Widget Atas Posting

Universitas Jurusan Psikologi Saintek di Indonesia

Apakah bisa lulusan SMA IPA tetapi memilih Jurusan Psikologi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi? Sangat bisa. Karena sudah tersedia universitas jurusan Psikologi Saintek dan Soshum. Bagi Anda yang saat SMA mengambil minat IPA bisa memilih Psikologi Saintek dan bagi Anda yang di SMA memilih IPS bisa berpeluang menjadi psikolog di jurusan Psikologi Soshum.

Jika Anda masih ragu dan bingung apa saja perbedaan antara Psikologi Saintek dan Soshum, maka bacalah penjelasan singkat di bawah ini.

Jadi tidak perlu mengambil jurusan ketika masuk perguruan tinggi. Namun simak dulu universitas mana saja yang menyediakan Jurusan Psikologi Saintek itu. Berikut ini adalah daftar universitas, baik negeri maupun swasta di Indonesia, yang menyediakan Jurusan Psikologi Saintek.

 


Universitas Jurusan Psikologi Saintek dan Soshum, Apa Bedanya?

Pada dasarnya yang membedakan Psikologi Saintek dengan Soshum yaitu Jurusan Psikologi Saintek mempelajari teori-teori dasar keilmuan tentang keterkaitan antara otak dan perilaku. Sedangkan Psikologi Soshum lebih mempelajari pengaplikasiannya secara sosial.

Selain pada fokus pembelajarannya, tentunya jurusan Psikologi Saintek dan Soshum memiliki mata kuliah yang juga berbeda. Apa saja?

Mata kuliah yang akan Anda terima saat kuliah di Psikologi Saintek contohnya seperti Biospikologi, Pengantar Neuropsikologi, Konsep Teknologi, Psikodiagnostika, Psikologi Kesehatan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, dan Psikiatri.

Psikologi Soshum mata kuliahnya lebih menekankan untuk mempelajari sosial humaniora, contohnya seperti Psikologi Sosial, Psikologi Komunikasi dalam Kerja, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan dan Olahraga, Psikologi Keluarga, Masalah Psikologi Remaja, Psikologi Perilaku Sosial, Psikologi Politik, Psikologi Konsumen dan Psikologi Arsitektur.

Ada beberapa mata kuliah yang sama diajarkan di jurusan Psikologi Saintek maupun Psikologi Soshum. Mata kuliah yang sama tersebut wajib diberikan pada mahasiswa agar dapat menyelesaikan kuliah, contohnya seperti mahasiswa Psikologi Saintek dan mahasiswa Psikologi Soshum wajib belajar Statistik atau Metode Penelitian, karena matakuliah ini dibutuhkan untuk membantu menyusun skripsi maupun laporan penelitian.

Jika dibicarakan secara detail, Psikologi Saintek mempelajari hal yang lebih dalam ketika dibahas melalui segi kesehatan karena secara logika juga mereka berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Di sisi lain, Psikologi Soshum merupakan jurusan psikologi yang berdiri di bawah naungan Fakultas Psikologi.

 

Daftar Universitas Jurusan Psikologi Saintek di Indonesia (Perguruan Tinggi Negeri)

  1. Universitas Padjadjaran

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, Unpad merupakan salah satu universitas negeri Favorit di Indonesia. Bagi kalian yang dari jurusan IPA/Saintek, sedang mencari, dan berminat masuk ke dalam Jurusan Psikologi rumpun Saintek bisa memilih universitas yang terletak di daerah Jatinangor, Jawa Barat ini. Dilansir dari psikologi.unpad.ac.id, Jurusan Psikologi Unpad hanya menerima calon mahasiswa dari Jurusan Saintek pada saat SMA. Kamu dapat masuk melalui 3 jalur, yakni jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan Jalur Mandiri. Unpad menyediakan program pendidikan S1-S3 untuk jurusan ini. Jurusan Psikologi Unpad sudah mendapat akreditasi A, sehingga tentu hal ini menjadi perhatian banyak masyarakat, dan menjadi incaran bagi calon mahasiswa yang sedang memilih jurusan dan kampus.

  1. Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya, PTN yang memiliki jurusan Psikologi Saintek adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Jusuan Psikologi di Universitas ini juga sudah mengantongi akreditasi A BAN-PT yang berlaku hingga 2025. Universitas ini terletak di daerah Surakarta, Jawa Tengah. Nah untuk kamu warga Jawa Tengah atau yang memiliki impian berkuliah psikologi di luar kota, bisa memilih UNS menjadi kampus pilihanmu untuk menuntut ilmu di bidang psikologi.

  1. Universitas Sriwijaya

Universitas ini tidak hanya menjadi universitas terluas di Indonesia, tapi juga memiliki Jurusan Psikologi dengan rumpun Saintek. Jurusan Psikologi Saintek di Unsri di bawah naungan Fakultas Kedokteran dengan akreditasi B. Dengan akreditasi B, membuat kalian yang ingin masuk jurusan psikologi di salah satu PTN favorit Indonesia, bisa memilih UNSRI karena kesempatan untuk keterima bisa jadi lebih besar.

  1. Universitas Hassanudin

Universitas ini terletak di kota Makasar, Sulawesi Selatan. Hampir sama dengan universitas-universitas yang lain, Jurusan Psikologi di Unhas ini di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Jurusan psikologi di Unhas direkruit dari calon mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA rumpun SAINTEK. Jurusan ini juga telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT sampai tahun 2025.

  1. Universitas Andalas

Universitas Andalas atau yang sering disingkat Unand ini juga merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat. Unand menyediakan jurusan Psikologi Saintek. Jurusan Psikologi di Unand juga merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran dengan akreditasi B.

 

 

Daftar Universitas Jurusan Psikologi Saintek di Indonesia (Perguruan Tinggi Swasta)

  1. Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi USD memiliki tujuan mencetak Sarjana Psikologi yang berperan sebagai professional helper. Dalam bidang keilmuan, fakultas ini meliputi enam bidang minat, yaitu Psikologi Umum dan Eksperimen, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, Psikologi Pendidikan, serta Psikologi Klinis. Dengan demikian, lulusan fakultas ini bisa bekerja sebagai ilmuwan maupun praktisi. Jurusan Psikologi di kampus ini sudah terakreditasi A juga, jadi jangan ragu untuk menjadi mahasiswa di Universitas Sanata Dharma.

  1. Universitas Gunadarma

Yayasan Pendidikan Gunadarma berupaya menyiapkan tenaga profesional dan siap pakai di bidang psikologi, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, agar mampu bersaing di era globalisasi ini. Jika Anda ingin menjadi bagian dari pembangunan peradaban manusia, coba deh menekuni bidang psikologi ini. Ilmu Anda pasti akan sangat bermanfaat.

  1. Universitas Surabaya

Universitas yang sering disingkat menjadi UBAYA ini merupakan kampus swasta dengan jurusan Psikologi terakreditasi A. Lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Surabaya diharapkan mampu mencari, mengelola, dan menggunakan informasi secara ilmiah berkaitan dengan bidang-bidang yang ditangani melalui intervensi dalam lingkup individu, kelompok, maupun komunitas yang bekerja di berbagai bidang.

  1. Universitas Mercu Buana

Buat Anda yang tertarik pada bidang psikologi saintek tentu fakultas ini adalah tempat yang pas buat kamu melanjutkan studi. Soal kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi, karena program studi Psikologi UMB telah terakreditasi dengan nilai B oleh BAN-PT dan juga banyaknya prestasi yang telah dicapai.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Fakultas Psikologi berdiri pada tahun 1992 dan termasuk salah satu fakultas muda di Unika Atma Jaya. Dari awal berdiri hingga tahun 2005, fakultas ini hanya memiliki Program Studi Psikologi jenjang Sarjana (S1). Selepas tahun 2005, Fakultas Psikologi membuka Program Magister (S2) Psikologi dan melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri, seperti Radboud University, Westminster University, Yayasan Putera Bahagia Jaya, dan lain sebagainya, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya dan bakti kepada masyarakat. Jurusan psikologi di kampus ini juga sudah terakreditasi A untuk jenjang sarjana, jenjang magister Psikologi Profesi juga A, Magister Psikologi Sains B, dan program Doktoral Psikologi C.

 

Nah, jadi sudah paham kan apa beda Psikologi Saintek dan Soshum?

Semoga informasi dan daftar mana saja universitas jurusan Psikologi Saintek yang bisa Anda pilih di atas bisa membantu Anda saat memilih perguruan tinggi nanti.  

Posting Komentar untuk "Universitas Jurusan Psikologi Saintek di Indonesia"