Widget Atas Posting

Kuliah Terbagus di Dunia

 

Bisa kuliah di luar negeri merupakan kebanggaan tersendiri. Selain mendapatkan ilmu yang berbeda juga pengalaman yang lebih dengan tinggal di negeri orang.

Setelah lulus SMA pun Anda bisa langsung memilih untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri jika berminat. Anda pun bisa berpeluang mendapatkan beasiswa untuk bisa kuliah di sana.

Apa saja daftar kuliah terbagus di dunia yang selalu mendapatkan ranking 10 besar? Berikut ini pilihan tempat kuliah dengan ranking tertinggi di dunia yang bisa Anda pilih untuk kuliah S1, S2, dan S3.

 

Sumber Gambar : www.tribunnewswiki.com

Daftar Tempat Kuliah Terbagus di Dunia

Kuliah Terbagus di Dunia dan Bergengsi

1.       Harvard University

Harvard University merupakan kampus yang mendapatkan pendapatan tertinggi di dunia. Kampus yang terletak di Amerika Serikat ini memiliki beberapa fakultas yang disediakan, diantaranya berupa Fakultas Seni dan Sains, Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health, dan Kennedy School of Government.

Harvard juga meluluskan tokoh terkenal yang berpengaruh khususnya di Amerika Serikat, beberapa di antaranya adalah mantan Presiden Amerika John F.Kennedy, Josh W. Bush, Barack Obama. Selain ketiga mantan Presiden itu, ada pula Bill Gates yang merupakan alumni berpengaruh keluaran Harvard.

2.       Oxford University

Kampus yang terletak di Oxford, Inggris, ini merupakan salah satu pilihan kampus tempat kuliah terbagus di dunia. Kampus ini memiliki berbagai institusi, termasuk di dalamnya 38 kolese konstituen di berbagai departemen akademik.

Terlepas dari sejarahnya yang panjang, Oxford ‘kerap’ menorehkan prestasi dan sumbangsih yang besar pada sistem dan dunia pendidikan serta keilmuan di dunia. Beberapa jurusan yang ramai peminat di Oxford, yaitu Fakultas Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Pertanian dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Fakultas Hukum, MBA, Ilmu Sosial dan Media, dan masih banyak lagi.

3.       Stanford University

Kampus terbesar kedua di dunia yang banyak diburu oleh para pelajar di seluruh penjuru ini berada sekitar 60 km sebelah tenggara San Fransisco. Ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih di kampus ini. Antaranya berupa kedokteran, hukum, ilmu bumi, pendidikan, sains, bisnis, dan humaniora.

Berawal dari pendiri awalnya yakni Leyland dan Jane Stanford, yang mendirikan Universitas untuk penghormatan sang anak yang kala itu seorang mahasiswa Harvard, keduanya membentuk Universitas Swasta di daerah Palo Alto.

Bersaing dengan jajaran kampus legendaris, Stanford bisa dibilang sebagai cukup muda untuk menjadi kampus terbaik dunia utamanya dalam bidang sains dan teknologi. Dengan hal ini, tidak jarang jika ada begitu banyak riset kemajuan teknologi dan industri yang menggunakan Stanford sebagai sumber informasinya.

4.       Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT merupakan kampus swasta terbaik yang terletak di Cambridge, Massachusetts. kampus ini memiliki 5 sekolah serta 1 kolase dengan 32 departemen khusus untuk bidang sains dan teknologi.

Beberapa jurusan yang terkenal di Massachusetts Institute of Technology adalah Teknik Mesin, Arsitektur, Elektro, Tata Perencanaan Kota, Metalurgi, Teknik Sipil, Rekayasa Biologi, Ilmu Komputer, Fiska, Aeronautik, Ilmu Otak dan Kognitif, Perhitungan Desain, Matematika dan masih banyak lagi.

Untuk mereka yang berkeinginan mendapatkan gelar pascasarjana, MIT menyediakan beberapa gelar tersebut, seperti Doctor of Philosophy (PhD), Master of Science (MS), Doctor of Science (ScD), Master Administrasi Bisnis (MBA), Master Architect (March), Master of Finance (Mfin), Master Engineering (M.Eng), Master Perencanaan Kota (MCP).

5.       California Institute of Technology

California Institute of Technology atau lebih sering disebut Caltech ini merupakan salah satu kampus bergengsi asal Amerika Serikat yang letaknya di daerah Pasadena, California. Sebagai kampus yang berdiri dari 1891, Caltech sudah memiliki andil besar dalam menyumbangkan beragam riset kemajuan teknologi di Amerika Serikat.

Sesuai namanya, Caltech ini memang berfokus dalam pengajaran di bidang ilmu alam serta teknik. Oleh karena itu, tidak heran jika Caltech menghasilkan sejumlah ilmuwan berbakat di bidangnya sehingga mampu mengoperasikan sistem penerbangan luar angkasa.

Di Caltech, ada berbagai bidang jurusan di setiap departemennya seperti Biology and Biological Engineering, Engineering and Applied Science, Chemistry and Chemical Engineering, Geological and Planetary Sciences, Mathematics and Astronomy dan juga Physics.

6.       ETH Zurich

Institut Teknologi Konfederasi Zurich merupakan kampus bergengsi dari Swiss dan masuk ke dalam jajaran institut terbaik di dunia. Institut Teknologi  Konfederasi Swiss sudah berdiri sejak tahun 1854 lalu.

Institut Teknologi  Konfederasi Swiss, berdiri sebagai institut teknik layaknya MIT dan juga Caltech. Dengan kata lain, kampus ini merupakan kampus yang memfokuskan bidang pendidikan di ranah sains dan teknologi.

Maka dari itu, tidak heran jika kamu akan mendengar banyak nama-nama tokoh terkemuka revolusioner keluaran dari institut ini. Sebut saja beberapa alumni terkenalnya, yaitu Albert Einstein yang mengenalkan teori relativitasnya dan juga Conrad Rontgen sebagai penemu sinar x yang membawa banyak kemajuan di dunia medis.

7.       Cambridge University

Satu lagi rival besar Oxford adalah Universitas Cambridge yang juga berasal dari Inggris. Layaknya Oxford, Cambridge juga memiliki sejarah panjang dan dapat dikatakan sebagai salah satu Universitas kuno dengan prestasi menjulang di Inggris dan dunia.

Cambridge pertama didirikan pada 1209 di daerah Cambridgeshire, Britania Raya. Hampir sama dengan Oxford, saking lamanya Universitas ini berdiri belum ada informasi pasti seperti apa sejarah aslinya. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa Universitas Cambridge merupakan perpecahan dari mahasiswa Oxford di masa lampau dan mendirikan Universitas mereka sendiri di daerah Cambridge.

Meskipun begitu, Cambridge sebagai Universitas terbaik di dunia masih terus menduduki peringkat 10 besar dengan segudang prestasi yang membanggakan. Berikut ini beberapa jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa Universitas Cambridge, seperti Anglo-Saxon, Norse dan Celtics, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Human Social dan Political Sciences, Hukum, Linguistik, Manajemen Pendidikan, Musik, Filsafat, Teologi dan masih banyak lagi.

8.       Imperial College London

Imperial College London merupakan sebuah Universitas yang berlokasi di Kensington, London, Inggris. Kampus ini berhasil menjadi kampus ketiga asal Inggris yang berhasil menduduki jajaran 10 besar terbaik di dunia versi QS World. Berbeda dengan University College London, kampus ini adalah kampus yang didirikan oleh anggota kerajaan Inggris yakni Pangeran Albert.

Universitas ini juga salah satu kampus yang memfokuskan pendidikannya pada bidang sains, seni, dan juga ekonomi bisnis. Dalam kampus ini, terdapat empat departemen khusus yaitu di bidang kedokteran, sains, bisnis dan teknik.

9.       University College London

Setelah Imperial College London, terdapat satu lagi kampus bergengsi yang berasal dari Inggris, yaitu University College London atau biasa disingkat menjadi UCL. Meskipun sekilas mirip, tetapi kedua kampus ini memiliki hal yang berbeda. University College London atau UCL merupakan perguruan tinggi federasi di London yang berdiri pada 1826.

Kampus ini merupakan kampus pertama di London yang mulai menerima mahasiswa perempuan demi mengusung kesamaan derajat wanita dan laki-laki pada masa itu.

Beberapa fakultas besar milik UCL ini adalah Fakultas Ekonomi, Farmasi, Teknik dan Sains, Hukum, Matematika dan Fisika, Pendidikan dan lain-lainnya.

10.   Chicago University

Terletak di tepi danau Michigan kota Illinois, Chicago, Universitas Chicago dibangun pada tahun 1890. Kampus ini merupakan kampus yang menekankan pendidikannya pada bidang hukum, sastra, ekonomi, agama, matematika dan sosial politik.

Meskipun bukan Universitas khusus sains dan teknologi layaknya MIT, Universitas Chicago ini tetap memiliki peranan penting terhadap pengembangan nuklir buatan pertama yang disebut Pile-1 oleh Amerika Serikat.

Bagi Anda yang tertarik masuk ke Universitas ini, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa jurusan yang mungkin akan Anda sukai, seperti Antropologi, Biological Chemistry, Sejarah, Literature, Ekonomi Bisnis, dan masih banyak lagi.

 10 Besar Kuliah Terbagus di Dunia

Demikian beberapa kampus ranking 10 besar tempat kuliah terbagus di dunia yang bisa jadi referensi Anda. Kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina, tetapi kali ini lebih bergengsi karena kuliah di Eropa. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kuliah Terbagus di Dunia"