendiri, bukan dari jurusannya.

Jadi begini, kita seringkali merasa sesuatu itu menyenangkan kalau Anda menyukainya, bukan? Nah, sama halnya juga dengan jurusan kuliah yang dipilih. Meski memiliki mata kuliah mudah tetapi Anda tidak menyukainya maka hilang sudah semangat untuk belajar dan terburuknya Anda tidak lulus-lulus.

Oleh karena itu, perlu Anda kenali dulu potensi apa yang dimiliki dan skill apa yang ingin Anda kembangkan. Kembali lagi apa cita-cita ketika sudah lulus kuliah nanti.

Mata kuliah yang banyak hitungannya pun akan terasa lebih mudah jika Anda memang menyukai hitungan. Namun jika Anda tidak menyukainya maka itu akan membuatnya terasa sulit.

 

Cara Memilih Jurusan Kuliah Termudah Versi Diri Sendiri

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memilih jurusan kuliah termudah yang cocok bagi diri sendiri.

  1. Ketahui minat dan bakat

Untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki bisa dengan mengamati aktivitas diri sendiri sehari-hari. Kira-kira apa aktivitas yang membuat Anda senang dan mudah menyelesaikannya.

Jika belum berhasil Anda bisa mencoba mengikuti tes minat dan bakat yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga psikolog yang terpercaya.

  1. Perdalam hobi Anda

Hobi bisa menentukan apa yang disukai. Berawal dari hobi maka Anda akan menemukan diri sendiri bisa menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu dalam waktu yang cukup lama dan konsisten. Begitu juga bagaimana hal ini berpengaruh pada apa yang Anda sukai.

Semakin Anda tenggelam dan fokus pada satu hal, maka keinginan untuk mempelajarinya akan semakin besar. Dan itu berpeluang menjadikan Anda ahli di bidangnya.

  1. Tulis hal yang paling disukai

Banyak yang mengatakan bahwa hobi tidak selalu bisa menghasilkan uang. Pendapat ini tentunya akan membuat Anda ragu untuk menentukan jurusan kuliah berdasarkan hobi, iya kan?

Jika ini menimpa diri Anda, maka ada baiknya Anda mulai menuliskan hal-hal apa saja yang paling disukai. Amati bagaimana cara Anda menyelesaikan kesulitan sehari-hari. Nantinya diri Anda pun akan menemukan hal-hal yang disukai melalui kebiasaan yang dilakukan untuk keluar dari kesulitan.

  1. Gali passion melalui rasa iri

Dikutip dari pembahasan dalam website inews.id, rasa iri tak selalu hal yang negatif. Seorang Certified Career and Life Coach, Allison Tash mengaku dirinya kadang mengidentifikasi rasa cemburu kliennya pada seseorang untuk menemukan passion atau apa yang mereka inginkan. Selain itu, ia juga mengusulkan kita menemukan setidaknya tiga hingga lima orang yang membuat kita merasa iri. Kemudian, gali lebih dalam untuk menemukan aspek apa dalam hidup mereka yang membuat kita juga ingin meraihnya.

  1. Lihat role model

Lihat kembali siapa saja yang menjadi sosok panutan Anda dalam hidup. Bisa setidaknya tiga orang yang selama ini mempengaruhi Anda. Masing-masing dari tokoh yang Anda jadikan panutan ini memiliki ciri khasnya sendiri yang membuat Anda tertarik dan merasa terinspirasi.

Sesuatu yang menginspirasi Anda tersebut bisa jadi adalah minat dan bakat terpendam selama ini yang ada pada diri Anda. Misalnya Anda sangat terinspirasi ketika melihat motivator berbicara di atas panggung, bisa jadi public speaking merupakan hal yang Anda sukai dan dibutuhkan untuk mendukung karier Anda di masa depan.

  1. Jangan terpengaruh pendapat orang lain

Meski itu adalah orang terdekat Anda, tetapi belum tentu mereka mengetahui secara pasti kemampuan diri Anda. Saya tidak setuju dengan pendapat bahwa ketika memilih jurusan kuliah termudah adalah dengan bertanya pada orang terdekat Anda. Karena sebagai orang introvert saya jarang sekali membicarakan apa-apa yang saya sukai dengan mereka. Dan saya pernah mencoba mempercayai salah satu anggota keluarga saya yang dikatakan itu orang terdekat saya, tetapi saya malah tidak menikmati prosesnya karena output yang diharapkan itu ternyata disesuaikan dengan keinginan mereka, bukan keinginan diri saya sendiri.

Jadi saya sarankan dalam hal ini untuk hanya mempercayai diri Anda sepenuhnya dan Tuhan.

 

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah termudah yang bisa Anda coba dan bagaimana cara memilih jurusan tersebut agar sesuai dengan diri kita. Percayalah, yang termudah itu tidak ada, semua memiliki tantangannya masing-masing. Namun Anda bisa melewatinya dengan mudah hanya jika Anda menyukainya.

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah Termudah dan Cara Memilihnya"